Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Sendang Biru, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Indonesia kaya akan kawasan wisata yang tersebar di berbagai wilayah, salah satunya adalah Malang. Wilayah satu ini berada di ketinggian sekitar 440 sampai 667 meter di atas permukaan air laut. Ada beberapa ciri khas yang dimiliki Malang, seperti kota apel, kota wisata, hingga kota bunga. Tidak mengherankan karena Malang mempunyai banyak tempat wisata, salah satunya Pantai Gatra.

Wisata alam di Malang memang tiada duanya. Deretan pantai-pantai cantik nan eksotik siap menyambut hangat para wisatawan yang dating berkunjung. Pantai paling populer di Malang adalah Pantai Balekambang. Namun Malang juga memiliki kawasan wisata pantai lainnya yang recommended untuk dikunjungi. Pantai ini dianggap sebagai Raja Empatnya Jawa Timur.

Disebut Raja Ampat karena pesona pantainya sangat mirip dengan Raja Empat sungguhan yang ada di Papua. Sehingga rasa penasaran para wisatawan pun semakin membuncah dan banyak yang menyempatkan waktu untuk berkunjung ke Pantai Gatra ketika sedang menginjakkan kaki di Malang. Pesona pantainya sungguh indah, dengan pemandangan lautan biru dan pasir putih bersih.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Gatra

Daya Tarik Pantai Gatra
Image Credit: Facebook Kita Muda

1. Disebut sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur

Tak perlu jauh-jauh ke Papua, karena Jawa Timur juga memiliki wisata pantai mirip dengan Raja Ampat yang sangat populer. Bukan tanpa alasan, pantai dengan sebutan Gatra ini mempunyai panorama laut dengan warna gradasi yang begitu menawan. Warna biru pekat yang jernih dan warna biru toska pada air lautnya saling berpadu dan memanjakan mata.

Pantai Gatra juga memiliki pasir putih bersih dan lembut yang terhampar di sepanjang pantainya. Air lautnya sangat bening sehingga bebatuan karang di dasar laut terlihat begitu jelas. Menariknya lagi, pantai ini dihiasi dengan gugusan pulau-pulau berwarna hijau yang sangat mirip dengan Raja Ampat Papua, wisata yang begitu akrab di telinga para wisatawan.

2. Merupakan Kawasan Konservasi Alam

Wisata Raja Ampatnya Jawa Timur ini merupakan salah satu kawasan konservasi alam karena berada dalam lingkup Clungup Mangrove Conservation. Lokasi pantainya terletak berjajar dengan pantai mini dan pantai clungup. Selain itu, pantai tersebut juga masih satu kawasan dengan pantai batu pecah, pantai sapana, dan pantai tiga warna.

Karena termasuk dalam lingkup kawasan konservasi alam yang dilindungi, maka siapapun yang berkunjung ke Pantai Gatra dilarang kerasa membuang sampah sembarangan. Bahkan, barang-barang yang dibawa oleh para wisatawan akan didata saat tiba di area loket masuk. Barang-barang yang berpotensi mengotori wilayah akan dicek ketika wisatawan akan pulang.

3. Karakter Ombak Pantainya Lebih Tenang

Malang memang terkenal dengan beragam wisata pantai yang menawan. Namun sebagian besar pantainya memiliki ombak yang ganas. Yang menarik dari Pantai Gatra adalah karakter ombak pantainya cenderung lebih tenang dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Malang. Tentu saja hal ini menjadi daya Tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Ombak pantai yang tenang disebabkan karena pantai ini diapit oleh gugusan batu karang berukuran besar yang ada di sekitar pantai dan juga beberapa pulau kecil seperti Pulau bernama Sempu. Karena hal itulah ombak besar menjadi terpecah dan menciptakan gelombang ombak yang cenderung lebih tenang sehingga aktivitas wisatawan lebih aman.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps Kenneth Ezekiel

Wisata pantai yang disebut sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur ini berada di Jawa Timur, tepatnya kabupaten Malang. Lokasi Pantai Gatra hanya berada sekitar 40 kilometer saja dari pusat kabupaten Malang.

Jika wisatawan berangkat dari Kota Malang, perjalanan yang akan ditempuh menuju ke pantai tujuan yakni sekitar 2 jam apabila menggunakan sepeda motor dan sekitar 3 jam apabila menggunakan mobil.

Jalur yang bisa dilewati adalah menuju ke arah Gadang, Turen kemudian menuju ke pantai sendang biru. Ketika sudah setengah perjalanan, Anda akan menemukan petunjuk arah untuk belok kanan mengambil rute ke arah pantai clungup.

Setelah sampai di persimpangan, Anda bisa mengikuti petunjuk jalan menuju ke tempat pelelangan ikan. Ikuti jalan hingga sampai di pintu utama Pantai Gatra. Setelah sampai di pintu utama, para wisatawan yang menggunakan kendaraan mobil harus parkir dahulu di pintu masuk dan berjalan kaki sekitar 1,3 km untuk menuju ke pantai.

Sementara itu, para wisatawan yang menggunakan kendaraan sepeda motor dapat lebih menghemat tenaga karena motor bisa dinaiki dengan melewati jalan setapak yang telah dipasangi paving block hingga pos jaga.

Sesampainya di pos jaga, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 500 meter melewati pantai clungup. Bagi para wisatawan pengendara mobil yang tidak ingin berjalan kaki, ada jasa ojek yang stay di pintu masuk utama yang bisa mengantarkan para wisatawan untuk menuju ke pantai hanya dengan membayar biaya jasa ojek Rp 10ribu.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps Nisa’ul Mufidah

Wisata pantai yang berada di Malang bagian selatan ini dibuka setiap hari Senin-Minggu untuk umum selama 24 jam. Harga tiket masuknya adalah Rp 10ribu per orang. Bagi para wisatawan yang membawa kendaraan, akan dikenai tiket parkir Rp 5ribu-10ribu. Pastikan kendaraan dalam kondisi yang prima karena jalur trek ke Pantai Gatra termasuk cukup sulit.

Selain itu, pastikan juga kondisi fisik benar-benar fit karena para wisatawan perlu berjalan kaki menuju ke pantai. Para wisatawan harus memahami rute perjalanan menuju ke pantai supaya tidak tersesat. Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai tersebut adalah saat musim kemarau.

Hindari musim hujan karena rute jalannya menuju ke lokasi sangat licin saat musim hujan. Bagi Anda pengendara mobil yang ingin menggunakan jasa ojek dari pintu masuk utama menuju ke pantai, Anda perlu membayar Rp 10ribu untuk jasa ojeknya.

Ada juga pemandu wisata yang siap menemani dan memberikan informasi seputar pantai dengan membayar jasa Rp 50ribu-100ribu. Menyewa kano dikenakan biaya Rp 25ribu dan berkemah dengan sewa tenda dan ground Rp 100ribu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Gatra

Aktivitas Menarikdi Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps Gabrielle Rattu

1. Berenang dan Bermain Air

Karena ombak pantainya cenderung tenang, maka para wisatawan bisa berenang dan bermain air dengan aman. Air lautnya jernih dan berwarna biru cerah berkilau. Ketika berenang dan bermain air, para wisatawan akan merasakan kesegaran saat menyentuh air lautnya. Sehingga pantai ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.

2. Bermain Kano

Yang menarik dari Pantai Gatra adalah para wisatawan bisa melakukan aktivitas bermain kano. Terdapat penyewaan kano di tepi pantai yang bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan. Tentu saja aktivitas ini sangat menarik bagi para wisatawan karena mereka bisa menikmati pemandangan tepi pantai dari sudut yang berbeda dengan menggunakan kano.

3. Berkemah

Para wisatawan yang hobi camping juga bisa melakukan aktivitas berkemah di pantai ini. Mereka bisa mendirikan tenda di tepi pantai dan bermalam disana. Sensasinya akan sangat berbeda dengan para wisatawan bermalam di tempat penginapan. Dengan menginap di tepi pantai, tidur pun akan ditemani dengan suara deburan ombak yang syahdu.

Aktivitas di Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps Denny Afrikhudin

4. Menyaksikan Sunset

Raja Ampatnya Jawa Timur ini merupakan salah satu tempat untuk menyaksikan sunset atau matahari terbenam yang recommended. Agar tidak ketinggalan momen sunset, para wisatawan disarankan untuk datang ke pantai pada sore hari menjelang senja.

5. Hunting Foto

Karena disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Jawa Timur, banyak para wisatawan yang berbondong-bondong berkunjung ke Pantai Gatra karena penasaran dengan faktanya. Terlebih lagi pantai satu ini memiliki pemandangan menarik dari berbagai sudut, sehingga ada beberapa wisatawan yang memang sengaja ingin mencari spot terbaik untuk hunting foto.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Gatra
Image Credit: Google Maps Sandhoz Mario

1. Homestay Ariesta

Lokasi penginapan dekat dengan pantai dan berada di daerah Sendang Biru. Fasilitasnya lengkap dan didukung dengan layanan yang bagus. Biaya penginapan per malamnya cukup terjangkau, yakni Rp 180ribu. Penginapan ini juga strategis karena dekat dengan Kondang Buntung, waru-waru, dan Sedang Biru.

2. Penginapan Labda Asri

Biaya penginapan per malam di penginapan ini yakni Rp 301ribu. Lokasinya berada di daerah Sendang Biru, tepatnya Desa Tambak Rejo. Fasilitas yang ada di penginapan termasuk lengkap, layanannya pun ramahdan bagus.

3. Pondok Bamboe

Penginapan mewah ini memiliki fasilitas berupa AC. Dengan adanya fasilitas AC, tidak mengherankan jika biaya menginap per malamnya lebih mahal daripada penginapan lain, yakni 337ribu per malam. Lokasi penginapan ada di Sendang Biru, tepatnya di daerah Tambakrejo.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai Gatra
Image Credit: Twitter Endang Roes

Bicara soal fasilitas, pihak pengelola Pantai Gatra sudah menyediakan fasilitas umum seperti kamar mandi, tempat parkir, jasa sewa ojek, sewa kano, sewa tenda, hingga pemandu wisata. Di pantai ini para wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas seru dan menarik seperti bermain kano, berkemah, hunting foto, berburu sunset, berenang, hingga bermain air.

Ombak pantainya cukup tenang, sehingga para wisatawan bisa berenang dengan aman. Pihak pengelola pantai memang menyediakan tenda untuk camping, akan tetapi pihak pengelola melarang para wisatawan untuk menyalakan api unggun. Hal ini dikarenakan pantai satu ini merupakan kawasan wisata alam yang dilindungi supaya keindahan pasir pantai tetap terjaga.

Pihak pengelola Pantai Gatra juga menyediakan beberapa tungku yang diletakkan di dekat kamar mandi sebagai fasilitas untuk para wisatawan yang berkemah di tepi pantai. Beberapa tungku tersebut bisa dimanfaatkan para wisatawan yang ingin memasak.

Bekal makanan untuk menginap di tepi pantai bisa dibawa sendiri oleh para wisatawan karena tidak ada warung di wilayah konservasi pantai. Karena merupakan wilayah konservasi alam yang dilindungi, maka setiap wisatawan harus benar-benar menjaga kebersihan pantai.

Di pintu masuk pun pihak pengelola sudah mendata barang-barang yang dibawa para wisatawan dan akan mengeceknya Kembali Ketika para wisatawan akan pulang. Jika memang ada sampah yang berasal dari barang bawaan wisatawan, akan didenda Rp 100ribu.

Pantai Gatra sangat recommended untuk dikunjungi karena memiliki panorama alam yang indah, mirip seperti Raja Ampat Papua. Para wisatawan tak perlu jauh-jauh ke Papua jika ingin menikmati pemandangan alam berupa gugusan pulau kecil berwarna hijau dengan permukaan laut yang biru dan jernih.