25 Tempat Wisata di Samarinda Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Samarinda

Samarinda merupakan ibukota Kalimantan Timur, yang sebelumnya menjadi bagian dari daerah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura. Dengan luas 718 km persegi dan pesona alam yang masih asri, membuat Samarinda selalu ramai dikunjungi wisatawan saat musim liburan tiba.

Ada banyak tempat wisata di Samarinda yang wajib dikunjungi, mulai dari wisata alam, sejarah, religi, hingga wisata wahana yang menyenangkan. Meski yang menjadi favorit adalah wisata alamnya, namun keindahan destinasi lain harus dijamah saat berlibur kesini.

Berikut 25 list objek wisata favorit dengan pesona yang menakjubkan, dan wajib dikunjungi segera. Kamu bisa mengajak keluarga atau sahabat terdekat, untuk menjelajahinya. Perlu diingat, untuk menjaga dan mentaati peraturan agar kelestariannya tetap terjaga.

1. Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang

Image Credit: Pesona.travel

Desa Budaya Pampang, menjadi salah satu destinasi yang bisa Kamu kunjungi jika ingin mengenal budaya lokal suku di Samarinda. Desa budaya ini dihuni oleh suku Dayak Kenyah asli. Desa ini juga memiliki keunikan, tak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung kesini.

Selain melihat berbagai aktivitas warga suku Dayak, Kamu juga bisa menikmati pertunjukan seni setiap hari minggu siang di balai pertemuan atau lamin. Uniknya, saat pertunjukan berlangsung seluruh masyarakat Desa Pampang akan mengenakan baju tradisionalnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wisata Budaya Pampang, No.32, Kelurahan Budaya Pampang, Kec Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

2. Pusat Kerajinan Sarung Samarinda

Pusat Kerajinan Sarung Samarinda

Image Credit: Twitter.com @sbiantoro

Seperti yang Anda ketahui, Samarinda terkenal dengan kerajinannya berupa sarung tenun. Kain yang dipakai untuk membuat sarung merupakan kain tradisional. Bahkan cara pembuatannya pun dilakukan tanpa menggunakan mesin, melainkan secara tradisional memakai alat tenun yang disebut gedokan.

Pusat kerajinan ini beralamat di Kampung Mesjid Baqa, dimana sebagian besar penduduknya adalah suku Bugis. Untuk sampai di tempat ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum dengan melalui rute dari Pasar Pagi.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pangeran Bendahara, RT.02/RW.01, Baqa, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

3. Air Terjun Tanah Merah

Air Terjun Tanah Merah

Image Credit: Ksmtour.com

Air Terjun Tanah Merah, merupakan salah satu wisata air terjun di Samarinda yang mempunyai keunikan. Air terjun setinggi 15 meter ini akan tampak bening saat mengalir, namun setelah sampai di hilir air berubah menjadi keruh kemerahan. Ini disebabkan dasar berupa tanah gambut.

Berada disini, Kamu bisa puas bermain air, meski terlihat keruh. Atau duduk santai menikmati pemandangan di gazebo, jika tak ingin basah-basahan. Disini juga sudah dilengkapi beberapa fasilitas, seperti warung dan area bermain anak.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Muara Badak-Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

4. Tepian Mahakam

Tepian Mahakam

Image Credit: Google Maps (Ahmad Maulana)

Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit di Samarinda untuk menikmati sunset. Terutama ketika memasuki bulan Ramadhan, banyak pengunjung yang ngabuburit di kawasan ini. Di sini tersedia berbagai menu jajanan ataupun makanan berat yang cukup beragam.

Apabila Anda berkunjung di sore hari, Anda juga bisa melihat kapal yang hilir mudik. Hal ini menjadi pemandangan tersendiri dari tempat ini. Destinasi ini sangat cocok untuk menikmati suasana santai bersama dengan keluarga ataupun teman-teman.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gajah Mada, Bugis, Kec. Samarinda Kota, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

5. Telaga Permai Batu Besaung

Telaga Permai Batu Besaung

Image Credit: Adigunawan86.blogspot.com

List recommended pas buat Kamu yang ingin berkemah di alam bebas, yaitu Telaga Permai Batu Besaung. Sungai disini tampak seperti air terjun pendek, dikarenakan kawasannya memiliki ketinggian tanah yang berbeda-beda.

Tak hanya berkemah saja, di telaga ini Kamu bisa bermain air tanpa takut tenggelam, atau berpetualang menikmati keindahan alam Telaga Batu Saung. Oh ya jangan lupa membawa bekal makanan ya, biar tak kelaparan setelah berendam disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sempaja, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

6. Teluk Lerong Garden

Teluk Lerong Garden

Image Credit: Jalanwisata.id

Teluk Lerong Garden termasuk dalam ikon baru dari Kota Samarinda. Tempat ini telah dibuka menjadi destinasi wisata sejak bulan Oktober 2014. Ketika Anda berkunjung di malam hari, Anda akan melihat pemandangan yang eksotis dari kerlap-kerlip lampion di sekitar tempat ini.

BACA:  Pantai Marina, Wisata Bahari di Bontang yang Memukau

Teluk ini letaknya ada di pinggir Sungai Mahakam. Destinasi wisata tersebut cocok menjadi pilihan wisata bersama keluarga Anda untuk mengisi waktu berlibur. Di sini terdapat berbagai penjual yang menjajakan dagangannya, sehingga bagi Anda yang tidak membawa bekal, Anda bisa membelinya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. RE Martadinata, Teluk Lerong Ilir, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

7. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda

Image Credit: Eastborneosite.wordpress.com

Meskipun dikelola oleh Universitas Mulawarman sebagai hutan pendidikan, namun destinasi wisata ini terbuka untuk wisatawan umum. Jika ingin mengunjungi Kebun Raya Unmul, Kamu harus menempuh jarah sekitar 10 km dari kota Samarinda.

Ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan saat berlibur kesini. Kamu bisa berkeliling danau cantik menggunakan sepeda air, mengelilingi kebun dengan andong, mengunjungi kebun binatang mini, atau menambah informasi tentang jenis kayu Kalimantan di museum kayu.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

8. Jembatan Mahakam

Jembatan Mahakam

Image Credit: Wikipedia.org

Jembatan ini memiliki nama resmi Jembatan Mahkota III. Pembangunan jembatan tersebut dimulai di tahun 2006. Akan tetapi, baru dibuka untuk khalayak umum di tahun 2009. Jembatan ini mempunyai panjang berkisar 400 meter.

Jembatan Mahakam menghubungkan wilayah Samarinda Seberang dengan Kota Samarinda yang terpisah dengan Sungai Mahakam. Dengan demikian, akses untuk menuju kedua wilayah tersebut mudah untuk dilakukan. Selanjutnya, keberadaan jembatan ini juga menimbulkan peningkatan pada pertumbuhan ekonomi di Samarinda.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jembatan Mahakam, Sungai Keledang, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

9. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Image Credit: Ayupurnamasari30.blogspot.com

Berlibur ke Samarinda tak lengkap jika tidak mengunjungi Taman Rekreasi Lembah Hijau, sebuah destinasi wisata yang memiliki banyak fasilitas. Mulai dari flying fox, camping area, kolam renang, replica hutan, gazebo, area permainan anak, pujasera, dan kolam pemancingan.

Kamu bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk berlibur kesini, atau rekan kerja untuk melaksanakan outbond. Selain fasilitas yang lengkap, pemandangan alam yang disuguhkan juga sangat menakjubkan ditambah harga tiket yang juga murah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kebun Raya, Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

10. Stadion Utama Palaran

Stadion Utama Palaran

Image Credit: Facebook.com @pusamania-korwil-pesut

Stadion utama Palaran menjadi peninggalan dari acara PON yang pertama kali diselenggarakan di Kalimantan. Bangunan ini didirikan sejak tahun 2006 dan dipakai untuk kegiatan PON di tahun 2008. Anggaran pembangunannya cukup fantastis, yakni mencapai 3 triliun rupiah.

Di tahun 2008, terdapat 43 cabang olahraga yang berkompetisi di tingkat internasional di stadion ini. Akan tetapi, kini stadion ini hanya dipakai untuk menggelar pertandingan lokal. Situasinya pun juga sudah cukup berubah dibandingkan ketika dipakai untuk menggelar acara bertaraf internasional.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Stadion Utama Kaltim, Kec. Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

11. Pulau Kumala

Pulau Kumala

Image Credit: Korankaltim.com

Lokasi Pulau Kumala berada di tengah Sungai Mahakam, dan berbentuk seperti perahu terbalik. Untuk menjamahnya, Kamu bisa naik kereta gantung dari Tenggarong atau perahu motor.

Wisata pulau ini menyuguhkan keindahan budaya khas Kalimantan, seperti bangunan tradisional, patung lembu, dan candi. Tak hanya itu saja, Kamu bisa menikmati berbagai permainan seru seperti sky tower dan lainnya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

12. Patung Pesut Tepian

Patung Pesut Tepian

Image Credit: Advanture.wordpress.com

Patung ini kerap dikunjungi baik oleh masyarakat daerah setempat ataupun dari luar daerah. Dibangunnya patung ikan pesut ini sebagai upaya untuk mengingat bahwa ikan ini pernah hidup di Sungai Mahakam.

BACA:  Bukit Soeharto, Taman Hutan Raya Sarat Cerita Horor di Kalimantan Timur

Patung Pesut dibangun tidak jauh dengan kantor gubernur dan Bank Indonesia. Di sekitar bangunan ini terdapat sebuah taman. Taman inilah yang kerap menjadi tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan dari Patung Pesut Tepian.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gajah Mada, Kec. Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

13. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah

Image Credit: Ksmtour.com

Tak kalah dengan pesona Pulau Kumala, wisata Pulau Beras Basah juga memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis. Karena berada di Selat Makasar, untuk menjamah wisata alam ini Kamu membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Pemandangan air laut jernih dipadu hamparan pasir putih bersih, siap mengobati rasa lelah. Tak hanya itu saja pemandangan bawah lautnya juga menarik, sayang jika dilewatkan.

Harga Tiket: Rp 50.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bontang Lestari, Kec. Bontang Selatan, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

14. Hutan Pinus Samboja

Pinus Samboja

Image Credit: Instagram.com @arifpidi.a

Anda akan merasakan kesegaran ketika datang ke hutan ini. Hal ini disebabkan karena banyaknya pepohonan rindang, sehingga menyejukkan ketika dipandang. Waktu terbaik untuk berkunjung di tempat ini yakni ketika pagi hari, sebab udaranya masih segar dan bersih.

Tempat ini juga merupakan pilihan yang pas untuk berwisata bersama keluarga. Pengunjung dapat bersantai di bawah pepohonan sembari menggelar tikar dan menikmati keindahan alam di sekitar. Pemandangan di sini semakin tampak menarik dengan adanya kabut ketika pagi hari.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Samboja-Muara Jawa, Handil, Tanjung Harapan, Kec. Semboja, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

15. Masjid Islamic Center Samarinda

Masjid Islamic Center Samarinda

Image Credit: Pegipegi.com

Berdiri sejak 19 tahun yang lalu, Masjid Islamic Center Samarinda ini menjadi salah satu destinasi wisata religi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Daya tariknya terletak pada gaya arsitektur bangunan, yang konon terinspirasi oleh Hagia Sophia, Turki.

Masjid ini juga memiliki satu menara dengan tinggi 99 meter, sebagai lambang dari asmaul husna. 6 menara pendek sebagai lambang rukun iman, dan 33 buah anak tangga sebagai lambang jumlah butiran tasbih.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.1, Karang Asam Ulu, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

16. Bukit Biru

Bukit Biru Samarinda

Image Credit: Instagram.com @adeboyz.taurus22

Bukit biru menjadi salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Lingkungan di sini masih terasa begitu asri, apalagi dengan hamparan sawahnya yang luas menjadikan tempat ini tampak begitu indah. Itulah mengapa pengunjung yang datang di tempat ini tidak hanya warga lokal, melainkan hingga turis asing.

Di sini juga menjadi spot terbaik untuk mendapatkan momen sunset. Selain itu, bukit ini bisa menjadi pilihan ketika Anda baru belajar untuk melakukan pendakian. Sebab kemiringannya hanya berkisar 45 derajat sampai 60 derajat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

17. Air Terjun Pinang Seribu

Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Wonderfulborneoku.blogspot.com

Saat berada di Samarinda Utara, Kamu bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata alam yang sangat unik yaitu Air Terjun Pinang Seribu. Berbeda dengan lainnya, air terjun disini berwujud undakan dengan aliran air yang tidak begitu deras sehingga aman saat Kamu naiki.

Berlibur kesini Kamu bisa puas bermain air, atau memancing dan menyewa sepeda air untuk berkeliling. Ada juga gazebo untuk menyantap bekal makanan, serta villa untuk bermalam disini. Usahakan tidak menjamah air terjun saat musim hujan, biar alirannya tidak deras dan aman.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

18. Taman Tata Surya

Taman Tata Surya

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

Tempat ini menawarkan rekreasi sekaligus edukasi. Sehingga selain berwisata, pengunjung juga dapat belajar tentang tata surya. Itulah mengapa tempat ini kerap dipilih oleh berbagai lembaga pendidikan sebagai destinasi tujuan studytour. Di sini pengunjung dapat belajar menggunakan miniatur planet. Menariknya saat malam hari tiba, miniatur tersebut tampak indah dengan lampunya.

BACA:  Indahnya Pulau Kumala, Destinasi Wisata Sarat Sejarah di Sungai Mahakam

Di samping miniatur, pengunjung juga dapat belajar tentang berbagai benda langit dengan melihat proyeksinya menggunakan alat peraga. Gambar yang dihasilkan tampak begitu nyata, sebab proyektor menggunakan 100 lensa. Kemudian, pengunjung juga dapat menikmati menonton film 3 dimensi tanpa menggunakan kacamata khusus.

Harga Tiket: Rp 7.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Diponegoro, Panji, Kec. Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

19. Kampung Tenun Samarinda

Kampung Tenun Samarinda

Image Credit: Wikimedia.org

Nah buat yang ingin mencari oleh-oleh khas Kalimantan Timur, bisa berkunjung ke Kampung Tenun Samarinda yang berlokasi di sebelah Sungai Mahakam. Tepatnya di Kecamatan Samarinda Seberang. Ada 2 kampung disini yang semuanya adalah tempat wisata kerajinan tenun.

Selain bisa membeli kain tenun yang sudah jadi, Kamu juga bisa melihat proses pembuatannya. Pembuatan kain tenun biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 hari, sesuai kesulitannya.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Hos Cokro Aminoto, Rapak Dalam, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

20. Tjiu’s  Palace Samarinda

Tjiu’s Palace Samarinda

Image Credit: Pusatinfowisata26.blogspot.com

List destinasi selanjutnya berada di kecamatan Sambutan, yaitu Tjiu’s Palace Samarinda. Ini merupakan tempat wisata yang cocok dikunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak.

Fasilitasnya cukup lengkap seperti sepeda air berbentuk lucu, kolam pemancingan, kereta api, kolam khusus anak, dan masih banyak lagi. Destinasi ini cocok buat Kamu yang memiliki hobi memancing. Pemandangannya juga sangat eksotis, dengan udara khas Kalimantan Timur.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sultan Sulaiman No.6, Sambutan, Kec. Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

21. Penangkaran Buaya Samarinda

Penangkaran Buaya Samarinda

Image Credit: Thejournale.com

Ingin menguji adrenalin Kamu? Coba kunjungi Penangkaran Buaya Samarinda, yang berada di kecamatan Sambutan. Wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore, tiket masuknya juga sangat murah.

Di area seluas 7 hektare, Kamu bisa menemukan 3 jenis buaya yang bisa juga diajak foto diantaranya buaya muara, sepit, dan siam. Untuk fasilitas, wisata penangkaran ini sudah cukup lengkap seperti area parkir, kamar mandi, foodcourt, dan masih banyak lagi.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

22. Jungle Water World

Jungle Water World

Image Credit: Jungle-water-world.business.site

Jungle Water World, menjadi salah satu destinasi di Samarinda yang wajib Kamu kunjungi. Lokasinya yang berada di pusat kota, menjadikan tempat wisata ini menjadi tujuan utama wisatawan saat berlibur ke ibu kota ini.

Ada banyak fasilitas mewah yang bisa Kamu dapatkan disini, salah satunya beberapa kolam renang yang dapat menguji adrenalin seperti kolam Wadah Berhayut. Destinasi ini juga bisa dijadikan sebagai area outbond dengan harga yang cukup murah meriah.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bontang-Samarinda, Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

23. Bukit Anggana

Bukit Anggana

Image Credit: Ngadem.com

Destinasi ini hanya berjarak sekitar 9 km dari Kecamatan Sebulu, dan butuh 2 jam perjalanan dari pusat kota. Dijuluki Bukit Teletubbies karena hamparan bukit dengan rumput hijau saat musim hujan, akan menyerupai bukit yang ada di serial kartun tersebut.

Disini Kamu bisa berfoto, berguling-guling dan piknik. Yang lebih menariknya Kamu bisa menikmati senja khas Samarinda disini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kutai Lama, Kec. Anggana, Kab. Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

24. Waduk Benanga

Waduk Benanga

Image Credit: Kaltim.tribunnews.com

Masih berada di lokasi Lempake, untuk menuju Waduk Benanga dibutuhkan waktu sekitar 1 jam menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau empat. Suguhan pemandangan waduk yang indah, bisa Kamu nikmati disini.

Kamu bisa berfoto dengan background pesona waduk yang memukau. Apalagi saat sore menjelang matahari terbenam, panorama waduk akan semakin eksotis.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lempake, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

25. Mahakam Lampion Garden

Mahakam Lampion Garden

Image Credit: Heikaku.com

Mengujungi Mahakam Lampion Garden saat malam hari merupakan pilihan tepat. Kecantikan berbagai bentuk lampion yang cantik, siap menyambut Kamu.

Pesona lampu lampion yang kelap-kelip, menjadi pemanis di tepian Sungai Mahakam. Kamu bisa puas berfoto di banyak spot lampion, atau bermain di berbagai permainan seru yang disediakan.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Slamet Riyadi No.75, Karang Asam Ilir, Kec. Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Itulah daftar destinasi wisata di Samarinda yang memiliki pesona menakjubkan, dan wajib Kamu kunjungi. Jadi, siapkan waktumu untuk berkunjung ke kota yang berada di pulau Borneo ini.