Pantai Balekambang, Wisata Pantai Dengan Pesona Pulau & Pura di Malang

Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang salah satu wisata bahari yang unik dan eksotis di Malang. Pantai yang menyuguhkan pesona keindahan yang begitu memukau, utamanya hamparan pasir halus, pulau dan Pura.

Lokasi: Balaikambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang.
Map: Cek Lokasi

Pantai Balekambang sering dijuluki sebagai Tanah Lot-nya Jawa Timur. Pantai yang berlokasi di Malang ini memiliki pasir putih yang cantik serta air lautnya yang jernih. Pantai ini sudah diresmikan sejak tahun 1983 oleh Eddy Slamet selaku Bupati Malang pada saat itu sebagai tempat wisata di kabupaten Malang.

Wisata bahari ini menyuguhkan panorama pesisir pantai yang eksotis. Pantai ini memiliki nilai lebih karena pemandangan dan topografi yang mirip dengan tanah lot di Bali. Suasana yang sejuk serta hembusan angin yang segar membuat siapapun yang datang merasa ingin berlama-lama disini.

Selain pantai, di kawasan objek wisata ini terdapat wisata religi, wisata budaya, dan sebagainya. Wisatawan akan dibuat terpukau oleh berbagai macam keindahan alam yang ada di objek wisata ini. Selain itu, fasilitas yang ada disini juga cukup memadai sehingga dapat menunjang kebutuhan wisatawan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Balekambang

Daya Tarik Pantai Balekambang

Image Credit: Kompas.com

Pesona surga bahari di Malang ini tidak kalah dari pantai lainnya. Hamparan laut biru yang terbentang luas dan indah akan menyambut wisatawan yang datang. Terdapat pura di salah satu pulau karang. Pantai serta lingkungannya yang terjaga dengan baik menjadi hal yang menarik bagi wisatawan. Suasana sejuk dan udara yang segar mengisi tempat wisata ini.

1. Pantai yang Eksotis

Pantai ini memiliki berbagai hal yang menarik dan akan memanjakan mata wisatawan. Pantai yang bersih dan rapi ini memiliki pasir putih serta dihiasi batu-batu karang. Deretan pohon menambah kecantikan objek wisata ini. Pada waktu-waktu tertentu wisatawan dapat menyaksikan perpaduan keindahan alam dari pertemuan laut dan matahari ketika matahari terbit dan terbenam.

2. Berkunjung ke Pulau di Sekitar Pantai

Hal lain yang dapat wisatawan nikmati di objek wisata ini adalah berkunjung ke tiga pulau yang memukau berdiri di atas bebatuan karang di sekitar pantai Balekambang. Tiga pulau tersebut, yaitu Pulau Anoman, Pulau Ismoyo, dan Pulau Wisanggeni. Wisatawan dapat mendatangi pulau tersebut satu per satu untuk menjelajah dan menikmati pesona dari setiap pulau. Pulau-pulau tersebut dapat diakses dengan mudah wisatawan hanya perlu menyebrangi jembatan beton yang menghubungkan pantai dengan pulau.

3. Pura Amartati Jati

Diantara ketiga pulau di sekitar Pantai Balekambang, ada satu pulau yang terkenal yakni, pulau Ismoyo. Di Pulau Ismoyo terdapat pura yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Pura tersebut bernama Pura Amarta Jati.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Gresik yang Enak & Wajib Anda Coba

Biasanya pada Hari Raya Nyepi pura ini digunakan untuk acara ibadah umat Hindu. Karena pura merupakan tempat suci Agama Hindu, maka wisatawan diharuskan mengikuti aturan yang berlaku disana. Terutama untuk wanita yang sedang datang bulan dilarang untuk masuk ke dalam pura.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Balekambang

Harga Tiket Pantai Balekambang

Image Credit: Twitter.com @2awlybzuHjy07n7

Wisata pantai ini terletak di Jawa Timur, Lebih tepatnya Dusun Sumber Jambe di Kecamatan Bantur, Malang. Kawasan wisata ini dibuka setiap hari. Untuk jam operasional, kawasan ini dapat diakses 24 jam.

Objek wisata dapat di tempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika berangkat dari Malang menuju ke pantai ini dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan jarak tempuh kurang lebih sepanjang 60 Km.

Jika menggunakan transportasi umum rutenya lumayan sulit. Rute yang harus dilalui wisatawan mulai berangkat dari terminal Arjosari Malang menuju ke Terminal Gadang dengan menggunakan angkutan.

Kemudian wisatawan dapat melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Pangelaran atau Gondanglegi dengan menggunakan angkutan dengan jurusan Bantur. Selanjutnya wisatawan bisa menggunakan ojek untuk sampai di kawasan objek wisata tersebut.

Untuk bisa menikmati keindahan alam yang ditawarkan Pantai Balekambang, Anda harus menyiapkan biaya masuk sebesar Rp 15.000,-. Harga tiket ini tentu sangatlah terjangkau. Terlebih jika dibandingkan dengan keindahan pantai yang ditawarkan ketika ada di lokasi.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Balekambang

Kegiatan di Pantai Balekambang

Image Credit: Twitter.com @yaelahiky

1. Berkemah

Di objek wisata ini diperbolehkan untuk berkemah. Wisatawan tidak akan dikenai biaya tambahan untuk berkemah dikarenakan pantai ini tidak menyediakan jasa sewa keperluan untuk berkemah sehingga wisatawan harus mempersiapkannya sendiri.

Wisatawan yang datang dapat menikmati panorama alam yang terbentang luas sembari bersantai didalam kemah. Dapat membuat pesta alam yang sederhana dengan membuat api unggun sembari menyantap makanan serta diiringi permainan musik dan desiran ombak yang bergulung.

Hal tersebut sangat asik jika dilakukan bersama-sama. Selain itu, diharapkan wisatawan untuk berhati-hati dan tidak terlalu dekat dengan bibir pantai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi seperti tenda terbawa ombak.

2. Bersantai dan Berjemur

Wisatawan juga bisa duduk santai ataupun berjemur di tepi pantai. Waktu yang sangat tepat untuk berjemur yakni pagi hari saat matahari belum terlalu terik. Atau bisa juga di sore hari saat matahari mulai terbenam.

Desiran ombak yang bergulung memberikan ketenangan membuat rileks wisatawan. Warung-warung di sekitar kawasan ini menyediakan jasa penyewaan tikar yang bisa digunakan sebagai alas. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir perihal hal itu.

BACA:  25 Tempat Wisata di Magetan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Berenang dan Berekreasi di Pantai

Kegiatan yang tidak boleh dilewatkan jika berkunjung ke pantai ini adalah berenang. Selain berenang banyak hal menarik lainnya yang berkaitan dengan air seperti melakukan permainan air. Wisatawan dapat berekreasi dengan bebas di tempat ini.

Wisatawan harus sesuai dengan batas yang telah ditetapkan oleh petugas dan harus berhati-hati dengan ombak. Petugas selalu ada di pinggir pantai untuk memantau aktivitas wisatawan yang berenang maupun bermain.

4. Mengunjungi Pura Amarti Jati

Hal menarik yang wajib dilakukan ketika berada di pantai Balekambang yakni mengunjungi Pura Amarti Jati. Bentuknya yang sangat mirip pura di Tanah Lot membuat lokasi ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Untuk bisa sampai ke Pura, Anda harus melewati sebuah jembatan yang menghubungkan pantai dengan Pulau Ismoyo. Anda juga bisa mengabadikan momen saat menyebrangi jembatan yang berada di atas laut ini. Namun, sangat penting untuk diketahui jika wisatawan yang tengah datang bulan dilarang untuk memasuki kawasan Pura ini.

5. Bermain Flying Fox

Di Pantai Balekambang tersedia wahana yang cukup menantang adrenalin. Wahana tersebut yakni flying fox. Permainan ini sudah ada di pantai ini sejak tahun 2012 silam. Namun, Anda hanya bisa menikmati permainan ini hanya di hari tertentu. Pasalnya hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Flying fox ini melintas di tepian daratan yang berada di ujung laut. Tidak heran jika permainan ini cukup jadi favorit karena indahnya pemandangan pantai ini bisa terlihat dengan jelas ketika naik flying fox ini.

6. Memancing

Jika Anda suka memancing, pantai ini juga menjadi spot yang tepat untuk memancing. Pantainya yang berkarang tentu menyimpan banyak biota laut seperti ikan-ikan yang hidup di dalamnya.

Untuk itu, jika ingin merasakan sensasi strike ikan disini, Anda harus menyiapkan peralatan memancing dari rumah. Hasil pancingan bisa Anda bawa pulang ataupun bisa juga diolah di sekitar pantai.

7. Berburu Kuliner di Area Pantai

Setelah beraktivitas seharian di tempat wisata ini, berburu kuliner merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan rasa lapar sembari beristirahat. Di kawasan pantai terdapat banyak sekali kafe maupun warung yang menjajakan makanan dengan harga yang terjangkau.

Untuk harga satu porsi Mulai dari Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,-. Yang menarik, Anda diperbolehkan untuk makan di pinggir pantai. Namun, Anda tetap wajib untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah apapun.

8. Bermain di Sungai Kecil

Bagi anak kecil yang ingin bermain dengan aman di area pantai ini ada sungai kecil yang bisa digunakan. Selain itu, disini disediakan jasa penyewaan ban pelampung.

BACA:  Sumber Maron Malang, Pemandian Alami yang Dilengkapi Wahana Seru

9. Berburu Oleh-Oleh

Rasanya terasa kurang jika berwisata tapi tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Untuk itu, pengelola telah menyediakan tempat bagi lapak oleh-oleh yang ada di sekitar pantai ini. Toko tersebut menyediakan berbagai macam buah tangan mulai dari baju, topi, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau.

Wisatawan bisa membeli oleh-oleh untuk diri sendiri sebagai kenangan atau membagikannya sebagai buah tangan. Bagi wisatawan yang tidak membawa pakaian ganti karena basah dapat membelinya di toko-toko tersebut.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Balekambang

Penginapan Dekat Pantai Balekambang

Image Credit: Pegipegi.com

1. Penginapan Wibisono II

Penginapan Wibisono II merupakan tempat penginapan yang berjarak 0,24 km dari Pantai Balekambang. Penginapan ini tepatnya berlokasi di Bantur. Penginapan ini memberikan pelayanan yang baik dan harganya ramah. Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas. Untuk pelayanan hotel yang tersedia antara lain resepsionis 24 jam dan keamanan 24 jam.

2. Fira Homestay

Fira Homestay merupakan tempat penginapan yang berjarak 0,61 km dari Kawasan pantai. Penginapan ini tepatnya berlokasi di Bantur. Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas. Untuk pelayanan hotel yang tersedia antara lain resepsionis 24 jam dan keamanan 24 jam.

3. Homestay Dhilpratis

Homestay Dhilpratis merupakan tempat penginapan yang berjarak 0,69 km dari pantai eksotis ini. Homestay Dhilpratis memberikan layanan yang baik dengan harga yang terjangkau. Penginapan ini cukup mudah dijangkau karena berdekatan dengan fasilitas publik. F

4. Budget Room at Istana Laut 1

Budget Room at Istana Laut 1 merupakan tempat penginapan yang berjarak 8,38 km dari Pantai Balekambang. Penginapan ini terletak di Donomulyo. Penginapan ini memiliki berbagai macam fasilitas. Untuk pelayanan hotel yang tersedia antara lain resepsionis 24 jam. Fasilitas kamar yang tersedia meja. Aksesbilitas diantarannya parkir bagi penyandang disabilitas dan jalan bagi penyandang disabilitas.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Balekambang Malang

Fasilitas di Pantai Balekambang

Image Credit: Google Maps (City Kurir Eko Nugroho)

Fasilitas umum menjadi faktor penting bagi kenyamanan para pengunjung. Untuk itu, pengelola tempat wisata sudah menyediakan fasilitas-fasilitas tersebut demi kenyamanan pengunjung.

Fasilitas yang disediakan di kawasan wisata ini cukup lengkap. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya terdapat penginapan, toilet, musala, warung makanan, dan warung minuman. Selain itu, terdapat fasilitas pendukung lain diantaranya terdapat toko oleh-oleh dan penyewaan tikar.

Pantai Balekambang sering kali disebut juga dengan Tanah Lot-nya Jawa Timur. Tidak heran memang karena keindahan yang dimiliki dapat membius wisatawan yang datang. Jadi, jika waktu liburan datang, pantai ini menjadi spot utama para pelancong.