12 Wisata Pantai di Batam Paling Recommended

Wisata Pantai Batam

Batam terkenal sebagai kota industri dan ekonomi serta bebas pajak barang impor. Anda bisa menemukan pusat berbelanjaan dan membeli barang apapun. Untuk meningkatkan pariwisata, kota Batam berbenah diri sehingga bukan sekedar surganya barang murah dan berkualitas. Beragam wisata alam mulai diperkenalkan dari yang sudah eksis hingga wisata baru.

Kondisi geografis yang kepulauan menguntungkan Batam untuk mengembangkan wisata pantai. Banyak pulau di sekitar Batam menjadikan area ini potensial untuk menarik pengunjung yang tertarik dengan pantai pasir putih dan ombak tenang. Inilah salah satu usaha untuk meningkatkan devisa dari bidang pariwisata Batam.

Perlu Anda ketahui, Batam bukan hanya memiliki wisata pantai yang di pulau utamanya saja. Sebaliknya, pulau-pulau kecil yang kosong atau berpenduduk sedikit memiliki potensi pantai yang besar. Oleh karena itu, Anda akan mendapatkan banyak pantai sebagai pilihan ketika mengunjungi Batam. Beberapa pantai dekat dengan Singapura sehinga Anda bisa memandang negara itu dengan mudah.

1. Pantai Marina

Pantai Marina

Lokasi: Jl. KH.Ahmad Dahlan, Tj. Riau, Kec. Sekupang, Kota Batam. – Image Credit by 1001Wisata.com

Batam adalah bagian dari kepulauan Riau yang memiliki banyak pantai. Jika Anda ingin pantai yang privasi dan tenang, pilihannya jatuh ke resort marina berserta pantainya. Resort ini memiliki akses yang lengkap karena dibangun khusus untuk wisatawan yang ingin ketenangan.

Pantai marina menawarkan keindahan alam serta kebersihan lingkungan. Anda tidak akan menemukan sampah. Selain itu, pantai juga memiliki panorama indah dan asri disertai pasir putih yang menawan.

2. Pantai Nongsa

Pantai Nongsa

Lokasi: Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam. – Image Credit by Ksmtour.com

Berkunjung ke Batam belum lengkap tanpa singgah ke Pantai Nongsa. Jika Anda bertanya apa pantai terkenal di Batam, salah satu jawaban yang sering muncul adalah Pantai Nongsa. Tempat ini sangat terkenal jadi Anda tidak akan keselitan untuk menemukannya.

Pantai Nongsa menawarkan keasrian suasana laut dan alam. Angina semilir dan ombak tenang menjadi daya tarik pantai ini. Untuk yang suka olahraga air, ada fasilitas penunjang untuk menjelajahi pantai dan laut. Salah satu daya tarik lain adalah pemandangan Singapura secara langsung karena pantai sangat dekat dengan negara tersebut.

BACA:  10 Tempat Wisata di Tanjung Balai Karimun Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Pantai Melur

Pantai Melur

Lokasi: Sijantung, Kec. Pulau Galang, Kota Batam. – Image Credit by Ksmtour.com

Berlibur ke pantai menjadi pilihan yang sering dilakukan banyak orang. Salah satu daerah dengan pantai yang banyak adalah Batam dan kepulauan Riau. Anda akan menemukan banyak pulau dengan pantai yang indah dan unik. Salah satunya yang menjadi tujuan popular adalah Pantai Melur.

Area pantai memiliki lingkungan yang tenang dan asri. Pada hari libur, Anda akan melihat banyak orang di pantai ini. Namun, hal tersebut tidak mengurangi pesona Pantai melur. Anda dapat sekedar menyusuri pantai yang memiliki pasir putih.

4. Pantai Sekilak

Pantai Sekilak

Lokasi: Batu Besar, Kec. Nongsa, Kota Batam. – Image Credit by Ksmtour.com

Setiap daerah memiliki objek wisata yang khas. Batam mempunya pantai dengan jumlah banyak jadi tampak biasa ketika mengunjunginya. Hal tersebut tidak berlaku untuk Pantai sekilak. Pantai ini masih menjadi pilihan wisatawan ketika ingin mencari suasana pantai yang nyaman. Lokasi juga mudah dijangkau.

Pantai sekilak memiliki lingkungan yang indah terutama pasir putihnya. Pasir ini juga cukup nyaman ketika Anda menyesuri tanpa alas kaki. Kelebihan lain adalah akomodasi seperti tempat makan dan penginapan sudah ada. Pengunjung dapat memiliki hotel atau penginapan dekat dengan pantai.

5. Pantai Mirota

Pantai Mirota

Lokasi: Sijantung, Galang Barelang, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Helloserah.com

Hanya sedikit pantai memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Bagi beberapa pengunjung, ombak dan pasir bukan tujuan utama mereka. Sebaliknya, mereka ingin menjelajah alam bawah laut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pantai yang tepat adalah Mirota karena memiliki air yang sangat jernih.

Pantai ini juga lebih teduh karena adanya tanaman tinggi atau pohon. Area hijau membuat Pantai Mirota sangat cocok untuk istirahat sembari melepas penat. Semilir angin dan suara ombak menjadi daya tarik lain untuk Anda yang butuh ketenangan alam.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

6. Pantai Viovio

Pantai Viovio

Lokasi: Sijantung, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Tukangpantai.blogspot.com

Salah satu pantai yang harus dikunjungi di Batam adalah Pantai viovio. Namanya unik dan menarik yang akan meningkatkan rasa ingin tahu wisatawan. Pantai ini terletak di Pulau galang yang masih asri dan alami. Perlu Anda ketahui, pantai ada di trending topic dan pengunjung mulai bertambah setiap tahun.

Pantai Viovio terkenal karena pasir yang putih serta ombak yang tenang. Anda bisa berjalan menyurusi sekitar pantai tanpa khawatir adanya karang. Selain itu, lokasi ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang para pengunjung baik domestik maupun mancanegara.

7. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Tanjung Pinggir

Lokasi: Tj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam. – Image Credit by Batamkuindah.wordpress.com

Batam terkenal karena lokasi dekat dengan singapura. Anda cukup menyebrang untuk mencapai negara tersebut. Sebaliknya, warga Singapura juga mayoritas berlibur ke pantai-pantai di Batam. Salah satu tempat tersebut adalah Pantai Tanjung Pinggir. Lokasinya sangat dekat dengan singapura bahkan Anda dapat melihat secara langsung negara tersebut.

Pantai ini terketak di area yang sangat strategis. Kondisinya juga sudah mengalami perubahan terutama akomodasi untuk menunjang pertambahan pengunjung. Pantai masih tetap menjaga keasrian dengan pasir putih berkilau. Anda memiliki banyak pilihan untuk aktifitas. Pengunjung lebih suka menyusuri bibir pantai atau bermain ombak yang tampak tenang.

8. Pantai Elyora

Pantai Elyora

Lokasi: Galang Baru, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Livejournalofasad.com

Setiap pantai di Batam terketak di sebuah pulau. Salah satunya adalah panai elyora yang bisa Anda kunjungi secara mudah. Lokasinya tidak terisolir karena cukup dekat dari kota Batam. Selain itu, banyak pengunjung sudah singgah di tempat ini. Tentu saja, pantai tersebut telah berbenah dengan fasilitas penunjang.

Pantai memiliki alam yang indah dengan balutan pasir putih yang tersebar luas. Anda tidak perlu ragu bermain ombak karena tidak besar. Pengunjung juga memungkinkan untuk melakukan aktifitas lain sembari menikmati keindahan pantai. Tempat ini salah satu wisata unggulan di Batam.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Pekanbaru Favorit Wisatawan

9. Pantai Melayu

Pantai Melayu

Lokasi: Jl. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Kec. Galang, Kota Batam. – Image Credit by Triptrus.com

Pantai lain di Batam adalah pantai melayu. Karakteristik pantai ini mirip dengan pantai umum di kepulauan riau. Pantai memiliki pasir putih dan ombak laut yang tenang. Selain itu, pantai juga tampak alami meskipun sudah ada berbagai fasilitas pendukung seperti penginapan dan tempat makan.

Pengunjung dapat melepas penat menikmati sinar matahari. Jika bosan, Anda bisa menyusuri bibir pantai sembari bermain dengan ombak laut. Beberapa layanan olahraga air juga tersedia jika Anda tertarik mencoba. Pantai melayu mudah dijangkau dan sudah ada fasilitas transportasi penunjang yang baik.

10. Pantai Payung

Pantai Payung

Lokasi: No. 47, RT. 2 RW. 2, Batu Besar, Kampung Melayu, Kec. Nongsa, Kota Batam. – Image Credit by Bintantravel.co.id

Beberapa pantai di Batam banyak yang memiliki pasir putih indah. Salah satunya adalah pantai Payung. Pengunjung tidak perlu khawatir ketika ada di pantai ini. Akomodasi sudah tersedia dan terjangkau. Wisatawan berasal dari dalam negeri dan beberapa dari luar umumnya negara Malaysia dan Singapura.

Pantai dikelola dengan baik sehingga kondisi alam masih asri. Anda bisa sekedar menyusuri pantai atau bermain air. Pantai Payung menjadi pilihan ketika Anda ingin suasana tenang. Selain itu, lokasinya juga tidak sulit untuk dijangkau. Pastikan Anda melihat peta sebelum traveling ke pantai ini.

11. Pantai Dangas

Pantai Dangas

Lokasi: Tj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam. – Image Credit by Bintantravel.co.id

Beberapa pantai di Batam sudah sangat terkenal sehingga banyak pengunjung. Anda ingin tempat yang masih sepi tetapi ada akomodasi lengkap. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda dapat mengunjungi pantai dangas.

Ini adalah pantai dengan kondisi alam yang belum terjamah tangan manusia. Lokasinya ada di pulau galang dimana masih sedikit penduduk. Pantai ini menjadi opsi lain jika pantai di lokasi sama sudah penuh. Kondisi alam yang indah sudah lebih dari cukup untuk menarik para wisatawan berkunjung ke Pantai Dangas.

12. Pantai Setokok

Pantai Setokok

Lokasi: Pulau Setokok, Kec. Bulang, Kota Batam. – Image Credit by Emerer.com

Pantai selanjutnya yang ada di Batam adalah Pantai setokok. Okasinya di sebuah pulau dengan nama Setokok. Anda dapat mencapai pantai ini dengan mudah karena sudah tersedia transportasi memadai.

Yang menarik dari pantai ini adalah masih alami dan sepi. Anda akan melihat beberapa wisatawan bahkan kadang tidak ada seorang pun di pantai. Oleh karena itu, Anda merasa pantai ini milik pribadi. Sebelum ke pantai Setokok, pastikan untuk mengecek prakiraan cuaca dan akomodasi.

Sebelum mengunjungi pantai-pantai di Batam tersebut, Anda harus mempersiapkan diri dan akomodasi terlebih dahulu. Pengunjung sebaiknya datang di musim panas dimana agar wisata berjalan sesuai rencana. Anda tidak ingin suasana berlibur terganggu karena hujan. Meskipun pantai tetap terlihat indah, Anda akan lebih nyaman ketika musim kering.