Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rowotrate, Sitiarjo, Kec. Sumbermanjing, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Tidak hanya terkenal sebagai tempat yang ramai oleh para pelajar dari berbagai kota untuk menempuh pendidikan, namun Malang juga terkenal sebagai tempat indah yang memiliki beberapa pantai yang menawan. Salah satu pantainya yang cukup terkenal adalah Pantai Watu Leter, dan hal itu bukan tanpa sebab.

Pantai yang satu ini menyajikan pemandangan yang luar biasa indah dan membuat pengunjungnya merasa betah berlama-lama disini. Jarang ditemui sampah atau kotoran yang dibuang sembarangan oleh para pengunjung, sehingga pantai ini tampak sangat bersih.

Tidak mengherankan apabila Pantai Watu Leter menjadi destinasi yang paling wajib dikunjungi ketika berlibur ke Malang. Berikut adalah beberapa informasi menarik mengenai pantai ini yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Watu Leter

Daya Tarik Dimiliki Pantai Watu Leter
Image Credit: Facebook Kota wisata batu

Semua hal yang menyelimutinya terbilang sangat memukai, mulai dari bibir pantai, lautnya, bahkan pepohonan sekitar juga turut serta menambah keindahannya.

1. Pemandangan Matahari Terbenam yang Menawan

Sama seperti ketika mengunjungi pantai pada umumnya, para wisatawan yang singgah di Pantai Watu Leter juga bisa menikmati pemandangan matahari yang begitu menawan. Matahari pada sore hari akan tampak begitu cemerlang dan cahayanya yang perlahan meredup bisa disaksikan ketika berada pada pantai ini.

Untuk itu, banyak anak muda yang begitu menikmati kondisi pantai ini dan memilihnya sebagai salah satu tempat sempurna untuk menikmati pemandangan sunset bersama dengan teman-temannya atau orang yang dicintainya. Suasana romantis yang dihasilkan tentu akan membuat siapapun merasa terpana dan tidak akan melupakan pemandangan matahari tersebut.

2. Batu Karang yang Menarik

Pada pantai ini, terdapat kumpulan batu karang yang berjejeran dan ukurannya pun bisa dibilang cukup bervariasi. Ada batu karang yang ukurannya sangat besar, namun ada pula yang termasuk cukup kecil dibandingkan dengan batu lainnya. Mereka semua berada pada posisi yang strategis dan masih bisa dijangkau oleh pengunjung.

Meskipun batu karang tersebut tidak terlalu berbahaya untuk disinggahi, namun alangkah lebih baik apabila pengunjung tetap memperhatikan keselamatan mereka ketika berada pada batu karang ini. Sebab, kumpulan batu tersebut cenderung cukup licin sehingga jika tidak berhati-hati maka dikhawatirkan pengunjung akan terluka dan berada dalam bahaya yang tidak diinginkan.

3. Dikelilingi Pepohonan

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki oleh Pantai Watu Leter adalah pepohonannya yang begitu melimpah dan sangat rimbun. Hal tersebut dibantu oleh banyaknya pohon cemara yang mengelilingi daerah pantai, sehingga pengunjung tidak akan merasa kepanasan oleh sengatan matahari ketika mengunjungi pantai ini.

Tidak hanya pohon cemara, namun pengunjung yang mendatangi pantai ini juga akan menemui hutan bakau yang sangat lebat. Hutan tersebutlah yang menjadi alasan mengapa kondisi udara pada pantai ini begitu sejuk dan berbeda dengan udara kotor yang biasanya ada di daerah kota-kota besar.

Daya Tarik Pantai Watu Leter
Image Credit: Instagram Pantai Watu Leter

4. Suasana yang Sepi

Hal yang membuat Watu Leter begitu unggul dibandingkan dengan lainnya adalah suasananya yang begitu sepi dan mendamaikan. Tidak akan terdengar suara bising kendaraan berat seperti di kota ataupun suara berisik yang mengganggu kenyamanan para pengunjung. Sebab, pengunjung yang mendatangi pantai ini memang terbilang cukup sedikit dan tidak terlalu ramai.

Meskipun begitu, bukan berarti pantai ini tidak menarik. Justru sebaliknya, masih banyak orang yang belum terlalu mengenal mengenai keindahan tersembunyi yang ada pada pantai ini. Karena itulah, pengunjung yang ingin menikmati liburan bersama orang yang dicintai dalam keadaan sunyi pun lebih memilih untuk menggunakan.

5. Bentangan Pasir yang Lembut

Ketika singgah di Pantai Watu Leter, pengunjung akan langsung dibuat terpana akan bentangan pasirnya yang begitu luas dan menyilaukan. Warnanya merupakan perpaduan antara putih dan kecoklatan, serta tidak ditemui sampah apapun yang membuat pasir itu terlihat tidak menarik.

Pasir tersebut memiliki tekstur yang cukup lembut dan tidak akan membuat kaki menjadi terluka apabila berjalan di atasnya tanpa menggunakan alas kaki. Pengunjung yang membawa anak-anak pun dapat mengajak mereka untuk bermain pasir dengan membuat istana mainan.

6. Air Laut yang Jernih

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh pantai ini tentu saja air lautnya yang begitu bersih dan jernih tanpa tercemar oleh kotoran apapun. Air laut tersebut memiliki warna yang sangat menarik, yakni perpaduan antara biru tua dan hijau tosca yang tercampur sehingga menghasilkan pantulan air yang begitu memukau mata.

Saking jernihnya, pengunjung yang ingin menaiki kapal dapat melihat ikan kecil dan makhluk hidup lain yang sedang berenang di bawah kapal secara jelas tanpa harus menyelam terlebih dahulu. Hal ini terjadi sebab pengelola pantai memang merawat kebersihan yang ada pada pantai ini dengan penuh perhatian.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Watu Later
Image Credit: Instagram Info Malang Raya

Pantai Watu Leter memiliki lokasi yang cukup mudah untuk dijangkau sebab tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Malang. Berada di Kecamatan Sumbermanjing, objek wisata ini bisa dituju dengan memanfaatkan kendaraan roda empat ataupun roda dua selama kurang lebih dua jam dari pusat kota.

Pengunjung yang ingin menyinggahi tempat ini disarankan untuk memulai perjalanan dari pusat kota Malang agar lebih cepat sampai. Mulailah perjalanan dengan mengambil menuju ke arah Malang Selatan. Setelah melewati Pantai Sendang Biru, Anda harus melewati Pantai Goa Cina terlebih dahulu. Kemudian, Anda pun berjalan kaki selama 20 menit lalu sampailah Anda di tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Watu Later Malang
Image Credit: Google Maps Bimo Irianto

Untuk mengunjungi Pantai Watu Leter, biaya yang perlu dikeluarkan umumnya tidak terlalu maha. Hanya dengan mengeluarkan uang sebesar 10 ribu rupiah saja, Anda bisa memasuki pantai dan menikmati segala keindahan yang sudah terpapar di tempat tersebut. Biaya parkirnya juga termasuk murah, untuk kendaraan roda dua dikenai biaya 5 ribu sedangkan mobil dikenai 10 ribu.

Lain lagi apabila Anda memiliki rencana untuk berkemah di pantai ini bersama dengan teman-teman atau rombongan. Anda tidak perlu membayar tiket lagi, namun hanya perlu membayar biaya parkir tambahan sebesar 3 ribu jika ingin menginap selama semalam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Watu Leter

Aktivitas Dilakukan di Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps Masrur Rofi

1. Bersantai di Dalam Gubuk

Pada kawasan pantai, Anda akan menemui beberapa gubuk yang berdiri di sekitar area pantai. Gubuk tersebut terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh, sehingga bisa digunakan oleh pengunjung ketika mereka ingin beristirahat selama beberapa waktu.

Anda bisa rebahan atau duduk santai sambil menikmati panorama di sekitar pantai yang menyejukkan. Untuk menikmati gubuk ini, Anda tidak akan dikenai biaya apapun sehingga Anda bisa bersantai dalam waktu selama mungkin.

2. Melihat Penyu Bertelur

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Pantai Watu Leter adalah penyu yang seringkali melintasi pesisir pantai untuk bertelur. Pada waktu tertentu, penyu-penyu tersebut akan berjalan menuju pantai dan menaruh telur mereka yang jumlahnya begitu banyak di dalam pasir.

Fenomena tersebut bisa dilihat dengan jelas ketika mengunjungi pantai ini. Karena hewan tersebut sudah semakin langka, maka tidak mengherankan apabila pihak pengelola pantai menjaga keberadaan penyu tersebut sehingga mereka bisa segera bertelur tanpa menghadapi tekanan apapun.

3. Berkemah pada Malam Hari

Seperti yang sudah pernah disebutkan sebelumnya, pengunjung bisa memanfaatkan kondisi pesisir pantai yang begitu sepi untuk berkemah dan membangun tenda sendiri. Tentu saja tenda tersebut harus ditaruh pada posisi yang tidak terlalu dekat dengan air laut sebagai antisipasi air laut yang tiba-tiba naik.

Pada malam hari, suasana yang ada di pantai ini pun masih tetap damai dan tidak akan terdengar gangguan apapun yang menjengkelkan. Karena itulah pantai ini disebut sebagai spot sempurna ketika ingin melarikan diri dari pekerjaan atau kegiatan sehari-hari yang begitu melelahkan.

Aktivitas di Pantai Watu Leter
Image Credit: Google Maps iis aisyah

4. Snorkeling

Pengunjung yang berada di Pantai Watu Leter dapat melakukan snorkeling atau berenang di dalam air dengan bebas. Meskipun mereka hanya diperbolehkan untuk berenang hingga titik tertentu, namun semua keindahan yang ada di dalam lautnya begitu memukau mata.

Anda dapat membawa alat snorkeling dari rumah atau membeli peralatan tersebut dari pihak yang menjual alat-alat itu di sekitar pantai. Rasakanlah keindahan biota laut yang masih begitu terjaga keindahannya dari jamahan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

5. Memotret dan Bermain di Pinggir Pantai

Kegiatan terakhir yang tidak boleh dilupakan ketika berada di pantai ini tentu saja memotret segala keindahan yang disajikannya. Bawalah kamera atau gunakan kamera ponsel untuk memotret momen menakjubkan yang bisa dinikmati di pantai ini, terlebih pada sore hari dimana matahari mulai tenggelam. Selain fotografi, Anda juga bisa bermain dengan leluasa di daerah pinggir pantai.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Watu Later
Image Credit: Google Maps Homestay sendang biru

Ada beberapa penginapan terdekat yang bisa Anda pilih ketika berada di Pantai Watu Leter, diantaranya adalah:

1. Pondok Bamboe

Pondok Bamboe menjadi penginapan yang tepat ketika berada di pantai cantik ini. Jaraknya dari pantai tidak terlalu jauh, yakni hanya sekitar 5 kilometer saja. Pengunjung dapat merasakan pelayanan yang eksklusif dari penginapan ini.

2. Homestay Ariesta

Selanjutnya ada Homestay Ariesta. Jaraknya dari pantai hanya 4 kilometer sehingga tidak akan memakan waktu terlalu lama ketika ingin mengunjungi pantai. Harganya lumayan murah, dan bisa dipilih sesuai keinginan dan kapasitas orang yang dibawa.

3. Homestay Labda Asri

Terakhir, Homestay Labda Asri bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung. Hanya berjarak sebesar 3 kilometer saja, penginapan ini menyajikan fasilitas yang begitu mewah meskipun biaya untuk menginap tidak terlalu mahal.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Wisata Watu Later
Image Credit: Google Maps iis aisyah

Di Pantai Watu Leter, sudah tersedia beberapa fasilitas yang sangat memadai dan mampu memuaskan pengunjung. Mulai dari toilet yang bersih, mushola untuk beribadah, dan tempat parkir yang tidak terlalu jauh dari bibir pantai.

Apabila pengunjung merasa lapar, tidak perlu merasa khawatir sebab sudah ada begitu banyak warung yang menjual makanan tertentu di pinggir pantai. Makanan yang disajikan pun sangat lezat dan dijamin mampu mengganjal perut yang meronta-ronta.

Begitulah informasi mengenai Pantai Watu Leter yang bisa Anda perhatikan jika memiliki rencana untuk mengunjungi pantai tersebut. Apabila masih bingung mengenai rute yang lebih tepat untuk menuju arah pantai, maka gunakanlah petunjuk jalan yang bisa Anda temui di sepanjang jalan.