Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Teluk Makmur, Kec. Medang Kampai, Kota Dumai, Riau; Map: Cek Lokasi

Pantai Marina merupakan salah satu tempat wisata di Dumai yang bisa Anda datangi bersama teman maupun keluarga tercinta. Di pantai yang satu ini terdapat berbagai macam keunikan yang tidak akan membuat Anda merasa bosan. Selain itu, beragam aktivitas menarik juga bisa Anda coba saat menghabiskan waktu berlibur di sana.

Oleh karena itu, pantai yang eksotis ini menjadi tempat wisata paling favorit oleh masyarakat di Kota Dumai. Hal ini dibuktikan dengan adanya banyak pengunjung lokal terlihat sedang asyik menikmati liburan di pantai itu. Bahkan, bukan hanya pengunjung lokal saja melainkan juga terdapat beberapa pengunjung dari negara asing yang datang ke sana.

Nah, segera jadikan pantai tersebut sebagai salah satu daftar objek wisata yang wajib untuk dikunjungi ketika waktu libur telah tiba. Akan tetapi, sebaiknya pengunjung mengetahui berbagai hal menarik mengenai Pantai Marina sebelum berkunjung menikmati panorama alamnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina

Daya Tarik Dimiliki Pantai Marina
Image Credit: Twitter SEPUTAR DUMAI

1. Panorama Sunset yang Indah

Panorama keindahan sunset memanglah tidak ada tandingannya, apalagi ketika memandanginya di kawasan pantai yang bagus dan segar. Wisatawan tentu saja tidak boleh sampai ketinggalan dengan momen yang satu ini. Tampak adanya siluet dari matahari yang memberikan suasana estetik dikala sore hari.

Langit yang berubah warna menjadi jingga dan ditambah lagi dengan angin sepoi-sepoi yang menerpa tubuh. Oleh karena itu, dengan adanya suasana seperti pada cerita dongeng tersebut yang membuat wisatawan ingin berlama-lama ada di sini.

Keindahan pemandangan sunset tersebut juga menambah nuansa romantis ketika bersama dengan orang tersayang. Bukan hanya pasangan saja, melainkan juga dengan keluarga atau teman sembari bercanda pun merupakan pilihan terbaik guna menikmati momen tersebut.

2. Pemandangan Malam yang Memukau

Saat malam hari mulai tiba, panorama di Pantai Marina Dumai tersebut tidak akan ikut hilang bersama sinar matahari yang sudah tenggelam. Menariknya, lokasi dari pantai tersebut langsung berhadapan dengan negara Singapura. Dengan begitu, tentunya cahaya gemerlap yang berasal dari negara tersebut juga akan tampak sangat jelas dari pantai ini.

Wisatawan yang sengaja berkunjung malam atau sore hari kisaran jam 6 petang biasanya supaya dapat menikmati nuansa malam memukau di pantai tersebut. Tidak heran apabila jumlah wisatawan yang ada ketika malam hari lebih ramai dibandingkan saat pagi atau siang hari. Anehnya, dinginnya angin malam di sini justru semakin menambah kenyamanan.

Daya Tarik Pantai Marina
Image Credit: Google Maps Budi C Dirgantara

3. Dipenuhi Batuan Ukuran Besar

Saat datang ke pantai yang satu ini, pengunjung akan menemukan dataran yang luas serta berpasir yang garis pantainya dipenuhi oleh bebatuan ukuran besar. Bebatuan tersebut tersusun dengan rapi pada sepanjang garis pantai yang berfungsi guna menghalangi ombak besar. selain itu, bebatuan tersebut juga bisa menahan deburan ombak supaya tidak ada abrasi yang bisa saja menerjang kapan pun.

4. Penduduk Setempat yang Ramah

Tentu saja pengunjung akan merasa senang apabila berwisata ke suatu tempat yang penduduknya baik dan ramah. Hal itu juga akan ditemukan apabila datang ke Pantai Marina ini. Di sana penduduk sering menyambut banyak wisatawan yang berasal dari dalam negeri maupun dari negara asing. Hal kecil seperti ini sangat mampu menarik minat banyak orang untuk menghabiskan waktu liburan di tempat ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Marina
Image Credit: Instagram Angga Sandry

Letak dari pantai hits ini sendiri berada di Kelurahan Teluk Makmur, Medang Kampai, Kota Dumai, Riau. Lebih tepatnya lagi pantai tersebut berada di kawasan sebelah Selatan dari Kota Dumai. Disana ada beberapa pantai yang bagus dan salah satunya adalah Pantai Marina ini.

Pantai tersebut lokasinya kurang lebih antara 15 sampai 20 km dengan pusat Kota Dumai tetapi rute perjalanan untuk tiba di sana terbilang sangat mudah. Akan tetapi, pengunjung masih tetap perlu mempersiapkan beberapa barang kebutuhan apabila keadaan cuaca tiba-tiba menjadi kurang bersahabat. Pasalnya, terkadang di sana bisa cerah, akan tetapi bisa juga mendung secara tiba-tiba.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Marina Dumai
Image Credit: Twitter riau berita

Sebelum masuk ke Pantai Marina, maka seluruh pengunjung yang datang wajib dikenakan biaya sebagai tiket masuk. Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa khawatir karena tiket masuknya sendiri terbilang sangat terjangkau. Hanya dengan membayar sebesar 10 ribu rupiah saja sudah bisa menikmati pemandangan menarik yang ada di kawasan pantai.

Namun, ada cara lain supaya Anda bisa lebih hemat lagi dalam membayar tiket masuk ke sana. Caranya dengan berkunjung bersama rombongan yang cukup banyak supaya bisa memperoleh diskon atau potongan harga. Selain itu, apabila Anda menggunakan jasa travel wisata, maka biasanya juga akan semakin murah lagi.

Uang dari hasil memungut biaya untuk tiket masuk dari setiap pengunjung tersebut nantinya akan digunakan oleh pengelola sebagai dana guna mengembangkan serta merawat pantai itu kembali. Dengan begitu, tempat wisata tersebut bisa terus mengalami pelestarian maupun perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

Di sisi lain, harga yang telah disebutkan tersebut bisa saja mengalami perubahan dalam waktu yang tidak ditentukan. Oleh sebab itu, pengunjung harus selalu menyiapkan dana darurat lainnya untuk mengantisipasi adanya kenaikan harga tiket masuk. Jika ada kenaikan atau penurunan harga tiket masuk pun tidak akan terlalu jauh-jauh dari nominal tersebut.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Marina

Aktivitas Menarik di Pantai Marina
Image Credit: Google Maps Egis Adri

1. Mengendarai Banana Boat

Pengunjung dapat mengelilingi kawasan laut yang ada di sini dengan cara menyewa banana boat dengan banyak teman. Anda akan merasakan asyiknya mengendarai banana boat yang tentu saja berbentuk pisang sembari memandangi panorama lautan yang bagus. Mengendarai banana boat juga akan membuat Anda seakan terbang di atas lautan biru yang cantik.

2. Memancing

Biota laut berupa ikan-ikan dengan berbagai ukuran yang hidup di lautnya sendiri tergolong sangat banyak. Oleh sebab itu, kegiatan memancing menjadi salah satu hal yang banyak dilakukan oleh pengunjung khususnya bapak-bapak. Anda dapat membawa peralatan memancing sendiri dari rumah ataupun dengan menyewanya. Kegiatan tersebut mampu membuat diri semakin rileks.

Aktivitas di Pantai Marina
Image Credit: Google Maps Sur yadi

3. Piknik

Kegiatan yang cukup menarik untuk dilakukan di Pantai Marina ini salah satu adalah piknik. Kegiatan piknik juga cocok dilakukan oleh segala kalangan mulai dari orang tua hingga anak muda. Pastinya jangan sampai ketinggalan untuk membawa makanan maupun minuman favorit untuk dinikmati saat melakukan kegiatan ini. Dijamin Anda akan merasakan ketenangan yang luar biasa.

4. Bermain Pasir

Bermain pasir menjadi aktivitas yang selalu dilakukan oleh orang-orang yang ada di pantai. Terutama bagi pengunjung yang mengajak anak kecil. Pasir pantai sangat mudah dibentuk menjadi berbagai macam bentuk lucu yang akan menyenangkan hati anak kecil. Kegiatan ini juga sangat cocok karena tidak akan membahayakan.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Marina Dumai
Image Credit: Google Maps Ity Hotel

1. City Hotel

City Hotel sering dipilih sebagai tempat menginap sebab gedungnya tergolong masih baru. Hotel dengan gaya modern minimalis tersebut mudah untuk menjangkau destinasi wisata yang ada di Dumai, salah satunya Pantai Marina. Untuk kamarnya sendiri mempunyai ruangan yang cantik dan luasnya akan menyesuaikan dengan tarif yang dibayarkan.

2. Cititel Hotel

Cititel Hotel dibangun dengan desain eksterior dan interior yang sangatlah futuristic. Untuk Anda yang masih muda, tentu saja ini merupakan spot foto yang sangat menarik. Hebatnya lagi, hotel tersebut telah menyediakan layanan medis sebagai fasilitas penting. Check out maupun check in pun sudah bisa dilakukan dengan ekspress.

3. Hotel Kristal

Hotel Kristal menarik biaya yang sangat hemat untuk seluruh pelanggannya. Akan tetapi, Anda tidak akan mendapatkan fasilitas berupa air hangat di setiap kamarnya. Desain dari hotel ini cukup minimalis dengan sedikit nuansa tradisional.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Wisata Pantai Marina
Image Credit: Google Maps Rahmad Praya Putra

Fasilitas utama dari Pantai Marina ini tentu saja karena jalur pantainya sendiri menjadi urat nadi untuk dunia pelayaran di daerah itu. Baik untuk menuju ke luar negeri maupun hanya menghubungkan dari pulau satu ke pulau lainnya seperti Pulau Bengkalis, Pulau Rupat, dan Pulau Batam.

Pertokoan dan warung-warung kecil pun juga ada di sana. Berbagai macam makanan, minuman, hingga aksesoris sudah dijual di sana. oleh karena itu, pengunjung tidak harus bingung apabila ingin menikmati kuliner maupun membeli oleh-oleh.

Selain itu, kamar mandi juga tersedia di pantai tersebut. Kondisinya pun tergolong bersih serta terawat. Bagi Anda yang beragama Islam, maka juga sudah terdapat tempat beribadah berupa mushola jika ingin melakukan ibadah.

Nah, itu tadi adalah banyak hal yang berkaitan dengan Pantai Marina yang mempesonadi Dumai. Apabila Anda merasa semakin penasaran dan tertarik dengan destinasi wisata alam yang satu ini, maka tidak perlu ragu dan segera saja datang ke Dumai.