Sedang mencari tempat menarik di Kota Malang? Kunjungi rekomendasi taman keren untuk refreshing atau pun mengisi akhir pekan Bersama orang tercinta.

Malang merupakan salah satu kota paling terkenal di Jawa Timur. Kota yang populer dengan buah apelnya ini memang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik bagi wisatawan. Tak hanya tempat wisata berupa wisata alam dan wisata edukasi, Malang juga dikenal dengan tamannya. Ada banyak sekali taman di Malang yang bisa dikunjungi oleh penduduk lokal maupun wisatawan.

Di mana sajakah taman-taman tadi? Simak daftarnya di bawah ini. Ada banyak taman di Malang yang dirasa paling dikenal masyarakat dan memiliki banyak sekali pengunjung tiap harinya. Bagi yang ingin nongkrong santai di Malang serta menikmati udara dingin nan sejuknya, rekomendasi taman di bawah ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Nah, untuk para wisatawan yang nanti begitu berkunjung di Malang juga ingin merasakan nongkrong di taman yang indah dan enak dipandang, simak juga daftar di bawah ini, ya. Semua taman-taman di sini sudah sangat populer di kota apel ini dan memiliki banyak fasilitas untuk membantu pengunjungnya menikmati pemandangan Kota Malang. Ini dia daftarnya.

1. Taman Cerdas Trunojoyo

Taman Cerdas Trunojoyo
Image Credit: Dolandolen.com

Taman ini memiliki kata “cerdas” di dalamnya karena memang pertamanya ditujukan untuk anak-anak kecil sehingga mereka bisa bermain sambil belajar. Taman ini dilengkapi dengan banyak sekali fasilitas pendukung untuk belajar anak, seperti perpustakaan dan juga ruang ganti untuk anak-anak.

Ada banyak sekali fasilitas yang bisa didapatkan di taman ini, seperti bangku untuk duduk dan juga banyak fasilitas untuk anak kecil seperti ada beberapa tempat bermain. Banyak pedagang juga di sekitar lokasi Taman Cerdas Trunojoyo ini sehingga mudah bagi pengunjung untuk mendapatkan jajanan dan berwisata kuliner.

Lokasi: Jl. Trunojoyo, Klojen, Kec. Klojen, Kota Malang.

2. Taman Ken Dedes

Taman Ken Dedes
Image Credit: Ikromzain.com

Taman Ken Dedes dikenal dengan adanya patung Ken Dedes yang tengah bersila di taman ini. Tamannya luas dan asri. Suasananya cocok juga untuk lari pagi. Tersedia aneka joging track dan juga pepohonan yang rindang sehingga bisa memudahkan siapa saja ketika berolah raga di taman ini.

Di taman ini, pengunjung bisa dengan mudah melakukan rekreasi dan cuci mata karena memang suasana dan pemandangannya bagus. Beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di taman ini adalah tempat untuk duduk dan juga beberapa spot yang dirasa banyak orang cocok untuk melakukan selfie.

Lokasi: Jl. Jend. Ahmad Yani Utara No.4, Balearjosari, Kec. Blimbing, Kota Malang.

3. Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang
Image Credit: Merdeka.com

Meski bukan taman, namun Alun-Alun Malang juga merupakan ruang terbuka untuk publik sehingga banyak yang menganggapnya sebagai taman. Di sini ada kolam air mancur yang menjadi ikon. Air mancur dilengkapi dengan lampu sehingga ketika malam hari bisa menyajikan pemandangan yang sangat cantik.

Alun-alun ini ramai baik siang maupun malam. Ketika berkunjung ke sini, wisatawan maupun warga lokal bisa merasakan berbagai fasilitas yang tersedia, seperti adanya toilet yang tidak begitu jauh dari lokasi dan juga adanya penjual makanan dan minuman yang jumlahnya melimpah sehingga tidak perlu khawatir lapar atau haus ketika main di taman ini.

Lokasi: Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.

4. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang
Image Credit: Javasatu.com

Taman kunang-kunang mendapatkan namanya dari adanya ratusan lampu LED yang terpasang di sini. Lampu-lampu tadi berkelap-kelip menyinari taman sehingga terlihat seperti kunang-kunang. Taman yang ramai di malam hari ini dibagi menjadi 5 bagian yang berbeda di mana per bagian memiliki ciri khas tersendiri.

Ketika berkunjung di taman kunang-kunang ini, pengunjung akan dimanjakan oleh kerlap-kerlip lampu yang mirip dengan cahaya ribuan kunang-kunang. Selain pemandangan yang oke tersebut, pengunjung juga bisa melakukan selfie di berbagai sudut taman yang satu ini karena memang sebagian besar wilayah taman ditata dengan cantik dan menarik.

Lokasi: Jl. Jakarta Oro-oro Dowo, Penanggungan, Kec. Klojen, Kota Malang.

5. Alun-Alun Tugu

Alun-Alun Tugu
Image Credit: Pegipegi.com

Alun-Alun Tugu menjadi taman yang terkenal di Malang karena memang sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Ada tugu tinggi menjulang di tengah alun-alun sehingga membuatnya terkenal dengan nama “Alun-Alun Tugu”. Lokasinya ada persis di depan Balai Kota Malang dan sangat mudah dijangkau oleh aneka jenis kendaraan.

Ketika malam hari, Alun-Alun Tugu ini menjadi warna-warni karena di tengahnya ada kolam air mancur yang dilengkapi LED, seperti yang ada di Alun-Alun Malang. Ketika menyala, LED membuat air mancur menari warna-warni dan membuat suasana malam di sini makin meriah saja tiap harinya.

Di Alun-Alun Tugu, fasilitas yang tersedia antara lain adalah ada toilet yang tidak jauh lokasinya dari pusat keramaian. Selain itu, di sini memang banyak sekali vendor penjualan makanan dan benda-benda lainnya sehingga sudah seperti pasar malam yang ramai dan tentunya layak untuk dikunjungi.

Lokasi: Jl. Tugu, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang.

6. Taman Cerme

Taman Cerme
Image Credit: Malangsiana.wordpress.com

Taman ini juga dikenal sebagai Taman Bunga Terompet. Memang konsep taman ini adalah taman bunga jadi sudah tidak perlu diragukan lagi cantiknya tempat ini. Bagi penggemar botani dan flora, tentu mengunjungi taman yang satu ini juga merupakan hal wajib karena di sana nanti ada banyak jenis bunga dan tumbuhan yang bisa dilihat.

Bagi yang berkunjung ke Taman Cerme, jangan lupa siapkan ponsel atau kamera karena di sini tempatnya sangat cocok untuk rekreasi. Semua orang suka berselfie ria di sini dan memang ada banyak sekali tempat-tempat di taman ini yang terbilang Instagram-able atau cocok dijadikan background foto dan diupload di sosial media.

Lokasi: Jl. Merbabu No.4, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

7. Taman Ijen Malang

Taman Ijen Malang
Image Credit: TravelBlog.id

Taman Ijen sudah dikenal sebagai salah satu ikon kota Malang yang berupa taman. Lokasinya ada di tengah kota dan sudah ada sejak tahun 1960an. Masyarakat sudah sangat akrab dengan taman ini sebagai ruang terbuka publik. Siapa saja yang tinggal atau datang ke Malang, pasti sudah pernah merasakan datang ke taman ini.

Meski namanya ijen (sendiri), namun tenang saja, taman ini jauh dari kata sepi. Tempat ini selalu ramai dan suasananya menyenangkan. Semua orang pasti bisa menikmati acara nongkrong santai di sini sambil menikmati sejuk dan dinginnya kota Malang. Inilah salah satu alasan mengapa taman ini terbilang cukup ramai pengunjung tiap harinya.

Lokasi: Jl. Besar Ijen, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

8. Taman Merbabu

Taman Merbabu
Image Credit: Catatanwisata.com

Taman yang memiliki luas lebih dari 3000 hektar ini memang merupakan taman dengan konsep modern. Taman ini dibangun sebagai ruang untuk publik dan dilengkapi dengan aneka jenis fasilitas. Taman ini termasuk yang mewah karena semua hal di dalamnya terbilang masih baru dan menarik bagi masyarakat Malang untuk dicoba.

Karena taman ini dibuat oleh developer modern, maka jangan heran jika di sini banyak sekali ditemukan aneka fasilitas yang juga terbilang “wah” untuk ukuran sebuah taman, seperti adanya tempat bermain anak-anak dan juga adanya tempat-tempat untuk duduk yang dibuat dengan konsep modern nan unik.

Lokasi: Jl. Merbabu, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

9. Taman Slamet

Taman Slamet
Image Credit: Dakatour.com

Taman Slamet cukup populer di Kota Malang, terutama di kalangan anak muda. Semua orang sangat suka berkunjung di tempat ini karena memang banyak sekali spot selfie yang tersedia, termasuk yang paling terkenal yaitu di pintu masuknya. Semua muda-mudi pasti datang ke sini jika ingin melakukan selfie untuk konten sosmed mereka.

Ketika berkunjung di Taman Slamet, penduduk atau wisatawan bisa menikmati suasana yang lumayan tenang dan asri. Semua pengunjung di sini bisa lari pagi atau olahraga, namun bisa juga melakukan wisata kuliner dengan membeli jajanan dari pedagang-pedagang yang biasanya nongkrong di sekitar Taman Slamet ini.

Lokasi: Jl. Taman Slamet No.8, Gading Kasri, Kec. Klojen, Kota Malang.

10. Taman Singha

Taman Singha
Image Credit: Travelblog.id

Taman yang terakhir di sini adalah Taman Singha. Taman ini mungkin belum seterkenal taman lainnya yang ada di Malang karena memang terbilang baru dan belum begitu sering dikunjungi oleh wisatawan. Taman ini memiliki banyak tempat bermain untuk anak dan juga ada beberapa tempat untuk nongkrong juga.

Taman ini adalah spot yang sangat cocok untuk selfie. Karena sekarang selfie sudah merupakan kebutuhan dan banyak sekali orang yang butuh selfie untuk konten sosial media, taman ini menyediakan background selfie yang menarik dan unik, serta cantik tentu saja. Inilah alasannya mengapa Taman Bunga Terompet terbilang selalu populer di Kota Malang.

Lokasi: Jl. Mertojoyo Selatan Blk. B No.20, Merjosari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.

Itulah 10 taman favorit di Kota Malang yang memang sudah terkenal dari dulu. Semua pengunjung Malang bisa dengan mudah main ke taman-taman tersebut karena mereka memiliki banyak fasilitas pendukung dan juga rata-rata tidak memungut biaya sepeser pun ketika pengunjung datang untuk main di taman. Taman di Malang merupakan solusi wisata murah dan berkualitas.