Harga Tiket: Rp 6.000, Jam Operasional: 05.00-14.00 WIB, Alamat: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Tiga Warna Malang merupakan tempat wisata alam yang ada di kawasan mangrove. Oleh karena itu, tidak heran apabila tempat tersebut mempunyai pemandangan yang masih asri dan sangat unik. Demi menjaga keasrian dari pantai yang satu ini, maka setiap harinya dilakukan pembatasan wisatawan. Pantai ini sendiri juga menjadi salah satu bentuk kecantikan yang dimiliki oleh Kabupaten Malang.

Jika kebanyakan masyarakat Indonesia hanya mengetahui bahwa Malang hanya memiliki keindahan pada pemandangan pulau dan pegunungan saja, maka hal itu tidak benar. Pasalnya, terdapat banyak sekali pantai eksotis yang sayang bila tidak dikunjungi, salah satunya Pantai Tiga Warna ini. Sehingga, Anda yang ada di Jawa Timur wajib sekali mencoba berlibur ke tempat wisata ini.

Disarankan pula untuk mengajak sahabat, rekan kerja, maupun keluarga supaya waktu liburan terasa lebih menyenangkan. Berbagai macam kearifan lokal yang ditawarkan oleh pantai tersebut siap memanjakan setiap wisatawan yang datang. Nah, berikut ini terdapat berbagai macam hal yang sayang dilewatkan karena ada kaitannya dengan Pantai Tiga Warna.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Tiga Warna

Daya Tarik Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps James Johnson

1. Mempunyai Warna-Warna Campuran

Apabila dilihat dari pemilihan nama dari destinasi wisata tersebut, maka sudah bisa diketahui bahwa pantai ini mempunyai keunikan pada warnanya. Warna-warna campuran yang menjadi daya tarik utama dari tempat tersebut antara lain seperti kehijauan, biru laut, putih, dan merah muda. Akan tetapi, yang sangat mencolok dan kerap terlihat adalah warna biru kehijauan, biru laut, serta putih dari pasir pantainya.

Perpaduan beberapa warna itulah yang menjadikan banyak orang datang ke pantai eksotis ini. Bahkan, ada juga pengunjung yang rela datang dari tempat yang jauh hanya untuk melihat secara langsung fenomena unik tersebut. Dikarenakan fenomena unik tersebut memang mampu menarik siapapun khususnya untuk pecinta wisata pantai.

2. Suasana Tenang dan Sejuk

Dengan adanya pembatasan jumlah pengunjung itulah yang membuat suasana di kawasan pantai menjadi tenang dan tidak terlalu bising oleh suara orang-orang. Tentu saja suatu ketenangan merupakan hal yang penting untuk menghabiskan waktu berlibur. Selain itu, setiap pengunjung yang ada di sana juga pasti akan merasakan suasana yang segar dan sejuk.

Hal itu karena terdapat hembusan angin sepoi-sepoi. Dengan demikian, tentu saja pikiran Anda bisa semakin damai. Wajar apabila banyak orang yang berkunjung ke Pantai Tiga Warna karena memang suasana yang disuguhkan sangat cocok untuk bersantai dan menyegarkan pikiran kembali. Apalagi bagi orang-orang yang kesehariannya sibuk bekerja di kota besar.

3. Kebersihan Pantai Sangat Terjaga

Kebersihan dari suatu destinasi wisata merupakan hal utama karena akan berakibat dengan kenyamanan seluruh pengunjungnya. Tempat wisata yang bersih membuat pengunjung semakin betah untuk berlama-lama berada di sana. Nah, jangan khawatir karena kebersihan sudah menjadi salah satu ciri khas dari salah satu pantai unik yang ada di Malang ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps Faizatul Mukrimah

Pantai Tiga Warna terletak di Desa Tambak Rejo, lebih tepat lagi ada di kawasan konservasi Sendangbiru, Kab Malang, Provinsi Jawa Timur. Untuk dapat memasuki wilayah pantai ini wajib memperoleh izin dari Clungup Mangrove Conservation terlebih dahulu sebab berada di dalam kawasan konservasi.

Anda dapat melakukan reservasi sebelumnya kepada petugas konservasi atau pihak pengelola dengan menghubungi nomor telepon yang tersedia. Selanjutnya, untuk menuju ke pantainya, maka pengunjung akan melewati rute menuju ke Pantai Goa Cina dahulu. Rute tersebut adalah rute yang terbilang paling kerap dipilih oleh orang-orang.

Dari pusat Kota Malang dapat mengambil jalan menuju ke arah Gadang, kemudian ke Turen. Setelah itu, ikutilah jalan tersebut hingga menuju Pantai Sendang Biru. Teruskan perjalanan lagi kurang lebih dua jam dan Anda akan menemukan sebuah persimpangan ke Pantai Sendang Biru dan Pantai Goa Cina.

Pilih saja jalan ke Pantai Goa Cina, lalu ikutilah jalan lurus tersebut sampai dua kilometer hingga melihat persimpangan lagi. Belok ke kiri menuju TPI atau Tempat Pelelangan Ikan. Nanti Anda akan masuk ke perkampungan Warna dan ambil jalan menuju Clungup Mangrove Conversation. Nah, di daerah konservasi tersebut pengunjung telah dapat menemukan pintu masuk ke Pantai Tiga Warna.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Tiga Warna
Image Credit: Instagram Anna

Untuk biaya tiket masuk yang wajib dibayar apabila berkunjung ke wisata ini pun tidak mahal, yakni hanya 6 ribu rupiah saja untuk satu orang. Tentunya harga ini terbilang sangat terjangkau dan ramah di kantong. Pengunjung juga dapat menyewa pemandu wisata yang terdapat di sana dengan harga 100 ribu rupiah untuk setiap rombongan.

Pantai Tiga Warna ini sudah dibuka mulai dari pukul 5 pagi sampai pukul 2 siang. Sehingga pastikan Anda dapat berkunjung pada kisaran jam-jam tersebut. Tetapi ada hal uniknya itu sebelum pengunjung datang ke destinasi wisata tersebut, maka harus melakukan reservasi atau membooking terlebih dahulu.

Dikarenakan itu adalah cara satu-satunya supaya Anda dapat mengunjungi destinasi wisata tersebut. Setiap harinya, maksimal pengunjung yang diperbolehkan berkunjung yaitu 100 orang saja. Oleh sebab itu, pastikan Anda telah memilih hari yang pas apabila akan mengunjungi pantai tersebut. Alangkah lebih baik pula apabila Anda menciptakan rombongan sendiri yang terdiri dari 10 orang.

Hal tersebut dikarenakan jika rombongan yang datang bukan kelipatan dari 10, maka tidak boleh. Contohnya saja seperti Anda datang dengan rombongan yang berjumlah 15 orang, maka hanya akan dibolehkan untuk melakukan reservasi untuk 10 orang saja dalam satu rombongan. Sedangkan, untuk 5 orang yang lain harus menciptakan rombongan sendiri.

Selain itu, dikarenakan pengunjung perlu terlebih dahulu melakukan reservasi. Sehingga, disarankan untuk mencari hari biasa saja dan bukanlah akhir pekan. Hal itu karena reservasi di hari biasa umumnya akan lebih sepi dibandingkan saat akhir pekan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Tiga Warna

Aktivitas di Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps Kharina Utami

1. Berenang

Di pantai tersebut pengunjung dapat berenang dan bahkan bisa snorkeling juga. Apabila tidak memiliki alat snorkeling, maka dapat menyewanya seharga 15 ribu rupiah per orang. Ketika snorkeling, Anda akan menikmati indahnya pemandangan terumbu karang di bawah laut yang dilengkapi oleh biota laut.

2. Berkemah

Dikarenakan wajib reservasi dahulu untuk berkunjung ke sini, tentu disayangkan sekali jika tidak bermalam atau kemah di pantai tersebut. Seluruh pengunjung dibolehkan untuk mendirikan tenda di kawasan tersebut. Apabila tidak membawa tenda, maka dapat sewa tenda seharga 25 ribu rupiah per malam serta menambah biaya 25 ribu rupiah lagi untuk menyewa lahan.

Aktivitas Menarik di Pantai Tiga Warna
Image Credit: Twitter Breaktime.co.id

3. Trekking

Tadi sudah dijelaskan bahwa Anda bisa menyewa pemandu wisata dengan harga 100 ribu rupiah. Nantinya, pemandu wisata tersebut berguna dalam menuntun pengunjung untuk menjelajahi kawasan konservasi serta kawasan Pantai Tiga Warna.

4. Melihat Ubur-Ubur

Di sana pengunjung akan melihat ubur-ubur yang bebas berkeliaran. Oleh karena itu, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan binatang cantik yang satu ini. Selain itu, jangan lupa juga untuk senantiasa hati-hati sebab ubur-ubur tersebut dapat menyengat.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps Ambyar

1. Homestay Dhilpratis

Lokasi dari penginapan bernama Homestay Dhilpatris ini ada di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Tarif yang diberlakukan untuk menginap di penginapan tersebut yaitu mulai 266 ribu rupiah. Terdapat berbagai macam fasilitas yang disediakan di sana antara lain yaitu ranjang nyaman, kipas angin, layanan kamar 24 jam, area parkir, dan kamar mandi.

Bahkan, penginapan ini lokasinya juga terbilang cukup dekat dengan objek wisata alam lainnya. Misalnya saja seperti Pantai Ngopet, Pantai Mbehi, Pantai Kondang Merak, dan Pantai Balekambang.

2. Lina Homestay

Lina Homestay ini letaknya ada Bajul Mati, Gedangan, Kabupaten Malang. Harga untuk bermalam di sini terbilang sangat terjangkau, yakni mulai 262 ribu rupiah saja per malamnya. Terdapat berbagai fasilitas yang diberikan seperti kipas angin, area parkir, kamar mandi, ranjang, dan layanan kamar selama 24 jam.

Tempatnya sangat strategis karena juga berdekatan dengan Pantai Sumenggung, Pantai Goa Cina, Pantai Watu Leter, dan Pantai Bajul Mati. Pemandangan alam yang ada di sekitarnya juga sangat segar dan alami.

3. Homestay Labda Asri

Alamat dari Homestay Labda Asri ini ada di Jl Sendang Biru, Tambak Rejo, Kec Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang. Tarif untuk satu malamnya sendiri kurang lebih 301 ribu rupiah. Fasilitasnya hampir sama dengan penginapan lainnya yaitu seperti kamar mandi, ranjang nyaman, area parkir, kipas angin, dan layanan kamar 24 jam.

Selain Tiga Warna, penginapan ini juga memiliki jarak cukup dekat dengan pantai yang lain. Antara lain seperti Pantai Waru-Waru, Pantai Kondang Buntung, dan Pantai Sendang Biru.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai Tiga Warna
Image Credit: Google Maps Jane Caprita Wijaya

Pantai Tiga Warna mempunyai berbagai macam fasilitas yang tidak bisa diragukan lagi kelengkapannya. Apabila Anda membawa kendaraan pribadi, maka sudah disediakan lahan parkir kendaraan yang cukup luas. Setiap pengunjung juga tidak perlu takut kelaparan saat berwisata karena sudah ada banyak warung dan toko yang menjual makanan serta minuman yang menggugah selera.

Gazebo dan saung juga tidak pernah sepi oleh pengunjung yang ingin berteduh dan bersantai sembari menikmati pemandangan laut yang memukau. Bagi Anda yang telah selesai berenang, maka telah disediakan kamar mandi dan lengkap dengan ruang ganti baju yang bersih dan nyaman. Selain itu, ada pula sebuah mushola yang dikhususkan bagi pengunjung muslim untuk melakukan ibadah.

Fasilitas berupa spot foto cantik juga banyak ditemukan di pantai ini. Hal ini pastinya sangat cocok sekali bagi Anda yang menyukai kegiatan memotret. Sedangkan, untuk pengunjung yang ingin berenang akan tetapi takut tenggelam, maka tidak perlu cemas. Hal itu karena di sini sudah ada banyak tempat yang menyewakan pelampung dengan harga terjangkau.

Itulah beberapa hal menarik mengenai destinasi bahari hits di Malang bernama Pantai Tiga Warna. Pantai yang indah tersebut bisa Anda kunjungi untuk memperoleh sebuah pengalaman berharga yang dapat dikenang selamanya. Karena keindahannya ini, tidak heran apabila menjadi salah satu wisata alam paling populer di Jawa Timur.