Pulau Sangalaki merupakan salah satu pulau kecil nan indah yang di Kepulauan Derawan, Berau, Kalimantan Timur. Destinasi wisata bajari yang memiliki panorama alam yang begitu mengagumkan.

Lokasi: Pulau Sangalaki, Kab. Berau.
Map: Cek Lokasi

Pulau Kalimantan merupakan sebuah pulau terbesar di Indonesia yang menyimpan banyak sekali keindahan alamnya. Meskipun begitu, Kalimantan memiliki ratusan bahkan hingga ribuan pulau kecil yang memiliki daya tarik tersendiri.

Tepatnya di Kalimantan Timur, terdapat sebuah pulau kecil yang begitu cantik dan banyak dibicarakan oleh orang yang pernah mengunjunginya. Pulau tersebut adalah Sangalaki. Dengan panorama alam yang begitu memanjakan mata, tidak heran pulau ini dijuluki sebagai tempat favorit liburan.

Pulau Sangalaki merupakan salah satu tempat wisata yang menyuguhkan panorama alamnya yang begitu mempesona. Banyak sekali daya tarik pulau tersebut yang membuat para pengunjung terhipnotis akan kecantikannya. Berikut ulasan menarik apabila Anda memutuskan untuk berlibur ke pulau yang masih menjadi kawasan Kalimantan Timur ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Sangalaki

Daya Tarik Pulau Sangalaki
Image Credit: Twitter.com @topgunmvk12

Banyak yang mengatakan bahwa Pulau Sangalaki merupakan sebuah surga kecil yang tersembunyi di Indonesia. Pulau ini menjadi salah satu tempat wisata bahari yang begitu menakjubkan. Daya tarik yang terdapat di pulau ini memang tidak jauh dari perairan yang menghiasi pulau tersebut. Berikut alasan mengapa tempat ini wajib Anda kunjungi saat liburan.

1. Memiliki Biota Laut yang Begitu Unik

Biota laut yang berada di pulau ini menjadi salah satu daya tarik yang membuat para pelancong sangat mencintainya. Sebab, biota laut yang berada di sini sangat terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan banyak sekali penyelam internasional yang ingin sekali diving untuk melihat biota lautnya.

Saat Anda menyelam di perairan Pulau Sangalaki, tentu saja Anda dapat dengan mudah menemukan Ikan Pari Manta yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kesan pertama yang dapat dirasakan oleh para penyelam saat melihat ikan ini adalah kekagumannya. Sebab ikan pari ini memiliki ukuran yang sangat besar, yakni hingga 7 meter lebarnya.

Saat menjumpainya, ikan tersebut berenang layaknya sedang menari di dalam laut untuk menjamu Anda. Anda dapat dengan mudah menemukannya terutama di malam hari. Sebab alasan hewan ini hanya bisa hidup di pulau ini adalah plankton yang cukup melimpah, khususnya saat malam.

2. Pemandangan Bawah Laut yang Sangat Indah

Tidak hanya Ikan Pari Manta yang dapat Anda temukan saat menyelam di Pulau Sangalaki. Anda dapat melihat dasar laut yang dihiasi dengan terumbu karang yang sangat cantik. Berbagai macam bentuk dan warna dari terumbu karang tersebut bisa dengan mudah Anda temui bahkan dengan ikan-ikan kecil yang sedang berlalu-lalang.

Banyak sekali diving spot yang bisa Anda gunakan untuk menikmati panorama alam di pulau yang masih menjadi bagian dari Kepulauan Derawan tersebut. Mulai dari Channel Entrance, Turtle Town, Manta Parade, Eel Ridge, hingga The Rockies bisa Anda jelajahi dengan bebas.

Kegiatan penyelaman tentunya akan semakin berkesan apabila melakukan kegiatan ini bersama keluarga. Anda bisa membawa alat menyelam sendiri ataupun menyewanya di tempat yang tersedia.

Daya Tarik dari Pulau Sangalaki
Image Credit: Instagram.com @pintupetualangtrip

3. Tempat Tinggal Para Penyu

Penyu merupakan hewan yang sangat jarang orang temui di tempat wisata bahari. Berbeda dengan Pulau Sangalaki yang memiliki ratusan ekor penyu hijau. Penyu-penyu tersebut datang ke pulau ini untuk bertelur. Akan sangat istimewa sekali saat Anda kebetulan menemukan hewan bercangkang keras ini berada di daratan untuk bertelur.

Umumnya Anda akan dengan mudah menemukan penyu hijau yang berenang bebas di perairan sekitar pulau. Namun, Anda juga bisa melihatnya secara langsung di penangkaran yang ada di sana. Penangkaran tersebut bertugas merawat para tukik agar tidak dimangsa predator kemudian dilepaskan pada malam hari ke laut.

4. Pantai yang Begitu Menakjubkan

Pantai merupakan sebuah daya tarik sendiri yang dimiliki oleh Pulau Sangalaki. Pantai di sini memiliki pasir berwarna putih kekuningan yang sangat halus. Uniknya, pantai tersebut apabila diperhatikan dengan seksama memiliki bidang yang landai. Hamparan pasir tersebut terbentang hingga 15 meter.

Dari pantai tersebut, Anda dapat mengamati indahnya laut biru kehijauan yang mewarnai perairan pulau eksotis ini. Selain itu, apabila menjelang sore, matahari yang sedang terbenam akan tampak lebih memukau dari pantai tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pulau Sangalaki

Alamat Pulau Sangalaki
Image Credit: Twitter.com @lukkman

Pulau yang berada di kawasan Kepulauan Derawan ini terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Apabila Anda ingin berlibur ke pulau seluas 15,9 hektar ini, cukup mulai dari Berau yang memiliki sebuah lapangan udara.

Selanjutnya lakukan perjalanan menuju Tanjung Batu yang memakan waktu perjalanan darat selama kurang lebih 2 jam. Kemudian sewalah speedboat yang khusus tersedia bagi para pelancong yang digunakan untuk menjelajah Kepulauan Derawan. Pilih tujuan Anda ke Pulau Sangalaki dan nikmati perjalanan laut selama 45 untuk sampai ke tujuan.

Biaya Wisata ke Pulau Sangalaki

Biaya ke Pulau Sangalaki
Image Credit: Google Maps (Ath)

Sedangkan untuk biaya wisata ke Pulau Sangalaki, tentunya bervariatif tergantung dari daerah asal. Apabila Anda berada di luar Kalimantan, tentu ongkos yang dikeluarkan sedikit lebih besar. Disarankan untuk selalu cek promo maskapai penerbangan agar memperoleh harga yang murah.

Dari Berau, Anda harus mengeluarkan ongkos kurang lebih Rp 700.000,00 untuk menyewa travel menuju Tanjung Batu. Sedangkan biaya sewa speedboat ke tempat tujuan Rp. 2.500.000,00 untuk 5 orang dan dapat digunakan untuk menjelajah semua pulau di Kepulauan Derawan selama 3 hari.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pulau Sangalaki

Kegiatan di Pulau Sangalaki
Image Credit: Twitter.com @topgunmvk12

Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan di Pulau Sangalaki. Coba lakukan beberapa kegiatan berikut apabila Anda kebingungan ingin melakukan apa.

1. Berenang dan Menyelam

Berenang dan menyelam merupakan kegiatan yang wajib Anda lakukan saat berada di pulau ini. Saat Anda berenang di perairan sekitar, pastinya yang dapat dirasakan adalah kesegaran airnya. Selanjutnya lakukan diving untuk melihat biota laut yang sangat menggemaskan. Jangan lupa untuk mencari ikan pari Manta dan penyu saat menyelam .

2. Observasi Penyu

Menambah ilmu pengetahuan mengenai penyu menjadikan sebuah pilihan yang menarik untuk dilakukan saat Anda sedang berada di Pulau Sangalaki. Datang langsung ke balai konservasi untuk mencari informasi menarik mengenai penyu hijau yang banyak terdapat di pulau ini.

3. Wisata Kuliner

Setelah beraktivitas menikmati keindahan di Kawasan pulau, isi perut Anda di restoran yang terbuka bagi para pelancong. Banyak sekali menu seafood yang bisa Anda jumpai di sini. Selain itu, Anda juga dapat mencoba beberapa menu khas dari daerah Kalimantan Timur.

4. Berfoto

Mengabadikan momen dengan cara berfoto adalah hal yang tidak boleh ketinggalan saat berada di sini. Dengan latar belakang yang sangat mempesona, Anda dapat membagikan waktu liburan Anda tersebut ke rekan-rekan di media sosial.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Sangalaki

Penginapan di Pulau Sangalaki
Image Credit: Derawandivelodge.com

Apabila Anda ingin menikmati liburan selama 3 hari, dianjurkan untuk menyewa salah satu penginapan yang tersedia di sekitar pulau tersebut dengan cara memesannya terlebih dahulu secara online. Berikut daftar penginapan yang bisa jadikan tempat bermalam.

1. Derawan Dive Resort

Penginapan ini merupakan favorit pagi para pelancong yang ingin menikmati waktu liburan mereka dalam menjelajah Pulau Sangalaki dan sekitarnya. Dengan ruangan yang sangat bersih dan fasilitas lengkap, membuat Anda akan semakin betah. Tarif tiap kamar mulai dari Rp 660.000,-.

2. Fisheries Eco Villa

Salah satu penginapan yang mengandalkan pelayanan terbaiknya ada di Fishery Eco Villa. Anda akan memperoleh banyak sekali pelayanan mulai dari sarapan, hiburan, bahkan fasilitas bagi orang yang berkebutuhan khusus. Tarif menginap untuk tempat ini mulai dari Rp. 725.000,-.

3. Sari Cottage Derawan

Sari Cottage merupakan tempat menginap yang paling murah untuk Anda saat berada di Kepulauan Derawan. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap dari Wi-Fi, AC, hingga jasa tur. Budget yang harus Anda keluarkan untuk menginap di sini mulai dari Rp. 120.000,-.

4. Derawan Dive Lodge

Apabila ingin menyewa kamar dengan nuansa Bali, Anda bisa mencobanya di Derawan Dive Lodge. Akan tetapi tarifnya cukup mahal mulai dari Rp 900.000,-.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Sangalaki

Fasilitas di Pulau Sangalaki
Image Credit: Google Maps (Qbo)

Fasilitas yang dapat Anda gunakan di Pulau Sangalaki cukup beragam. Banyak sekali kegiatan yang dapat Anda lakukan lebih dari sehari, sehingga dianjurkan untuk menyewa cottage yang telah disediakan oleh pihak pengelola.

Selain itu, bila ingin mengisi perut, luangkan waktu untuk pergi ke restoran dan bar yang telah berdiri di dekat cottage. Menunya sangat beragam dari olahan seafood, masakan tradisional, hingga menu western dan Asia.

Apabila Anda ingin menikmati panorama bawah laut, sangat disarankan untuk membawa perlengkapan dari rumah. Akan tetapi, bila Anda tidak memilikinya, cukup sewa di tempat penyewaan peralatan selam.

Itulah beberapa ulasan mengenai daya tarik dari Pulau Sangalaki yang ada di Kalimantan Timur. Tentu saja, pulau tersebut wajib berada di salah satu destinasi wisata yang hendak Anda singgahi untuk menghabiskan waktu liburan. Dengan panorama alam yang begitu cantik, berlibur di pulau ini dapat menjadi sebuah momen yang tidak pernah terlupakan.