Pulau Maratua, Surga Tersembunyi Mirip Maldives di Kalimantan Timur

Pulau Maratua

Pulau Maratua, surga bahari yang memesona di Kepulauan Derawan. Wisata bahari yang menyajikan hamparan laut biru yang menakjubkan wajib Anda kunjungi saat liburan ke Kalimantan Timur.

Lokasi: Teluk Harapan, Kec. Maratua, Kab. Berau.
Map: Cek Lokasi

Pulau Maratua sangat populer dikalangan masyarakat Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Hal ini dikarenakan, pulau ini memiliki keindahan alam bak surga yang masih terjaga dan aman dari kerusakan. Surga tersembunyi di Provinsi Kalimantan Utara ini menjadi salah destinasi favorit yang paling banyak diminati untuk mengisi masa liburan.

Pulau dengan resort yang menyerupai Maldives ini memiliki banyak daya tarik yang tentunya memikat hati para pelancong. Banyaknya objek wisata yang dapat dijelajahi dan dieksplor membuat wisatawan berbondong-bondong untuk mengunjungi pulau ini. Akan tetapi untuk sampai ke pulau ini, Anda harus melewati rute yang lumayan panjang dan tentunya melelahkan.

Sebelum menjadikan wisata bahari eksotis ini sebagai tujuan wisata, Anda harus mengetahui hal-hal atau informasi yang berkaitan dengan pulau surga ini. Berikut ini terdapat beberapa penjelasan penting mengenai Pulau Maratua yang wajib Anda ketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Maratua

Daya Tarik Pulau Maratua

Image Credit: Twitter.com @indtravel

Pulau ini yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur memiliki bentangan alam yang menakjubkan dan begitu memanjakan mata. Perairan yang terletak pada pulau ini memiliki warna biru jernih dengan dasar perairan yang kaya akan biota. Disini Anda akan disuguhi pemandangan berupa jajaran cottage yang membentang diatas perairan.

Cottage yang terdapat di Kawasan pulau dibangun di atas laut dengan jembatan melintang yang dijadikan sebagai jalan setapak. Anda dapat menjadikan tempat ini sebagai background foto karena pemandangannya yang langsung menghadap ke arah laut. Pulau dengan beragam hewan karang dan ikan hias ini banyak dikunjungi karena alamnya yang masih terjaga dan natural.

Banyak dari para pelancong yang mencari spot sunset terbaik saat berlibur ke Pulau Maratua. Meskipun membutuhkan budget yang tinggi, akan tetapi pulau ini kerap kali menjadi salah satu destinasi wisata teramai di Provinsi Kalimantan Timur. Sebab pulau ini menyimpan banyak sekali keindahan alam bawah laut yang perlu Anda eksplor.

Selain itu, disini Anda juga dapat menikmati objek wisata lain yang tak kalah menakjubkan. Anda akan menjumpai beberapa danau yang lumayan luas dan besar dengan air yang menyegarkan. Bagi Anda yang tidak ingin berenang di air laut, danau ini menjadi pilihan yang tepat untuk membasuh diri di alam terbuka. Disini juga terdapat sebuah goa yang seringkali dijadikan sebagai rute penjelajahan.

BACA:  Taman Cibodas Bontang, Tujuan Rekreasi Favorit Keluarga

Salah satu hal yang menjadi daya tarik Pulau Maratua adalah adanya suatu pemukiman suku Bajo. Disini, Anda dapat ikut berinteraksi dengan masyarakat suku Bajo sambil mengamati bagaimana pola kehidupan suku Bajo tersebut. Hal ini menjadi daya tarik sendiri yang menarik banyak minat turis maupun wisatawan lokal.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Maratua

Alamat Pulau Maratua

Image Credit: Twitter.com @indtravel

Anda dapat menggunakan 2 rute perjalanan untuk sampai di pulau cantik yang berada di Kabupaten Berau Provinsi Kalimantan Timur. Kedua rute ini yaitu rute darat dan rute udara dan dapat Anda tempuh dengan mengeluarkan biaya yang lumayan besar. Sebab Pulau Maratua merupakan pulau terluar Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negara Filipina dan Negara Malaysia.

Bagi Anda yang menggunakan rute darat Anda akan melewati wilayah Palangkaraya untuk sampai ke Pelabuhan Tanjung Batu. Jalan yang Anda tempuh sudah memiliki alur yang mudah dan juga terkadang terjadi kemacetan. Dari Pelabuhan Tanjung Batu, Anda akan diarahkan untuk menggunakan jalur laut agar bisa sampai ke Pulau Maratua.

Jika Anda menginginkan perjalanan yang nyaman dengan waktu yang tidak terlalu lama, Anda dapat menggunakan jalur udara. Anda harus memilih jalur udara jurusan Balikpapan sebagai daerah transit. Setelah itu, Anda harus menempuh jalur udara lagi menuju ke Berau atau Tarakan selama kurang lebih 1 jam. Dari kedua daerah ini, dapat melanjutkan perjalanan untuk sampai ke Pelabuhan Tanjung Batu.

Setelah menempuh perjalanan menggunakan rute udara maupun rute darat, Anda akan diarahkan untuk menggunakan jalur laut agar bisa sampai ke Kawasan pulau. Anda bisa menyewa speed boat dengan kapasitas empat sampai dengan lima orang selama kurang lebih 3 jam. Lelahnya perjalanan Anda, akan terbayar saat menyaksikan keindahan alami Pulau Maratua.

Biaya Wisata ke Pulau Cantik Kalimantan Timur

Biaya ke Pulau Cantik Kaltim

Image Credit: Instagram.com @andifaizalmuin

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Maratua, maka Anda harus menyiapkan budget yang lumayan tinggi. Sebab, biaya perjalanan serta penyewaan boat dibandrol dengan harga yang lumayan menguras kantong Anda. Untuk memasuki pulau ini Anda tidak akan dikenakan biaya atau gratis. Akan tetapi, Anda diwajibkan membayar untuk bisa menggunakan fasilitas tertentu.

BACA:  16 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Para wisatawan yang ingin menyewa paket untuk melakukan kegiatan diving Anda harus membayar biaya sebesar Rp 650.000. biaya tersebut belum termasuk perlengkapan baju selam. Sebab itu, Anda harus teliti dalam menghitung kisaran budget yang Anda butuhkan agar bisa berlibur ke pulau ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Maratua

Kegiatan di Pulau Maratua

Image Credit: Okezone.com

1. Berfoto Ria

Sebagai tempat wisata, sudah menjadi hal yang wajar jika para pengunjung berburu mencari spot-spot foto yang bagus dengan pemandangan yang sangat indah. Pulau eksotis di Kaltim ini menjadi salah satu tempat wisata yang banyak diburu untuk mendapatkan sebuah foto yang berkesan. Lokasi premium ini memiliki banyak spot foto dengan background pemandangan yang indah.

Pemandangan sore hari di Pulau Maratua ini menjadi yang paling banyak diburu oleh para wisatawan. Pasalnya warna cahaya matahari yang sedang terbenam membuat suasana menjadi lebih romantis. Pada sore hari juga terdapat para penyu yang berenang kembali ke dermaga ini adalah momen berfoto dengan penyu yang cukup menarik dilakukan saat berkunjung ke pulau ini.

2. Snorkeling

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivitas diving tetapi tidak memiliki sertifikat diving, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling di laut lepas Pulau Maratua. Aktivitas snorkeling tidak kalah menariknya dengan aktivitas diving. Anda dapat melakukan snorkeling seharian untuk menikmati keindahan bawah laut yang disajikan pulau ini.

Timing yang pas untuk melakukan snorkeling adalah pada saat menjelang senja. Pada waktu ini banyak para penyu yang berenang menuju ke arah dermaga. Anda juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan ikan pari. Jika Anda bersnorkling, disarankan untuk menyiapkan kamera underwater untuk menangkap gambar pemandangan bawah laut.

3. Wisata Kuliner

Berwisata ke Pulau Maratua tidak lengkap jika Anda tidak mencicipi kuliner lokal. Kuliner lokal Pulau ini memiliki cita rasa yang lezat. Yang menjadi pilihan dari banyak wisatawan adalah masakan khas Kalimantan Timur, seperti ayam cincane, sate payau, gence ruan, nasi bekepor, bubur pedas, dan sambal raja.

BACA:  Danau Labuan Cermin, Danau Unik Dua Rasa di Kalimantan Timur

Dari banyak kuliner yang menjadi pilihan para wisatawan, kuliner gence ruan menjadi kuliner yang paling banyak diburu. Gence ruan adalah kuliner yang menggunakan ikan gabus atau warga lokal menyebutnya ikan haruan. Ikan dibakar diatas bara dengan dicampurkan bumbu tumis. Ikan gabus yang sudah dibakar akan dilumuri dengan sambal goreng untuk menambah cita rasa ikan gabus.

4. Diving

Pulau Maratua terkenal dengan surga bawah lautnya yang memiliki ekosistem yang kaya akan biota. Terdapat ekosistem terumbu karang dengan spesies beragam yang dapat memanjakan mata Anda. Sebab itu, banyak wisatawan yang melakukan kegiatan diving untuk menyaksikan pemandangan ini. Pulau ini juga menyediakan berbagai spot diving yang tentunya memiliki keunikan tersendiri.

Spot diving tersebut antara lain yaitu Cabbage Garden, Turtle Traffic Spot, Hanging Garden, The Channel, Mid Reef, dan spot-spot lainnya. Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam diving wajib mengunjungi semua spot tersebut.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Maratua

Penginapan Murah di Pulau Maratua

Image Credit: Twitter.com @fizakl69

Pulau Maratua menyediakan penginapan yang dinamai dengan Maratua Paradise Resort. Penginapan ini terdiri dari 2 jenis penginapan yang terletak pada lokasi yang berbeda. Maratua Paradise Resort terletak di pinggir pantai. Sedangkan Maratua Paradise Resort Water Villa terletak dibangun di atas perairan dengan jembatan kayu sebagai penghubung.

Maratua Paradise Resort membandrol harga untuk 1 kamar 1 orang sebesar Rp 1.140.000. untuk 1 kamar dengan 2 orang di Maratua Paradise Resort Water Villa dikenakan biaya Rp 1.728.000 per orangnya dan untuk 1 kamar 1 orang dikenakan biaya Rp 3.633.000. Untuk WNA dikenakan tambahan biaya sebesar Rp 1.650.000.

Fasilitas yang Tersedia di Surga Bahari Kaltim

Fasilitas di Surga Bahari Kaltim

Image Credit: Google Maps (Tanozisochi Lase)

Sebagai tempat wisata bahari yang mendapat julukan surga tersembunyi di Kalimantan Timur ini memiliki fasilitas penginapan dan beberapa fasilitas lainnya. Para pengunjung yang ingin melakukan diving sudah tersedia tempat penyewaan peralatan menyelam. Untuk fasilitas penginapan, terdapat resor di Pulau Maratua yakni Maratua Paradise Resort.

Informasi mengenai Pulau Maratua di atas semoga dapat menambah keyakinan Anda untuk memilih pulau ini sebagai tujuan liburan. Penting bagi Anda untuk menyiapkan budget yang cukup untuk bisa menikmati seluruh fasilitas di pulau ini. Dengan budget yang cukup, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas di pulau ini.