15 Tempat Wisata di Sumbawa Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Sumbawa

Satu lagi destinasi wisata dari Indonesia yang harus Anda kunjungi yakni Sumbawa. Sumbawa berada di Nusa Tenggara Barat yang merupakan suatu pulau nan indah menawan. Banyak sekali turis dan wisatawan asing maupun mancanegara yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Sumbawa.

Secara administratif, Pulau Sumbawa ini dibagi menjadi enam wilayah yakni Kota Sumbawa Besar, Kota Bima, Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Subawa Barat. Kelima wilayah ini memiliki keindahan dan eksotisme masing-masing.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi pulau Sumbawa jangan lupa untuk membawa berbagai perlengkapan pribadi. Pasalnya banyak objek wisata di sana yang masih alami dan belum tersedianya sarana dan prasarana yang dipersiapkan oleh pengelola. Berikut adalah deretan tempat wisata di Sumbawa yang harus Anda kunjungi.

1. Gunung Tambora

Gunung Tambora

Lokasi: Gunung Tambora, Kawinda Toi, Kec. Tambora, Kab.Bima. – Image Credit by Gotravelly.com

Destinasi pertama yang wajib untuk Anda kunjungi yakni Gunung Tambora. Gunung ini merupakan salah satu gunung terindah di Indonesia dengan ketinggian hingga 2.851 mdpl.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di sini yakni trekking dan hiking. Ketika Anda mencapai puncak gunung tambora maka Anda akan menikmati pemandangan yang sangat cantik. Namun untuk mendaki jangan lupa untuk menyediakan perlengkapan yang cukup.

2. Air Terjun Agal

Air Terjun Agal

Lokasi: Marenteh, Kec. Alas, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Lazwardyjournal.com

Destinasi yang wajib Anda kunjungi berikutnya yakni air terjun Agal. Air terjun agal ini terletak di Kecamatan Alas. Untuk mengunjungi destinasi ini Anda harus menempuh jarak 70 Km dari pusat kota Sumbawa besar.

Air terjun agal ini masih sangat asri. Anda akan takjub dengan keasrian dan keindahannya. Di sekeliling air terjun Anda dapat menikmati hijaunya pepohonan di sekitarnya. Ketika Anda mengunjungi destinasi ini maka cobalah untuk berenang dan rasakan kesegaranya.

BACA:  39 Tempat Wisata di Lombok Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Pulau Bungin

Pulau Bungin

Lokasi: Pulau Bungin, Kec. Alas, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Thelangkahtravel.com

Pulau Bungin merupakan salah satu objek wisata yang dapat Anda kunjungi. Pulau ini disebut sebagai pulau terpadat di dunia. Hal itu karena pulau ini dihuni hampir 3.400 juwa dengan luasan hanya 8,5 Ha.

Keunikan yang ada di pulau ini yakni warga pulau ingin hanya menikah dengan sesama warga Pulau Bungin dan dilarang untuk menikah lintas pulau. Hal tersebut membuat pulau ini sangat padat.

4. Gili Bedil dan Gili Keramat

Gili Bedil dan Gili Keramat

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Utan, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Travelingyuk.com

Kata gili identik dengan gili yang berada di pulau Lombok. Namun jangan salah, Pulau Sumbawa juga punya loh gili yang tidak cantik dan indah yakni gili bedil dan dili keramat.

Ketika Anda berkunjung ke destinasi ini Anda dapat melihat hampiran pasiran putih dan birunya laut. hal yang tidak kalah indah yakni keindahan bawah laut yang cantik.

5. Goa Liang Petang

Goa Liang Petang

Lokasi: Batutering, Kec. Moyohulu, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Paketwisata.id

Goa yang kaya akan sejarah yakni Goa Liang Petang. Ketika Anda mengunjungi Pulau Sumbawa maka kurang rasanya ketika tidak mengunjungi destinasi ini.

Goa Liang Petang ini dikenal sebagai goa yang digunakan untuk tempat beristirahat para penyebar islam di Sumbawa. Ketika mengunjungi pulau ini Anda sekaligus dapat belajar sejarah dan budaya.

6. Pantai Maluk Sumbawa Barat

Pantai Maluk Sumbawa Barat

Lokasi: Maluk, Kec. Jereweh, Kab. Sumbawa Barat. – Image Credit by Catatanpringadi.com

Pantai maluk Sumbawa barat ini menyimpan eksotisme tersendiri. Lokasi ini banyak dikunjungi oleh masyarakat khususnya pada sore hari ketika sunset tiba.

BACA:  18 Wisata Pantai di Lombok Favorit Dikujungi Para Wisatawan

Pantai ini banyak di huni oleh tenaga kerja asing sehingga apabila Anda ke destinasi ini maka seringkali akan bertemu WNA yang berkeliaran.

7. Pantai Tropical Sumbawa

Pantai Tropical Sumbawa

Lokasi: Jl. Batu Hijau Townsite, Sekongkang Bawah, Kec. Sekongkang, Kab. Sumbawa Barat. – Image Credit by Pinterest.es @Itsamiholmes

Pantai Tropical Sumbawa merupakan salah satu destinasi yang wajib untuk Anda kunjungi. Pasalnya di pantai ini Anda dapat menikmati birunya air laut dan putihnya pasir.

Pantai ini memiliki ombak yang tenang sehingga Anda dapat melakukan aktivitas air seperti berenang, snorkeling, dan diving.

8. Masjid Agung Darussalam

Masjid Agung Darussalam

Lokasi: Kuang, Kec. Taliwang, Kab. Sumbawa Barat. – Image Credit by Twitter.com @TheLangkah

Masjid agung Darussalam merupakan masjid terbesar yang ada di Sumbawa. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Sumba.

Masjid ini ditopang oleh 99 tiang yang tinggi menjulang dan memiliki arsitektur nan indah. oleh sebab itu maka sempatkan waktu untuk mengunjunginya.

9. Pulau Paserang

Pulau Paserang

Lokasi: Poto Tano, Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat. – Image Credit by Hihellohappiness.blogspot.com

Pulau Paserang merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi khususnya ketika Anda bersama dengan kekasih.

Pulau ini dikenal sebagai pulau romantic sehingga banyak pasangan muda mudi yang berwisata ke pulau ini khususnya akhir pecan.

10. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Lokasi: Poto Tano, Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat. – Image Credit by Thelangkahtravel.com

Berbeda dengan pulau lainnya, pulau kenawa ini menyuguhkan pemAndangan hijaunya rerumputan dengan view bukit yang indah.

Ketika berkunjung ke pulau ini Anda dapat menyewa pondok untuk tempat beristirahat dan menghabiskan waktu memAndah indahnya pemAndangan.

11. Pantai Sili dan Pantai Maci

Pantai Sili dan Pantai Maci

Lokasi: Teloi, Mata, Kec.Tarano, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Isotour.blogspot.com

Bagi Anda yang memiliki hobi surfing maka Anda harus mengunjungi pantai sili dan pantai maci. Pasalnya di sana Anda dapat menikmati gulungan ombak yang besar.

BACA:  21 Tempat Wisata di Bima Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kabar yang paling membahagiakan dari pulau sili dan maci yakni pulau ini bebas dari sampah. Hal itu karena munculnya larangan buang sampah sembarangan dan apabila ada yang melanggar akan terdapat sanksi tegas.

12. Desa Mantar

Desa Mantar

Lokasi: Mantar, Kec. Poto Tano, Kab. Sumbawa Barat. – Image Credit by Tripzilla.id

Desa Mantar merupakan sebuah desa yang biasa disebut negeri di atas awan. Hal tersebut terkenal karena di desa ini pernah diadakan syuting film yang cukup popular yakni Film Sedadu Kumbang.

Ketika Anda mengunjungi desa mantar Anda akan terpesona karena pemandangan yang disajikan. Anda seperti berasa di negeri di atas awan mengingat sepanjang mata memandang Anda hanya dapat melihat awan putih yang cantik.

13. Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo

Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo

Lokasi: Pulau Mojo, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Lombok.panduanwisata.id

Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo merupakan salah satu objek wisata yang sangat indah di Pulau Sumba. Ketika Anda mengunjungi destinasi ini maka Anda akan melihat keindahan birunya air laut dan putihnya pasir layaknya lada.

Selain keindahan tersebut Anda juga dapat menikmati keindahan bawah laut. Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Ketika Anda melakukan aktivitas tersebut maka Anda dapat menemui terumbu karang nan eksotis.

14. Kawasan Lindung Poto Jarum

Kawasan Lindung Poto Jarum

Lokasi: Pulau Mojo, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Pesona.travel

Destinasi wisata berikutnya yakni kawasan lindung poto jarum. Ketika Anda berkunjung ke pulau ini jangan mengharapkan untuk menemukan bangunan permanen di pinggir pantai. Pasalnya di sana merupakan kawasan hutan lindung dimana pembuatan bangunan permanen adalah hal yang terlarang.

Karena larangan tersebut maka Anda dapat menikmati keasrian dari kawasan pantai dan hutan. Anda akan menemukan berbagai jenis flora dan faunda endemik pulau sumba. Untuk dapat mengunjungi kawasan lindung poto jarum Anda harus menempuh perjalanan 1 jam dari kawasan Tanjung Pasir.

15. Air Terjun Mata Jitu

Air Terjun Mata Jitu

Lokasi: Labuan Aji, Kec. Labuhan Badas, Kab. Sumbawa. – Image Credit by Cabeoutdoorservice.com

Destinasi wisata terakhir yang dapat menjadi referensi Anda yakni Air Terjun Mata Jitu. Air terjun ini biasa disebut oleh masyarakat sekitar yakni air terjun putri Diana. Pasalnya Putri Diana pernah mengunjungi destinasi ini. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Air Terjun Mata Jitu ini memiliki empat undakan dan tujuh kolam. Air terjun ini masih sangat alami sehingga membuatnya sangat eksotik. Namun untuk mengunjungi objek wisata ini Anda harus berjalan 2 jam dari Desa Ai Bari ataupun menyewa jasa ojek yang banyak ditawarkan penduduk sekitar.

Itulah 15 rekomendasi tempat wisata yang dapat menjadi referensi Anda ketika mengunjungi Pulau Sumbawa. Pulau Sumbawa menyimpan keindahan tersendiri yang harus Anda kunjungi. Mulailah untuk merencanakan mengunjungi pulau indah nan eksotis ini pada liburan Anda mendatang.