10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Dumai

Dumai merupakan salah satu wilayah di Kepulauan Riau yang menjadi penghasil minyak terbesar kedua disana. Sama seperti Kepulauan Riau lainnya, Dumai memiliki potensi alam yang indah, yang cocok dijadikan sebagai tempat wisata. Bahkan beberapa tempat belum banyak diketahui oleh wisatawan, sehingga masih belum terlalu ramai dengan nuansa alam yang begitu asri.

Mayoritas destinasi wisata di Dumai merupakan wisata alam dan beberapa merupakan wisata budaya ataupun sejarah. Dengan pesisir dan garis pantai yang indah, Dumai menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk menikmati keindahan pantai alami. Disana, telah tersedia beragam fasilitas penunjang yang diperlukan oleh wisatawan.

Bagi Anda yang berniat untuk mengunjungi Dumai dalam waktu dekat, jangan khawatir, berikut merupakan daftar 10 tempat wisata paling terkenal yang bisa Anda kunjungi di Dumai. Sempatkan untuk menengok keindahan alam Dumai dengan mengunjungi tempat-tempat berikut.

1. Pantai Teluk Makmur

Pantai Teluk Makmur

Lokasi: Jl. Datuk Hakim. Tlk. Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai. – Image Credit by Cakaplah.com

Anda yang tertarik dengan wisata pesisir pantai, bisa mengunjungi Pantai Teluk Makmur yang eksotis. Selain cantik dengan pasir putih bersih dan air laut yang biru, pada bibir pantai terdapat banyak batuan besar yang bisa Anda jadikan sebagai objek foto.

Anda bisa bermain air, berjemur dan menikmati indahnya pemandangan pantai dari pondokkan yang tersedia di sepanjang pantai. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen matahari terbenam di pantai yang indah ini.

2. Danau Bunga Tujuh

Danau Bunga Tujuh

Lokasi: Bukit Batrem, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai. – Image Credit by Menyapariau.com

Merupakan salah satu destinasi wisata air yang menarik. Danau Bunga Tujuh sering menjadi spot wisata terkenal di Dumai karena memiliki pemandangan alam yang indah dan masih asri. Danau ini dikelilingi oleh hutan yang masih lebat, dengan beragam  flora dan fauna yang tinggal di dalamnya.

BACA:  12 Tempat Wisata di Siak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain itu, Anda bisa bermain air di pinggiran danau, menikmati indahnya pemandangan di sekitar pondok serta berjalan mengelilingi danau. Sebagai tambahan, Anda sebaiknya mengunjungi Danau Bunga Tujuh ketika cuaca cerah untuk mendapatkan pemandangan yang maksimal.

3. Hutan Mangrove Dumai

Hutan Mangrove Dumai

Lokasi: Ratu Sima, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai. – Image Credit by Riaumagz.com

Hutan bakau atau mangrove bisa Anda temukan dengan mudah di sekitar pantai di pesisir Dumai. Hutannya masih alami dengan pepohonan bakau yang lebat. Beberapa fasilitas telah ditambahkan untuk memudahkan wisatawan menikmati hutan bakau, misalnya dengan pengadaan jembatan dan penyewaan perahu untuk menyusuri bakau.

Anda yang menyukai destinasi wisata yang berbeda di Dumai, bisa berkunjung ke hutan mangrove. Disana Anda akan menemukan flora dan fauna lokal yang hidup dalam ekosistem hutan bakau. Hutan ini termasuk dalam wilayah pesisir pantai di Dumai.

4. Pantai Purnama

Pantai Purnama

Lokasi: Purnama, Kec. Dumai Barat, Kota Dumai. – Image Credit by Ayojalanjalan.com

Terkenal karena pesisirnya yang cantik, jangan lupa menengok keindahan Pantai Purnama di Dumai Barat. Pantai ini merupakan tempat yang tepat untuk melihat pemandangan matahari terbenam. Alam disekitarnya yang masih asri menjadi daya tarik plus untuk Pantai Purnama.

Namun, yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi pasirnya yang sedikit berlumpur, sehingga tidak bisa digunakan untuk bermain pasir. Alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah menyusuri garis pantai dengan berjalan kaki atau duduk menikmati pemandangan di pondok yang telah disediakan.

5. Goa Pelintung

Goa Pelintung

Lokasi: Pelintung, Kec. Medang, Kab. Dumai. – Image Credit by Situsbudaya.id

Objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi di Dumai adalah Goa Pelintung. Ini merupakan spot wisata lain bagi Anda yang ingin mencoba hal baru selain menjelajahi pesisir pantai Dumai. Goa Pelintung dikabarkan pernah menjadi tempat penyimpanan bajak laut untuk menyembunyikan harta jarahan mereka.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Pekanbaru yang Terkenal Enak

Walau hingga sekarang masih diragukan kebenaran ceritanya, namun tidak membuat pantai ini surut peminat. Keindahan alam yang ditawarkan oleh Goa Pelintung adalah kontruksi stalakmit dan stalaktit yang menakjubkan. Anda tidak akan rugi mendatangi gua ini.

6. Tugu Lancang Kuning

Tugu Lancang Kuning

Lokasi: Tj. Palas, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai. – Image Credit by Wisato.id

Terdapat tugu di kota Dumai yang cukup terkenal, namanya Tugu Lancang Kuning. Bagian menarik dari tugu ini adalah bentuknya, ia merupakan tugu berbentuk kapal laut yang diletakkan di Taman Bukit Gelanggang.

Di dalamnya, Anda akan menemukan perpustakaan mini yang disediakan oleh pihak pengelola untuk dimanfaatkan wisatawan. Di akhir pekan, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar, baik untuk menikmati pemandangan, bermain atau membaca buku di perpustakaan mini.

7. Taman Bukit Gelanggang

Taman Bukit Gelanggang

Lokasi: Tlk. Binjai, Kec. Dumai Timur, Kota Dumai. – Image Credit by Facebook.com @Bukitgelanggang

Berdekatan dengan objek wisata Tugu Lancang Kuning, Anda bisa mengunjungi dua tempat ini sekaligus karena berada di lokasi yang sama. Taman Bukit Gelanggang merupakan taman dan ruang hijau yang disediakan oleh pemerintah di pusat kota Dumai sebagai hiburan dan sarana melepas penat penduduknya.

Lambat laun, taman ini menjadi ramai karena juga dikunjungi oleh wisatawan interlokal, baik dari luar kota maupun luar provinsi. Tempat ini juga menjadi tempat berkumpul anak muda di sore hari untuk menghabiskan waktu luang. Tersedia koneksi internet gratis yang bisa Anda pakai ketika mengunjungi taman ini.

8. Pantai Marina

Pantai Marina

Lokasi: Tlk. Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai. – Image Credit by Riauberita.com

Wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi ketika di Dumai adalah Pantai Marina. Spot wisata bagian pesisir ini menawarkan pemandangan laut yang cantik, bersih dengan angin sepoi-sepoi yang menyejukkan.

BACA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Anda bisa bermain beragam permainan air di Pantai Marina, seperti Banana Boat, Flying Fish, Mega Bambo dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan, seperti mushola, penginapan, gazebo serta parkir yang luas. Dengan lengkapnya fasilitas yang membantu kebutuhan wisatawan, membuat Pantai Marina kian populer.

9. Taman Telaga Tirta Patra

Taman Telaga Tirta Patra

Lokasi: Jl. Cilacap Umum, Bukit Datuk, Kec. Dumai Selatan, Kota Dumai. – Image Credit by Wisatakotadumairiau.blogspot.com

Terletak di Dumai Selatan, taman ini merupakan objek wisata yang menarik di Dumai. Selain menikmati pemandangan danau yang menarik, Anda bisa melakukan kegiatan lain, seperti berjalan-jalan, jogging hingga bermain bersama teman maupun keluarga. Suasana di sekitar telaga cukup asri dan nyaman untuk digunakan bersantai.

Taman Telaga Tirta Patra buka setiap hari dan bisa Anda kunjungi dengan tarif yang cukup terjangkau. Sebaiknya kunjungi pantai ini ketika cuaca sedang bersahabat, akan lebih baik mengunjunginya di sore hari karena cuaca yang tidak begitu terasa panas.

10. Masjid Raya Al-Manan

Masjid Raya Al-Manan

Lokasi: Bagan Besar, Kec. Bukit Kapur, Kota Dumai. – Image Credit by Ayojalanjalan.com

Walaupun penuh dengan wisata alamnya, bukan berarti tidak ada wisata religi di Dumai. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi sebagai tempat wisata religi adalah Masjid Raya Al-Manan. Masjid ini tidak terlalu jauh dari pusat kota, sehingga Anda bisa dengan mudah menjangkaunya, baik dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Bagian menarik dari masjid  ini adalah arsitektur yang digunakan serta perpaduan warna yang dipilih untuk menonjolkan bentuk masjid tersebut. Dengan dominasi warna biru cerah, tempat ini bisa menjadi tempat istirahat sejenak, beribadah dan menjadi spot hunting foto yang cukup menarik.

Itulah beberapa destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata ke Dumai. Anda bisa memilih beragam tipe objek wisata. Bagi Anda yang tertarik ke pesisir, bisa mengunjungi pantai-pantai yang cantik. Jika tertarik dengan daerah yang lebih urban, Anda bisa tetap berada di kota dan menikmati bangunan menarik disana.