15 Cafe Instagramable di Malang yang Bikin Betah Nongkrong

Cafe Malang

Berwisata ke Kota Malang memang menawarkan beragam hal menarik, tak terkecuali tempat nongkrongnya. Intip rekomendasi cafe instagramable di Kota Malang yang menawarkan menu terbaik dan tempat yang nyaman.

Sedang berkunjung ke kota Malang? Tak ada salahnya mencoba nongkrong di cafe-cafe kekinian yang banyak berada di kota wisata ini. Malang memang terkenal sebagai surganya wisata alam, tapi wisata kulinernya tidak kalah unik. Ditambah lagi dengan banyaknya mahasiswa yang kuliah di kota ini, tempat-tempat nongkrong pun semakin banyak bermunculan.

Konsep yang ditonjolkan cafe-cafe ini pun beragam. Ada yang menonjolkan interiornya, ada yang menonjolkan kekhasan makanan/minuman yang tersedia, bahkan ada juga cafe tematik. Tentunya, banyak sekali pilihan yang bisa dituju di kota Malang.

Harga yang relatif murah dibandingkan dengan cafe-cafe di kota lain membuat nongkrong di Malang semakin cihuy. Jadi, traveler dengan budget pas-pasan pun juga tetap bisa nongkrong sambil foto-foto cantik. Ya, cafe-cafe di Malang memang Instagramable!

1. Nakoa Cafe

Nakoa Cafe

Image Credit: Backpackery.id

Kalau sedang berkunjung ke Malang, jangan lupa untuk berkunjung ke Nakoa Cafe. Walau masih tergolong baru, cafe ini digandrungi oleh banyak sekali pengunjung; baik mahasiswa, karyawan, atau wisatawan yang sedang bertandang ke kota pendidikan ini. Banyak sekali pengunjung yang upload foto mereka ketika berada di cafe ini.

Menu yang terkenal di Nakoa Cafe adalah boba brown sugar brulee. Selain itu, coba pesan caramel macchiatonya yang khas banget. Untuk masalah harga, tidak perlu khawatir kantong jebol. Kisaran harga di cafe ini adalah Rp 6.000-Rp 35.000.

Spot yang paling sering dipakai untuk berfoto adalah bagian outdoor dari cafe ini. Masih sama dengan Katamichi, tampak luar Nakoa cafe ini memiliki kesan minimalis. Cocok untuk melengkapi feed Instagram yang sudah tertata cantik.

Lokasi: Jl. Bondowoso No.14, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

2. Katamichi Coffee

Katamichi Coffee

Image Credit: Kayakuliner.com

Dilihat dari namanya, tampaknya kesan yang timbul adalah kesan cafe yang berhiaskan ornamen-ornamen Jepang. Ternyata tidak begitu, lho! Dengan konsep interior yang serba putih dan menonjolkan sisi minimalis, Katamichi Coffee bisa jadi opsi bagi traveler yang doyan berfoto-foto aesthetic.

Ditambah lagi, harga makanan dan minuman di cafe ini tidak mahal bahkan bagi kantong mahasiswa. Untuk sekadar beli kopi, traveler hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp15.000 dan Rp 20.000 untuk menu non-kopi. Es matcha latte (aisumatcha) dan es kopi (aisukohi) di Katamichi Coffee ini juga perlu dicoba. Harganya hanya Rp 20.000 dan Rp 18.000.

Cafe ini terletak di daerah Oro-Oro Dowo, dekat dengan lokasi Bvgil Gelato & Friends yang sudah terkenal cukup lama menjual gelato sebagai menu utama mereka.

Lokasi: Jl. Brigjend Slamet Riadi No.97C, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

3. Madam Wang Secret Garden

Madam Wang Secret Garden

Image Credit: Malang-guidance.com

Madam Wang Secret Garden sudah lama terkenal sebagai cafe yang Instagramable. Konsep yang ditonjolkan di cafe ini memang sesuai namanya: secret garden. Sehingga, warna hijau menjadi warna dominan yang bisa traveler lihat di cafe ini. Namun, bukan berarti semuanya serba hijau. Penataan di sini dilakukan dengan apik dan membuat cafe ini digandrungi pengunjung.

BACA:  14 Tempat Wisata di Sidoarjo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Menu yang ditawarkan di Madam Wang Secret Garden didominasi oleh menu Asia dan Western. Untuk ke cafe ini aksesnya tidak susah karena lokasinya dekat dengan Mal Olympic Garden.

Lokasi: Jl. Telomoyo No.12, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

4. Bataputi Coffee House

Bataputi Coffee House

Image Credit: Datawisata.com

Dengan lokasinya yang berada di tengah perumahan megah, Bataputi Coffee House menjadi incaran para pengunjung yang hobi nongkrong dengan budget sedikit di atas pas-pasan. Konsep yang menonjol adalah outdoor cafe, dengan penataan meja dan kursi di taman yang cukup luas. Beberapa furnitur untuk nongkrong juga ditata di bangunan seperti gazebo kayu.

Bataputi Coffee House terletak di kawasan Kompleks Taman Indie Resto, Araya. Lokasinya memang tidak berada di tengah kota, namun akses menuju cafe ini tidak susah. Budget yang perlu disiapkan adalah sekitar Rp 100.000. Terakhir, cafe ini buka mulai pukul 15.00-23.00.

Lokasi: Pandanwangi, Kec. Blimbing, Kec. Malang.

5. Java Dancer Coffee Roaster

Java Dancer Coffee Roaster

Image Credit: Malangculinary.com

Sesuai review dari Tripadvisor, cafe ini dijuluki sebagai cafe nomor 1 di Malang. Cafe ini tidak hanya menyediakan kopi sebagai menu utama. Pengunjung yang lelah dan lapar setelah seharian berwisata bisa melepas lelah di cafe ini. Lokasinya cafe ini pun strategis.

Dengan furnitur yang sebagian besar terbuat dari kayu, kesan alami semakin kuat muncul dari cafe ini. Sangat cocok untuk nongkrong sembari ngobrol santai. Walaupun cafe ini perlu budget yang lebih, fasilitas yang ada membuat kualitas nongkrong jadi lebih asyik.

Lokasi: Jl. Jakarta No.59, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

6. Illy Cafe

Illy Cafe

Image Credit: Ngalam.co

Illy Cafe sangat populer di kalangan mahasiswa. Hal ini terkait dengan look dari Illy Cafe yang Instagramable. Ditambah lagi, kualitas rasa makanan di sini terjaga dan tetap konsisten menjadi rujukan kuliner terbaik. Salah satu menu yang direkomendasikan adalah nasi rendang panggang. Selain itu, ragam minuman kopi juga bisa dicicipi di sini.

Illy Cafe terletak satu lokasi dengan supermarket buah Lai-Lai, Illy Cafe sangat mudah untuk ditemukan karena lokasinya yang berada di pusat kota. Dengan desain interior yang unik, photo hunter pasti akan merasa betah berlama-lama di cafe ini.

Lokasi: Jl. Arjuna No.36, Kauman, Kec. Klojen, Kota Malang.

7. Baratimur Kopi

Baratimur Kopi

Image Credit: Twitter.com @infomalang

Coffee House dengan gaya arsitektur klasik kolonial Belanda. Bukan sengaja dibuat demikian, namun memang dari asalnya coffee house ini menempati rumah klasik bergaya kolonial Belanda. Suasananya sangat nyaman dan santai.

BACA:  16 Tempat Makan Enak di Kediri Favorit Wisatawan

Terletak di kawasan Oro-oro Dowo, cafe ini memiliki taman kecil yang cukup memberi aksen hijau nan alami. Pengunjung bisa memilih untuk nongkrong di area outdoor atau indoor. Ditambah dengan furnitur yang serba kayu, cafe ini tampak makin memesona dan cocok dijadikan spot foto para traveler.

Lokasi: Jl. Argopuro No.15, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

8. Labore Coffee Eatery

Labore Coffee Eatery

Image Credit: Citymagz.net

Labore Coffee Eatery juga merupakan salah satu cafe yang populer di kalangan para mahasiswa Malang. Hal ini disebabkan karena posisinya yang dekat dengan banyak kampus, seperti Universitas Brawijaya dan Politeknik Negeri Malang.

Dengan interior minimalis dan dipadukan dengan dekorasi lampu di dalamnya, cafe ini mampu disandingkan dengan cafe-cafe lain yang berkonsep sama, yaitu minimalis. Penggunaan furnitur dengan warna monokromatik (hitam dan putih) semakin menguatkan konsep minimalis tersebut.

Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.25, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

9. Akalpa Cafe

Akalpa Cafe

Image Credit: Ongistravel.com

Terletak di kawasan Dieng, traveler bisa berburu foto di cafe ini sembari menikmati menu makanan dan minumannya yang enak. Akalpa cafe menyediakan beragam spot foto baik yang indoor maupun outdoor. Bagi traveler yang berbudget terbatas, cafe ini bisa menjadi salah satu opsi untuk berkunjung.

Cafe ini memang tidak terlalu banyak diekspos, namun bukan berarti cafe ini nampak membosankan. Malahan, banyak properti yang bisa digunakan untuk dipotret.

Lokasi: Jl. Terusan Dieng No.67 A, Pisang Candi, Kec. Sukun, Kota Malang.

10. Roemah Coffee Loe Mien Toe

Roemah Coffee Loe Mien Toe

Image Credit: Kompas.com

Roemah Coffee Loe Mien Toe ini tidak hanya sekadar Instagramable. Cafe ini ternyata juga sering dipakai sebagai lokasi foto prewedding, lho! Di dalamnya, cafe ini menyimpan ratusan koleksi seni seperti topeng, jam, ukiran, dan bahkan beberapa potret orang zaman dulu.

Roemah Coffee Loe Mien Toe ini tampak seperti museum dengan ratusan koleksi seni tersebut. Namun, siapa sangka, justru itu daya tarik dari cafe ini. Coba datang dan rasakan keantikan barang-barang seni yang terdapat di cafe ini. Jangan lupa siapkan kamera untuk berfoto, ya!

Lokasi: Jl. Tata Surya 2, Dinoyo, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

11. Alice Tea Room

Alice Tea Room

Image Credit: Reresepan.com

Selanjutnya, ada cafe dengan konsep tea room. Cafe ini menyediakan tempat nongkrong indoor dan outdoor. Jika traveler memilih untuk nongkrong outdoor, maka suasana yang didapat adalah suasana taman seperti cafe-cafe di luar negeri. Sangat asri, tenang, dan nyaman.

Untuk lokasi indoor, furnitur-furnitur berwarna pastel, lantai berwarna coklat muda, dan taplak meja bermotif kotak membuat suasana ‘minum teh ala Inggris’ semakin terasa. Walaupun demikian, cafe ini menyediakan beragam sajian makanan, tidak hanya terbatas pada teh semata.

Cafe ini cocok untuk dikunjungi saat jam makan siang ataupun makan malam. Buka dari pukul 8 pagi hingga 10 malam, membuat cafe ini senantiasa ramai oleh pengunjung yang tidak hanya ingin menyantap sajian, namun juga para photo hunters untuk feed Instagram mereka.

BACA:  10 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Lokasi: l. Rinjani No.5, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

12. Simpang Luwe

Simpang Luwe

Image Credit: Malang-guidance.com

Cafe ini selalu nampak ramai oleh pengunjung. Hal ini dikarenakan posisi cafe ini sangat strategis, yaitu di salah satu persimpangan di kota Malang yang selalu ramai. Dengan interiornya yang didominasi oleh warna bernuansa coklat, ditambah dengan pencahayaan berwarna kekuningan, membuat suasana di cafe ini nampak friendly dan homy.

Kombinasi arsitektur vintage dan modern menjadi pokok utama interior cafe Simpang Luwe. Bagi para traveler yang ingin nongkrong bahkan hingga tengah malam, cafe ini bisa menjadi salah satu rujukan tempat untuk dikunjungi. Hal ini disebabkan karena cafe ini buka dari jam 12 siang hingga pukul 4 pagi.

Lokasi: Jl. Letjen Sutoyo No.2, Rampal Celaket, Kec. Klojen, Kota Malang.

13. Habbit Eatery

Habbit Eatery

Image Credit: Akulily.com

Dengan gaya vintage yang digabungkan dengan konsep minimalis, cafe ini menjadi salah satu tujuan photo hunters untuk berburu spot photo. Bahkan, di dalam Habbit Cafe ini ada perapian yang bisa juga dipakai sebagai spot foto bergaya masa lalu. Furnitur yang digunakan di cafe ini tentunya sengaja dipilih untuk mendukung konsep tersebut.

Di cafe ini juga tersedia area lesehan yang cocok digunakan sebagai area nongkrong santai. Selain itu, terdapat juga bean bags yang bisa digunakan sebagai tempat duduk jika tidak ingin duduk langsung di tanah.

Lokasi: Jl. Lawu No.:6, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

14. Golden Heritage Koffie

Golden Heritage Koffie

Image Credit: Malangculinary.com

Seperti Habbit Eatery, Golden Heritage juga memiliki konsep vintage yang digabungkan dengan dengan konsep minimalis. Namun, Golden Heritage menggunakan lebih banyak variasi warna gelap dan furnitur berbahan kayu. Selain itu, pencahayaan berwarna kuning membuat tampilan interior cafe ini nampak elegan. Cocok bagi para pemburu foto.

Terlebih lagi, cafe ini dilengkapi dengan spot foto yang unik. Pencahayaan alami sangat mudah didapatkan karena cafe ini memiliki salah satu sisi yang berdinding kaca, sehingga memungkinkan cahaya dengan mudahnya masuk.

Lokasi: Jl. Raya Tidar No.36, Karangbesuki, Kec. Sukun, Kota Malang.

15. Eten en Drinken

Eten en Drinken

Image Credit: Tripadvisor.com

Sebagai rekomendasi terakhir, ada cafe Eten en Drinken. Cafe ini memiliki interior yang sangat Instagramable dengan ruangan yang tembus pandang. Tumbuhan hias gantung juga banyak ditemukan di tempat ini, sehingga menambah kesan alami.

Pada awalnya, Eten en Drinken merupakan sebuah rumah dengan gaya kolonial Belanda. Sejak berdirinya cafe ini dua tahun yang lalu, cafe ini sudah banyak diubah tampilannya menjadi lebih modern, namun tetap mempertahankan istilah Belanda sebagai brand dari cafe ini.

Lokasi: Jl. Merapi No.mor 35A, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

Itulah 15 rekomendasi cafe di Kota Malang yang Instagramable dan cocok sebagai tempat nongkrong bagi para traveler yang berkunjung ke kota wisata ini. Cafe-cafe yang Instagramable memang menjadi daya tarik tersendiri apalagi bagi para photo hunters.