Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Pantai Marina Bontang

Pantai Marina di Bontang termasuk wisata bahari yang terkenal dengan panorama pantainya yang menjadi tujuan rekreasi favorit pada hari-hari libur.

Lokasi: Satimpo, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang.
Map: Cek Lokasi

Pantai menjadi salah satu destinasi wisata yang umum di Indonesia. Hampir di setiap provinsi memiliki tipe wisata ini terutama area kabupaten dan kota yang berbatasan langsung dengan laut. Salah satunya adalah Bontang. Namanya sudah tidak asing lagi apalagi bagi mereka yang bekerja di bidang tertentu. Bontang ini terkenal karena industri.

Kota ini berada di dekat pesisir yang berbatasan langsung dengan Singapura. Anda akan melihat keduanya dari sisi masing-masing. Salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi adalah pantai Marina kota Bontang. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau

Nama pantai Marina terdengar familiar karena banyak sekali wisata pantai menggunakan nama ini. Khusus untuk di Bontang, nama ini cocok untuk mencerminkan keindahan dan suasana yang ada di lokasi tersebut. Pengunjung dapat menyusuri pasir putih dengan laut berwarna biru cerah. Berbagai fasilitas mulai dibangun untuk meningkatkan jumlah turis yang berkunjung.

Mengenal Pantai Marina di Bontang

Mengenal Pantai Marina

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang Bontang dan pantainya yang cantik. Secara geografis, pantai ini masuk kawasan kota Bontang. Jika belum tahu dimana kota tersebut, Anda bisa mengecek peta dan menuju provinsi yang berhadapan langsung dengan Singapura.

Orang mengenal Batam karena lebih sering menjadi transit ketika ingin berkunjung ke negara tersebut. Akan tetapi, Bontang juga termasuk kota dengan perkembangan ekonomi pesat. Selain wilayah industri, kota ini memiliki beberapa destinasi wisata dan salah satunya adalah pantai Marina.

Anda mungkin sedikit kesulitan menemukan pantai karena lokasi yang lumayan jauh dari pemukiman. Sebaliknya, area tersebut lebih sering dilalui oleh kendaraan tambang. Akan tetapi, pantai ini sudah mulai dikenal luas terutama area sekitar yang masih memiliki hutan bakau atau mangrove.

Anda perlu menyusun rencana terlebih dahulu sebelum langsung ke pantai tersebut. Kota Bontang dapat dijangkau dengan transportasi udara dan darat. Anda mengecek terlebih dahulu rute ke kota tersebut lalu mempersiapkan akomodasi ke pantai Marina.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Pantai Marina

Daya Tarik Pantai Marina

Image Credit: Msubandii.wordpress.com

Daya tarik utama destinasi wisata ini adalah wisata pantai. Ini adalah istilah terkait dengan objek wisata yang secara keseluruhan fokus di area pantai. Kondisi alam tersebut menarik banyak orang untuk berkunjung dan menikmati suasana semilir angin laut.

Di pantai Marina Bontang, pengunjung dapat berjalan dan menjelajah pantai yang memiliki pasir putih. Anda bisa melihat langsung bagaimana pasir tersebut tampak berkilau terutama saat di siang hari yang terik. Hamparan ini tersedia sepanjang pantai tersebut.

BACA:  Pulau Sangalaki, Pulau Cantik yang Menakjubkan di Berau Kaltim

Untuk menunjang wisata ini, area pantai dilengkapi dengan gazebo dan tempat teduh. Anda tidak perlu khawatir mengenai suhu sebab pantai masih memiliki tumbuhan hijau yang cukup segar untuk sekedar melepas panas.

Wisata pantai juga berkaitan dengan ombak dan laut. Anda melihat sisi kontras antara pantai dan laut. Satu sisi berwarna putih dan area seberang tampak hijau. Selain itu, ombak di pantai ini sangat tenang. Pengunjung tidak perlu khawatir ketika berenang ke tengah.

Salah satu wisata yang jarang sekali sepi adalah pantai termasuk Marina. Lokasinya di Bontang sehingga mempunyai potensi tersendiri. Bagi yang sudah lelah dan bosan dengan hiruk pikuk kantor, berkunjung ke pantai adalah solusi yang tepat. Mereka dapat menyegarkan kembali pikiran dan badan.

Selain itu. Pantai ini bukan saja menjadi destinasi wisata dalam negeri tetapi mancanegara. Lokasi Bontang sangat strategis karena dekat dengan Singapura dan Malaysia. Turis asing dapat berkunjung langsung karena akses transportasi sudah tersedia.

Aktivitas Olahraga Air yang Menarik

Aktivitas Olahraga Air

Image Credit: Pbase.com

Bagi yang suka dengan aktivitas olahraga air. Pantai ini sangat direkomendasikan. Ombak yang ramah dan tenang sangat cocok untuk sekedar menggunakan perahu atau speed boat. Anda bahkan dapat melihat nelayan setempat yang sedang mencari ikan.

Selain itu, aktivitas lain seperti berenang dan diving juga tersedia di pantai. Air yang jernih sangat cocok untuk menyelam dan melihat langsung kondisi dasar laut. Untuk melakukannya, pengunjung harus mematuhi instruksi pemandu. Anda bisa membawa sendiri peralatan selam ketika berkunjung ke pantai Marina.

Selain aktivitas pribadi, pantai juga cocok untuk kegiatan olahraga berkelompok. Pasir putih memberikan rasa nyaman di kaki. Anda bisa bermain bola pantai bersama teman. Lakukan kegiatan ini di sore atau pagi hari untuk menghindari matahari terik. Ini adalah salah satu contoh kegiatan yang bisa pengunjung kerjakan selama di pantai Marina.

Hampir semua aktivitas tersedia di pantai ini. Yang terpenting adalah Anda sudah mengenal area dan mengerti ketentuan keamanan. Meskipun pantai tampak tenang, turis dan pengunjung tetap meletakkan aspek hati-hati dan keamanan di nomor satu

Ketika pantai ini sudah siap untuk menunjang banyak turis, Anda mungkin akan menemukan lebih dari aktivitas umum. Tentu saja, hal tersebut membutuhkan waktu dan usaha. Pantai Marina dapat menjadi solusi sebagai pantai yang asri dan sepi sehingga pengunjung betah.

Hutan Bakau di Dekat Pantai Marina

Hutan Bakau di Pantai Marina

Image Credit: Keindahanpanoramabontang.blogspot.com

Di dekat pantai Marina, ada area hutan bakau. Tanaman mangrove ini tumbuh secara berkelompok di bibir pantai. Mereka bertugas untuk mencegah erosi akibat gerusan ombak.

BACA:  Pulau Maratua, Surga Tersembunyi Mirip Maldives di Kalimantan Timur

Anda dapat berkunjung ke lokasi tersebut. Hutan bakau menunjukkan bahwa pantai Marina masih memiliki sisi keaslian alam yang belum berubah. Tentu saja, beberapa spot terlihat hasil buatan manusia. Anda bisa berkeliling di hutan ini karena menjadi destinasi wisata satu paket dengan pantai tersebut.

Area ini menjadi bagian penting untuk konservasi. Pantai tanpa hutan bakau akan terasa terik. Anda bisa membandingkan langsung kondisi pantai yang dimaksud. Meskipun tidak lebat, bakau di pantai ini sudah cukup untuk menyeimbangkan ekosistem. Inilah daya tarik utama dari hutan bakau sebagai spot berbeda di pantai tersebut.

Hutan mangrove tersebut memberikan suasana berbeda ketika pengunjung masuk. Anda tidak lagi merasa panas bahkan udara lebih segar. Selain itu, lokasi ini sangat cocok untuk mengamati beberapa hewan laut dan fauna lain di pantai. Sebelum berkunjung ke hutan ini, pastikan telah menyiapkan apapun yang dibutuhkan.

Tersedia Area Bermain Anak-Anak di Sekitar Pantai

Area Bermain Anak di Pantai

Image Credit: Pbase.com

Salah satu daya tarik lain di pantai ini adalah area bermain. Pantai ingin menunjang aktivitas untuk segala usia. Area bermain mirip dengan taman yang ada di sekolah TK. Anak-anak dapat bebas bermain dengan aman.

Selain itu, spot ini juga terdapat area untuk orang tua agar bisa mengawasi buah hati mereka. Secara keseluruhan, pantai Marina menyadari bahwa fasilitas ini merupakan cara agar pengunjung datang kembali karena merasa nyaman ketika berada di destinasi wisata tersebut.

Anda tidak perlu khawatir mengenai aspek keamanan. Lokasinya tidak dekat langsung ke pantai. Area ini sengaja diletakkan agak jauh karena untuk alternatif aktivitas. Saat anak-anak sudah bosan dengan pantai, mereka segera berpaling menuju area ini. Ayunan dan permainan lain tersedia agar mereka lebih senang.

Akomodasi di Sekitaran Pantai Marina

Akomodasi di Pantai Marina

Image Credit: Annienugraha.com

Kota Bontang mengalami kemajuan pesat. Sebagai daerah industri, kota ini memiliki infrastruktur penunjang yang lengkap terutama transportasi. Anda bisa bepergian kemana saja termasuk menuju pantai Marina.

Karena belum banyak yang tahu, moda transportasi umum masih terbatas. Pengunjung sebaiknya memakai kendaraan pribadi atau rental. Hal tersebut berbanding terbalik dengan kondisi jalan. Saat menuju pantai ini, jalan sudah bagus dan tidak terhambat apapun. Inilah yang membuat pantai Marina mulai naik daun.

Sebelum berkunjung, Anda menyiapkan akomodasi terlebih dahulu terutama transportasi dan penginapan. Area sekitar sudah tersedia untuk menunjang para turis. Anda memilih yang sesuai dengan kondisi dan budget saat berwisata di kota Bontang.

Wisana Kuliner di Pantai Marina Bontang

Wisana Kuliner di Pantai Marina

Image Credit: Travelsafe-aca.com

Karena dekat dengan laut atau daerah pesisir, kuliner di kota ini berkaitan dengan laut. Saat berkunjung ke pantai, Anda melihat beberapa nelayan atau orang-orang yang sedang memancing. Mereka menjual hasil tangkapan di rumah makan dekat pantai.

BACA:  Taman Cibodas Bontang, Tujuan Rekreasi Favorit Keluarga

Keindahan pantai ini memang cocok untuk menikmati kuliner seafood yang khas. Ikan dan makanan berbahan laut lain tersedia di rumah makan. Anda wajib mencoba bahkan merasakan rasa khas Bontang.

Meskipun tampak sama, setiap daerah memiliki cara masak dan bumbu tersendiri untuk mengolah makanan laut. Hal itu tampak dari bagaimana makanan tersebut disajikan. Anda akan merasakan perbedaan yang jelas terutama ketika berkunjung ke pantai Marina yang lain. Marina di Bontang memang beda dan unik.

Bagi pengunjung dari luar daerah, wisata kuliner memang memiliki tempat tersendiri. Di Bontang, Anda dapat mencoba beberapa makanan setempat. Ketika sudah di pantai, makanan pasti berhubungan dengan bahan dari laut. Selain itu, Anda masih bisa mencoba yang lain sebagai pelengkap sehingga pengunjung tidak bosan.

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Pantai Marina

Harga Tiket Pantai Marina

Image Credit: Annienugraha.com

Pantai ini masuk kawasan bebas. Anda pasti tidak percaya jika pantai Marina Bontang bebas biaya masuk. Harga tiket gratis sehingga siapapun dapat berkunjung. Tentu saja, Anda harus bisa sampai terlebih dahulu jadi membuktikan langsung kondisi tersebut.

Akan tetapi, pantai masuk area privat. Hal ini terkait dengan industri setempat yaitu penambangan pasir. Meskipun cukup jauh dengan pantai, lokasi yang penuh dengan keindahan pasir tersebut sudah masuk area milik perusahaan. Anda mungkin membutuhkan teman atau koneksi hingga bisa masuk ke pantai dengan bebas.

Potensi pariwisata ini sangat sayang jika dilewatkan. Meskipun tidak ada biaya masuk, banyak orang tertarik untuk berkunjung. Kota Bontang membutuhkan pantai yang ikonik apalagi dengan komposisi alam yang memukau. Pasir putih dan laut biru sudah lebih dari cukup untuk menarik lebih banyak penunjung.

Area Pertambangan Dekat Kawasan Pantai Marina

Pertambangan Dekat Pantai Marina

Image Credit: Maps.google.com @kusuma widati

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantai Marina sudah beralih menjadi bagian dari area pertambangan. Anda membutuhkan koneksi khusus agar bisa sekedar masuk dan menikmati pantai ini. Akan tetapi, area pantai sangat luas jadi Anda mungkin menemukan spot yang masih bebas.

Pantai ini masih tergolong baru dan pengembangan sangat dibutuhkan. Meskipun sudah menjadi area khusus, pengunjung masih berkesempatan untuk menikmati pantai tersebut. Anda tidak perlu ragu untuk datang langsung.

Pantai Marina Bontang memiliki apa yang wisata pantai butuhkan. Semuanya sudah tersedia dan siap untuk menarik pengunjung lebih banyak. Tentu saja, usaha pihak setempat yang keras sangat dibutuhkan. Wisata pantai termasuk kegiatan yang tidak pernah habis oleh zaman. Meskipun banyak spot unik lain, orang-orang masih mempertimbangkan pantai.