18 Wisata Pantai di Malang

Malang merupakan salah satu destinasi wisata favorit yang ada di Jawa Timur. Kota Apel ini tenar dengan berbagai keindahan alamnya. Salah satu yang mencuri perhatian para wisatawan adalah keindahan pantai-pantai yang berada di Malang.

Selain itu, kebanyakan pantai di Malang belum begitu terkenal sehingga masih banyak yang belum tahu jika Malang memiliki puluhan pantai yang tak kalah indah dengan yang ada di Pulau Dewata Bali. Secara umum hampir semua pantai di Malang terletak di bagian wilayah selatan yang lumayan sulit diakses.

Namun, semua kendala tersebut rasanya tidak ada artinya jika dibandingkan melihat sendiri keindahan pantai-pantai yang masih perawan di Malang. Bagi Anda yang ingin mencoba sensasi liburan pantai yang mempesona tak ada salahnya mengunjungi 18 wisata pantai di Malang yang menyimpan sejuta pesona keindahan yang dibahas berikut ini.

1. Pantai Wedi Putih

Pantai Wedi Putih

Lokasi: Balearjo, Purwodadi, Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Twitter.com

Pantai pertama yang direkomendasikan adalah Pantai Wedi Putih. Pantai yang satu ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk Anda pecinta snorkeling. Anda bisa melihat keindahan biota laut yang berwarna-warni  dengan keindahan alam bawah laut yang alami.

Selain itu, air laut yang jernih dan deretan batu karang yang sangat eksotis semakin memanjakan mata Anda. Jangan sampai lupa untuk berswafoto dengan latar belakang keindahan karang Pantai Wedi Putih

2. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Lokasi: Jl.Balaikambang, Srigonco, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Anekatempatwisata.com

Pantai Balekambang merupakan pantai yang sangat populer di Malang. Pantai ini bahkan sering disebut sebagai Tanah Lot-nya Pulau Jawa. Lokasi pantai ini kurang lebih 70 km selatan Kota Malang. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang sudah dikelola secara baik sehingga Anda bisa dengan mudah menikmati berbagai fasilitas pendukung liburan.

Sama dengan Tanah Lot di Pulau Dewata Bali, Anda juga bisa mengunjungi pura yang berada di salah satu bukit karangnya. Kalian bisa menjadikan pura yang ada di Pantai Balekambang sebagai latar belakang foto selfie yang sangat indah.

3. Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep

Lokasi: Kedungsalam, Kec. Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Ngalam.co

Pantai selanjutnya ini cocok untuk Anda yang sedang mencari ketenangan dengan suasana sepi nan menenangkan. Pantai Ngliyep merupakan sebuah pantai yang memiliki gugusan batu karang yang menarik untuk dinikmati. Salah satu batu karang di pantai ini memiliki bentuk menyerupai sebuah pintu gerbang.

Selain keindahan batu karang, Anda juga akan disuguhkan pemandangan samudra biru yang indah. Terlebih jika Anda mendatangi pantai ini ketika matahari tenggelam, maka keindahan sunset yang menakjubkan bisa didapat di Pantai Ngliyep Malang.

4. Pantai Kedung Celeng

Pantai Kedung Celeng

Lokasi: Jl.Raya Banjarejo, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Keluyuranbertiga.com

Jika Anda ingin melakukan snorkeling selain di Pantai Wedi Putih, Anda juga bisa mencoba sensani lain di Pantai Kedung Celeng. Sensasi snorkeling di laut Selatan Jawa dengan sejuta pesona keindahan alam bawah laut bisa Anda daparkan di pantai yang satu ini.

Selain itu, Anda juga bisa berendam di antara dua batu besar yang menjadi penangkal ombak besar yang menuju Pantai Kedung Celeng. Anda bisa berendam dengan tenang sambil menikmati hamparan karang dan pasir putih di sepanjang bibir pantai alami ini.

5. Pantai Seling Ombo

Pantai Seling Ombo

Lokasi: Sendang Kamulyan, Banjarejo, Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Nulspounya456789.blogspot.com

Selanjutnya ada Pantai Seling Ombo yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut. Nuansa serta atmosfer pantai yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai ria dan menepikan diri sejenak dari hingar biang rutinitas perkotaan.

Waktu yang sangat cocok untuk Anda mengunjungi pantai ini adalah disaat momen matahari tenggelam di ufuk barat. Hal ini lantaran eksotisme sunset berlatar hamparan pasir putih dengan deburan ombak yang berkejar-kejaran menjadi sebuah kombinasi ideal untuk berfoto bersama orang tersayang.

6. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

Lokasi: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur.  – Image Credit by Indiekraf.com

Pantai Tiga warna menawarkan pesona gradasi warna hijau dan biru dengan hamparan pasir putih yang memukau. Selain itu suasana pantainya juga sangat indah serasa pantai-pantai di Pulau Dewata Bali. Selain gradasi warna yan indah pantai ini juga terkenal dengan pemandangan hutan mangrovenya.

Hal ini dikarenakan Pantai Tiga Warna juga menjadi salah satu area konservasi tanaman mangrove. Jika Anda mau datang ke pantai ini, maka Anda mesti membayar retribusi donasi yang berwujud satu pohon mangrove. Di samping itu pengelola juga membatasi jumlah wisatawan per harinya.

7. Pantai Watu Lepek

Pantai Watu Lepek

Lokasi: Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Yukpiknik.com

Pantai yang satu ini nampaknya masih asing di telinga para wisatawan, namun sebenarnya Pantai Watu Lepek ini menyimpan keindahan yang tersembunyi. Pantai ini tersembunyi di balik bukit karang sehingga masih jarang yang mengunjunginya, nuansa ketenangan bersama alam, bisa Anda dapatkan di sini.

Satu yang spesial dari pantai ini yaitu ada sebuah batu karang besar dan lebar menyerupai “lepek”  sebuah perkakas minum kopi dalam bahasa Jawa yang menjorok masuk ke laut. Dari atas batu karang tersebut Anda bisa berswafoto dengan latar belakang deburan ombak laut lepas.

8. Pantai Teluk Putri

Pantai Teluk Putri

Lokasi: Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Amazingmalang.id

Seperti namanya, Pantai Teluk Putri lokasinya menjorok ke dalam menjadikan pantai ini seolah-olah bersembunyi dari lingkungan sekitarnya. Bagi Anda yang menemukannya akan dapat menikmati indahnya pantai kecil yang mempesona. Pasir putih dan ombak yang tenang menawarkan suasana syahdu dan nyaman.

Bagi Anda yang suka berburu spot swafoto yang top banget, maka di pantai ini ada sebuah kapal tiruan yang berada di atas karang yang terbuat dari susunan bambu. Ketika Anda berswafoto di atas kapal tersebut maka sensasi menaiki kapal dengan hembusan angin laut Pantai Teluk Putri yang menyegarkan.

9. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono

Lokasi: Purwodadi Kidul, Purwodadi, Tirto Yudo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Enaknyakemana.com

Bagi Anda pecinta olahraga selancar, maka wajib mencoba mengunjungi pantai yang satu ini. Pantai Lenggoksono memiliki ombak besar yang sangat pas Anda jadikan sirkuit selancar penuh tantangan. Para peselancar yang telah mencoba pantai ini merasa puas lantaran garis pantai di lokasi ini sangat panjang.

Untuk Anda yang belum bisa bermain selancar, maka Anda bisa mencoba petualangan dengan perahu yang disewakan untuk mampir ke Teluk Kretekan. Di teluk ini Anda akan menemui air terjun indah yang airnya langsung jatuh ke pinggir pantai. Air terjun di pinggir pantai ini biasa disebut dengan Banyu Anjlok.

10. Pantai Gatra

Pantai Gatra

Lokasi: Sendang Biru, Sitiarjo, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Blogkulo.com

Pantai yang satu ini terkenal dengan gugusan batu karang berwarna hijau yang berada tidak terlalu jauh dari bibir pantai. Selain itu, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang halus dan lembut. Tidak hanya itu, keindahan dan kebersihan pantai ini sangat terjaga dengan baik.

Hal ini lantaran pihak kelola tegas melarang para pengunjung yang datang ke Pantai Gatra membawa barang yang memiliki potensi menjadi sampah. Hamparan pasir putih berpadu dengan karang dan deburan ombak menjadi obat penenang yang ampuh untuk kesibukan rutinitas kerja Anda.

11. Pantai Watu Leter

Pantai Watu Leter

Lokasi: Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by JejakPiknik.com

Pantai Watu Leter memiliki pesona keindahan deretan batu karang yang besar di sepanjang pantai. Salah satu batu karang yang menjadi identitas pantai ini adalah batu karang besar yang menonjol dengan permukaan datar atau dalam bahasa Jawa disebut dengan “leter”.

Akses menuju pantai keren ini sangat membutuhkan perjuangan menyusuri keras dan tajamnya batu karang. Namun ketika berhasil sampai di pantainya, maka segala perjuangan tersebut akan setimpal dengan eksotisme keindahan alam pantai yang natural.

12. Pantai Licin

Pantai Licin

Lokasi: Lebakharjo, Kec. Ampelgading, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Ksmtour.com

Jika semua pantai yang dibahas sebelum memiliki pasir putih, maka pantai yang satu ini berbeda dengan pantai-pantai di Malang. Pantai Licin memiliki pemancangan pantai berpasir hitam legam. Menurut cerita yang beredar, warna hitam legam pasir pantai ini lantaran sisa material muntahan lahar dari Gunung Semeru.

Sama halnya dengan pantai lainnya di Malang, Pantai Licin juga menyuguhkan eksotisme pemandang alam yang menarik. Anda bisa menyaksikan batu karang yang berjajar di sekitaran pantai, air laut biru, dan ombak yang berkejar-kejaran di laut selatan Jawa.

13. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak

Lokasi: Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Wisataid.com

Pantai yang satu ini lokasi tidak jauh dengan Pantai Balekambang, Pantai Kondang Merak menyajikan sensasi berenang di air laut yang menyenangkan bagi Anda. Hal ini karena ombak yang masuk ke pantai cukup landai sehingga aman untuk berenang.

Kenikmatan berenang Anda akan semakin sempurna dengan air laut biru yang jernih dan bersih. Bagi Anda yang menginginkan liburan murah dan nyaman bisa mencoba datang ke Pantai Kondang Merak.

14. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru

Lokasi: Sendangbiru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Malangkab.go.id

Pantai ini tenar lantaran pesona Pulau Sempu yang sangat terkenal di mata para wisatawan. Hal ini karena Pantai Sendang biru menjadi gerbang masuk para wisatawan berkunjung ke Pulau Sempu.

Hamparan pasir putih dan deburan ombak yang sangat bersahabat menjadi daya tarik utama pantai yang di Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini. Anda bisa menyaksikan rutinitas harian nelayan yang mendaratkan ikan tangkapannya di pantai ini.

15. Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung

Lokasi: Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Gajahrejo, Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Pesona.travel

Pantai Batu Bengkung adalah salah satu pantai di Malang yang memiliki ombak lumayan tinggi bisa mencapai 2 hingga 3 meter, sehingga bukan lokasi aman untuk berenang. Bukan berarti pantai ini tidak menarik, pasalnya ada satu keunikan yang khas dari pantai keren ini. Keunikan itu adalah kolam renang alam di bibir pantai.

Kolam renang muncul ketika air laut surut, ombak yang menghantam ke bibir pantai ketika pasang tidak sepenuhnya mampu kembali ke laut karena terhalang  batu karang di sepanjang pantai. Sehingga cekungan batu-batu karang tadi seolah menjadi kolam renang alam yang indah berwarna hijau toska yang menyejukkan.

16. Pantai Gua Cina

Pantai Gua Cina

Lokasi: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Suweniphotografer.wordpress.com

Selanjutnya ada destinasi wisata pantai andalan di Malang yaitu Pantai Gua Cina. Pantai yang masih sangat alami ini banyak didatangi oleh para wisatawan baik lokal maupun nasional. Air laut yang jernih berwarna biru dengan hamparan pasir putih menjadi daya tarik pantai ini.

Satu lagi yang paling menarik dari destinasi wisata ini adalah goa yang berada di karang pinggir pantai. Gua ini dipercaya sebagai tempat bersemedi seorang pemuda Cina yang bernama Hing Hook. Pemuda Cina tersebut akhirnya menemui ajal ketika menjalani semedi di gua bukit karang pantai indah ini.

17. Pantai Nganteb

Pantai Nganteb

Lokasi: Tumpakrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Anomharya.com

Pantai Nganteb menjadi semacam surga bagi para pecinta selancar. Pasalnya ombak pantai ini pas untuk berselancar dan tidak ada batu karang yang terkadang menghalangi aktivitas berselancar Anda. Pantai ini juga dikenal dengan pantai bernuansa religi.

Dikatakan pantai religi lantaran ada sebuah pusara yang sering didatangi para warga sekitaran pantai yang masih mendalami aliran “kejawen”. Anda juga bisa menikmati keindahan pantai ini dengan naik ke atas bukit di sekitar pantai.

18. Pantai Selok

Pantai Selok

Lokasi: Kandangmerak, Sumberbening, Bantur, Kab. Malang, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Pantai terakhir di Malang yang bisa Anda coba adalah Pantai Selok dengan pesona keelokan alamnya. Keelokan ini terpancar dari pasir putih yang terhampar luas dan bukit batu karang yang mempesona mata Anda.

Semakin elok jika Anda bisa menikmati sunset di pantai ini sambil bersantai di tepi pantai yang masih alami. Hamparan karang sepanjang pantai berpadu dengan ombak laut menambah merdu kolaborasi keindahan alam ciptaan Tuhan yang paling indah di Selatan Malang.

Demikian tadi pembahasan mengenai 18 wisata pantai super keren yang ada di Malang. Segera rencanakan liburan Anda ke pantai-pantai indah tadi. Dengan berlibur ke pantai maka segala kepenatan kerja Anda akan terobati.