Curug Cipeuteuy salah satu objek wisata alam favorit di Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat. Pemandangan alam air terjun yang eksotis dan hutan pinus nan hijau siap menghipnotis siapapun yang berkunjung.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat: Cek Lokasi

Wisata alam selalu menjadi destinasi yang menyenangkan untuk berlibur bersama-sama. Tampaknya Curug Cipeuteuy yang berada di Majalengka ini cocok menjadi tujuan saat hari libur tiba karena objek wisata ini menjadikan panorama indah yang tiada duanya.

Curug menawan ini berada di kawasan hutan sehingga untuk mencapai lokasi pengunjung harus trekking terlebih dahulu. Sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari pepohonan, bukit, sawah dan sungai jadi perjalanan yang cukup menantang tersebut menjadi semakin menyenangkan.

Uniknya di Curug Cipeuteuy ini terdapat pohon Cipeuteuy atau Pete dalam bahasa Sunda karena umumnya di air terjun ditumbuhi tumbuhan liar bukan pete. Kehadiran pohon pete inilah yang membuat pengunjung penasaran untuk melihatnya. Selain itu, objek wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas memadai yang dapat digunakan oleh pengunjung.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cipeuteuy

Daya Tarik Curug Cipeuteuy
Image Credit: Twitter.com @alfarik_noer

1. Suasana yang Sejuk

Air terjun Cipeuteuy memiliki suasana sejuk dan asri karena letaknya berada di tengah hutan. Pohon pinus menjulang tinggi dan beberapa tanaman liar akan Anda temui di sepanjang perjalanan. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi pengunjung yang ingin menenangkan pikiran atau refreshing dari sibuknya kehidupan perkotaan.

2. Wisata Alam yang Terawat

Meskipun berada di tengah hutan bukan berarti air terjun ini tidak dirawat, justru sebaliknya. tempat ini merupakan kawasan wisata yang bersih baik jalan menuju air terjun hingga kolamnya. Objek wisata ini dirawat dan dibersihkan secara rutin oleh pengelola agar pengunjung bisa menikmati liburan sampai puas dan nyaman.

3. Akses yang Mudah

Sebagai salah satu tujuan wisata yang populer di Majalengka, Curug Cipeuteuy memiliki akses yang cukup mudah. Dari tempat parkir pengunjung bisa trekking melalui hutan dengan kondisi jalan yang sudah diaspal sehingga cukup aman jika dilewati anak-anak ataupun orang tua. Bahkan di beberapa titik menuju kolam terdapat pembatas besi yang bisa digunakan sebagai penyangga.

Daya Tarik Dimiliki Curug Cipeuteuy
Image Credit: Twitter.com @cool4myeyes

4. Arus Air Cukup Tenang

Air terjun Cipeuteuy ini tingginya hanya sekitar 5 meter dengan debit yang cukup tenang sehingga arus kolamnya juga tidak terlalu deras. Dengan arus yang cukup tenang sehingga aman jika digunakan untuk bermain air. Hal tersebut juga membuat banyak pengunjung bahkan anak-anak memberanikan diri untuk berenang di kolam.

5. Air Terjun dengan Kolam Bertingkat

Berbeda dengan air terjun lainnya yang arusnya mengalir mengikuti arah sungai, di Cipeuteuy aliran sungainya justru dibangun menjadi beberapa kolam bertingkat dengan desain yang cantik. Bahkan ada yang percaya bahwa air yang mengalir ini mampu memberikan khasiat untuk kesehatan.

Kolam bertingkat tersebut ditata sebagus mungkin hingga tampak alami dengan berundak-undak menggunakan batu. Selain untuk menampung air dari air terjun, di atas kolam juga dibangun jembatan yang terbuat dari bambu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cipeuteuy

Alamat Curug Cipeuteuy
Image Credit: Instagram.com @ariswisnu26

Curug cantik ini berada di lokasi yang cukup mudah dijangkau dari pusat kota. Ia merupakan objek wisata yang masuk kawasan hutan konservatif Taman Nasional Gunung Ciremai. Adapun alamatnya yaitu Kabupaten Majalengka, Jawa Barat tepatnya jalan Dukuh Pasir, Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi.

Akses jalan menuju air terjun Cipeuteuy ini cukup baik karena sudah diaspal sehingga bisa ditempuh menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Perlu diketahui bahwa rute menuju lokasi cukup curam sehingga tidak direkomendasikan bagi Anda menggunakan motor matic karena khawatir tidak kuat saat menanjak.

Adapun rute yang dapat diambil yaitu dari pusat kota Majalengka menuju ke Desa Sindangwangi dimana sumber tersebut berada. Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Dukuh Pasir yang terdapat di Desa Bantaragung. Akan ada banyak papan petunjuk jalan menuju tempat parkir lokasi wisata jadi Anda tidak perlu khawatir salah jalan atau bisa juga menggunakan bantuan google maps lewat smartphone.

Setelah sampai di tempat parkir, pengunjung harus melanjutkan perjalanan menuju lokasi air terjun dengan trekking hutan terlebih dahulu. Perjalanan yang akan ditempuh sekitar 300m dengan melewati tebing menurun yang sudah diaspal sehingga bisa dilalui dengan aman. Selai itu, selama perjalanan pengunjung akan disuguhkan berbagai pemandangan, kicauan burung yang membuat perjalanan terasa lebih ringan.

Harga Tiket Masuk Curug Cipeuteuy Majalengka

Harga Tiket Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Tambang Raras)

Harga tiket masuk kawasan wisata Curug Cipeuteuy cukup bervariasi. Untuk anak-anak tarif tiket masuknya sebesar Rp 10.000 dan dewasa sebesar Rp 20.000. Harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Biaya parkir kendaraan roda dua sekitar Rp 3.000 dan tarif parkir untuk mobil sekitar Rp 10.000.

Selain menikmati pemandangan dan bermain di kolam air terjun, pengunjung bisa camping di tempat ini. Bagi Anda yang tertarik untuk camping akan dikenakan tarif sebesar Rp 25.000 saja. Harga tersebut belum termasuk dengan tenda yang bisa langsung ditempati. Sementara itu, objek wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00-17.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Cipeuteuy

Aktivitas Menarik di Curug Cipeuteuy
Image Credit: Instagram.com @almuwaffik

1. Berenang di Kolam

Ke Curug Cipeuteuy tentu tidak lengkap jika tidak menceburkan diri langsung ke kolam. Air di tempat tersebut sangat segar bahkan cenderung dingin mengingat berada di pegunungan. Setelah menempuh perjalanan dari gerbang menuju air terjun beberapa menit rasa lelah akan hilang seketika saat Anda berenang di kolam air terjun ini.

Kolam yang dibendung dengan bebatuan tersebut membuat arus jauh lebih tenang sehingga pengunjung baik dewasa maupun anak-anak dapat berenang sepuasnya. Sedangkan bagi Anda yang tidak lihai berenang tidak perlu khawatir karena kolam tersebut cukup aman dengan kedalaman hanya sekitar 1,5 meter saja.

2. Berkeliling Kawasan Air Terjun

Keliling di kawasan air terjun Cipeuteuy adalah kegiatan yang bisa dipilih apabila Anda sengaja berlibur untuk menjernihkan pikiran. Selama berkeliling, pengunjung akan disuguhkan dengan panorama indah hutan, gemericik air terjun dan kicauan burung. Suasana yang mendukung ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang lelah dengan rutinitas sehari-hari.

3. Bersantai Menikmati Pemandangan

Selain mengelilingi area air terjun, pengunjung juga bisa bersantai menikmati pemandangan alam sambil duduk-duduk di meja kursi yang disediakan. Uniknya meja kursi tersebut didesain dengan bentuk unik menyerupai potongan kayu besar yang diletakkan di luar ruangan sehingga tampak begitu menyatu dengan alam.

Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat karena meja kursi yang disediakan di area Curug Cipeuteuy cukup banyak. Jadi sambil duduk santai Anda bisa menikmati pemandangan alam di air terjun Cipeuteuy sembari ditemani camilan atau minuman hangat.

4. Istirahat di Gazebo

Lelah bermain dan berenang, pengunjung bisa istirahat di gazebo atau pondokan yang masih satu area dengan lokasi air terjun. Gazebo pondokan ini banyak digunakan oleh pengunjung untuk tempat berkumpul atau sekadar menikmati bekal yang dibawa dari rumah. Bersantai sambil ditemani suasana sejuk dan alami ini akan membuat liburan semakin menyenangkan.

5. Berkemah di Kawasan Curug

Kegiatan yang bisa pengunjung lakukan berikutnya adalah berkemah atau camping di kawasan Cipeuteuy. Jika Anda ingin merasakan liburan yang berbeda, camping di area air terjun ini layak untuk dicoba karena ada banyak pengalaman yang tidak ditemui di tempat lainnya.

Terdapat lahan perkemahan yang bernama Perkemahan Awilega. Lahan perkemahan tersebut berada di hutan dan tidak jauh dari lokasi air terjun. Meskipun berada di tengah hutan, Anda tidak perlu khawatir karena di tempat tersebut sudah ada listrik dan beberapa fasilitas lainnya. Dengan demikian liburan di Cipeuteuy menjadi liburan yang mengesankan apalagi jika bersama keluarga.

Aktivitas di Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (TWINS ADVENTURE CHANNEL)

6. Membuat Api Unggun

Saat berkemah, satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan adalah membuat api unggun. Sepertinya aktivitas tersebut wajib dilakukan terutama saat berkemah karena untuk menghangatkan badan dan suasana di sekitar kawasan perkemahan. Namun, yang perlu diketahui ketika membuat api unggun berada di kawasan aman agar api tidak merembet ke tempat lainnya.

7. Hunting Foto Keren

Salah satu kegiatan yang tidak bisa lepas ketika berada di Curug Cipeuteuy adalah berfoto-foto. Panorama alamnya yang sangat alami dan indah menjadi buruan pemikat para pengunjung untuk mengabadikan setiap sudut yang terdapat di lokasi wisata satu ini.

Selain itu banyak spot yang menarik untuk dijadikan tempat berfoto baik sebagai pemandangan maupun untuk background foto. Beberapa area yang biasa dijadikan spot foto adalah jembatan dan kolam bertingkat.

8. Menikmati Wisata Kuliner

Lelah melakukan berbagai aktivitas, pengunjung bisa berwisata kuliner di warung-warung yang terdapat di area tersebut. Beberapa stan warung menyediakan menu makanan, camilan bahkan minuman hangat untuk menemani pengunjung sambil merasakan dinginnya hawa pegunungan.

9. Melihat Langsung Elang Jawa

Pengunjung yang datang ke Curug Cipeuteuy dapat menyaksikan langsung habitat dan keberadaan Elang Jawa. Elang yang merupakan spesies endemik di Pulau Jawa ini sudah mulai punah sehingga lestarikan dikonversi di Taman Nasional Gunung Ciremai.

Jika beruntung pengunjung bisa melihat secara langsung Elang Jawa yang hidup di habitatnya secara bebas. Agar lebih jelas, Anda bisa membawa teropong atau mengabadikan momen langka tersebut dengan kamera. Namun, jika Anda tak mau repot membawa teropong dari rumah tidak perlu khawatir karena sudah disediakan spot teropong oleh pengelola untuk melihat Elang Jawa.

10. Wisata Edukasi

Air terjun Cipeuteuy tidak hanya sebagai objek wisata alam, namun juga wisata edukasi yang menyatu dengan alam. Saat pengunjung melewati hutan menuju air terjun akan melewati medan yang dikelilingi oleh pepohonan hijau. Jika diperhatikan lebih detail pada setiap pohon terdapat papan yang berisi informasi mengenai tumbuhan tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cipeuteuy Majalengka

Fasilitas di Curug Cipeuteuy
Image Credit: Google Maps (Ikwan Maulana)

Curug Cipeuteuy adalah wisata alam yang lengkap. tidak hanya menyajikan tempat untuk berwisata namun juga sebagai sarana edukasi. Selain itu, objek wisata yang letaknya di tengah hutan ini dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti gazebo yang dapat digunakan untuk berteduh atau menaruh tas yang dibawa.

Kemudian untuk memfasilitasi kegiatan pengunjung terdapat toilet dengan tempat dan air yang bersih. Dan bagi pengunjung yang ingin berenang bisa menggunakan ruang ganti secara bergiliran serta terdapat lahan parkir cukup luas untuk menampung kendaraan para pengunjung yang datang.

Demikian informasi mengenai Curug Cipeuteuy yang terletak di Majalengka, Jawa Barat. Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan pengunjung di objek wisata ini serta fasilitas yang disediakan cukup lengkap agar pengunjung dapat berlibur sampai puas.