Harga Tiket: Mulai Rp 4.750.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Nusa Tenggara Timur menyimpan berbagai objek wisata yang menarik untuk dijelajahi, salah satunya yakni Pulau Kalong di Labuan Bajo. Di dalamnya mempunyai berjuta-juta pesona keindahan yang pastinya tidak kalah unik dengan berbagai pulau lainnya. Tak heran kalau pulau ini merupakan wisata andalan di wilayah tersebut.

Pulau yang cukup recomemended untuk didatangi ini tepatnya berada di Manggarai Barat. Bila mendengar namanya saja, Anda semua pastinya telah menebak bahwa pulau unik menjadi habitat hewan kelelawar. Pulau tersebut memang diketahui menjadi habitat dari hewan kelelawar dengan jumlah yang mencapai ribuan.

Berkunjung ke pulau yang unik ini dapat Anda lakukan dengan mengajak rombongan agar liburan semakin menyenangkan. Tentu saja pengalaman baru selama berlibur di tempat ini tidak mudah untuk dilupakan. Berikut ini sajian informasi mengenai Pulau Kalong secara lebih detail.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kalong

Daya Tarik Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Bieng Soecahya

1. Habitat Bagi Kelelawar

Pulau Kalong menyuguhkan daya tarik utamanya melalui banyaknya kelelawar yang hidup di sana. Wajar saja bila pulau ini akhirnya disebut dengan nama Kalong yang mana istilan lain dari hewan kelelawar.

Ini menjadi suatu hal yang sangat dinantikan terlebih untuk wisatawan yang merupakan penggemar hewan nokturnal. Untuk berkunjung ke pulau ini, maka waktu yang paling disarankan adalah ketika menjelang jam 6 petang. Sebab di waktu ini nantinya wisatawan akan dapat menyaksikan segerombolan kelelawar yang sedang beraktivitas.

2. Sekumpulan Ubur-Ubur

Ketika datang ke Pulau Kalong, Anda akan menyaksikan sekumpulan ubur-ubur yang begitu cantik. Daratan yang terdapat di hutan mini dalam pulau ini menjadi rumah yang pas bagi banyak ubur-ubur untuk bertumbuh dan juga berkembangbiak.

Oleh sebab itu, disarankan sekali untuk menghabiskan waktu Anda di kawasan wisata ini. Wisatawan di sana akan dapat menyaksikan begitu banyaknya ubur-ubur serta keaneragaman hayati lainnya yang cukup mengagumkan. Tentu saja hal ini tak dapat Anda jumpai di pulau lainnya.

3. Spot Diving

Diving merupakan daya tarik untuk banyak wisatawan, khususnya Anda yang senang sekali memacu adrenalin. Di Pulau Kalong yang memukau ini tersedia spoot diving dalam jumlah banyak yang dapat dinikmati wisatawan.

4. Pesona Laut

Tempat yang juga populer dengan sebutan Pulau Kelelawar tersebut adalah perairan yang terbilang begitu elok. Di NTB sendiri, pulau tersebut sangat terkenal dan bahkan mampu menyaingi Pulau Komodo. Pulau Kalong merupakan kawasan konservasi sehingga keasrian alamnya masih terjaga baik.

Alhasil, hewan kelelawar dan tumbuhan di sana memiliki kehidupan yang terjamin. Begitu pula dengan kehidupan biota laut yang ada di pulau tersebut. Hal ini membuat pesona laut yang ditawarkan di sana dapat menarik banyak orang untuk mengunjunginya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Shofyan A Hassya

Pulau Kalong secara administrative ada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai, NTT. Tempat wisata tersebut terletak tak jauh dengan Labuan Bajo serta wisatawan bisa menempuhnya hanya dengan waktu 1 jam dengan menaiki kapal.

Untuk dapat tiba di tempat wisata ini, wisatawan nantinya harus menemukan sejumlah jalur yang terbilang terjal. Bila Anda memutuskan untuk berkunjung ke sana dengan naik pesawat, nantinya dapat turun saja di bandara yang paling dekat.

Bila Anda memutuskan untuk berangkat mulai dari Pulau Bali, nantinya dari pulau itu masih harus menaiki kapal feri dengan waktu sekitar 5 jam untuk menuju arah Timur. Sesampainya di NTB, Anda dapat naik transportasi umum salah satunya adalah bis, untuk menuju ke Labuan Bajo dan tepatnya di kawasan pelabuhan.

Dari pelabuhan, Anda harus menaiki kano ataupun speedboat supaya bisa pergi ke Pulau Kalong Labuan Bajo dengan jarak sekitar 8 km saja. Tidak jauh dengan pulau itu ada juga pulau lainnya yang tidak kalah indah, yakni Pulau Kelor.

Biaya Wisata ke Pulau Kalong

Biaya Wisata ke Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Arif Budiman

Untuk dapat menikmati semua keindahan yang disuguhkan oleh Pulau Kalong, wisatawan sebenarnya tak dikenakan tiket masuk. Anda nantinya hanya harus menyiapkan uang untuk menyewa kapal ataupun perahu supaya dapat tiba di lokasi wisata.

Disinilah biasanya harganya akan cenderung tinggi, sehingga jangan lupa untuk membawa uang dalam jumlah lebih. Bila Anda melakukan perjalanan secara mandiri, maka biaya yang perlu dikeluarkan kemungkinan akan mencapai jutaan. Tetapi, bila Anda hendak memakai paket wisata, tentu saja biayanya akan jauh lebih murah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kalong

Aktivitas di Pulau Kalong
Image Credit: Google Maps Bieng Soecahya

1. Mencoba Olahraga Air

Perairan yang terdapat di Pulau Kalong menawarkan kegiatan olahraga air yang seru dan menyehatkan. Jenis olahraga air yang kerap dilakukan oleh wisatawan di sana adalah snorkeling atau menyelam. Apalagi, pihak pengelola pulau tersebut juga sudah menyediakan area penyewaan bagi wisatawan yang ingin melakukan olahraga air tersebut.

Beberapa perlengkapan snorkeling yang disewakan seperti pelampung, sewa masker, tabung gas, Fin, pakaian renang, dan juga pakaian menyelam. Aktivitas snorkeling ini memungkinkan bagi wisatawan untuk dapat melihat keaneragaman biota laut secara langsung.

Alangkah lebih baik bila Anda melakukan snorkeling dengan banyak teman supaya semakin asyik. Oleh sebab itu, ketika hendak mengunjungi pulau tersebut, pastikan bahwa Anda menyiapkan anggaran yang cukup supaya dapat melakukan kegiatan ini secara maksimal.

2. Menyaksikan Keindahan Sunset

Berlibur di Pulau Kalong pastinya akan memberikan sangat banyak pilihan kegiatan wisata yang pas untuk dilakukan. Kegiatan yang tak boleh Anda tinggalkan adalah menikmati indahnya pemandangan sunset yang ada di ufuk Barat.

Dengan Anda menyaksikan matahari terbenam yang mempesona ini, maka liburan pun semakin berkesan. Saksikan kecantikan warna jingga bertabur pada langit yang memperindah kawasan pulau cantik ini dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya.

Ditambah lagi oleh ribuan kelelawar berterbangan untuk mencari makanan. Hal ini tentunya akan terkenang indah dalam memori Anda.

3. Hunting Foto

Segala keindahan mulai dari lautan, hewan, tumbuhan, awan, dan lain-lain yang tersimpan baik dalam pulau tersebut sangat sulit untuk tidak diabadikan. Sehingga, kegiatan memotret tidak boleh terlewatkan saat berwisata ke sana. Hasil foto jepretan Anda dipastikan tak akan mengecewakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Kalong
Image Credit: Twitter Bat Pix

Pulau Kalong cukup menyenangkan untuk dikunjungi karena telah mempunyai fasilitas yang mempuni. Anda tak akan kesulitan untuk menjumpai fasilitas toilet ataupun kamar mandi ketika ada di sana. Di dekat lokasi wisata tersebut pun sudah ada tempat penginapan bagi wisatawan yang hendak bermalam.

Penginapan yang tersedia pun tentu saja mempunyai fasilitas tersendiri yang dapat Anda nikmati. Akan tetapi, perlu diketahui saat Anda menghabiskan masa libur di pulau ini, maka tidak akan menjumpai café, warung makan, ataupun restoran. Oleh karena itu, pastikan Anda telah terlebih dahulu mengisi perut hingga kenyang sebelum berangkat ke sana.

Selain itu, Anda pun dapat beli makanan dan juga minuman segar di pelabuhan untuk dibawa ke lokasi pulau tersebut. Bila Anda datang pada siang hari, maka sebaiknya membawa topi agar tidak kepanasan oleh teriknya matahari. Bawa pula tikar untuk alas duduk karena di sana belum tersedia tempat duduk.

Aktivitas liburan pastinya tak akan afdol bila Anda hanya diam saja di rumah. Oleh karena itu, mengajak keluarga dan teman ke Pulau Kalong di Labuan Bajo merupakan pilihan terbaik agar liburan terasa seru. Keeksotisan yang disimpan oleh pulau tersebut pastinya tidak akan membuat wisatawan kecewa.