15 Tempat Wisata di Sekitar Danau Toba Terbaru & Paling Hits

Wisata Danau Toba

Ingin Liburan lebih Berkesan? Inilah List Tempat Wisata Populer di Sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Objek Wisata Alam Terbaru, Terindah & Paling Hits yang Menarik Dijelajahi Saat Liburan.

 Danau Toba adalah salah satu daerah dengan legenda yang menyelimuti. Tempatnya sendiri berada tepat di Provinsi Sumatera Utara. Bahkan danau yang satu ini juga dinobatkan menjadi danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Selain besar, Danau Toba juga memiliki pemandangan alam yang memukau. Termasuk dalam jajaran danau vulkanik, Danau Toba memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km. Danau yang luas ini juga dihuni oleh pulau kecil yang biasa disebut dengan danau anak yaitu Pulau Samosir.

Danau Toba memang sarat akan cerita yang bahkan hampir mirip seperti dongeng. Meski begitu tidak ada tempat yang lebih indah di Sumatera selain danau tersebut dan sekitarnya. Beberapa keindahan alam sekitar Danau Toba tercermin jelas pada kawasan pariwisata di sekelilingnya. Mulai dari gunung, bukit, pantai, hingga desa wisata seakan menjadi pelengkapnya. Berikut daftar tempat wisata terindah di sekitar Danau Toba yang mampu memanjakan pengunjung.

1. Bukit Holbung

Bukit Holbung

Image Credit: Google Maps (Samandali Spice)

Jika Anda penggemar serial teletubbies, pasti Anda tidak asing lagi dengan perbukitan di dalam film. Nah, di Indonesia nyatanya memiliki penampakan yang serupa yaitu Bukit Holbung. Di bukit yang satu ini pengunjung bisa menanjak melalui jalanan yang berkelok.

Di sepanjang jalan pengunjung akan melihat hamparan gulma yang berada di tepian jalan. Bukit Holbung berada di Parapat, Tomok, Sumatera Utara. Ketika sampai di puncaknya Anda akan melihat luasnya Danau Toba juga pemandangan alam sekitar yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dolok Raja, Harian, Kec. Onang Ranggu Kab. Samosir, Sumatera Utara.

2. Puncak Sidiangkat

Puncak Sidiangkat

Image Credit: Google Maps (Becakap)

Wisata di sekitar Danau Toba selanjutnya berada di Sidikalang, Dairi, Sumatera Utara. Wisata tersebut bernama Puncak Sidiangkat. Jika Anda penyuka aktivitas mendaki, bisa mengunjungi tempat yang satu ini. Apalagi dengan pemandangan perbukitan yang nampak dari atas, tentu saja akan menghipnotis siapa saja.

Disini juga telah dibuat spot foto yang unik yaitu berupa sarang burung raksasa. Sehingga Anda bisa menikmati pemandangan alam Sumatera Utara dari atas. Hijaunya pepohonan akan menyejukkan mata Anda ketika berada di sini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl.  Subulussalam – Sidikalang No.171, Sidiangkat, Kec. Sidikalang, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

3. Inna Parapat Hotel

Inna Parapat Hotel

Image Credit: Booking.com

Nama Inna parapat Hotel mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Pasalnya hotel yang satu ini biasa digunakan tempat menginap para atlet Indonesia yang akan bertanding di kompetisi. Selain sebagai tempat menginap, Inna Parapat Hotel juga menyuguhkan pemandangan sekitar yang menarik.

Salah satu yang menjadi daya tarik di hotel ini adalah suasana seperti di negara kincir angin. Bagaimana tidak di satu lokasi hotel terdapat sebuah bangunan bergaya Eropa lengkap dengan kincir angin yang berada di tengahnya.

BACA:  22 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Untuk itu, ketika berkunjung Anda harus membawa kamera untuk berpose di tempat yang instagenik tersebut. Inna Parapat Hotel bertempat di Parapat, Sumatera Utara.

Harga : Mulai Rp 600.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Marihat No.1, Tiga Raja, Kec. Girsang Sipangan Bolon, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

4. Kapal Pesiar Danau Toba

Kapal Pesiar Danau Toba

Image Credit: Facebook.com @info.cruise.international.indonesia

Selain menjadi danau terluas se Asia Tenggara, Danau Toba juga sarat akan kemewahan. Asalnya Anda bisa menikmati naik kapal pesiar untuk mengelilingi danau Toba. Kapal pesiar ini memang sudah ada sejak tahun 2017 lalu. Dan hingga sekarang masih kerap beroperasi untuk mengangkut penumpang yang berkunjung ke Danau Toba.

Bahan proses pembuatannya pun dengan campur tangan pemerintah Singapura. Oleh sebab itu desainnya tidak main-main, karena kapal tersebut memiliki panjang 21,5 meter. Selain itu, untuk bentuk kapalnya sendiri dibuat menyerupai rumah adat Batak.

Seperti kapal besar pada umumnya, cruise Danau Toba dilengkapi dengan sekoci penumpang. Bahkan peralatan di dalamnya sudah sangat canggih, di mana terdapat navigasi otomatis untuk menunjukkan arah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Danau Toba, Sumatra Utara

5. Lembah Bakkara

Lembah Bakkara

Image Credit: Instagram.com @wastraindonesialondon

Kawasan wisata di sekitar Danau Toba memang beragam, salah satunya adalah wilayah Lembah Bakkara. Ketika sampai di sana Anda akan melihat sebuah tempat yang di tengahnya terdapat aliran sungai yang cukup tenang. Meski begitu aliran sungai tersebut ternyata bersumber langsung dari aliran terjun.

Lebih dari pada itu, Lembah Bakkara nyatanya adalah tempat kelahiran Raja Sisingamangaraja yang terkenal akan perlawananya terhadap Belanda. Tidak hanya terkenal akan panorama alamnya, tempat ini juga kaya akan komoditi bawang merah.

Lembah yang satu ini juga biasa disebut dengan Aek Sipangolu di mana menurut masyarakat daerah nama tersebut berarti sungai yang menghidupkan. Akhirnya beredarlah sebuah kabar bahwa siapapun yang berendam maupun minum dari aliran sungai ini akan sembuh dari berbagai penyakit.

Harga Tiket: Rp -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Baktiraja, Kab. Humbang, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Situmurun Binangalom

Air Terjun Situmurun Binangalom

Image Credit: Google Maps (Samaj Shekhar)

Bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja, sebaiknya Anda beristirahat sejenak dengan mengunjungi Air Terjun Binangalom. Air terjun yang satu ini terletak di Toba Samosir, Sumatera Utara. Nama Binangalom sendiri berasal dari kata lom yang artinya air penyejuk hati. Maka tidak salah jika pemandangan di sini juga menyejukkan mata.

Air terjun Binangalom juga menjadi tempat yang menarik untuk berenang. Apalagi aliran air terjunnya langsung menuju danau terbesar d Indonesia. Untuk mencapai air terjun Anda harus menaiki kapal terlebih dahulu. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi Anda akan disuguhkan dengan keindahan Pulau Samosir.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Jonggi Nihuta, Hatinggian, Kec. Lumban Julu, Kab. Toba Samosir, Sumatera Utara.

7. Air Terjun Binanga Balon

Air Terjun Binanga Balon

Image Credit: Google Maps (Ivo Graha Pangaribuan)

Air Terjun di sekitar Danau Toba selanjutnya adalah Air Terjun Binangan Balon. Air terjun yang satu ini berada di kawasan hutan. Untuk menuju kesana Anda harus melewati jalan yang berada langsung di tepi Danau Toba. Sehingga selain menikmati keindahan hutan pengunjung sekaligus melihat luasnya Danau Toba.

BACA:  15 Tempat Wisata di Simalungun Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Air terjun tepat dikelilingi dengan pepohonan rimbun berada di Desa Biananga Balon. Meski untuk sampai di air terjun Anda harus menanjak hingga ketinggian 100 meter, trak yang arus dilalui cukup mudah. Pasalnya jalanan sudah mendapat perbaikan sehingga tidak curam.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Purba Dolok, Kec. Purba, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

8. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit

Image Credit: Instagram.com @tripdinastisumu

Salah satu yang menjadi destinasi wisata sekitar Danau Toba adalah Pulau Samosir. Yang mana di tempat tersebut ada ada destinasi wisata bernama Pusuk Buhit. Perlu Anda ketahui bahwa tempat tersebut merupakan gunung berapi aktif. Meski begitu tempatnya yang indah sangat menarik untuk dikunjungi.

Karena termasuk kawasan pegunungan, keindahan yang ditawarkan juga tidak main-main. Di sinilah tempat hidup suku Batak asli dan dipercaya sebagai tempat kelahiran raja mereka. Puncak dengan ketinggian 1980 mdpl ini memiliki Tower tele yang biasa digunakan pengunjung untuk menyaksikan Pusuk Bukit dari ketinggian.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ginolat, Kec. Sianjur Mula Mula, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

9. Desa Tuktuk Siadong

Desa Tuktuk Siadong

Image Credit: Facebook.com @Wonderfull-Indonesia

Jika sedang berkunjung ke Danau Toba jangan lupa untuk melipir ke sebuah tempat bernama Desa Tuktuk Siadong. Wisata pedesaan yang satu ini biasa digunakan pengunjung untuk tempat menginap ketika lelah menyusuri luasnya Danau Toba.

Kawasan desa tepat berada di tepi tanjung kecil di Pulau Samosir, sehingga Anda pun dapat menikmati keindahan alam di Desa Siadong. Ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan di Desa ini, di antaranya adalah mengendarai kano, jetski, waterbikes, memancing, dan lain sebagainya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tuktuk Siadong, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

10. Pantai Batu Hoda

Pantai Batu Hoda

Image Credit: Google Maps (Batuhoda Beach)

Ingin menikmati pemandangan bak di pantai pribadi? Mungkin Pantai batu Hoda adalah solusinya. Tempat menawan yang satu ini berada di Kabupaten Simalungun, di mana lokasinya tepat berada di kawasan Danau Toba.

Meski belum memiliki fasilitas yang memadai, Anda tidak akan pernah bosan berada di sini. Meski begitu fasilitas yang dapat digunakan hanya kantin dan juga toilet. Di Pantai batu Hoda kenampakan bebatuan alami serta luasnya danau yang membiru membuatnya semakin indah.

Harga Tiket: Rp 14.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Cinta Dame, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

11. Pantai Paropo

Pantai Paropo

Image Credit: Google Maps (Juma Sabah Kendit Simalem)

Pantai Paropo terletak di Desa Paropo, Sumatera Utara yang lokasinya berdekatan dengan Danau Toba. Pnatai tersebut di kelilingi oleh perbukitan yang indah. Tidak lupa pula kawasan kemah yang nampak indah dan luas.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, salah satunya adalah memancing. Namun, pengunjung harus secara mandiri membawa alat pancing mereka karena belum ada penjual atau tempat menyewa alat pancing.

BACA:  Danau Linting, Wisata Air Hangat Unik Sarat Misteri di Deli Serdang
Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Paropo I, Kec. Silahi Sabungan, Kab. Dairi, Sumatera Utara.

12. Aek Rangat Pangururan

Aek Rangat Pangururan

Image Credit: Google Maps (Yen Chyi Leow)

Ingin menenangkan pikiran dengan mandi air panas, Aek Rangat Pangururan adalah lokasi yang tepat. Pasalnya air hangatnya bersumber langsung dari lereng Gunung Pusuk Buhit. Sehingga Anda pun dapat menikmati keindahan alam sekitar.

Wisata yang satu ini memiliki fenomena unik, yaitu airnya yang berwarna ke abu-abuan. Aek Rangan Pangururan sudah memiliki fasilitas yang memadai. Seperti tempat makan, toilet, juga tempat beristirahat. Bahkan ketika lapar melanda Anda bisa mampir sejenak untuk mencicipi berbagai makanan khas Sumatera Utara.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Aek Rangat, Kec. Pangururan, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

13. Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Image Credit: Google Maps (Ashadi Cahyadi)

Penasaran dengan wisata sekitar danau toba yang memukau, Anda bisa mengunjungi Kebun Bunga Sapo Juma Tongging. Dengan nama yang unik tersebut tentu saja banyak yang penasaran akan kenampakan tempatnya. Mulanya di tempat itu terbangun sebuah hotel bernama Sapo Juma. Namun kini tempat itu juga menjadi tempat yang instagenik.

Bagaimana tidak, di sekitaran penginapan terdapat kebun bunga yang berwarna-warni dan luas. Bahkan seringkali tempat yang satu ini dijadikan lokasi foto pre wedding. Untuk berjalan di sekitar bunga Anda bisa melewati jalan setapak yang sudah dibangun untuk pengunjung. Anda bisa melihat berbagai tanaman hias yang memukau seperti lautan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tongging – Silalahi, Merek, Kec. Tongging, Kab. Karo, Sumatera Utara.

14. Bukit Indah Simarjarunjung

Bukit Indah Simarjarunjung

Image Credit: Google Maps (Yasir Arfa)

Untuk Anda yang gemar berwisata ala-ala perbukitan, Bukit Indah Simarjurunjung bisa jadi solusi yang tepat. Termasuk dalam kawasan wisata area Danau Toba, bukit yang satu ini menawarkan panorama alam yang luar biasa.

Sebenarnya bukit yang satu ini bisa dibilang tempat baru yang dibuka sejak 2016 lalu. Namun kini, Bukit Jurunjung tidak pernah sepi pengunjung. Tentu saja hal ini tidak terlepas dari lokasinya yang berada di sampai Danau Toba. Bahkan melalui puncak bukitnya Anda dapat melihat lanskap alam sekitar.

Sampai saat ini lokasi masih kerap mengalami perbaikan. Salah satu yang unik adalah sebuah rumah pohon yang banyak menjadi spot pilihan. Di sekitar kawasan Bukit Indah Anda akan menemukan sebuah perkebunan teh serta area sawah yang luas. Selain itu, ada banyak spot foto menarik disini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Kec. Dolok Pardamean, Kab. Simalungun, Sumatera Utara.

15. Desa Wisata Tomok

Desa Wisata Tomok

Image Credit: Facebook.com @discovertoba

Selain pantai dan perbukitan, Sumatera Utara juga memiliki destinasi wisata pedesaan yang salah satunya adalah Desa Wisata Tomok. Di desa inilah Anda akan menemukan banyak sekali cerita mitos yang dipercayai oleh warga sekitar.

Ada banyak lokasi yang dapat menjadi objek wisata. Seperti satu patung yang dapat bergerak dan menari sendiri yaitu patung sigale-gale. Selain itu, terdapat pula petilasan yaitu sebuah area pemakaman Raja Batak Kuno.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Tomok, Kec. Simanindo, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

Berbagai destinasi wisata yang berada di kawasan Danau Toba di atas bisa dimasukkan list liburan Anda selanjutnya. Nikmati berwisata di wilayah Danau kaya pesona dan terbesar di Asia tenggara.