Biaya Wisata: Mulai Rp 400.000, Jam Operasional: 12.00-20.00 WITA, Alamat: Jl. Soekarno Hatta, Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur; Map: Cek Lokasi

Pulau Kanawa sering menjadi tujuan berlibur para tamu karena memiliki tempat yang unik. Keindahan yang ada di sekitar Pulau membuat mata para tamu takjub dan tentu banyak yang mengabadikan momen disana. Pemandangan yang tersebar ada bukit, laut, serta pasir yang membentang dari ujung. Wisatawan tidak boleh melewatkan semua panorama itu.

Setiap melakukan perjalanan ke Pulau Kanawa Anda juga bisa menikmati Pantai yang cantik. Disana memang dikenal masih alami karena terjaga baik dan tidak dirusak oleh polusi maupun sampah. Pelancong juga sering mengincar keindahan Pulau sehingga datang mulai pagi hingga sore hari.

Pengunjung dapat merilekskan pikiran dengan mencoba bermain di Pantai. Selain itu disana tersedia spot untuk hiking bagi yang suka olahraga agar tidak jenuh. Maka dari itu pilih waktu liburan bersama kerabat supaya dapat menikmati Pulau dari jarak dekat.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kanawa

Daya Tarik Pulau Kanawa Labuan Bajo
Image Credit: Facebook Tiket2

1. Pantai yang Cantik

Pulau Kanawa yang diketahui sebagai obyek wisata hits memang mempunyai Pantai cantik. Anda yang ada disana dapat menikmati keseruan di Pantai sambil melakukan kegiatan bermain sesuka hati. Apalagi laut lepas yang ada di sekitar selalu menarik karena memiliki air cukup jernih. Ombak pun tidak ganas meskipun sedang mengalami pasang dan surut.

Biasanya para tamu sering terlihat menghabiskan waktu di pesisir Pantai. Disana memang nyaman karena suara deburan ombak cocok digunakan bersantai saat duduk di gazebo. Selain itu, pengunjung juga sering mengabadikan momen selama bermain air atau bersantai di area Pantai.

2. Pemandangan Alam

Panorama yang tersebar di sekitar pulau menambah keindahan destinasi. Pasir yang membentang cukup luas terlihat seperti kristal karena putih dan bersih. Bahkan selama di kawasan pasir, Anda dapat bermain dan sekedar bersantai melihat panorama. Pesona alam yang terlihat jelas di Pulau ini memang tidak diragukan lagi.

Pada sudut bagian lain tampak pohon bakau dan kelapa yang membuat pesona alam semakin lengkap. Udara di area Pulau memang jauh dari polusi karena diserap oleh pohon itu sehingga terasa sejuk. Selain itu disana ada bukit cantik yang membuat Pulau Kanawa memiliki keunikan tempat dan sering digunakan olahraga hiking oleh traveller.

3. Spot Bersantai

Menghabiskan waktu bersama keluarga memang cocok mengunjungi obyek wisata yang menawarkan sejumlah kecantikan. Pulau Kanawa sering menjadi incaran karena menyuguhkan spot yang nyaman dan membuat pikiran tenang. Selama disana Anda dapat bersantai sekaligus menikmati nuansa alam yang tidak pernah membosankan.

Wisatawan akan mendapatkan pemandangan yang jarang ditemukan. Apalagi Pulau masih dalam perlindungan khusus untuk membuat wisata selalu terlihat indah. Anda dijamin betah meskipun datang sampai menjelang sore karena banyak spot cantik yang bisa dikunjungi. Jadi jangan lewatkan kesempatan datang ke Pulau tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pulau Kanawa Labuan Bajo
Image Credit: Facebook Wonderful Indonesia

Pulau Kanawa masih berada dalam satu wilayah dengan Labuan Bajo. Titik lokasi tepatnya di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang dapat ditempuh menggunakan boat. Para tamu yang datang dari luar daerah dapat menggunakan transportasi mulai dari kapal laut atau pesawat. Kemudian khusus penyebrangan pulau biasanya ada tempat sewa yang disediakan.

Perjalanan menuju Pulau tidak sulit dijangkau karena wisatawan bisa datang dari Bandara Pulau Komodo. Dari sana estimasi yang diperlukan hanya 10 menit saja dan para tamu cukup menyewa perahu penyebrangan. Ketika naik kapal menuju ke lokasi pulau diperkirakan butuh waktu 1 jam. Anda juga bisa menyewa jasa tour guide agar lebih aman saat kesana.

Selama melakukan perjalanan, traveller akan disuguhi panorama laut lepas yang membuat mata terkesima. Disana juga terdapat keindahan Pulau Kelor yang cukup dekat dengan Kanawa. Hal itu membuat wisata semakin ramai karena perjalanan menyenangkan. Anda dapat memilih jenis perahu apapun untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi cantik itu.

Biaya Wisata ke Pulau Kanawa

Biaya Wisata Pulau Kanawa Labuan Bajo
Image Credit: Facebook Anjar Wisnubroto

Pulau cantik ini menawarkan biaya wisata yang masih cukup terjangkau karena ada beberapa pilihan harga. Tempat parkir kendaraan yang ada di sekitar pelabuhan tergolong murah mulai Rp 5.000 tergantung dari berapa lama sepeda atau mobil dititipkan. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau dengan memilih speedboat yang disediakan pengelola.

Selama memilih speedboat Anda hanya perlu mengeluarkan budget Rp 400.000 hingga Rp 600.000. Biasanya pengunjung ada yang memilih penyebrangan dengan speedboat private atau umum tergantung dari harga. Jenis speedboat itu juga memiliki perlengkapan yang berbeda. Tentunya harga yang telah ditetapkan sudah seimbang dengan boat tersebut.

Ketika sudah berada di Pulau Kanawa biaya masuk Rp 5.000 saja yang sudah sesuai dengan panorama cantik. Makanan boleh dibawa sendiri dari rumah karena belum banyak yang berjualan di Pulau ini. Selain itu Pulau masih belum memiliki tempat sewa. Jadi biaya yang dibutuhkan masih cukup murah dan tidak membuat kantong kering selama seharian liburan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pulau Kanawa

Aktivitas Pulau Kanawa Labuan Bajo
Image Credit: Twitter Gudang Furniture

1. Snorkeling

Pulau yang sangat indah ini menyimpan sejumlah kekayaan biota laut. Berkunjung ke tempat ini akan terasa lengkap jika traveller mencoba snorkeling. Tetapi belum terlihat tempat yang menyediakan peralatan, Anda tentu harus menyiapkan sendiri. Selama snorkeling dijamin seru karena biota laut terlihat lebih dekat dan jenis cukup beragam.

2. Berkeliling

Para tamu yang liburan ke Pulau Kanawa bisa berkeliling ke tepian. Selain itu Anda juga boleh menyewa perahu untuk mengelilingi laut lepas yang tampak biru. Spot yang luas akan memberikan kesan tersendiri yang membuat kunjungan terasa nyaman. Apalagi traveller bisa melakukan aktivitas itu dengan keluarga agar dapat melihat sudut keindahan Pulau.

3. Menjepret Foto

Destinasi bahari ini dikenal sebagai salah satu Pulau yang unik dan cantik. Keindahan obyek wisata ini sering membuat banyak orang terkesima serta ingin selalu datang saat liburan. Anda harus melipir ke tiap spot untuk mendapat hasil jepretan foto yang menarik. Selain itu potret biota laut yang muncul karena jika beruntung pelancong dapat melihat keindahan ini.

4. Piknik

Tempat yang masih berada jauh dari kerumunan tentu cocok untuk duduk dan piknik. Makanan yang telah disiapkan dari rumah akan semakin nikmat jika dicicipi di tepi Pulau. Apalagi ada kecantikan laut yang terlihat indah serta pasir lembut. Anda bisa duduk di pasir maupun tempat lain yang mampu membuat kegiatan piknik semakin terasa mengesankan.

Aktivitas Lain Pulau Kanawa Labuan Bajo
Image Credit: Google Maps Sofian Soetomo

5. Berenang

Ombak yang cukup tenang di sekitar Pulau Kanawa membuat pengunjung yang datang ingin selalu berenang. Bahkan setiap orang membawa baju renang dan pelampung karena tertarik untuk mencoba kegiatan ini. Rasakan air laut yang bersih, jernih, dan dingin sambil mengajak kerabat. Siapkan pula kamera jika ingin merekam keseruan selama berenang.

6. Naik Bukit

Pulau ini mempunyai bukit hijau yang terlihat cukup jelas disana dan tidak terlalu tinggi. Para tamu yang hobi hiking dapat mencoba olahraga itu di bukit Pulau. Terdapat suara kicauan burung dan deburan ombak yang terasa tenang ketika ada di atas bukit. Bahkan dari atas Anda akan melihat pasang surut air laut dari dekat yang tampak indah.

7. Bersantai di Bale-Bale

Bale-bale yang tersebar di sekitar Pulau tampak mirip seperti gazebo. Tempat duduk ini memang dibuat dari bambu serta diberi tirai. Selama duduk disana wisatawan bisa bersantai sambil melihat ombak laut yang begitu bersih. Bahkan Anda dapat menikmati minuman segar sambil merasakan udara sejuk dan pesona alam yang selalu membuat mata kagum.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pulau Kanawa Labuan Bajo
Image Credit: Twitter Rully Panjaitan

Pulau Kanawa memiliki sejumlah fasilitas yang terlihat bersih, nyaman, dan lengkap. Bale-bale sebagai tempat duduk di area langsung mengarah ke Pantai yang jernih. Pelancong sering melakukan piknik hingga berburu foto di gazebo itu. Tempat parkir ada di bagian lain yang dekat dengan pelabuhan, jadi Anda bisa menitipkan kendaraan selama pergi ke Pulau.

Tempat makan terlihat jarang ada karena kawasan wisata ini cukup jauh dari rumah warga. Pengelola memberi saran agar traveller membawa makanan yang dapat dinikmati di Pulau. Selain itu mushola masih cukup jauh dari Pulau, Anda bisa ibadah usai berkunjung di dekat pelabuhan. Kamar mandi sudah tersedia untuk wanita dan pria yang dekat dengan wisata Pulau ini.

Pulau Kanawa juga memiliki tempat sewa speedboat yang akan mengantar selama perjalanan. Pengunjung dapat memilih boat sesuai kapasitas kerabat yang akan diajak. Tempat sewa untuk alat bermain masih belum ada, para tamu lebih baik membawa sendiri. Semua fasilitas itu bisa membuat kunjungan seru karena membantu aktivitas wisatawan.

Nah, itulah ulasan Pulau Kanawa yang selalu menjadi tempat favorit traveller. Anda yang datang dan melihat kecantikan Pulau dari dekat akan terkesima. Apalagi keindahan Pulau masih dikelilingi panorama alam yang memukau. Jadi segera datang ke Pulau ini selagi ada waktu luang serta ajak kerabat terdekat untuk membuat pengalaman liburan terasa seru.