Kebun Raya Unmul salah satu destinasi wisata alam yang menarik di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kabun raya ini memadukan saran rekreasi sekaligus tempat Pendidikan seputar alam dan lingkungan yang menarik Anda jelajahi pesonanya.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 09.00-17.00, Alamat: Tanah Merah, Kec. Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur; Map: Cek Lokasi

Kebun Raya Unmul Samarinda merupakan sebuah objek wisata yang terletak di provinsi Kalimantan Timur. Objek wisata ini mudah di kunjungi karena memiliki jarak 10 Kilometer dari kota Samarinda sehingga banyak pengunjung yang berdatangan ke objek wisata ini. Kebanyakan para pengunjung datang pada hari libur atau akhir pekan.

Awal mula objek wisata ini adalah sebuah lahan dengan luas 300 hektar. Kemudian pemilik dari lahan ini menyerahkan kepada seorang rektor dari Universitas Mulawarman dan dijadikan sebagai tempat penelitian bagi mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi tersebut. Lalu walikota Samarinda menjadikan tempat tersebut sebagai objek wisata yang asri karena dihiasi oleh berbagai pepohonan.

Objek wisata ini menjadi objek wisata favorit kota Samarinda terutama bagi kalangan anak muda karena memiliki banyak pepohonan dan hewan-hewan dari berbagai spesies. Selama berkunjung ke objek wisata ini, Anda akan diiringi suara kicauan dari burung-burung yang merdu. Dan masih banyak lagi yang dapat Anda rasakan ketika sedang berlibur di objek wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Kebun Raya Unmul

Daya Tarik Kebun Raya Unmul
Image Credit: Google Maps (Deby Noor)

Seperti objek wisata lainnya, Kebun Raya Unmul Samarinda ini juga memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat membuat pengunjung berdatangan. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki objek wisata ini.

1. Memiliki Konsep yang Unik

Kebun Raya ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memadukan antara objek wisata dan pendidikan lingkungan. Dengan konsep ini pun banyak pengunjung yang tertarik untuk menikmati dua hal dalam satu tempat tersebut.

Di objek wisata ini terdapat banyak jenis pepohonan yang dirawat oleh pengelola sehingga membuat suasana menjadi sejuk dan asri. Biasanya setiap pohon akan memiliki label nama agar pengunjung dapat mengetahui setiap namanya. Selain itu, terdapat pula banyak spesies hewan dan burung-burung yang melengkapi objek wisata ini.

Ketika berlibur ke objek wisata ini, Anda juga akan menemukan beberapa orang utan yang sengaja dilepas. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena orang utan tersebut sudah jinak dan terlatih.

Terdapat pula kuda poni, ular cobra, monyet ekor panjang, kancil, landak, buaya, burung cendrawasih, burung enggang, dan burung kakatua. Untuk hewan-hewan ini, Anda dapat melihatnya dibalik kandang masing-masing sehingga pengunjung akan tetap aman.

2. Menjadi Tempat Bersantai

Daya tarik selanjutnya yaitu objek wisata ini dapat Anda pilih sebagai tempat bersantai setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan. Karena di Kebun Raya Unmul Samarinda ini menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata sehingga menjadikan tubuh dan pikiran Anda rileks.

Objek wisata ini cocok dikunjungi ketika berlibur bersama keluarga atau teman terdekat. Banyak pengunjung dari kalangan anak-anak yang menghabiskan waktunya untuk sekedar melihat dan mengenal hewan-hewan unik yang disediakan oleh objek wisata ini. Selain itu, terdapat pula danau buatan yang cukup luas menjadi pelengkap dari pemandangan yang disuguhkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Kebun Raya Unmul

Alamat Kebun Raya Unmul
Image Credit: Twitter.com @borneosdotid

Objek wisata ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur tepatnya di kota Samarinda, Kecamatan Samarinda Utara, Jalan Kuaro.

Untuk rutenya sendiri jika Anda dari kota Samarinda, Anda dapat melalui jalan Bhayangkara lalu ke jalan Pahlawan, dan jalan Dr. Sutomo. Setelah menemukan persimpangan jalan, silahkan belok ke kanan untuk meneruskan perjalanan menuju Kebun Raya Unmul Samarinda.

Setelah sampai di jalan Muara Badak, Anda akan menemukan persimpangan dan pilihkan rute sebelah kanan. Dari persimpangan ini kurang lebih 10 menit Anda akan sampai di objek wisata tersebut. Untuk waktu perjalanan akan di tempuh selama 35 menit menggunakan roda dua dan 40 menit menggunakan roda empat.

Untuk akses jalan menuju lokasi objek wisata pun sangat mudah karena jalan sudah beraspal dan banyak petunjuk arah yang dapat Anda ikuti. Anda juga dapat melihat panduan dari maps atau bertanya langsung kepada penduduk sekitar untuk lebih jelasnya.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Samarinda

Harga Tiket Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Sarman Palinoan)

Sebelum memasuki dan menikmati objek wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk. Biasanya harga tiket masuk yang diberikan pun berbeda-beda tergantung harinya. Untuk akhir pekan (weekend) atau hari libur, Anda dikenakan biaya Rp15.000 per orang. Sedangkan pada hari kerja (weekday) akan dikenakan biaya Rp10.000 per orang.

Untuk biaya parkirnya, biasanya pengunjung dikenakan biaya Rp10.000 untuk roda empat dan Rp5000 untuk pengguna roda dua. Harga yang tertera dapat berubah sewaktu-waktu. Objek wisata ini buka setiap hari dimulai pukul 09.00 dan tutup pukul 17.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Kebun Raya Unmul

Kegiatan di Kebun Raya Unmul
Image Credit: Facebook.com @cantica.munthe

Banyak hal yang dapat Anda lakukan ketika berlibur ke objek wisata ini antara lain sebagai berikut.

1. Melihat dan Mengenal Satwa

Banyak hewan-hewan yang tersedia dalam objek wisata ini sehingga pengunjung dapat melihat dan mengenali berbagai macam spesies yang telah diberi nama masing-masing. Anda juga dapat mencoba memberi makan untuk beberapa jenis hewan. Untuk makanan hewannya sudah disediakan oleh pihak objek wisata tersebut.

Anda juga dapat melihat hewan khas Kalimantan yaitu orang utan. Untuk spesies ini, Anda dapat berinteraksi langsung karena pihak pengelola melepasnya dengan bebas. Tetapi keamanan dari pengunjung tetap terjaga karena orang utan tersebut sudah jinak jadi tidak akan menyerang dan mengganggu pengunjung yang datang.

Selain itu terdapat pula banyak jenis burung unik dan indah yang dapat Anda lihat. Biasanya burung-burung di objek wisata ini berkicauan dengan merdu sehingga menambah kenikmatan dan kenyamanan pengunjung selama berlibur.

Ada juga hewan karnivora seperti ular cobra dan buaya. Jumlahnya pun cukup banyak dan jika Anda datang ketika waktu memberi makan, Anda akan melihat buaya dan ular keluar dari tempat persembunyiannya. Dan masih banyak lagi hewan-hewan yang tersedia di objek wisata ini.

2. Mencoba Berbagai Permainan

Selain melihat hewan dan pepohonan, objek wisata ini juga menyediakan berbagai macam permainan yang dapat pengunjung nikmati. Permainan tersebut yaitu sepeda air, bianglala, delman, ATV, komedi putar, hingga gokart. Permainan ini juga cocok untuk anak-anak sehingga aman untuk dicoba. Tetapi beberapa permainan hanya beroperasi ketika hari libur saja.

Anda dapat berkeliling Kebun Raya Unmul Samarinda dengan menggunakan ATV atau delman. Bagi pengunjung yang mencoba permainan tersebut akan dikenakan biaya tambahan. Untuk ATV sendiri akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp20.000 selama tiga putaran dan sepeda air akan dikenakan biaya Rp 15.000.

3. Memancing di Kolam

Di objek wisata ini juga menyediakan kolam ikan bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing. Anda dapat menyewa atau membawa dari rumah peralatan memancingnya. Dan setelah mendapat tangkapan ikan, Anda juga dapat membelinya atau dimasak langsung di restoran yang tersedia.

Kegiatan Dilakukan di Kebun Raya Unmul
Image Credit: Google Maps (Puri Faekpah)

4. Mengunjungi Museum Kayu

Di museum kayu ini Anda dapat melihat berbagai macam benda yang terbuat dari kayu. Terdapat pula label yang berisikan nama dan tahun dibuatnya sehingga Anda dapat belajar sekaligus berlibur. Banyak benda-benda yang unik tersedia di museum kayu ini seperti miniatur rumah khas Kalimantan hingga terdapat pula berbagai macam jenis kayu khas Kalimantan.

Sebelum masuk ke museum kayu ini, pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Biaya yang diberikan sebesar Rp5000 hingga Rp10.000 per orang.

5. Berburu Foto Keren

Kurang lengkap jika liburan tanpa mengabadikan momen. Kebun Raya Unmul Samarinda ini memiliki banyak pemandangan atau spot yang dapat menjadi latar belakang foto Anda. Anda dapat mengabadikan momen ketika mencoba permainan bahkan Anda juga dapat berfoto bersama hewan-hewan yang ada di objek wisata ini.

Fasilitas yang Tersedia di Kebun Raya Samarinda

Fasilitas di Kebun Raya
Image Credit: Google Maps (Janna Garcia)

Fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Unmul Samarinda ini cukup lengkap. Pihak dari objek wisata terus melengkapi berbagai hal demi kenyamanan para pengunjung yang datang. Fasilitas yang tersedia yaitu:

1. Area Parkir

Di objek wisata ini telah menyediakan area parkir yang luas hanya untuk pengunjung yang datang. Terdapat area khusus roda dua, roda empat, hingga area untuk bus pariwisata. Dan di area parkir tersebut sudah disediakan banyak penjaga yang bertugas untuk mengawasi dan menjaga kendaraan Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.

2. Tempat Makan

Fasilitas selanjutnya yaitu terdapat banyak tempat makan di kebun raya ini. Restoran disini biasanya menyediakan makanan laut terutama makanan jenis ikan. Untuk pengunjung yang kurang menyukai makanan laut, di restoran ini pun menyediakan berbagai macam masakan nusantara.

Selain makanan, terdapat pula banyak makanan ringan atau minuman beraneka ragam yang dapat Anda pesan

3. Toilet

Toilet di objek wisata ini terjaga kebersihannya agar pengunjung nyaman untuk menggunakannya. Terdapat toilet dengan jumlah banyak sehingga Anda tidak perlu mengantre.

4. Gazebo

Terdapat pula gazebo atau saung yang tersebar di berbagai tempat dalam kawasan kebun raya ini. Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk beristirahat setelah menjelajahi objek wisata ini.

Itulah beberapa daya tarik, alamat, hingga fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Unmul Kota Samarinda. Semoga informasi tersebut dapat membantu Anda ketika ingin berkunjung ke objek wisata ini.