15 Air Terjun (Curug) di Majalengka Paling Hits Dikunjungi

Curug Majalengka

Majalengka merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Salah satu wilayah yang memiliki kontur perbukitan. Disini Anda akan banyak menemukan panorama alam yang menyegarkan seperti pegunungan, kebun teh, dan air terjun.

Kondisi wilayah yang menyegarkan inilah yang menjadikan kawasan ini menjadi daerah favorit untuk dikunjungi terutama saat musim liburan. Anda tentunya akan mendapatkan kenyamanan dan ketenangan saat berkunjung ke tempat yang kaya akan kesejukan.

Bagi Anda yang berada atau ingin ke Majalengka. Anda dapat mencoba beberapa tempat wisata alam yang menarik seperti air terjun atau curug. Oleh karena itu, berikut ulasan 15 rekomendasi curug di Majalengka yang sangat memukau.

1. Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy

Image Credit: Wisatangehits.com

Curug Cipeuteuy merupakan air terjun yang terletak di kawasan taman nasional Gunung Ciremai. Disini Anda dapat menikmati kesejukan air terjun yang tentunya masih memiliki lingkungan yang teduh dan asri. Air terjun ini memiliki aliran yang melebar seperti tirai.

Anda dapat memanfaatkan keindahan alam ini dengan berfoto ria. Untuk menjangkau lokasi ini Anda perlu melakukan perjalanan trip dengan sepeda motor terlebih dahulu. Selain itu, tiket masuk juga murah sekitar Rp 15.000 saja.

Lokasi: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

2. Curug Sawer

Curug Sawer

Image Credit: Topwisata.info

Curug Sawer merupakan air terjun tersembunyi yang ada di Majalengka. Namun, inilah yang menjadikan Curug Sawer memiliki pesona alam yang masih sangat terjaga. Terdapat bebatuan di bawah air terjun yang dapat Anda gunakan untuk bersantai.

Selain itu, tebing di Curug Sawer ini tertutupi oleh tumbuhan hijau sehingga menjadikan air terjun ini begitu mempesona dengan keasriannya. Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, Anda hanya perlu membayar tiket masuk senilai Rp 15.000 rupiah.

Lokasi: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

3. Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi

Image Credit: Infomajalengka.wordpress.com

Curug Ibun Pelangi merupakan salah satu air terjun yang patut Anda kunjungi ketika berada di Majalengka. Hal ini dikarenakan Curug Ibun Pelangi memiliki pesona yang sangat menakjubkan karena terletak di perbukitan. Selain itu kawasan ini juga masih terjaga kebersihannya.

Pesona Curug Ibun Pelangi ini semakin menarik karena terdapat pelangi yang muncul ketika matahari menyinari air terjun. Hal ini tentu dapat Anda manfaatkan sebagai objek foto yang menarik. Harga tiket masuk adalah Rp 10.000 rupiah.

BACA:  10 Wisata Pantai di Bandung

Lokasi: Sukadana, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

4. Curug Cilutung

Curug Cilutung

Image Credit: Trepelin.com

Curug Ciluntung merupakan kawasan yang cocok dikunjungi terutama bagi Anda yang mendambakan ketenangan. Disini Anda dapat menikmati suasana pegunungan yang tentunya menyejukkan. Selain itu air terjun ini juga memiliki aliran air yang tentunya menyegarkan.

Di Curug Ciluntung ini Anda akan menyaksikan batu yang berukuran sangat besar sekitar 20 meter yang tentunya menambah keindahan kawasan air terjun. Anda dapat memanfaatkannya untuk berfoto. Anda juga dapat sekedar bersantai menikmati suasana.

Lokasi: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka.

5. Curug Sempong

Curug Sempong

Image Credit: Pasundan.id

Curug Sempong merupakan air terjun yang cocok Anda kunjungi terutama bagi yang gemar berpetualang. Karena untuk menuju ke air terjun ini Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Yang tentunya akan menggugah jiwa petualang Anda.

Kawasan Curug Sempong ini terletak di area pegunungan. Menjadikan kawasan ini memiliki kesejukan dan panorama yang luar biasa. Selain itu di sekitar kawasan juga terdapat kebun palawija dan sayur mayur yang menambah keindahan Curug Sempong ini.

Lokasi: Cisempong, Sidamukti, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

6. Curug Tonjong

Curug Tonjong

Image Credit: Wisatareligidunia.blogspot.com

Curug Tonjong merupakan kawasan yang patut Anda kunjungi bersama teman maupun keluarga. Air terjun ini memiliki keindahan yang tentunya sangat mempesona. Terdapat jembatan yang dibangun di air terjun untuk akses menuju puncak air terjun.

Anda dapat memanfaatkan pemandangan ini untuk berfoto ria. Selain itu juga terdapat fasilitas lain yang menunjang seperti tempat parkir yang luas, area terapi ikan, musholla, toilet, area bermain, dan warung makan. Yang tentunya dapat menambah kenyamanan Anda saat berada disini.

Lokasi: Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka.

7. Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya

Image Credit: Tripadvisor.co.id

Curug Muara Jaya adalah air terjun yang terletak di kawasan pegunungan. Menjadikannya memiliki kesejukan dan kesegaran yang luar biasa. Anda dapat menyaksikan keasrian air terjun yang tebingnya dipenuhi oleh tetumbuhan.

Di kawasan Curug Muara Jaya ini juga telah disediakan beberapa fasilitas yang menunjang. Seperti terdapat tempat parkir yang luas serta tempat makan. Cocok untuk mengisi waktu berlibur Anda agar lebih menyenangkan.

BACA:  Kolam Renang Paragon, Destinasi Favorit di Kota Depok

Lokasi: Argamukti, Kec. Argapura, Kab. Majalengka.

8. Curug Awul

Curug Awul

Image Credit: Oleholehmami.com

Curug Awul adalah tempat yang dapat dikunjungi terutama apabila Anda mendambakan kawasan air terjun yang sangat asri dan teduh. Pesona air terjun ini sangatlah memikat karena lingkungannya masih terjaga dengan baik.

Curug Awul ini memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Aliran airnya deras serta terdapat bebatuan yang menyusuri sungai, yang tentunya menambah keindahan Curug Awul. Akses untuk menuju Curug awul dapat terbilang tidak terlalu sulit karena terdapat jalan yang sering dilalui warga sekitar sehingga tidak terlalu menyulitkan.

Lokasi: Kulur, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

9. Curug Campaga

Curug Campaga

Image Credit: Jitunews.com

Curug Campaga adalah salah satu air terjun yang memiliki pesona yang menawan. Disini Anda dapat menyaksikan air terjun yang mengalir pada bebatuan hitam yang tentunya sangat memikat hati. Curug Campaga ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter.

Curug Campaga merupakan kawasan air terjun yang mulai banyak diketahui oleh warga. Sehingga pada kawasan ini mulai dibangun beberapa fasilitas yang menunjang untuk dijadikan tempat wisata. Oleh karena itu, Anda tak perlu ragu untuk mengunjunginya.

Lokasi: Talagakulon, Kec. Talaga, Kab. Majalengka.

10. Curug Ciwanda

Curug Ciwanda

Image Credit: Tpidkeclemahsugih.wordpress.com

Curug Ciwanda merupakan destinasi alam yang patut Anda kunjungi terutama yang hobi berpetualang. Disini Anda akan menyaksikan air terjun yang mengalir deras dari ketinggian. Yang tentunya menjadikan kawasan begitu menyegarkan.

Untuk menuju lokasi Curug ini Anda perlu melakukan perjalanan kira-kira satu jam dari pusat kota. Curug Ciwanda sendiri dapat dikatakan merupakan kawasan wisata yang baru. Oleh karena itu, jika Anda penasaran dengan pesonanya Anda dapat mengunjunginya.

Lokasi: Lemahsugih, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

11. Curug Puntang

Curug Puntang

Image Credit: Oleholehmami.com

Curug Puntang adalah salah satu air terjun yang pesonanya masih tersembunyi. Memiliki jurang yang terjal serta ketinggian air terjun mencapai lima belas meter yang tentunya dapat membuat siapapun terkagum-kagum akan pesona yang ditawarkan.

Disini Anda akan menyaksikan kawasan Curug Puntang yang masih asri dan terhindar dari pencemaran. Menjadikan siapapun akan nyaman tinggal disini. Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai objek fotografi yang tentunya sangat menarik.

BACA:  7 Oleh-Oleh Khas Karawang Paling Populer

Lokasi: Cengal, Kec. Maja, Kab. Majalengka.

12. Curug Cipeureus

Curug Cipeureus

Image Credit: Twitter.com @Infomjlk

Curug Cipeureus merupakan air terjun yang juga masih belum banyak diketahui oleh orang. Memiliki keindahan alam yang tentunya juga tidak main-main. Air Terjun Cipeureus ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Disampingnya terdapat tebing kokoh yang sebagian tertutup oleh tetumbuhan. Menjadikan air terjun ini terlihat sangatlah megah.

Untuk menuju ke Curug Cipeureus ini Anda akan melewati perjalanan yang tidak mudah. Karena akses masih terbilang sulit untuk dilalui oleh kendaraan. Namun bagi Anda yang sungguh-sungguh mengunjunginya pasti akan mendapatkan kepuasan tersendiri setelah sampai di lokasi.

Lokasi: Sukamenak, Kec. Bantarujeg, Kab. Majalengka.

13. Curug Situhiang

Curug Situhiang

Image Credit: Photobyaziz.com

Curug Situhiang merupakan kawasan air terjun yang juga belum banyak diketahui orang. Oleh karena itulah air terjun ini masih sepi oleh pengunjung. Cocok bagi Anda yang mendambakan ketentraman saat mengunjungi wisata alam.

Saat mengunjungi Curug Situhiang ini Anda perlu melewati perjalanan yang cukup menantang. Karena Anda akan melewati jalan yang terdapat jurang di samping kanan maupun kiri. Sangat membutuhkan kehati-hatian yang ekstra.

Lokasi: Kulur, Kec. Majalengka, Kab. Majalengka.

14. Curug Kapak Kuda

Curug Kapak Kuda

Image Credit: Tempatwisatakotamajalengka.blogspot.com

Curug Kapak Kuda merupakan destinasi wisata air terjun yang terletak di Dusun Tapak Kuda Desa Sadawangi. Merupakan air terjun yang masih menawarkan keasrian dan panorama alam yang menakjubkan. Memiliki ketinggian air terjun yang cukup tinggi. Selain itu Curug Kapak Kuda ini juga memiliki empat tingkatan. Menjadikan pesonanya semakin memikat.

Anda dapat mengunjunginya di sela-sela waktu liburan Anda. Bersantai sembari menikmati suasana yang menyegarkan tentunya sangat menyenangkan. Atau Anda juga dapat bermain-main air dengan teman yang tentunya menjadikan pengalaman berlibur Anda seru.

Lokasi: Tapak Kuda, Sadawangi, Kec. Lemahsugih, Kab. Majalengka.

15. Curug Cicangkrung

Curug Cicangkrung

Image Credit: Reservasi.com

Curug Cicangkrung merupakan air terjun yang terletak di kawasan Gunung Ciremei. Menjadikan kawasan ini sarat akan kesejukan alam yang dimiliki. Suasana sangat menyegarkan, begitu pula dengan air yang mengalir sangat jernih di Curug Cicangkrung ini.

Kawasan masih terbilang bersih dan terhindar dari pencemaran. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berlibur untuk menenangkan diri.

Lokasi: Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka.

Itulah 15 curug di Majalengka yang bisa Anda kunjungi ketika liburan tiba. Air terjun tersebut memiliki keunikannya masing-masing yang patut untuk Anda jelajahi. Semoga bermanfaat!