Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Lengkong Kulon, Kec. Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Salah satu tempat wisata Majalengka yang sangat direkomendasikan bagi Anda beserta keluarga untuk dikunjungi yaitu Telaga Pancar. Talaga tersebut terdapat di Desa Lengkong, tepatnya yaitu di kecamatan Sindangwangi. Saat hari libur, tempat wisata ini memang ramai sekali dikunjungi oleh wisatawan.

Hal itu wajar saja, karena memang telaga tersebut memiliki panorama yang begitu indah serta udara yang begitu sejuk. Pemandangan alam di tempat ini tidak akan bisa Anda temukan di tempat wisata lainnya. Dipastikan ketika Anda berlibur ke telaga tersebut, maka Anda beserta dengan rombongan akan merasa betah untuk berlama-lama di sana.

Telaga Pancar nan menawan ini memang dipenuhi oleh pohon pinus. Oleh karena itulah, sangat tepat untuk dijadikan sebagai area perkemahan. Ketika hari libur tiba, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk segera meluncur ke Kabupaten Majalengka untuk bisa menikmati keindahan Telaga tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Pancar

Daya Tarik Telaga Pancar
Image Credit: Google Maps Aisah Istarra

1. Lingkungan yang Masih Asri

Ada banyak sekali daya tarik yang ditawarkan oleh Telaga Pancar pada para pengunjungnya. Salah satu daya tarik tersebut yaitu lingkungan wisata yang masih begitu asri. Kabupaten Majalengka selain dikenal sebagai kota hasil pertanian seperti contohnya durian, lokasi dari tempat wisata tersebut juga dikenal oleh karena banyak keindahan alamnya

Salah satu tempat wisata yang mampu mencuri perhatian pengunjung untuk berdatangan yaitu telaga ini. Tiap hari tempat tersebut memang hampir selalu dipadati oleh wisatawan, baik itu lokal ataupun luar kota. Hal tersebut wajar saja, karena memang tidak banyak tempat wisata yang bisa memadukan hobi dalam satu lokasi.

Jika di sini Anda memiliki hobi memanah namun ingin sekaligus menikmati keindahan alam, maka telaga tersebut merupakan tempat yang sangat recommended. Tidak hanya itu saja Anda yang ingin pergi berkemah bersama keluarga juga sangat disarankan untuk mendatangi tempat tersebut.

Telaga Pancar memang sengaja dikembangkan oleh pihak pengelola untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi. Namun, meski begitu keasrian dari tempat tersebut perlu tetap dijaga, sehingga fungsi hutan tidak hilang nantinya. Suasana alam di tempat ini memang begitu dingin dan sejuk.

Di tempat ini nantinya Anda akan menemukan jajaran pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi. Pepohonan pinus tersebut tumbuh tegak dan berdiri rapi membuat pemandangan alam di sekitar tampak begitu mengagumkan.

2. Area Panahan

Daya tarik selanjutnya yang juga tak kalah seru dan membuat para pengunjung tertarik untuk mengunjungi Telaga Pancar ini yaitu terdapat area panahan. Selain Anda bisa melihat ikan yang hilir mudik di dalam air jernih di telaga tersebut, nyatanya tempat ini juga menyediakan area menarik bagi mereka yang hobi melakukan olahraga panahan.

Luas wisata alam ini mencapai kurang lebih 125 hektar. Namun hingga saat ini area yang dikelola masih seluas 4 hektar.

3. Pemandangan Gunung Mirip Candi

Jika Anda datang ke telaga tersebut, maka nantinya Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang begitu menakjubkan. Pemandangan tersebut yaitu sebuah gunung yang sekilas tampak mirip seperti candi. Pemandangan ini tentunya tidak bisa Anda temukan di tempat wisata alam lain.

Anda akan melihat dengan jelas gunung di mana bebatuan yang terdapat pada gunung tersebut membentuk bangun yang rapi, sehingga membuatnya tampak seperti candi. Tidak sedikit wisatawan yang datang akan mengabadikan gambar gunung yang mirip candi sebagai latar belakang foto mereka.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Telaga Pancar
Image Credit: Google Maps Lawang Segara

Anda tidak perlu khawatir jika berencana untuk datang ke Telaga Pancar wisata yang ada di Majalengka , Jawa Barat ini karena memang akses jalan sudah cukup baik dan nyaman untuk dilalui. Karena itulah, perjalanan yang perlu untuk Anda tempuh hingga akhirnya tiba di tempat wisata tergolong mudah. Selain itu, Anda bisa menemukan lokasi wisata melalui bantuan navigasi di Smartphone Anda.

Di sini nantinya Anda bisa berangkat dari pusat Kota Cirebon untuk menuju ke telaga tersebut. Untuk bisa sampai ke area lokasi telaga, maka nantinya Anda bisa memakai kendaraan pribadi, baik itu kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua.

Jika di sini Anda melakukan rute perjalanan melalui Kota Cirebon, maka nantinya Anda akan menempuh jarak sejauh 23 km atau kurang lebih 1 jam perjalanan. Rute yang nantinya harus Anda tempuh tersebut akan menuju ke Jalan Raya Sumber.

Setelah sampai di Jalan Imam Bonjol, Anda harus belok kiri ke Jalan Lengkong. Setelah itu Anda melanjutkan perjalanan kurang lebih sejauh 1,3 km lurus hingga nantinya Anda sampai di area telaga.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Telaga Pancar
Image Credit: Google Maps Irfan Fauzi Rachmat

Seperti halnya tempat wisata lain, maka untuk bisa menikmati keindahan di Telaga Pancar ini Anda akan dikenakan biaya tiket masuk. Untuk biaya tiket masuknya sendiri terbilang cukup terjangkau. Nantinya Anda hanya perlu membayar uang retribusi sebesar Rp 5.000 saja untuk tiap orangnya.

Sedangkan bagi Anda yang kebetulan membawa kendaraan pribadi, maka disini Anda perlu memarkirkan kendaraan. Untuk biaya parkir sendiri yaitu sebesar Rp 2.000. Biaya tersebut terbilang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya yang ada di Kabupaten Majalengka.

Karena itu, bagi Anda yang kebetulan mencari tempat wisata yang enak, maka mengunjungi telaga tersebut merupakan ide yang tepat untuk dilakukan.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Telaga Pancar

Aktivitas di Telaga Pancar
Image Credit: Google Maps Fransiskus Aprianto

1. Menikmati Hawa Sejuk

Berbagai macam aktivitas menarik bisa Anda lakukan selama berada di Telaga Pancar. Salah satu aktivitas tersebut yaitu menikmati hawa sejuk lokasi wisata. Seperti yang telah dijelaskan di atas, Telaga ini memang memiliki hawa yang begitu nyaman dan sejuk, hal itu dikarenakan area wisata berada di kaki Gunung Ciremai.

Tapi tidak hanya itu saja, telaga tersebut memang dipenuhi dengan pepohonan pinus, sehingga membuat area wisata ini nyaris tidak tersentuh oleh sinar matahari. Area yang paling banyak terekapose oleh sinar matahari biasanya berada di arena lapangan yang dipakai untuk kegiatan perkemahan ataupun kegiatan-kegiatan lain.

Tidak hanya udara yang sejuk, melainkan juga air di pipa tersebut terasa begitu dingin. Anda bisa merasakan dinginnya air saat berada di toilet ataupun mushola. Bagi Anda yang berasal dari area perkotaan dan jenuh dengan suasana polusi di sekitar, maka dengan datang ke telaga tersebut Anda benar-benar bisa merasakan udara yang bersih tanpa polusi.

Anda beserta dengan keluarga bisa menikmati kesejukan alam pegunungan yang ada di sana sambil lalu menikmati dedaunan pinus yang riuh diterpa angin. Anda yang memiliki Buah hati tak ada salahnya mengajak mereka ke tempat tersebut. Di Telaga Pancar tersedia ayunan yang bisa digunakan oleh anak-anak Anda.

Jika Anda ingin menikmati wisata alam favorit ini yang jauh lebih memukau lagi, maka tidak ada salahnya untuk naik ke bagian puncak bukit, di puncak itulah nantinya pemandangan eksotis dari Kabupaten Majalengka akan terhampar di depan mata Anda.

2. Menyantap Nasi Liwet

Aktivitas menarik selanjutnya yaitu menyantap nasi liwet. Para pengunjung nantinya berkesempatan untuk menyantap nasi liwet yang bisa dipesan ketika berada di Telaga Pancar ini. Menu nasi liwet cukup beragam, karena itu Anda yang hobi kuliner tidak boleh melewatkan aktivitas tersebut.

Terdapat paket nasi liwet menggunakan menu Ikan Peda yang kemudian digoreng atau dipepes, jengkol muda, daun singkong maupun pepaya, lalapan leunca, tempe tahu, kurap dan Anda juga bisa menambahkan dengan ayam goreng nantinya.

Aktivitas Menarik di Telaga Pancar
Image Credit: Facebook Explore Majalengka

3. Berkemah

Untuk aktivitas yang satu ini sangat disarankan bagi Anda yang saat ini tengah aktif dalam kegiatan pecinta alam. Atau bisa juga bagi Anda yang berencana untuk bermalam di telaga. Anda yang ingin berkemah nantinya akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk tiap orangnya.

Biaya tersebut bertujuan untuk membayar biaya sewa tempat serta kebersihan. Selain itu juga untuk membayar biaya penerangan listrik yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Telaga Pancar.

4. Hunting Foto

Aktivitas yang terakhir ini memang tidak boleh dilewatkan. Panorama alam yang ditawarkan di tempat wisata telaga tersebut memang indah luar biasa. Oleh karena itulah, Anda tidak boleh menyia-nyiakan pemandangan indah tersebut tanpa mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Telaga Pancar
Image Credit: Google Maps Harits Surakhman

Telaga Pancar merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kabupaten Majalengka, serta telah dikelola dengan cukup profesional. Oleh karena itulah, fasilitas yang ada di tempat tersebut sudah cukup memadai.

Di tempat ini nantinya Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan toilet atau kamar ganti. Bagi Anda yang beragama muslim dan ingin menjalankan ibadah salat di sana juga telah tersedia musolla. Tidak hanya itu saja, lahan parkir yang tersedia pun juga cukup luas dan aman.

Jika ingin duduk bersantai, bisa melakukannya di gazebo yang dibangun oleh pihak pengelola tempat wisata. Selain itu, di sana memungkinkan juga bagi Anda untuk sewa hammock yang lengkap.

Telaga Pancar yang hits di Kabupaten Majalengka memang menawarkan keseruan dan keindahan alam yang tidak bisa Anda temukan di tempat wisata lainnya. Karena itu, ketika menjelang hari libur tiba, maka Anda perlu segera meluncur ke tempat tersebut bersama dengan keluarga serta buah hati Anda.