Angels Billabong, wisata bahari unik dan indah yang berada di Nusa Penida Bali, selalu menjadi incaran para wisatawan. Muara tersembunyi yang memiliki pesona keindahan layaknya bidadari.

Lokasi: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.
Map: Cek Lokasi

Pulau Dewata yang terkenal dengan berbagai wisata baharinya, ternyata bukan hanya pantai tetapi juga muara sungai yaitu Angel’s Billabong yang berada di Nusa Penida. Keindahan bak surga yang memikat hati para wisatawan untuk dapat berkunjung ke sana.

Tempat wisata ini mempunyai pesona unik tersendiri, bahkan tidak akan Anda temui di wisata bahari lainnya. Sebuah muara sungai sebelum menuju lautan lepas, begitu artistik dengan hiasan batu karang dan kolam alami berupa cerukan.

Wisata Angel’s Billabong menjadi primadona diantara destinasi wisata yang ada di Nusa Penida, Bali. Bukan tanpa alasan pastinya, melainkan karena panorama indah yang berbatasan langsung dengan laut lepas serta keunikannya yang tiada duanya. Tidak berlebihan rasanya, jika julukan Surga Bahari yang Tersembunyi disematkan pada tempat wisata ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Angel’s Billabong

Daya Tarik Angel's Billabong
Image Credit: Facebook.com @travelokath

Arti di balik nama tempat eksotis ini berhubungan dengan keindahan dan lokasinya. Angel yang berarti bidadari atau malaikat serta Billabong yang berarti ujung sungai yang buntu memberi makna jika tempat ini merupakan ujung dari muara sungai dengan keindahan atau kecantikan layaknya bidadari. Begitu banyak hal menarik dan cantik yang dapat Anda temui di sana.

1. Air Jernih dan Keindahan Pemandangan Bawah Airnya

Anda akan terkesima melihat jernihnya air di kolam alami ini. Bahkan ikan-ikan kecil dapat terlihat jelas berenang kesana kemari. Selain ikan, di dasar kolam juga terdapat alga yang menambah eksotika wisata bahari ini. Pemandangan luar biasa yang akan sangat cantik untuk diabadikan melalui jepretan kamera atau ponsel pintar Anda.

Bukan hanya alga dan ikan yang menambah kecantikan Angel’s Billabong, bebatuan karang tempat Anda berpijak juga memberi nilai tambah pada pesonanya. Berwarna hijau kekuningan dengan cerukan-cerukan kecil di permukaannya memberi efek gradasi pada air kolam dan begitu memanjakan mata.

Batu karang dengan warna hijau agak kuning tersebut merupakan ciri khas dan karakteristik dari lembah kolam alami ini. Letaknya yang sedikit lebih tinggi dari bagian tepi laut lepas, makin menambah sempurna panorama yang dimilikinya.

2. Gugusan Dinding Tebing

Infinity pool atau kolam tanpa batas ini dikelilingi dinding tebing tinggi dengan kontur yang unik. Bukan seperti tebing di wilayah pantai pada umumnya dengan permukaan yang rata, tebing di kawasan ini memilik cerukan di setiap permukaannya karena terkikis oleh hempasan ombak dari laut lepas.

Bagi pecinta wisata ekstrim, tebing ini juga dimanfaatkan sebagai jalur hiking. Medan yang sulit terdiri dari bebatuan karang serta beberapa bagian tebing yang tajam, terbayar dengan pemandangan Angel’s Billabong yang dapat Anda lihat secara menyeluruh dari atas tebing.

Memiliki pagar dinding berupa tebing yang tinggi menjulang, menjadikan tempat ini layaknya private beach di tepi lautan lepas. Menyendiri dan tersembunyi, sangat pas dengan julukannya sebagai wisata surga tersembunyi.

Daya Tarik dari Angel's Billabong
Image Credit: Facebook.com @telusuriindonesia

3. Memberi Ketenangan

Letaknya yang cukup jauh terpisah dari hingar bingar Pulau Dewata, wisata laguna alam ini menawarkan suasana yang begitu tenang dan nyaman bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Sebuah destinasi wisata yang sempurna bagi Anda yang tengah mencari ketenangan untuk menghilangkan kepenatan.

Anda dapat menghabiskan waktu menikmati panorama indah dengan berjemur untuk memperoleh kulit eksotis. Bisa juga dengan duduk bersantai di atas bebatuan karang sambil ber-selfie ria, atau saat air tenang manfaatkan kesempatan untuk berendam di kolam alami ini.

4. Letak yang Berdekatan dengan Wisata Pantai Lain

Angel’s Billabong berada satu jalur dengan beberapa wisata pantai yang ada di Pulau Nusa Penida. Hal tersebut semakin menjadikan wisata ini tujuan favorit wisatawan, karena dapat mengunjungi beberapa kawasan wisata dalam sekali perjalanan.

Wisata pantai yang berada di dekat dengan tempat ini diantaranya yaitu Pantai Pasih Uug, Pantai Nusa Penida yang kini lebih dikenal dengan sebutan Crystal Beach, Pantai Suwehan, Pantai Banah dan Broken Beach serta Pantai kelingking.

Dari sekian pantai tersebut yang terdekat dengan lokasi Angel’s Billabong adalah Pasih Uug dan juga Broken Beach. Anda hanya perlu berjalan kaki sejauh kurang lebih 300 meter untuk sampai ke Pantai Uug dari kawasan wisata ini. Sangat menyenangkan sekali, karena Anda dapat melakukan wisata pantai di dua tempat sekaligus.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Angel’s Billabong

Alamat Angel's Billabong
Image Credit: Wisataindonesiabagus.blogspot.com

Bertempat di Dusun Sompang, Nusa Penida, tempat wisata ini berada di Kabupaten Klungkung, Pulau Dewata Bali. Untuk dapat sampai ke sana, Anda harus menyeberang menggunakan fast boat ataupun speed boat dari Pesinggahan Klungkung atau Dermaga Sanur Pulau Bali ke Dermaga Toya Pakeh Pulau Nusa Penida pada pukul 07.00-16.00 WITA.

Lama perjalanan jika Anda berangkat melalui Pantai Sanur kurang lebih 1 jam. Di luar jadwal penyeberangan, dapat dipastikan Anda tidak akan memperoleh alat transportasi untuk menyeberang.

Setelah berada di Toya Payeh anda dapat melanjutkan perjalanan menggunakan kendaraan bermotor baik beroda empat maupun dua untuk sampai di lokasi wisata. Agar lebih nyaman dan tidak salah jalan, disarankan untuk menggunakan jasa rent car sekaligus supir. Akses jalan menuju lokasi terbilang cukup sulit karena sebagian jalan masih rusak dan sedikit sempit.

Lama perjalanan di akses jalan yang rusak kurang lebih 1 jam. Bagi pengendara roda dua harus lebih berhati-hati dan fokus. Sebab jalan yang harus ditempuh termasuk cukup ekstrim dan berbahaya bagi yang tidak biasa. Meski begitu, perjalanan Anda akan terbayar lunas dengan keindahan yang langsung menyambut kedatangan Anda di sana.

Harga Tiket Masuk Angel’s Billabong Nusa Penida

Harga Tiket Angel's Billabong
Image Credit: Twitter.com @lingkarid

Untuk menikmati keindahan yang diumpamakan bagaikan surga dan bidadari ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk tiket masuk alias gratis. Anda hanya mengeluarkan biaya untuk menyeberang dari Bali ke Nusa Penida dengan tarif antara 75.000-100.000 jika Anda menggunakan speed boat, serta biaya parkir motor sebesar Rp 5.000,00.

Sangat terjangkau untuk wisata alam spesial seperti ini bukan? Tempat wisata ini buka 24 jam dan setiap hari. Namun, sudah ada jadwal penyeberangan dari Pulau Bali ke lokasi wisata ini. Jadwal tersebut disesuaikan dengan kemungkinan kondisi gelombang lautan, agar para wisatawan tetap aman dalam menikmati liburan.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Angel’s Billabong

Kegiatan di Angel's Billabong
Image Credit: Twitter.com @balitravelshop

1. Sun Bathing atau Berjemur

Para wisatawan khususnya mancanegara, senang sekali menjadikan tempat wisata ini untuk bersantai menikmati ketenangan serta keindahan alam dengan berjemur. Menghabiskan waktu dengan berbaring di bawah terik matahari, diselingi suara debur ombak juga hembusan angin laut yang sejuk, menjadi salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Angel’s Billabong.

Bagi Anda wisatawan domestik juga boleh jika ingin berjemur, tetapi jangan terlalu lama dan gunakan tabir surya tentunya. Untuk menghindari efek buruk dari paparan sinar matahari.

2. Berenang

Siapa yang mampu menahan godaan untuk terjun ke dalam kolam yang begitu jernih dengan gradasi warna hijau yang semakin menjadi pekat dan kebiruan begitu mendekati lautan. Hanya dengan memandang, sudah terbayang kesegaran yang akan di dapat saat berenang di kolam alami tersebut.

Meski tidak dilarang, tetapi para wisatawan wajib mematuhi batas aman yang di pasang di ujung kolam sebelum laut lepas. Selain itu juga harus memperhatikan keadaan air laut sedang pasang atau surut. Ombak lautan yang besar mampu menyeret tubuh Anda jika nekat berenang saat air pasang. Biasanya air lebih tenang saat pagi hari sehingga aman untuk wisatawan berenang.

Tidak disarankan berkunjung saat musim hujan, karena track menuju lokasi yang cukup sulit juga menjadi lebih licin. Selain itu air kolam bisa juga menjadi keruh dan mengurangi estetika. Saat bulan purnama dan bulan Juni juga merupakan saat yang kurang tepat untuk ke sana. Sebab pada saat itu gelombang laut lebih besar dan dapat melewati batas aman.

3. Berswafoto

Sangat disayangkan jika berada di tempat yang indah, tetapi Anda tidak mengabadikannya dalam bentuk foto ataupun video. Selain untuk mengabadikan momen sebagai kenangan, hal tersebut juga dapat menghasilkan jika dijadikan konten dalam akun sosial media Anda. Banyak sekali spot yang dapat Anda eksplore di Angel’s Billabong ini.

Mulai dari tebing menuju kolam tang menjadi akses masuk Anda. Tebing yang menjulang tinggi dengan konturnya yang unik, serta spot utama yaitu ceruk kolam alami nan jernih dengan batu karang berwarna yang menciptakan gradasi sangat mempesona .Landscape sempurna untuk diabadikan oleh lensa kamera.

Momen ombak menghempas batu karang yang menjadi batas laguna dengan lautan lepas ini juga dapat memberi efek lebih dramatis bagi foto yang Anda ambil. Jadi dengan tetap memperhatikan keselamatan, abadikan tiap spot dan momen yang ada, untuk mengobati rindu jika belum bisa kembali berkunjung ke sana.

Fasilitas yang Tersedia di Angel’s Billabong Bali

Fasilitas di Angel's Billabong Bali
Image Credit: Agoda.com

Tempat wisata ini belum memperoleh perhatian pemerintah setempat. Sebab itulah infrastruktur menuju lokasi terbilang buruk, bahkan tidak sedikit wisatawan yang mengalami kecelakaan saat menggunakan motor menuju lokasi karena buruknya akses jalan. Di titik lokasi wisata pun belum tersedia fasilitas umum bahkan yang mendasar seperti toilet, tetapi ada beberapa warung makan di sekitar lokasi.

Selain itu signal operator juga cukup sulit di sini, jadi bagi yang menggunakan aplikasi penunjuk jalan menuju lokasi disarankan mengunduh versi offline nya. Agar lebih aman lebih disarankan Anda menggunakan jasa pemandu wisata.

Namun, setidaknya para wisatawan dapat sedikit lega karena adanya penginapan di sekitar lokasi Angel’s Billabong. Beberapa penginapan yang dapat dijadikan pilihan oleh wisatawan berupa bungalow ataupun hotel dan resort. Kisaran harga yang ditawarkan antara 200.000-1.000.000. Tergantung dari luasnya kamar dan fasilitas yang disediakan.

1. Bintang Bungalows

Harga yang ditawarkan kisaran Rp 720.000,00/malam.

2. Ring Sameton Resort Hotel

Dibandrol dengan harga rata-rata Rp 700.000,00/malam.

3. Namaste Bungalows

Memasang harga rata-rata Rp.500.000,00/malam

4. Kubu Ganesh Guest House

Mematok harga berkisar Rp.1.1250.00,00/malam.

Itulah sedikit gambaran dari wisata Angel’s Billabong Bali. Sebuah destinasi wisata bagaikan surga yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Pulau Dewata. Sedikit tips untuk Anda yang berencana berkunjung ke sana, pastikan tidak sedang musim hujan, bukan saat musim liburan, gunakan jasa tour guide dan rent car, gunakan sepatu dan baju yang nyaman untuk memudahkan sampai di lokasi dengan aman.