Pantai Anyer, Pantai Cantik Kaya Pesona di Banten

Pantai Anyer

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kota Serang.
MapCek Lokasi

Pantai Anyer menjadi objek wisata yang sangat tepat dimana menyuguhkan pesona kecantikan pesisir Banten dan paling favorit dikunjungi wisatawan.

Pantai Anyer merupakan daerah pesisir Banten yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Terkenal dengan hamparan pasir putih yang luas serta panorama laut yang indah membuat destinasi wisata ini dibanjiri wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selain itu, Pantai Anyer juga menyajikan spot-spot menarik seperti bermain water sport, berenang, menyelam, menikmati matahari tenggelam di sore hari dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, bagi Anda yang menyukai snorkling Anda bisa mencoba langsung dengan mendatangi pantai ini.

Tak hanya itu, fasilitas yang disediakan bisa dibilang cukup lengkap dan sangat cocok dijadikan untuk liburan keluarga. Nah bagi Anda yang tertarik mengunjungi destinasi wisata pantai yang satu ini tak ada salahnya mengenal lebih dekat tentang Pantai Anyer.

1. Lokasi Wisata Pantai Anyer

Lokasi Wisata Pantai Anyer

Image Credit: AllIndonesiaTourism.com

Pantai Anyer terletak di kabupaten serang, provinsi Banten. Nama Anyer sendiri diambil dari kecamatan daerah Banten yaitu Anyer. Sebagian daerah kecamatan Anyer merupakan kawasan bibir pantai. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke tempat ini Anda akan disuguhkan pemandangan pantai yang bertepatan di sebelah jalan raya (dari arah Jakarta).

Jadi Anyer bukanlah nama suatu pantai saja, tetapi keseluruhan pantai di tempat tersebut dinamakan pantai Anyer. Untuk menuju ke tempat ini Anda akan menemukan gapura yang bertuliskan “Selamat Datang di Kecamatan Anyer” .

Setelah memasuki gapura tersebut, Anda akan menemukan kawasan pasar Anyer yang sudah termasuk kawasan bibir pantai. Namun sebelum melihat pantainya, Anda harus sedikit lebih masuk agar dapat melihat pantai Anyer. Dan ketika setelah melewati pasar, Anda akan menyadari bahwa Anda sudah sampai di kawasan Pantai.

Jalan raya pemandangan Anyer dapat Anda nikmati sampai menuju perbatasan pantai Carita. Jadi inilah batas akhir kecamatan Anyer, jika Anda terus melanjutkan perjalanan Anda akan menuju kawasan pantai Carita.

BACA:  15 Tempat Wisata di Rangkasbitung Lebak Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

2. Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Anyer

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Anyer

Image Credit: Payungrimba.blogspot.com

Untuk menuju ke kawasan Pantai Anyer, Anda akan dikenakan tiket seharga 5 ribu rupiah. Namun jika ingin memasuki di setiap wisatanya, Anda akan dikenakan biaya lagi tergantung dari kawasan wisata yang ingin Anda kunjungi.

Dan untuk pengunjung yang membawa kendaraan sendiri biasanya akan dikenakan biaya parkir dengan harga 10 ribu rupiah untuk mobil dan 5 ribu rupiah untuk motor. Selain itu, berbagai pantai yang ada di kawasan pantai Anyer biasanya dibuka selama 24 jam. Tetapi untuk wahana permainan air, biasanya hanya dibuka ketika siang hari hingga sore hari saja.

3. Fasilitas yang Tersedia di Pantai Anyer

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Anyer

Image Credit: Tempatwisataunik.com

Pantai Cantik Anyer menyediakan berbagai macam fasilitas yang siap untuk menunjang liburanmu. Selain itu, fasilitas yang disediakan sangatlah lengkap mulai dari ruang ganti, toilet, mushola dan akses jalan menuju pantai ini yang sudah diperbaiki.

Nah, bagi Anda yang masih belum puas dan masih ingin mengunjungi berbagai pantai Anyer. Tersedia juga fasilitas berbayar seperti tempat penginapan, hotel, home stay atau semacamnya. Untuk penginapan sendiri, tersedia mulai dari low budget hingga yang berkelas.

Dan tentunya di setiap penginapan memiliki keunggulan dan fasilitas tersendiri. Namun, sebagian tempat penginapan di pantai Anyer menyediakan fasilitas seperti kamar full AC, kolam renang dan lain-lain. Dengan begitu Anda dapat bermalam dengan nyaman sambil menikmati fasilitas yang disediakan.

Ada juga beberapa fasilitas lainnya seperti water sport, jetski, banana bout dan atv. Tak hanya itu, untuk mengisi perut yang kosong Anda dapat mampir sebentar ke beberapa rumah makan atau restoran yang tersedia di sepanjang pantai.

4. Rute Menuju Kawasan Pantai Anyer

Rute Menuju Kawasan Pantai Anyer

Image Credit: Kabar6.com

Untuk menuju ke lokasi Pantai Anyer dapat dilalui dengan dua jalur. Jalur yang pertama yaitu keluar dari pintu tol Cilegon menuju ke kota Ciwandan. Setelah itu, Anda akan melewati pasar anyar hingga lanjut menuju ke kawasan pantai ini.

Dahulu jalur ini sedikit rusak, tetapi sekarang telah dilakukan perbaikan sehingga memudahkan pengendara lebih nyaman. Jalur yang kedua bisa Anda tuju melalui tol serang timur dari arah Jakarta. Setelah itu, Anda akan melewati kabupaten Serang, Banten.

BACA:  16 Tempat Wisata di Serang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Ketika dari pusat kota Anda dapat mengambil jalur menuju ke kantor gubernur lalu belok ke arah kanan. Ketika sudah mencapai 50 meter, Anda harus belok ke arah kiri lalu menuju jalan Mayor Safei. Setelah itu, ketika berada lampu merah pertama ambil dari arah kiri untuk menuju simpang brimob.

Ambil jalur kanan untuk menuju taktakan, jika sudah Anda dapat melalui gunung sari dan hingga akhirnya tiba di pasar Anyer. Dengan begitu, Anda tinggal lurus saja untuk menuju kawasan pantai Anyer. Selain itu, untuk melakukan perjalanan dari Jakarta menuju ke pantai ini biasanya memerlukan waktu kurang lebih 3 sampai 4 jam.

5. Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Anyer

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Pantai Anyer

Image Credit: Antaranews.com

Berlibur ke Pantai Anyer sungguh tidak lengkap jika belum mencoba beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan disini. Apalagi jika Anda berpergian bersama teman-teman atau keluarga tentu dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan.

Mulai dari surfing, snorkeling, menyelam, mengemudi atv dan masih banyak kegiatan seru lainnya. Namun bagi Anda yang tidak surfing, Anda tidak perlu sedih karena Anda masih bisa merasakan mengendarai ombak melalui bodysurfing. Dengan bodysurfing Anda dapat merasakan sensasi ombak tanpa perlu memperhatikan keseimbangan.

Untuk melakukan bodysurfing Anda dapat menyewa papan selancar yang telah disediakan di sekitaran pantai. Selain itu, ada satu aktivitas lagi yang jangan sampai Anda lewatkan yaitu menikmati sunset. Semburat matahari keemasan yang menghiasi ombak akan terlihat mempesona.

Tak hanya itu, masih ada lagi aktivitas yang harus Anda coba yaitu menikmati pemandangan pantai Anyer dari mercusuar cikoneng. Mercusuar dengan ketinggian 75 meter ini sedikit menarik wisatawan untuk berlomba-lomba menuju puncak mercusuar. Sebelum itu, Anda harus menaiki anak tangga yang kurang lebih terdiri 16 lantai.

Namun, begitu sampai puncak mercusuar lelahmu akan terbayarkan ketika melihat pemandangan panorama pantai ini dan ombak laut yang mempesona. Dan jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto ria agar bisa dijadikan kenang-kenangan.

BACA:  15 Tempat Wisata di Pandeglang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

6. Keunggulan Pantai Anyer Dibanding Pantai Lainnya

Keunggulan Pantai Anyer Dibanding Pantai Lainnya

Image Credit: Limakaki.com

Pantai Anyer telah menjadi primadona di kalangan masyarakat. Selain murah, lokasi pantai ini berdekatan dengan ibu kota Jakarta dan sangat mudah dijangkau. Terlepas dari hal itu, pantai ini telah menjadi daya tarik tersendiri dimata masyarakat. Apalagi dengan banyaknya spot-spot keren yang dapat memanjakan mata begitu sampai ke tempat ini.

Di samping itu, Pantai Anyer terdiri dari berbagai macam tempat wisata pantai yang bisa Anda telusuri. Seperti pantai marbella, pantai karang bolong, pantai jambu, pantai marina dan masih banyak lagi. Menariknya lagi, Anda dapat mengunjungi pantai-pantai tersebut sekaligus.

7. Kuliner & Oleh-oleh Khas Dari Pantai Anyer

Kuliner & Oleh-oleh Khas Dari Pantai Anyer

Image Credit: Suarawajarfm.com

Ketika mengunjungi destinasi wisata Pantai canti ini, rasanya masih belum lengkap jika tidak membawa oleh-oleh dan belum mencicipi aneka kuliner khas pantai Anyer. Berbagai oleh-oleh bisa Anda dapatkan mulai dari kaos monarky, makanan, dan kain batik. Batik Badui menjadi salah satu oleh-oleh yang cukup populer.

Selain memiliki pola yang unik, batik badui umumnya hanya mempunyai 2 warna yaitu biru dan hitam. Ada lagi kuliner yang cukup populer di kawasan ini yaitu sate bandeng. Biasanya makanan ini disajikan dengan nasi tanpa memakai bumbu sate pada umumnya. Rasanya yang khas, membuat Anda selalu ingat dengan kearifan wilayah Banten.

Bauh tangan terakhir ada kaos monarky, salah satu oleh-oleh yang paling banyak peminatnya. Kaos ini bertemakan Indonesia dengan kearifan Banten, filsafat serta tokoh-tokoh. Kaos monarky menghadirkan pilihan desain yang menarik dan sangat banyak. Selain itu, kaos ini memiliki harga yang cukup terjangkau. Sehingga banyak wisatawan yang memburu oleh-oleh yang satu ini.

Itulah beberapa ulasan mengenai Pantai Anyer di pesisir Banten. Masih banyak keindahan-keindahan lainnya yang harus Anda lihat dengan mendatangi langsung. Dan jangan lupa untuk mengabadikan momen terbaikmu agar Anda dapat mengingat bahwa pernah mengunjungi pantai ini. Jadi, apakah Anda tertarik mengunjungi destinasi wisata pantai yang satu ini.