wisata pantai pasir putih yang menawan di Malang, Jawa Timur. Pesona alam bahari nan indah ditambah panorama sunset membuat pantai tersembunyi ini menarik untuk dieksplor saat liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Malang memang merupakan daerah di Indonesia yang banyak destinasi wisatanya. Mengunjunginya, bak mendatangi tempat yang lengkap dengan berbagai panorama alam. Pantai Sendiki berada di salah satu pesisir panjang di sekitar Malang.

Keberadaannya merupakan rangkaian dari beberapa pantai yang ada di area Provinsi Jawa Timur tersebut. Pantai ini memang akan membuat para pengunjung yang hadir menjadi takjub akan keindahannya. Itulah sebabnya, pantai ini dikenal baik oleh berbagai wisatawan lokal di belahan Indonesia.

Akses yang mudah dalam menjangkau tempat ini menjadi salah satu pertimbangan penting mengapa tidak sedikit orang yang tertarik mengunjungi Pantai Sendiki yang eksotis ini. Banyak orang mulai tertarik dengan destinasi tersembunyi Malang ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sendiki

Daya Tarik Pantai Sendiki
Image Credit: Twitter.com @OfficialSINGFM

1. Eloknya Pasir Putih Berpadu Birunya Air Laut

Pantai Sendiki memang memiliki hamparan pasir putih yang berpadu apik dengan lautan yang ada di sekitarnya. Pasir yang ada di sana memiliki tekstur yang halus dan tidak banyak tercampur oleh hal-hal lainnya seperti misalnya terumbu karang. Di sana memang hampir tidak ada karang yang bisa terlihat pada permukaan lautnya, selain daerah tersendiri yang ada di sisi kanan pantai.

Ini juga berlaku pada pasir yang terhampar pada sisi pinggir pulau tersebut. Pengunjung bisa melakukan beragam hal di bagian atas pasir di sana. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari tempat yang begitu mempesona tersebut, karena pengunjung juga akan merasa aman ketika berkeliling bahkan jika tanpa alas kaki.

Selain itu, air laut yang ada di sana juga menjadi salah satu faktor yang membuat tempat ini semakin menarik untuk dikunjungi. Lautan di sana nampak begitu jernih tanpa adanya kotoran ataupun sampah yang mengambang di atas permukaan lautnya. Penampakan air laut tersebut bisa disandingkan dengan indahnya Pantai Pandawa yang ada di Pulau Bali.

Lautan di sana memang sangat jernih hingga membuat tampilan warna yang tersaji seolah-olah biru diselaraskan dengan bentukan pantai dan bentangan alam lainnya yang ada di sana. Ombaknya juga terbilang gahar, karena pantai ini juga termasuk salah satu pantai yang ada di bagian selatan pesisir Pulau Jawa.

2. Suasana Sepi di Tepi Pantai

Mungkin inilah yang menjadi salah satu faktor yang paling memepengaruhi mengapa para wisatawan rela untuk mengeluarkan segala tenaganya hanya untuk menikmati waktu liburan di sana. Di pantai tersebut memang masih terbilang sepi karena belum banyak orang yang mengeksplorasi daerah Malang hingga ke sana. Selain itu, hal ini juga bisa saja dipengaruhi oleh aksebilitas tempat ini.

Bagaimanapun, dengan atmosfer pantai yang masih terkesan sepi membuat pengunjungnya akan merasakan sensasi luar biasa tatkala berekreasi di Pantai Sendiki ini. Perasaan tenang akan menyelimuti setiap detik waktu yang dihabiskan. Hal ini akan menjadi semakin mengena di hati tatkala desiran angin menerpa daun-daun tumbuhan yang ada di sana.

Terlebih lagi, ketika kulit kita juga merasakan angin laut yang lewat akan membuat perasaan tenang nan syahdu di hati serta pikiran. Itu semua seolah-olah merupakan sebuah refleksi khusus untuk diri sendiri. Tubuh akan merasakan rileks dan pikiran menjadi semakin jernih serta terbuka.

3. Vegetasi Alam yang Hijau Mempesona

Pada bagian pinggir Pantai Sendiki tepat setelah hamparan pasir pantainya, tempat tersebut juga tidak lepas dari hiasan alami berupa berbagai jenis vegetasi yang ada. Tidak hanya pohon kelapa saja, namun di sana juga ternyata lebat akan tumbuh-tumbuhan yang lain. Inilah yang menyebabkan destinasi wisata tersebut nampak semakin indah.

Tidak jarang pengunjung yang memanfaatkan keberadaan makhluk hidup tersebut untuk mengambil potret foto. Lokasi tersebut memang sarat akan suasana serta panorama yang indah sehingga melakukan hal tersebut merupakan suatu kewajiban tersendiri. Potret foto yang diambil dari tempat tersebut akan nampak lebih indah dan terlihat seperti destinasi kelas internasional.

Sebenarnya terdapat satu titik yang terkesan tidak terlalu elegan namun ternyata mampu menampilkan sebuah latar belakang yang apik dari sebuah potret yang dihasilkan. Hal tersebut yakni ranting ranting pohon yang telah jatuh berada di area pasir pantainya yang halus. Ranting tersebut tak jarang orang yang memakainya sebagai background eksotik dari foto yang hendak diambil.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Sendiki
Image Credit: Google Maps (Backpackerman Zain)

4. Luasnya Kawasan Pantai

Pantai ini termasuk cukup luas mengingat total jika diukur bentangan pasirnya yaitu bisa melebihi 70 kilometer persegi. Jika banyak yang datang pun tidak akan membuat pantai tersebut menjadi padat sehingga harus berdesak-desakan antara satu pengunjung dengan pengunjung yang lainnya. Dengan begitu, pengalaman berlibur pun menjadi semakin lancar dan minim akan gangguan yang bisa terjadi.

Dengan demikian, para wisatawan yang hadir bisa saja mengajak banyak orang di dalam satu rombongan lebih dari biasanya. Kerabat dekat, keluarga besar, ataupun teman-teman bisa menjadi salah satu yang membuat ramai rombongan dalam satu paket liburan. Walaupun begitu, dengan suasana yang ada di Pantai Sendiki, liburan sendirian juga bukanlah masalah yang cukup besar.

5. Pesona Terumbu Karang

Seperti penjelasan yang ada di atas, pada sisi kanan lokasi wisata ini terdapat banyak terumbu karang yang terhampar. Jika air sedang pasang, maka sebagian besar karang tersebut akan tenggelam. Namun, jika sedang surut akan menampakkan banyak sekali terumbu karang yang ada di sana. Hampir semua terumbu karang yang terdapat di sana berada di bagian tepian pantai.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Pantai Sendiki

Alamat Pantai Sendiki
Image Credit: Google Maps (Zakiya D Nashihah)

Destinasi wisata bahari di area timur Jawa ini berlokasi di Kabupaten Malang yang ada di bagian selatan. Lokasi tepatnya yakni berada di salah satu kecamatan yang ada di sana, yaitu Sumbermanjing Wetan. Lebih rinci lagi, pantai tersebut ada di desa Tambakrejo yang terpaut cukup jauh dari keramaian yang ada di sekitaran Malang.

Tempat ini juga cukup dekat dengan pantai lainnya yang ada di Malang, yaitu Tamban. Jarak kedua lokasi tujuan wisatawan tersebut tidaklah jauh. Jika diukur kedua tempat itu hanya terpaut pada jarak sekitar dua kilometer saja.

Jika pengunjung berasal dari kota malang, maka harus menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam. Jarak yang ditempuh tidak mencapai 70 kilometer. Jika aktivitas jalan raya yang dilewati tidak terlalu padat, maka bisa saja menjangkaunya dengan lebih cepat lagi. Turis yang datang diharapkan memakai kendaraan sendiri baik milik pribadi maupun sewa karena masih belum ada transportasi publik ke sana.

Ada beberapa daerah yang perlu dikunjungi sebelum sampai persis di tempat wisata tersebut. Daerah yang pertama kali dilewati yaitu kawasan yang bernama Pakishaji. Jika sudah sampai di sana, maka lihat papan penunjuk jalan yang menuliskan arah menuju Kepanjen dan ikuti saja. Sesudahnya sampai di daerah tersebut, maka pengunjung harus menuju ke area Gondanglegi.

Jika sudah mencapai kawasan tersebut, maka perjalanan perlu dilanjutkan ke daerah Turen. Di sanalah wisatawan akan diberikan akses menuju Tamban yang merupakan alternatif wisata selain pantai yang satu ini. Lurus saja hingga menemukan persimpangan jalan dan belok saja ke kiri atau mengikuti arah yang ada di papan jalan untuk sampai di area pantai Sendiki.

Pengunjung perlu mengeluarkan biaya untuk dapat menikmati eloknya pasir dan berbagai hal yang ada di sana. Nominal yang perlu dikeluarkan yaitu Rp 5.000 saja. Hal ini tentu sangat amat murah mengingat pengunjung bisa menikmati berbagai macam daya tarik tempat tersebut.

Selain biaya tiket, wisatawan juga perlu membayar tarif parkir untuk kendaraan yang dipakai menuju ke sana. Tidak terlalu mahal, tarif untuk kendaraan pribadi sama seperti harga tiket masuknya. Dengan begitu, pengujung akan merasa aman jika meninggalkan kendaraan untuk menghabiskan waktu di pantai.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Sendiki

Aktivitas di Pantai Sendiki
Image Credit: Twitter.com @letmeloveyou28

1. Bekemah

Siapa yang tidak akan menikmati suasana berkemah terutama di pinggir pantai? Hal ini bisa dilakukan di Pantai Sendiki. Turis yang hadir tidak perlu repot membawa semua perlengkapan karena terdapat tempat sewa segala keperluan untuk melakukan aktivitas yang satu ini.

Tarif yang dibandrol pun terbilang murah yakni hanya Rp 30.000 saja untuk setiap tenda yang didirikan. Walaupun ada penginapan yang ada di sekitarnya, namun melakukan hal ini memang menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan mudah dilupakan.

2. Menyusuri Pantai

Dengan luasnya pantai ini, maka menyusurinya bukanlah aktivitas yang cepat membuat orang menjadi bosan. Berbagai hal bisa dijelajahi oleh wisatawan di sana. Hamparan pasirnya yang terasa lembut menyapa telapak kaki, tentu menjadi salah satu hal yang wajib ditelusuri. Selain itu, vegetasi di sana juga lebat membuat pengunjung penasaran apa saja yang ada di dalamnya.

Aktivitas Seru di Pantai Sendiki
Image Credit: Twitter.com @travelblog_id

3. Mengambil Potret Apik Pemandangan Pantai

Aktivitas berburu foto menjadi salah satu rekomendasi yang harus dilakukan di sana. Dengan banyaknya bentangan alam di sana, membuatnya memiliki ratusan latar belakang unik dan mempesona untuk berada di foto-foto yang diambil.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Sendiki

Penginapan Sekitar Pantai Sendiki
Image Credit: Booking.com

1. Pondok Bamboe

Penginapan ini bisa dipakai oleh pengunjung dengan mengeluarkan biaya kurang lebih Rp 200.000 saja. Dengan biaya inap per malam sebesar itu, pengunjung bisa menikmati sejuknya AC dalam kamar, restoran, serta area parkir yang cukup memadai. Jaraknya sekitar 4 kilometer dari lokasi wisata.

2. YLO Castle Kepanjen

Penginapan ini sangat bersih sehingga membuat siapapun yang menginap di sana akan merasa nyaman. Dengan tarif sewa tidak mencapai lima ratus ribu, pengunjung bisa menikmati akses wifi dan juga AC. Selain itu ada juga restoran dan area parkir untuk tempat kendaraan.

3. Penginapan Pondok Wisata Berkah Alam

Homestay yang satu ini bisa digunakan dengan mengeluarkan biaya sekitar Rp 300.000-an saja. Pengunjung bisa memiliki tempat untuk bermalam seperti halnya di rumah. Ada lahan parkir yang cukup untuk kendaraan pengunjung.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Pantai Sendiki Malang

Fasilitas di Pantai Sendiki Malang
Image Credit: Twitter.com @gotravelly

Pantai ini menawarkan beragam fasilitas seperti penyewaan tenda jika ingin berkemah, area parkir yang luas, dan gazebo-gazebo di pinggirannya. Selain itu, ada juga mushola sehingga turis muslim bisa melakukan sembahyang sewaktu-waktu.

Pantai ini juga memiliki beberapa tempat makan untuk pengunjung yang butuh mengisi perut setelah mejelajahi kawasan pantai eksotis ini. Selain itu, juga tersedia toilet dan beberapa fasilitas penunjang wisata lainnya.

Mengunjungi Malang maka diharapkan bisa mengeksplorasi lebih dalam lagi mengenai Pantai Sendiki yang kaya pesona ini. Berbagai macam hal bisa dinikmati di pantai tersebut. Pesonanya yang luar biasa membuat destinasi itu menjadi ikon unggulan Kabupaten Malang.