Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam, Riau; Map: Cek Lokasi

Batam, Kepulauan Riau memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Melur yang menjadi salah satu destinasi wisata bahari. Pantai cantik nan eksotis ini berada di Pulau Galang yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Pantai indah ini terkenal dengan pemandangan pasir putih dan air laut yang begitu jernih. Pesona alamnya berhasil menarik banyak pengunjung, terutama saat hari-hari libur. Wisatawan akan disuguhkan dengan suasana pantai yang asri dan alami. Lanskap pantai yang memiliki garis pantai sedikit melengkung ini menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Pasir putihnya yang halus membuat para pengunjung semakin betah untuk bermain di atasnya. Wisatawan dapat bersantai atau berjemur, bermain pasir, dan bermain voli pantai di tempat ini. Soal fasilitasnya pun sudah cukup memadai sehingga liburan di Pantai Melur akan lebih nyaman dan menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Melur

Daya Tarik Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Prihtiono Sejati

1. Laut yang Jernih

Pemandangan laut yang terhampar luas menjadi sajian utama untuk para pengunjung. Wisatawan akan disambut dengan laut biru yang airnya begitu jernih dan juga bersih. Bentuk pantai yang sedikit menjorok membuat pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang. Wisatawan pun dapat bermain di sekitar lautnya dengan lebih aman.

2. Pantai Pasir Putih

Pantai yang ada di selatan Kota Batam ini disebut-sebut sebagai salah satu destinasi wisata pantai yang eksotis. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari pasir putih yang menjadi daya tarik Pantai Melur ini. Hamparan pasir putih dari ujung hingga ke ujung memberikan pemandangan yang indah untuk dinikmati pengunjung.

3. Pemandangan Sunset

Pesona lain dari tempat wisata yang tidak jauh dari bekas camp pengungsi Vietnam ini adalah pemandangan matahari terbenamnya. Sunset yang selalu diburu oleh wisatawan akan menjadi pertunjukan indah sebagai penutup siang. Apalagi di pantai ini ombaknya cukup tenang sehingga pantulan sinar matahari saat senja menjadi lebih memukau.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Grzegorz Iminski

4. Spot Selfie di Pantai Melur

Adanya spot selfie memang selalu lebih menarik bagi wisatawan untuk datang. Pantai yang eksotis ini pun tidak kalah, dengan beberapa spot selfie keren yang disediakan di beberapa titik. Apalagi dengan penataan fasilitas pantai yang sangat bagus sehingga memberikan banyak pilihan tempat untuk latar foto yang lebih estetis.

5. Gazebo Pinggir Pantai

Keberadaan gazebo di tepi pantai memberikan pemandangan yang menarik di Pantai Melur untuk para wisatawan. Apalagi jumlah gazebo di sini tidak hanya satu, tetapi cukup banyak yang didirikan berjajar di atas pasir putihnya. Pemandangan seperti ini tentu membuat suasana seperti liburan di pantai-pantai resort yang terkenal.

6. Wahana Permainan Air

Ada lagi yang menarik dari pantai berpasir putih ini yakni tersedianya beberapa wahana permainan air. Saat memasuki area pantai, wisatawan dapat melihat perahu berwarna kuning dengan bentuk seperti pisang yang tidak lain adalah banana boat. Ya, untuk pengunjung yang ingin mendapatkan liburan lebih seru, bisa naik banana boat atau wahana permainan lainnya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Kingwan

Beberapa tempat wisata di Batam, Riau memang berada di pulau-pulau kecil yang dapat diakses melewati jembatan penghubung pulau. Termasuk destinasi wisata bahari seperti Pantai Melur yang berada di Pulau Galang.

Perjalanan dari Kota Batam sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk mencapai pantai di Pulau Galang. Namun jangan khawatir karena akses jalan di kawasan ini sudah bagus dengan jalanan beraspal. Jadi Anda bisa mengunjungi pantai ini menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Batam, maka bisa mengambil rute ke selatan ke arah Pulau Galang. Perjalanan akan melewati jembatan terkenal di Batam yaitu jembatan barelang. Jembatan inilah yang menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Galang dan pulau lain di sekitarnya.

Saat memasuki kawasan pantai, Anda akan melewati gapura yang menjadi loket masuk tempat wisata. Perjalanan masih dilanjutkan untuk mencapai pantai dengan jarak sekitar 1 kilometer dari gapura. Anda akan melewati tanjakan dan kemudian jalanan menurun menuju lokasi pantai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Melur Batam
Image Credit: Google Maps Grzegorz Iminski

Pengunjung Pantai Melur yang ingin memasuki kawasan wisata ini akan dikenai tiket masuk di gapura selamat datang. Setiap pengunjung dikenai tiket sebesar Rp 3.000,- untuk sekali masuk. Jika membawa kendaraan pribadi masuk, maka harus membayar biaya tambahan untuk parkir, kurang lebih Rp 2.000,- untuk setiap kendaraan.

Tiket masuk tempat ini memang tergolong murah. Namun untuk menikmati beberapa wahana dan fasilitas, pengunjung akan dikenai biaya tambahan. Termasuk untuk menggunakan gazebo yang ada di pinggir pantai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Melur

Aktivitas di Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Chin Jimmy

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Beberapa orang memilih liburan ke pantai untuk refreshing dan menenangkan diri sejenak dari rutinitas pekerjaan. Pengunjung Pantai Melur juga tidak sedikit yang menghabiskan liburannya dengan bersantai di pinggir pantai menikmati pemandangan indah yang ada di depan mata.

Menikmati ombak-ombak kecil di laut yang airnya masih terjaga kebersihannya. Duduk santai ditemani sayup-sayup angin pantai di bawah pohon kelapa. Jika bosan, Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai sambil berburu kerang atau cangkang hewan di pasir putihnya.

2. Bermain di Atas Pasir Putih

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu liburan di Pantai Melur yang eksotis ini. Anda yang tidak suka basah-basahan, cukup bermain di atas pasir putihnya. Membangun miniatur, mengubur diri setengah badan, atau main voli pantai bersama teman-teman dan rombongan yang Anda bawa.

3. Berenang di Bibir Pantai

Airnya yang sangat jernih di pantai ini memang menggoda wisatawan untuk segera bermain di lautnya. Tenang karena ombak di pantai ini tidak terlalu tinggi dan bahkan relatif tenang. Semua pengunjung bisa berenang di sekitar pantai dan untuk anak-anak tetap harus dapat pengawasan penuh selama bermain di laut.

Bagi wisatawan yang tidak terlalu berani dengan aktivitas ini, bisa mencobanya dengan pelampung. Anda bisa menyewa pelampung yang disediakan di sekitar Pantai Melur sehingga lebih nyaman saat berenang.

4. Naik Banana Boat

Aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk Anda yang datang bersama rekan kerja, teman, atau kerabat adalah naik banana boat. Perahu karet berwarna kuning terang ini memang selalu menarik perhatian bahkan saat wisatawan baru datang. Anda bisa mengenakan pakaian pelampung dan kemudian naik perahu untuk bermain sedikit lebih jauh ke tengah laut.

5. Menikmati Sunset

Anda yang suka aktivitas santai, mungkin bisa mencoba menikmati sunset di pantai berpasir putih ini. Pemandangan matahari terbenam di tempat ini sangat memukau. Sinar matahari menutup semua pemandangan dengan warna-warna senja yang begitu hangat. Semakin romantis untuk menikmati sunset sambil mencicipi ikan bakar yang lezat.

Aktivitas Menarik di Pantai Melur
Image Credit: Google Maps Dewi Fortuna

6. Berburu Spot Foto

Siapa sih yang tidak tergoda untuk berfoto-foto saat menemukan tempat cantik seperti Pantai Melur ini. Penataan fasilitas di wisata pantai cantik ini begitu apik dengan beberapa pohon kelapa yang menghiasi pemandangan akan menjadi latar yang bagus untuk foto selfie Anda. Beberapa spot foto juga disediakan seperti lingkaran yang menyerupai sarang burung dan lainnya.

7. Makan-makan

Kegiatan ini bisa menjadi penutup setelah Anda puas bermain di pantai. Keluarkan semua bekal yang Anda bawa dari rumah dan nikmati bersama di tepi pantai agar terasa lebih nikmati. Jika ingin makan di gazebo, mungkin Anda perlu membayar biaya sewa terlebih dahulu. Tempatnya bagus dan nyaman untuk Anda beristirahat dan makan-makan.

Namun untuk pengunjung yang tidak membawa makanan sendiri juga tidak perlu khawatir. Silahkan untuk membeli makanan dan minuman di warung-warung yang ada di sekitar pantai. Makanannya lezat dan tentu harganya cukup terjangkau. Ikan bakar segar dan es kelapa muda bisa menjadi menu pilihan untuk menemani waktu Anda di pantai eksotis ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Melur Batam
Image Credit: Google Maps Chin Jimmy

Tempat wisata di Pulau Galang ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Tempat parkir, toilet, dan warung makan dapat dengan mudah ditemukan di tempat ini. Jadi Anda bisa lebih nyaman selama berada di Pantai Melur untuk liburan bersama orang-orang tersayang.

Setelah puas bermain-main, pengunjung bisa lanjut kulineran. Beberapa fasilitas warung makan di pantai ini menyediakan beragam menu makanan lezat termasuk olahan seafood. Tempatnya juga nyaman dengan kursi-kursi cantik untuk pengunjung bersantap menikmati hidangan dan pemandangan.

Fasilitas wisatanya pun cukup beragam seperti sewa pelampung, banana boat, dan gazebo pantai. Pengunjung yang ingin menggunakan fasilitas ini memang perlu membayar biaya tambahan sekitar Rp 10.000,- hingga Rp 50.000,-. Walaupun harus membayar, tetapi pengalaman yang didapatkan tentu bisa menjadi kenang-kenangan tidak terlupakan.

Bagaimana sekilas informasi mengenai Pantai Melur di Kota Batam ini? Jika Anda tertarik untuk menikmati liburan di pantai eksotis ini, siapkan tiket dan perlengkapan wisata Anda. Jangan lupa untuk membawa sunscreen dan pelindung panas karena cuaca di sekitar pantai yang cukup terik saat siang hari.