Pulau Bidadari, Pulau Cantik Penuh Sejarah di Jakarta

Pulau Bidadari

Lokasi: Pulau Untungjawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.
MapCek Lokasi

Keindahan Alam Pulau Bidadari di Kepulauan Seribu bisa menjadi pilihan ketika musim liburan tiba. Ada banyak pemandangan eksotis yang ditawarkan pulau kecil di Jakarta ini.

Jakarta, merupakan ibukota dari Indonesia yang terkenal akan bangunan kokoh bernama monas. Akan tetapi, kota Jakarta ternyata juga menyimpan akan pesona alamnya yang memang sangat rekomendasi untuk Anda kunjungi ketika liburan. Di Jakarta Anda bisa memanjakan mata dengan panorama alam yang tentunya sangatlah indah.

Beberapa wisata alam yang ada di Kota Jakarta memiliki sejuta pesona yang menyegarkan dan terasa sejuk untuk dinikmati. Sehingga tempat-tempat itu akan sangat cocok dikunjungi jika Anda ingin sejenak rehat dari rutinitas sehari-hari terutama perihal pekerjaan. Salah satu tempat yang bisa Anda jadikan pilihan untuk liburan adalah Pulau Bidadari.

Pulau Bidadari merupakan satu diantara banyak pulau yang ada di Kepulauan Seribu dan termasuk yang terdekat dari Kota Jakarta. Mungkin jika ditafsirkan jaraknya hanya sekitar 15 KM saja, sehingga kalaupun Anda tak memiliki waktu berlibur panjang, maka Pulau Bidadari tetap bisa untuk dikunjungi.

Sekilas Tentang Pulau Bidadari di Jakarta

Sekilas Tentang Pulau Bidadari di Jakarta

Image Credit: Kompasiana.com

Jika mendengar sebutan Pulau Bidadari pastilah yang Anda pikirkan pertama kali adalah tempatnya yang indah bak bidadari. Namun, ketika Anda mulai mendatanginya, maka seketika akan menyadari satu hal bahwa sebutan tersebut memang bukan hanya opini belaka.

Sebab, pada kenyataannya Pulau ini tidak pernah sekalipun mengecewakan wisatawan yang mengunjunginya. Kilas info terkait Pulau Bidadari jika dilihat dari letak geografisnya, ternyata memang sangat berdekatan dengan beberapa pulau lain. seperti, Pulau Ayer, Pulau Kelor, Pulau Onrust, dan Pulau Khayangan.

Itu artinya lima pulau tersebut masih berada di satu wilayah di Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Pulau cantik ini dahulunya memiliki nama lain yaitu Pulau Sakit atau Pulau Pumered. Alasannya ialah karena dahulu sekitar abad ke-17 pulau ini memang dijadikan sebagai tempat rumah sakit untuk penderita kusta.

BACA:  15 Mall Favorit di Jakarta yang Wajib Anda Kunjungi

Nah, setelah kemerdekaan Indonesia berlangsung, Pulau Bidadari mulai ditinggalkan serta tak terawat bertahun-tahun lamanya. Sampai pada akhirnya sekitar tahun 1970 pembangunan dari Pulau ini mulai dilaksanakan, sehingga menjelma menjadi tempat terindah dengan beragam fasilitas untuk para pengunjungnya.

Keistimewaan yang Ditawarkan Pulau Bidadari

Keistimewaan yang Ditawarkan Pulau Bidadari

Image Credit: Beritajakarta.id

Mengunjungi Pulau Bidadari tak akan membuat Anda kecewa sekaligus kapok untuk pergi lagi ke sana. Karena ada keistimewaan dari Pulau ini yang akan menjadi momen paling mengesankan untuk Anda.

Pertama, mengabadikan momen-momen terbaik di pohon jodoh. Di pulau Bidadari yang terkenal akan keeksotisannya ini ternyata memiliki mitos yang sangat unik dan berkembang di seluruh kalangan pengunjungnya. Mitos ini membicarakan tentang keberadaan dari pohon kepuh yang tumbuh ratusan tahun di Pulau Bidadari.

Konon katanya, pohon kepuh ini sudah ada sejak Indonesia dijajah oleh Belanda. Sehingga hal ini memicu kemunculan mitos yang mengatakan bahwa siapa saja yang mengabadikan momen-momen di pohon ini bersama pasangannya, maka hubungannya akan terus berjalan hingga ke jenjang pernikahan.

Kedua, Island Hopping yang bertemakan tentang sejarah. Island Hopping yang ada di pulau-pulau lain pada umumnya hanya menampilkan pesona keindahan alam bawah lautnya. Namun di Pulau Bidadari ini sangat istimewa, dimana Island Hopping yang ada disana mengambil tema sejarah.

Selain dapat menikmati pemandangan alam di beberapa pulau kecil terdekat, Anda juga bisa mempelajari situs sejarah kuno tentang bagaimana perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan. Tak hanya itu saja, di Pulau Bidadari ini juga ada Benteng Martello yang digunakan sebagai benteng pertahanan.

Ketiga, mendapatkan pengalaman watersports. Berkunjung kesini, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman watersports yang sangat menakjubkan. Sebab di Pulau ini Anda akan bisa merasakan bagaimana sensasi dari banan boat dan canoe. Akan tetapi Anda harus memastikan terlebih dahulu terkait paket liburan yang dipilih.

Apakah Anda sudah memilih paket wisata ke Pulau Bidadari beserta sewa peralatan dari watersport atau tidak. Namun, jika belum tak usah merasa sedih karena takut tak bisa merasakan naik peralatan yang suda disediakan di watersport. Sebab, Anda bisa langsung menyewanya dengan harga yang sangat terjangkau.

BACA:  20 Oleh-Oleh Khas Jakarta Paling Populer

Sayangnya, Anda tidak bisa melakukan snorkeling ataupun diving di Pulau Bidadari. Alasannya, karena lokasi dari Pulau ini sendiri sangat dekat dengan ibukota Jakarta. Sehingga ditakutkan jika perairan laut sekitar pulau sudah terdampak dari polusi yang ada di sektar Jakarta, karena itu akan sangat membahayakan.

Fasilitas yang ada di Pulau Bidadari

Fasilitas yang ada di Pulau Bidadari

Image Credit: Kompasiana.com

Sejak pembangunan yang dilakukan pada tahun 1970 silam, Pulau Bidadari semakin diperlengkap dengan ragam fasilitasnya. Seperti, kolam renang anak yang memiliki desain menarik, prasarana olahraga pantai yang bisa dipakai untuk beberapa permainan, beberapa fasilitas untuk mengadakan event organisasi atau perusahaan.

Membahas lebih lanjut tentang prasarana olahraga, Anda tak hanya bisa menikmati satu permainan saja melainkan ada beberapa. Yakni volley ball, bilyyard, sepeda, tenis meja, bahkan sepak bola.

Sementara itu untuk prasarana lain yang juga ikut serta di dalam Pulau Bidadari mencakup beberapa hal. Seperti, perahu tradisional yang digunakan sebagai alat transportasi untuk island hopping, lalu ada tempat untuk menikmati hidangan dengan macam-macam menu khas laut, mini bar, dan musholla.

Nah, semua fasilitas tersebut bisa Anda nikmati jika sudah berkunjung ke Pulau Bidadari. Lengkapnya fasilitas itu akan sangat menyenangkan bagi para pengunjungnya. Mengingat tempat ini sering digunakan untuk refreshing bersama pasangan atau keluarga tercinta.

Harga Paket Wisata ke Pulau Bidadari

Harga Paket Wisata ke Pulau Bidadari

Image Credit: Tourbandung.com

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pulau Bidadari sebaiknya memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab, untuk bisa melihat panorama keindahan Pulau Bidadari dan bisa merasakan semua fasilitasnya ada beberapa macam paket yang bisa diambil, seperti berikut ini.

Pertama, paket one day tour yang dibedakan menjadi macam yaitu untuk anak-anak yang berusia lebih dari 2 tahun dan untuk orang dewasa. Harganya cukup bersahabat yaitu kisaran Rp 400.000 saja. Dengan beberapa macam fasilitas yang bisa didapatkan.

Seperti, makan siang, banana boat, asuransi perjalanan, welcome drink, tiket kapal boat pulang dan pergi (Pulau Bidadari – Marina), sewa sepeda, berkeliling di tiga pulau (Kayangan, Kelor, dan Ondrust, serta pelayanan 21%. Namun, paket yang satu ini hanya sehari saja tanpa menginap di Pulau ini.

BACA:  11 Wisata Pantai di Jakarta Paling Recommended

Kedua, paket liburan menginap di Pulau Bidadari. Paket ini juga memiliki perbedaan harga yang cukup signifikan. Tergantung dengan jumlah berapa lama Anda untuk menginap di Pulau ini. Harganya mulai dari Rp 865.000 sampai yang termahal dibandrol dengan harga Rp Rp 3.780.000.

Pembagian harga paket tersebut juga disesuaikan dengan harinya beserta tipe cottagenya. Fasilitas yang didapatkan hampir sama dengan paket di atas, hanya saja yang menjadi pembeda adalah jumlah makan beserta layanan akomodasinya.

Transportasi dan Rute Menuju Pulau Bidadari

Transportasi dan Rute Menuju Pulau Bidadari

Image Credit: Kompasiana.com

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pulau Bidadari, rute yang akan dilalui sangatlah mudah. Sebab, ada beberapa alat transportasi yang bisa digunakan untuk mengantarkan Anda ke pulau itu. Pertama, menggunakan kapal tradisional yang memang sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk ke Pulau.

Harganya pun cukup murah hanya Rp 30.000 saja per orang. keberangkatan di awali dari Muara Angke dan mulai perjalanan pukul 07.00. Kedua, menggunakan rute Dermaga Marina Ancol.

Bagi Anda yang ingin menggunakan rute Dermaga Marina Ancol, disana sudah ada beberapa kapal yang stand by menunggu para pengunjung. Biasanya para wisatawan bisa naik kapal sekitar pukul 11.00, akan tetapi jika Anda ingin naik harus memesan tiket minimal h-3 sebelum berangkat.

Terakhir, lewat rute Pelabuhan Kali Adem dengan transportasi Kerapu dan KM Lumba-Lumba. Anda bisa juga menggunakan jasa transportasi ini, hanya saja untuk Kerapu hanya ada di pukul 07.00 dan 13.00, sementara KM Lumba-Lumba di waktu 07.00. Semua perjalanan hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Demikianlah penjelasan tentang keindahan Pulau Bidadari dengan beberapa hal menarik lainnya. Jika Anda ingin mencobanya, silahkan memesan tiket terlebih dahulu agar tidak kehabisan. Sebab, Pulau Bidadari selalu menjadi destinasi wisata Jakarta yang padat pengunjung pada tiap tahunnya. Apalagi jika akhir tahun atau musim liburan tiba.