16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo

Tempat Wisata Labuan Bajo

Desa Labuan Bajo terkenal akan keindahan alam yang dimilikinya, maka tak heran bila desa yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini Kerap disambangi oleh para wisatawan. Bahkan saking terkenalnya banyak sekali wisatawan asing yang penasaran untuk mengunjungi desa ini.

Kondisi alam yang masih terjaga membuat suasana di Labuan Bajo terasa tentram dan menyegarkan. Hal ini pun membuat pengunjung enggan beranjak dari surga kecil ini, Kamu pasti membutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa move on dari Labuan Bajo.

Bagi Kamu yang tertarik untuk menyusuri keelokan wisata alam di Labuan Bajo, di bawah ini ada list tempat wisata yang wajib Kamu kunjungi saat berada di daerah ini.

1. Pink Beach

Pink Beach

Lokasi: Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) – Image Credit by Indonesia tourism.com

Nama pink beach memang tidak diambil secara sembarangan, pasalnya pantai ini memang memiliki pasir lembut berwarna merah muda. Perpaduan antara warna pasir lembut dan cantik serta air laut yang jernih mampu membuat panorama di sekitar Pink Beach menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

Selain indah di permukaan, pink beach juga mempunyai pemandangan bawah laut yang mengagumkan. Dengan kondisi ombak yang tenang serta air yang sangat jernih pastinya kegiatan menyelam akan sangat menyenangkan.

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo

Lokasi: Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Brilio.net

Saat berlibur ke Labuan Bajo maka jangan lupa untuk mengunjungi salah satu keajaban dunia yaitu Pulau Komodo. Selain bisa melihat aktivitas reptil dilindungi ini Kamu juga bisa berinteraksi secara langsung dengan memberi makan mereka.

Selain terkenal sebagai tempat konservasi tempat ini juga memiliki panorama yang indah berkat hamparan hijaunya yang masih terjaga. Kamu bisa mendapatkan berbagai foto menakjubkan dengan berjalan-jalan di padang savana ataupun mengunjungi pantai Pulau Komodo yang bersih dan indah.

3. Gua Rangko

Gua Rangko

Lokasi: Tj. Boleng, Kec.Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Gua Ranko adalah tempat yang sangat cocok dikunjungi bagi Kamu yang punyai jiwa petualang. Di dalam sini terdapat berbagai macam stalagtit yang unik, pemandangan gua pun tampak indah berkat cahaya matahari yang masuk.

Goa Ranko dialiri oleh air asin berwarna biru yang sangat jernih. Jadi kurang lengkap rasanya kalau Kamu tidak merasakan langsung segarnya sensasi air dalam surga tersembunyi ini dengan berenang di dalamnya.

4. Pulau Rinca

Pulau Rinca

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Jalanjalanlagi.com

Pulau Rinca terkenal akan hutan bakaunya yang tumbuh subur dan menghiasi sepanjang garis pantai. Di pulau ini Kamu bukan hanya bisa melihat pemandangan hutan bakau melainkan juga ikut melestarikannya.

Pengalaman menanam pohon bakau tentunya akan sangat menyenangkan dan bermanfaat bagi lingkungan ke depannya. Satu lagi hal unik dari pulau ini yaitu Kamu bisa melihat secara langsung aktivitas para Komodo.

5. Goa Batu Cermin

Goa Batu Cermin

Lokasi: Batu Cermin, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Mongabay.co.id

Goa yang berada di Labuan Bajo ini memang punya nama yang sesuai dengan keunikannya. Disini Kamu bisa menyaksikan cahaya matahari yang masuk melalui sela-sela goa kemudian air dalam goa akan memantulkannya dan menghasilkan pemandangan yang indah.

Berkat refleksi cahaya matahari ini, bagian dalam Goa Batu Cermin tampak sangat terang di siang hari. Jadi, Kamu bisa menghasilkan foto-foto bagus dengan jelas.

6. Gili Laba

Gili Laba

Lokasi: Gili Lawa Darat, Taman Nasiona Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) – Image Credit by Detik.com

Pulau Gili Laba masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo, pulau mungil ini menawarkan wisata alam berupa padang savana layaknya dataran Afrika.

Waktu yang pas untuk mengunjungi pulau ini adalah di musim penghujan, karena di musim tersebut pulau ini akan tampak hijau berkat pepohonan dan rerumputan yang ada di sekelilingnya. Namun bila Kamu mengunjunginya di musim kemarau Kamu masih bisa mendapatkan pemandangan bukit berwarna kecoklatan yang eksotis.

7. Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang

Lokasi: Wae Sano, Kec. Sano Nggoang, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Dolovesatravel.blogspot.com

Ingin merasakan sensasi bertualang melalui hutan? Cobalah untuk berkunjung Danau Sano Nggoang. Tersembunyi di pegunungan danau vulkanik ini tentunya masih sangat terjaga kealamiannya. Terlebih lagi danau ini disebut-sebut sebagai habitat bagi burung endemik Flores.

Untuk mendapatkan pemandangan yang pas Kamu bisa melihat danau ini lewat Puncak Golo Dewa. Dijamin pemandangan dari ketinggian akan membuatmu terkagum-kagum dengan keindahan  Danau Sano Nggoang.

8. Cunca Lawang

Cunca Lawang

Lokasi: Wersawe, Kec. Mbeliling, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Rodadanroti.com

Cunca Lawang sering didatangi oleh para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan sambil merasakan sejuknya udara pegunungan. Wisata alam ini menyajikan pemandangan tebing-tebing raksasa yang indah.

Di Cunca Lawang juga terdapat air terjun yang membuat Cunca Lawang terasa segar. Berkat tebing dan kondisi jalannya yang terjal membuat tempat ini difavoritkan oleh para penggiat olahraga panjat tebing.

9. Sawah Lingko

Sawah Lingko

Lokasi: Cancar, Kec. Ruteng Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Travelingyuk.com

Ini dia salah satu tempat yang paling instagrammable di Labuan Bajo yaitu Sawah Lingko. Jangan samakan pemandangan sawah disini dengan yang sering Kamu jumpai, karena Sawah Lingko tekenal dengan keunikan pembagian lahannya yang mirip jaring laba-laba.

Tak heran bila lokasi ini kerap digunakan sebagai objek untuk memuaskan hobi fotografi. Keramahan penduduk lokal, suasana pedesaan yang asri, serta pemandangan sawah yang unik disini tentunya akan membuat liburanmu menjadi momen yang tak terlupakan.

10. Pulau Padar

Pulau Padar

Lokasi: Pulau Padar, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Genpi.co

Keindahan pemandangan laut serta perbukitan yang menyejukkan mata adalah daya tarik dari Pulau Padar. Pulau ini memang tampak unik karena dikelilingi oleh perbukitan hijau.

Meskipun jalan disini banyak diisi oleh tanjakan namun saat Kamu sampai di atas perbukitan maka Kamu bisa melihat panorama yang menakjubkan dari Pulau Padar. Oleh karena itu, saat berkunjung ke sini jangan lupa membawa Kamera untuk mengabadikan keindahannya.

11. Pulau Bidadari

Pulau Bidadari

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Mixedupalready.com

Nama pulau ini nampaknya memang sesuai untuk menggambarkan keindahan yang dimilikinya. Pulau ini memiliki suasana yang sangat tentram dan menenangkan.

Dengan kealamian pepohonan yang tumbuh disini akan membuatmu selalu merasa sejuk. Selain itu, berkat kejernihan perairan di sekitar Pulau Bidadari membuat pulau ini sering dimanfaatkan untuk snorkeling.

12. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu

Lokasi: Woloara, Kec. Kelimutu, Kab. Ende, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Wisatalabuanbajo.co.id

Selanjutnya ada Danau Kelimutu yang keindahannya sudah diakui oleh dunia. Untuk bisa menikmati keindahan danau ini Kamu perlu mendaki ke puncak Gunung Kelimutu terlebih dulu. Mungkit sedikit melelahkan, namun ketika sampai di puncak maka semua lelahmu akan terbayar,

Gunung ini memiliki tiga buah danau besar dengan warna yang mampu membuatmu terpesona. Danau vulkanik ini punya air berwarna biru yang tampak berkilau saat terkena sinar matahari.

13. Pulau Kanawa

Pulau Kanawa

Lokasi: Labuan Bajo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). – Image Credit by Pegipegi.com

Labuan Bajo memang terkenal memiliki pulau-pulau yang indah salah satunya seperti Pulau Kanawa. Pulau ini memiliki perairan yang sangat jernih dengan warna air biru kehijauan. Bahkan dari permukaan saja Kamu bisa melihat ikan-ikan yang berenang dengan bebas serta keindahan dari terumbu karang yang dimilikinya.

Wajar saja bila tempat ini lantas dijadikan sebagai spot favorit untuk melakukan snorkeling. Bila Kamu tidak ingin menyelam Kamu masih bisa bersantai sambil menikmati panorama alam yang dimiliki Pulau Kunawa dari pantai.

14. Pantai Pede

Pantai Pede

Lokasi: Jl. Pantai Pede, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Metrobali.com

Pantai yang terletak diantara bukit Gorontaro dan Bukit Pramuka ini merupakan pantai yang dibuka untuk umum, sehingga fasilitas didalamnya lumayan lengkap. Disini Kamu bisa menikmati keseruan bermain watersport ataupun berjemur di tepi pantai.

Kamu bisa melihat  pemandangan laut yang cantik dan bersih. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan sunset yang dimiliki Labuan Bajo lewat Pantai Pede.

15. Pulau Kelor

Pulau Kelor

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Gotravelaindonesia.com

Membahas kehindahan pulau-pulau di Labuan Bajo seakan tak ada habisnya. Kali ini ada Pulau Kelor yang menyuguhkan keindahan alam serta suasana pulau yang hening. Pulau kecil ini memiliki pantai berpasir putih yang dihiasi dengan pepohonan rindang.

Selain itu, ombak disini pun sangat tenang sehingga tempat ini cocok sekali digunakan untuk refreshing. Pemandangan di pantai ini sangat menakjubkan terutama saat senja tiba, kemudian terdapat juga bebatuan yang berjejer di tepi perairan pantai yang kian membuat tempat ini makin terasa unik.

16. Manta Point

Manta Point

Lokasi: Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. – Image Credit by Petitesbullesdailleurs.fr

Manta Point adalah lokasi favorit para penyelam, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sengaja jauh-jauh kemari untuk menengok keindahan bawah laut yang dimiliki oleh Labuan Bajo. Di Manta Point Kamu bisa melihat berbagai jenis ikan berenang dengan bebas  serta terdapat juga keanekaragaman dari terumbu karang yang eksotis.

Kemudian ada satu lagi yang paling populer disini, sesuai namanya di Manta point Kamu bisa menyaksikan secara langsung ikan pari manta atau yang kerap dijuluki pari raksasa. Kamu bisa merasakan pengalaman menyelam yang istimewa dengan ditemani oleh puluhan ikan manta.

Itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Labuan Bajo yang terbaik bisa Kamu coba. Tempat-tempat di Labuan Bajo memang terkenal dengan kemurnian alamnya yang masih terjaga, sehingga tempat wisata disini sangat pas digunakan untuk menyegarkan jiwamu kembali.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Wisata di Bengkulu
18 Tempat Wisata Hits di Bengkulu
14 Tempat Wisata Hits di Bangka
17 Wisata Pantai di Lampung
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Oleh Oleh Khas Solo
15 Oleh-Oleh Khas Solo Paling Populer
Kuliner Malam Surabaya
10 Tempat Kuliner Malam di Surabaya yang Enak & Murah
Tempat Makan Enak di Surabaya
20 Tempat Makan Enak di Surabaya Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Pantai di Makassar Dan Sekitarnya
15 Pantai di Makassar & Sekitarnya
Tempat Wisata di Kendari
15 Tempat Wisata Favorit di Kendari
18 Tempat Wisata di Gorontalo
18 Tempat Wisata Favorit di Gorontalo
Tempat Wisata Labuan Bajo
16 Tempat Wisata Hits di Labuan Bajo
Tempat Wisata Sumba
16 Tempat Wisata Favorit di Sumba
Tempat Wisata di Kupang
15 Tempat Wisata Terbaik di Kupang
18 Wisata Pantai di Lombok
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak