Intip Keindahan Alam Air Terjun Pinang Seribu di Samarinda

Air Terjun Pinang Seribu

Samarinda memang populer dengan keindahan alam yang dimilikinya, termasuk wisata alam Air Terjun Pinang Seribu. Tentunya lokasi wisata air ini menyuguhkan pesona alam yang menakjubkan untuk dinikmati saat berakhir pekan.

Lokasi: Sempaja Utara, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda.
Map: Cek Lokasi

Saat berkunjung ke Samarinda, tentunya Anda harus menyempatkan diri untuk mampir ke salah satu destinasi wisata alamnya. Rekomendasi tempat wisata yang paling cocok adalah Air Terjun Pinang Seribu. Tidak hanya keindahan alamnya saja yang bisa Anda nikmati, sejumlah fasilitas dan berbagai wahana pun tersedia di sini. Untuk lebih lanjut, berikut ulasannya.

Pesona yang Ditawarkan Air Terjun Pinang Seribu

Pesona Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Twitter.com @cnt_travel

Berbicara tentang pesona alam yang disuguhkan Samarinda memang tidak pernah habisnya. Pasalnya, berbagai wisata alam tersedia di kota yang satu ini. Jika Anda sedang bertandang ke kota ini, sebaiknya jangan lupa untuk berkunjung ke air terjun ini yang berada di Kelurahan Sempaja Timur. Di lokasi ini Anda akan disuguhkan dengan panorama alam asri.

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata alam dari beberapa wisata yang berada di Samarinda. Daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Pinang Seribu adalah ketinggiannya yang tidak seperti wisata alam lainnya. Sebab, ketinggiannya diperkirakan hanya sekitar 4 – 5 meter dengan kemiringan yang tidak terlalu curam.

Meskipun demikian, air terjun ini tidak kalah menawannya dengan air terjun lain yang ada di Samarinda. Justru dengan keunikan inilah yang membuatnya ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah. Tidak hanya itu saja, pesonanya bisa Anda lihat seperti terbagi menjadi dua bagian dan terdapat celah di tengah.

Anda bisa melihat terdapat dua tebing yang membentang di lokasi dengan celah yang cukup besar, sekitar dua meter. Sehingga pengunjung bisa menggunakannya untuk bermain air. Ketika berada di wisata alam ini, Anda juga bisa menyaksikan berbagai satwa khas dari hutan Kalimantan. Tentunya hal ini akan membuat pengalaman baru bagi Anda yang sedang berlibur.

Selain itu, pengunjung akan disuguhi air terjun yang dikelilingi pemandangan menawan. Panorama yang ada di sini sungguh menakjubkan karena terdiri dari kontur yang unik. Pepohonan rindang berada di sekeliling air terjun, bebatuan besar yang menjulang tinggi mengapit air terjun, serta aliran airnya cukup jernih.

BACA:  Taman Cibodas Bontang, Tujuan Rekreasi Favorit Keluarga

Tidak hanya itu saja, letaknya yang tidak berada jauh dari pusat kota memudahkan akses pengunjung yang berasal dari luar daerah Samarinda. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan, mengunjungi wisata alam seperti ini bisa menjadi obat ampuh untuk mengatasi lelah dan ingin melepas penat.

Daya tarik lainnya yang bisa menyihir pengunjung yang datang adalah suasana sejuk dan asri karena pepohonan tumbuh di sekitar air terjun. Jika Anda yang ingin bermain air lebih leluasa, terdapat kolam dengan air jernih untuk berenang di air. Aliran sungai yang tidak terlalu deras juga mendukung pengunjung untuk betah berlama lama di tempat ini.

Selain pemandangan yang indah, di lokasi air terjun juga disediakan wahana yang mampu menantang adrenalin pengunjung yang datang. Sehingga, berlibur ke sini bersama keluarga akan terasa lebih seru dan asyik. Tidak berhenti di situ saja, pihak pengelola menyediakan danau buatan untuk digunakan bermain wahana sepeda air dan lainnya.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Air Terjun Pinang Seribu

Aktivitas di Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Instagram.com @yumeai

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Pinang Seribu. Pengunjung dapat melakukan kegiatan seperti duduk santai di bebatuan dekat air terjun untuk menikmati pemandangan. Bahkan, Anda juga bisa sekedar mendengarkan gemericik aliran air yang jatuh menuju kolam di sekitar air terjun.

Pemandangan yang indah dan masih asri bisa menjadi salah satu tujuan bagi Anda yang hobi fotografi. Anda bisa mengabadikan momen di tempat ini dengan lanskap yang menawan. Keindahan air terjun dengan kontur bebatuan, aliran sungai yang tenang, dan pepohonan rindang di sekitar lokasi, menjadikan tempat yang sempurna untuk mendapatkan foto yang menakjubkan.

Selain itu, Anda dapat berenang di bawah air terjun. Karena ketinggiannya yang hanya sekitar empat hingga lima meter ini membuat Anda leluasa untuk menghabiskan waktu di dalam air. Pastinya, badan yang semula merasa lelah akan terobati dengan kesegaran air terjun dan juga pemandangan di sekitarnya.

Meskipun tergolong sebagai wisata alam, tetapi tempat ini menyediakan wahana permainan yang patut Anda coba. Salah satu permainan yang menarik untuk dipertimbangkan adalah wahana flying fox dan sepeda air. Jika Anda ingin menantang adrenalin, flying fox bisa menjadi solusi tepat.

BACA:  Indahnya Pulau Kumala, Destinasi Wisata Sarat Sejarah di Sungai Mahakam

Sedangkan bagi Anda yang ingin bermain sembari menikmati keindahan alam sekitar Air Terjun Pinang Seribu, ada baiknya untuk memilih sepeda air. Karena untuk menaiki wahana ini tidak perlu keahlian khusus. Yang harus Anda lakukan adalah mengayuh pedal dengan kedua kaki.

Setelah lelah mencoba semua wahana menarik, pengunjung bisa bersantai di gazebo yang sudah disediakan. Dijamin Anda tidak akan bosan ketika mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sambil bersantai, Anda bisa menyantap hidangan lezat yang bisa di pesan di warung sekitar air terjun ini.

Ketika Anda berada di lokasi wisata yang indah ini, kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen bersama. Sebab, di Air Terjun Pinang Seribu, Anda bisa mendapatkan lanskap menawan yang tidak dapat ditemukan di wisata alam lainnya. Hasil berswafoto akan lebih bagus jika menggunakan latar belakang bebatuan dan air terjun sebagai spot terbaik.

Tidak hanya itu saja, beberapa komunitas juga menyediakan outbound di air terjun yang satu ini. Salah satu kegiatan yang patut dicoba yaitu menaiki jembatan gantung yang dibangun persis di sekitar lokasi air terjun. Jembatan ini terbuat dari tali tambang dengan rangkaian kayu sebagai pijakannya. Ketinggiannya memang tidak seberapa, tetapi sensasi saat Anda menaikinya akan membuat serasa berjalan di atas air.

Fasilitas yang Tersedia di Wisata Air Terjun

Fasilitas di Wisata Air Terjun

Image Credit: Twitter.com @samarindatepian

Karena ramainya pengunjung yang datang ke lokasi wisata alam ini, membuat pengelola berlomba melengkapi fasilitas untuk pengunjung. Terdapat banyak wahana permainan dan fasilitas liburan yang bisa Anda nikmati. Ada juga beberapa gazebo yang disediakan sebagai tempat beristirahat wisatawan yang datang air terjun sambil menikmati keindahan alamnya.

Setidaknya terhitung sekitar 10 gazebo yang dibangun untuk dijadikan tempat melepas lelah sejenak setelah lelah berjalan – jalan. Setiap gazebo yang ada di sini terdiri dari ruangan kecil dan besar. Sehingga Anda bisa leluasa menempati fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Air Terjun Pinang Seribu.

Jika Anda pengunjung yang berasal dari luar kota dan ingin menghabiskan malam di wisata alam ini, terdapat villa yang bisa disewa. Namun, ketersediaannya masih sangat terbatas. Sehingga ketika musim liburan, Anda belum tentu bisa menggunakan fasilitas penginapan yang satu ini.

BACA:  Pulau Sangalaki, Pulau Cantik yang Menakjubkan di Berau Kaltim

Adapun fasilitas pendukung lainnya di lokasi air terjun ini seperti tempat parkir, mushola, dan toilet. Tidak perlu khawatir jika harus menunggu lama untuk bergantian, sebab di wisata alam ini tersedia sekitar 8 kamar mandi. Tempat parkir yang disediakan pun cukup luas sehingga dapat memarkir puluhan mobil dan motor.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Air Terjun Pinang Seribu

Lokasi Air Terjun Pinang Seribu

Image Credit: Instagram.com @visitsamarinda.id

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan pusat Kota Samarinda membuat aksesnya mudah dilalui. Bagi Anda yang berangkat dari Sempaja, maka jarak menuju ke lokasi air terjun hanya butuh waktu sekitar 10 sampai 15 menit saja. Untuk sampai di sini, wisatawan harus melewati beberapa perkampungan warga sampai ke ujung jalan Pinang Seribu.

Selanjutnya, Anda harus melewati jalanan yang agak terjal dengan pemandangan tebing yang cukup tinggi. Meskipun akses menuju Air Terjun Pinang Seribu terbilang cukup sulit, namun perjalanan yang panjang tersebut tidak akan terasa, karena hamparan alam yang hijau di sekitar lokasi wisata.

Untuk harga tiket masuknya pengunjung hanya perlu merogoh kocek sekitar sepuluh ribu rupiah saja per orang. Sedangkan, biaya parkir yang harus dibayarkan hanya sekitar 2000 . rupiah untuk roda dua dan 5000 rupiah bagi kendaraan roda empat. Tetapi jika Anda ingin menaiki wahana permainan, Anda akan dikenakan biaya tambahan

Jadi, bagi pengunjung yang ingin menikmati permainan seperti flying fox biayanya sekitar 40 ribu rupiah. Sedangkan untuk permainan sepeda air, tarif yang dipatok sekitar 20 ribu rupiah saja. Tempat wisata ini dibuka mulai pukul 10 pagi hingga jam 5 petang. Tentunya jam berlaku mengikuti waktu yang ada di Samarinda yaitu WITA.

Agar liburan lebih seru dan bermain sepuasnya, sebaiknya Anda memulai perjalanan dari Samarinda sekitar pukul 9 pagi. Dengan begitu, Anda bisa menikmati keindahan alam beserta udara yang sejuk ketika masih pagi. Selain itu Anda akan menghabiskan waktu lebih lama jika memulai perjalanan lebih awal.

Itulah ulasan mengenai keindahan Air Terjun Pinang Seribu di Samarinda. Agar liburan yang seru bisa diabadikan, jangan lupa membawa kamera dengan baterai penuh. Jika Anda berasal dari luar daerah tidak perlu khawatir, karena tempat ini menyediakan penginapan dan beberapa fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan pengunjung air terjun.