Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 06.00–19.00 WIB, Alamat: Payung, Teja, Kec. Rajagaluh, Kab. Majalengka, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Situ Janawi merupakan wisata kolam air menyerupai telaga, berada di wilayah perbukitan Majalengka, Jawa Barat. Situ ini memiliki luas kurang lebih 1 hektar dengan pesona airnya yang jernih. Pada permukaan air terlihat tanaman teratai maupun enceng gondong yang seolah terlihat bagaikan pulau kecil di tengahnya.

Sekitar situ dihiasi oleh pepohonan hijau nan rindang sehingga suasananya masih terasa sejuk dan segar. Selain itu, nuansa pedesaan juga masih terasa kental karena keberadaan Situ memang tak jauh dari pemukiman penduduk setempat.

Bagi wisatawan yang ingin menyegarkan pikiran dari berbagai rutinitas sehari-hari yang penat, maka bisa berkunjung ke Situ Janawi. Tempatnya sangat recomended. Mulai dari akses perjalanan yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, suasana alam yang masih asri, udara segar, dan tersedia berbagai wahana permainan yang menyenangkan.

Daya Tarik yang Dimiliki Situ Janawi

Daya Tarik Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Abdulah Komar

1. Memiliki Pemandangan yang Eksotis

Situ Janawi terletak di kawasan perbukitan. Hal ini menjadikan pemandangan di sekitar wisata menjadi sangat menyegarkan mata. Balutan pemandangan hutan nan hijau ditambah dengan air situ yang tenang dan jernih seolah membuat magnet bagi wisatawan untuk berkunjung.

Bahkan Anda akan dimanjakan oleh pemandangan nan eksotis selama masa perjalanan dari pusat Kota Majalengka. Seperti ketika sampai di Bundaran Munjul, Anda akan di sambut oleh tulisan Majalengka berbentuk bola dunia dengan taman-taman nan indah di bawahnya.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang hijau asri. Jalan menanjak dan menurun sesekali berliku membuat jantung berpacu lebih cepat. Mendekati wilayah Situ, Anda bisa melihat aktivitas warga sekitar yang berlalu lalang dengan rutinitasnya.

2. Harga Tiket Masuk Terjangkau

Salah satu daya tarik dari Situ nan indah ini yakni memiliki harga tiket yang tidak mahal. Wisatawan dari semua kalangan dapat menikmati keindahannya.

Meskipun terbilang harga tiket yang murah, tetapi pesona keindahan yang disajikan oleh Situ Janawi mampu membuat mata terbelalak. Siapapun yang berkunjung pasti akan merasa puas.

Tidak hanya luasnya danau dengan airnya yang jernih tetapi juga pemandangan alam sekitar serta fasilitas-fasilitas pendukung lainnya yang sangat memadai. Bahkan tak jarang wisatawan yang sudah pernah menikmati keindahan situ akan datang kembali di lain waktu karena masih merasa kurang puas untuk bermain air yang segar dan alami.

3. Terdapat Filosofi Unik dari Sumber Mata Air

Sumber mata air di situ ini sangat alami, bersih, dan segar belum tercemar oleh aktivitas manusia. Berdasarkan sejarahnya, air di Situ Janawi merupakan air peninggalan Kerajaan Rajagaluh yang mengandung senyawa ampuh.

Masyarakat setempat mempercayai bahwa air di situ ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti halnya pegal libu, encok, reumatik, dan sejenis penyakit kulit lainnya.

Daya Tarik Dimiliki Situ Janawi
Image Credit: Google Maps khoir roni

4. Banyak Spot Foto

Inilah daya tarik yang selalu diprioritaskan oleh wisatawan khususnya bagi pecinta fotografi. Ya, adanya spot foto yang unik dan keren.

Di Situ Janawi nan indah ini terdapat banyak spot foto yang isntagramable. Diantaranya ada jembatan panjang, gazebo, wahana permainan air, kolam pemandian, dan masih banyak lainnya.

Anda bisa mengambil spot yang kekinian tersebut untuk diabadikan. Yang penting, siapkan kamera terbaik ya.

5. Lokasi Strategis

Lokasi Situ Janawi ini tak jauh dari pusat Kota Majalengka. Bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Akses perjalanannya juga tergolong mudah. Meskipun harus naik turun tetapi keadaan jalan sudah beraspal sehingga lebih memudahkan medan trecking.

Namun, yang perlu menjadi perhatian yakni tetap selalu waspada dan fokus ketika mengendarai kendaraan. Terutama mobil. Jalannya tidak begitu lebar, sehingga ketika harus papasan dengan mobil lainnya sebaiknya kurangi kecepatan dan posisi agak lebih minggir.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Bekok DTC

Situ Janawi berlokasi di Kota Majalengka, Jawa Barat. Lebih tepatnya di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh. Jika dari pusat Kota Majalengka dapat ditempuh sekitar 21 kilometer.

Untuk rute perjalanan menuju lokasi yakni dari Pusat Bundaran Majalengka lurus ke arah barat sampai menemukan Bundaran Cigasong. Selanjutnya, masih arah lurus ke barat menuju Jalan Sukahaji. Lurus menuju Kecamatan Rajagaluh.

Sesampainya di Kecamatan Rajagaluh, ambil arah menuju situ dengan mengikuti papan yang ada. Jalan cukup berkelok dan sesekali naik turun. Apabila Anda masih bingung dengan arah yang ditunjukkan maka bisa membuka google maps untuk menemukan lokasi yang sesuai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Ncii ncii

Wisatawan yang akan menikmati suasana Situ Janawi maka terlebih dulu harus membayar tiket masuk. Setiap pengujung akan dibebankan tarif seharga Rp 10.000.

Harga tersebut tidak berlaku untuk naik wahana permainan. Jika ingin naik sepeda air atau spot lainnya yang berbayar maka wisatawan harus membayar kembali sesuai tarif yang ditetapkan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Situ Janawi

Aktivitas di Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Osa 77

1. Bersantai Menikmati Pemandangan

Pemandangan lokasi Situ Janawi sangatlah menarik. Hamparan telaga yang luas dengan airnya yang bersih, balutan pepohonan hijau, suara kicauan burung yang merdu menimbulkan nuansa yang asri dan alami.

Wisatawan juga dapat menyaksikan pemandangan aktivitas wisatawan yang berlalu lalang bermain wahana seolah menjadi kesibukan baru yang dapat menyegarkan otak dari kepenatan sehari-hari.

2. Bermain Wahana Sepeda Air

Salah satu aktivitas yang unik di lokasi Situ adalah bermain wahana sepeda air. Di hamparan air yang tenang Anda dapat mengayuh sepeda air sembari menikmati pemandangan sekitar lokasi Situ Janawi. Aktivitas ini akan semakin seru jika Anda mengajak keluarga terutama anak-anak.

Bahkan momen bermain sepeda air ini akan menambah rasa kedekatan Anda bersama keluarga. Jika selama ini selalu disibukkan dengan pekerjaan maka ini saatnya waktu berbincang yang tepat untuk menambah rasa kedekatan.

3. Foto di Spot Kekinian

Aktivitas yang tak boleh dilewatkan adalah berfoto di setiap sudut spot yang instagramable. Selain mendapatkan hasil gambar yang keren, Anda juga dapat menjadikan momen ini sebagai kenangan di waktu yang akan datang.

Spot foto wisata alam cantik ini menjadi salah satu favorit wisatawan diantaranya berfoto di jembatan panjang dengan background pemandangan air situ yang luas. Akan lebih instagenic jika terlihat tumbuhan-tumbuhan teratai yang sedikit menutupi permukaan air.

Aktivitas Menarik di Situ Janawi
Image Credit: Instagram MTMA Majalengka

4. Sewa Perahu untuk Menyusuri Telaga

Bagi wisatawan yang malas berbasah-basahan langsung, tetapi ingin menikmati sensasi air situ yang tenang maka dapat menyewa perahu dayung untuk menyusuri sudut-sudut telaga. Biaya sewa yang terjangkau sudah bisa menikmati suasana air situ yang menangkan.

Anda pun tidak perlu khawatir jika tidak bisa mendayung sampan, karena pihak pemilik perahu siap menemani. Jadi, Anda tinggal duduk manis sambil menikmati kesegaran udara situ. Dapat juga mengabadikan sudut-sudut Situ Janawi yang memiliki nilai seni.

5. Berenang di Kolam Pemandian

Bagi wisatawan yang merasa penasaran akan kesegaran air situ maka dapat melakukan aktivitas berenang atau berendam di kolam pemandian yang telah tersedia.

Saat weekend atau hari libur tiba, kolam pemandian akan dipenuhi sejumlah wisatawan mulai anak-anak hingga dewasa. Mereka asyik menikmati sensasi kesegaran air alami. Bahkan banyak wisatawan dari luar kota yang katanya sedang terapi untuk menyembuhkan penyakitnya seperti penyakit kulit, reumatik atau encok.

6. Kulineran

Setelah beraktivitas di air Situ Janawi, tentu Anda akan merasa lapar atau haus. Nah, Anda bisa langsung berburu kuliner di warung-warung sekitar yang berjejer dengan rapi.

Para pedagang menjual aneka minuman dan makanan dengan harga yang terjangkau. Anda bisa memesan minuman hangat, makanan cepat saji, atau membeli kuliner yang sudah kemasan.

Bahkan ada beberapa kue gorengan yang siap menemani nongkrong Anda di lokasi Situ. Selain itu, aneka cemilan juga dapat Anda beli sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Situ Janawi
Image Credit: Google Maps Budi Hartono

1. Tempat Parkir

Lokasi parkir tersedia dengan nyaman dan aman. Anda dapat memarkirkan kendaraan dengan rapi.

Setiap pengunjung yang hendak memarkirkan kendaraannya akan dikenakan biaya parkir yang cukup murah. Apabila diberi tiket atau karcis parkir maka sebaiknya jangan langsung membuangnya. Hal ini untuk mengantisipasi saat keluar lokasi harus menunjukkan bukti pembayaran parkir.

2. Kamar Mandi

Fasilitas kamar mandi yang tersedia bisa digunakan untuk MCK atau berganti pakaian setelah maupun sebelum berenang. Meskipun sudah membayar retribusi kebersihan tetapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan kamar mandi ya.

3. Warung

Ada sejumlah warung yang berdiri di lokasi wisata lengkap dengan aneka kuliner yang dijualnya. Mulai dari yang kemasan hingga yang harus diolah. Para pedagang siap melayani pembeli dengan ramah.

4. Mushola

Bagi wisatawan beragama Islam tentu sangat senang dengan keberadaan fasilitas mushola. Ketika waktu sholat telah tiba, mereka tidak perlu mencari-cari mushola di luar lokasi. Anda dapat menggunakan fasilitas yang ada. Jadi, dapat dikatakan berlibur tetapi tak melupakan kewajiban ibadah.

Demikianlah ulasan tentang Situ Janawi sebagai wisata alam terbuka dengan pemandangannya yang menakjubkan. Jika Anda merasa penasaran, ayo segera kunjungi wisata ini di Kota Majalengka. Semoga bisa menjadi referensi untuk liburan ya.