Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 10.00–18.00 WIB, Alamat: Jati Kesuma, Kec. Namorambe, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

T Garden merupakan sebuah tempat wisata yang mengusung konsep bernuansa Pulau Dewata atau dikenal sebagai Little Bali. Objek wisata ini berlokasi di Deli Serdang, memiliki pemandangan yang indah dengan suasana yang nyaman dan rindang karena terdapat beberapa tanaman dan pepohonan. Objek wisata ini pun cocok untuk mengabadikan momen karena menyajikan spot-spot yang aestetik dan instagramable.

Sebenarnya tempat ini merupakan sebuah resort dan ranch. Pengunjung yang datang kebanyakan dari kalangan remaja untuk menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Tidak hanya itu, objek wisata ini pun sesuai untuk liburan Anda bersama keluarga atau kerabat. Pengunjung juga dapat bersantai atau menikmati makanan yang tersedia di dalam objek wisata ini.

Selain menyajikan banyak pemandangan yang indah, tetapi para pengunjung akan dibatasi dalam berfoto di T Garden. Pengunjung hanya diperbolehkan menggunakan kamera smartphone untuk mengabadikan momen. Tidak diperkenankan membawa atau menggunakan kamera DSLR dan sejenisnya.

Daya Tarik yang Dimiliki T Garden

Daya Tarik T Garden
Image Credit: Google Maps (Zakia Ulfa)

Objek wisata Little Bali ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga mampu menarik perhatian pengunjung. Berikut ini beberapa daya tarik yang perlu Anda ketahui.

1. Memiliki Konsep yang Unik

Ketika baru memasuki kawasan objek wisata ini, pengunjung akan disambut dengan gapura-gapura yang bernuansa Bali. Terdapat pula patung-patung dengan ciri khas pulau Dewata. Konsep ini digunakan untuk menarik para pengunjung sehingga banyak yang berdatangan untuk menikmati berbagai hal yang telah disajikan.

Tidak banyak objek wisata yang menyuguhkan konsep seperti ini. Sehingga menjadikan keunikan tersendiri yang dimiliki oleh T Garden di Medan. Banyak pengunjung yang berdatangan hanya untuk menikmati wisata bernuansa Bali.

2. Banyak Permainan yang Disediakan

Selain memiliki konsep dan pemandangan yang unik. Objek wisata ini pun menyediakan berbagai permainan yang dapat Anda coba. Permainan yang disediakan yaitu berkuda, Go-car, ATV, flying fox airsoft, dan lain sebagainya. Untuk pengunjung yang ingin mencoba berbagai permainan, akan dikenakan biaya tambahan.

Permainan-permainan yang disediakan pun banyak, sehingga Anda tidak perlu mengantre untuk mencoba permainan tersebut. Anda juga akan didampingi oleh ahlinya dan mendapatkan berbagai perlengkapan keamanan.

3. Memiliki Pemandangan yang Indah

Pengunjung dapat beristirahat dan bersantai ketika mengunjungi T Garden. Objek wisata ini memiliki rumput yang indah dan hijau segar yang menghiasi taman yang luas. Terdapat pula sungai yang mengalir di sekelilingnya. Dan juga banyak pepohonan yang menjadikan suasana menjadi sejuk dan nyaman untuk dinikmati.

Suasana seperti ini sangat cocok untuk dirasakan bersama orang tersayang seperti keluarga bahkan teman dekat. Objek wisata ini juga cocok untuk pasangan dalam menghabiskan akhir pekan setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat T Garden Little Bali
Image Credit: Google Maps (Awak Dot Id)

Objek wisata Little Bali ini terletak tepatnya di Kecamatan Namo Rambe, Deli Serdang, berada di jalan Jati Kesuma. Bagi yang ingin mengunjungi objek wisata ini, Anda dapat melalui rute Medan menuju kearah kebun binatang Medan. Untuk rutenya, terus saja ikuti jalan dan selama di pinggir jalan akan terdapat banyak petunjuk jalan. Anda dapat mengikuti petunjuk jalan tersebut hingga melewati sekolah Al-Azhar.

Jika sudah melewati sekolah Al-Azhar, tetap lurus hingga Anda memasuki daerah/kelurahan Simalingkar B. Dari kelurahan ini Anda bisa belok ke kanan kearah River Valley. Setelah itu silahkan belok ke kiri dan Anda telah sampai di kebun binatang Medan. Perjalanan dari kebun binatang Medan menuju T Garden (Little Bali) akan ditempuh selama 10 menit saja.

Perjalanan yang ditempuh dari pusat kota Medan selama satu jam perjalanan. Untuk akses jalannya sangat mudah ditemukan karena banyak petunjuk arah atau dapat dilihat di maps dan Anda juga dapat bertanya kepada warga sekitar.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket T Garden Little
Image Credit: Google Maps (Pak Jhon)

Untuk pengunjung yang ingin masuk dan menikmati objek wisata bernuansa Bali ini akan dikenakan biaya. Untuk biaya yang dikenakan sangat terjangkau. Anda cukup membayar seharga Rp 15.000 per orang pada hari senin-jumat. Sedangkan pada hari sabtu-minggu dan hari-hari besar nasional, akan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang.

Untuk anak-anak yang berusia 5 tahun kebawah tidak akan dikenakan biaya apapun. Dengan harga tiket masuk yang ditawarkan, Anda dapat menikmati keindahan dan kenikmatan sepuasnya. Namun harga yang tertera tidak termasuk biaya lain-lain seperti outbond, naik kuda, parkir, dan lain sebagainya.

Wisata T Garden buka setiap hari dimulai pukul 10.00 dan tutup pada pukul 18.00. Sedangkan selama akhir pekan, objek wisata ini buka lebih cepat yaitu pada pukul 07.30. Karena pada akhir pekan dan libur nasional, banyak pengunjung yang berdatangan dari daerah sekitar maupun luar daerah untuk liburan ke objek wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Little Bali

Kegiatan di Little Bali
Image Credit: Facebook.com @Like-medan

Banyak kegiatan yang menarik Anda lakukan ketika memilih berlibur ke T Garden, diantaranya:

1. Menikmati Kuliner Nusantara

Karena di objek wisata ini menyajikan banyak makanan nusantara, maka pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dari luar. Sehingga pengunjung dapat membelinya di dalam objek wisata tersebut.

Tidak hanya pemandangan-pemandangan, restoran-restoran yang ada di objek wisata ini pun di desain sedemikian mirip dengan nuansa Bali. Bahkan restorannya pun menyajikan makanan khas Bali yang dapat pengunjung rasakan dan nikmati. Selain makanan khas Bali, pengunjung juga dapat menikmati makanan dari daerah lain dan harga yang ditawarkan di restoran-restoran tersebut cukup terjangkau.

2. Berburu Foto

Karena menyuguhkan pemandangan yang indah bernuansa Bali, belum lengkap jika pengunjung tidak berburu foto yang unik. Banyak pemandangan indah yang dapat Anda gunakan ketika ingin berfoto. Terdapat pula spot foto yang romantis untuk pengunjung yang membawa pasangan. Dan spot foto ini dapat Anda gunakan untuk melakukan kegiatan prewedding.

3. Bersepeda dan Berkuda

Objek wisata T Garden ini memiliki lahan yang luas dan dihiasi dengan rumput-rumput pendek sehingga cocok untuk melakukan kegiatan bersepeda atau berkuda. Banyak pengunjung yang menyukai kegiatan ini. Kegiatan ini juga dapat Anda lakukan bersama komunitas sepeda Anda jika sedang mengadakan acara tertentu.

Bagi Anda yang ingin bersepeda, diharapkan membawa sepeda masing-masing karena pihak objek wisata ini tidak menyiapkannya. Sedangkan untuk pengunjung yang ingin berkuda, Anda dapat menyewa kuda yang telah disiapkan. Biaya untuk menyewa kuda berkisar Rp 30.000 per orang. Jika Anda yang pemula, akan dibimbing dan ditemani oleh ahlinya.

4. Melakukan Kegiatan Oubond

Banyak pengunjung yang datang untuk melakukan kegiatan outbond. Biasanya pengunjung yang sedang mengadakan acara dapat menyewa paket outbond. Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan seperti berkeliling menggunakan ATV, mengendarai Go-car, dan mencoba flying fox untuk merasakan ketegangan. Tetapi Anda dikenakan biaya tambahan jika ingin mencoba permainan-permainan tersebut.

Kegiatan Menarik di Little Bali
Image Credit: Google Maps (Jv Maulana)

5. Bermain Airsoft

Bagi pengunjung yang ingin mencoba permainan ini akan dikenakan biaya tambahan. Permainan ini merupakan permainan yang cukup popular karena terdapat dua mode yang dapat Anda coba. Mode yang disediakan yaitu mode battle untuk permainan secara berkelompok dan mode latihan jika Anda bermain sendirian.

Anda akan diberikan satu set perlengkapan ketika mencoba permainan ini. Perlengkapan tersebut yaitu senjata, ransel, dan helm untuk keamanan Anda.

6. Camping

Objek wisata ini memiliki lahan yang cukup luas dan dihiasi rumput-rumput nan hijau sehingga cocok bagi Anda yang ingin menginap untuk menikmati suasana malam hari di T Garden. Tetapi Anda diharuskan membawa peralatan camping sendiri karena pengelola tidak menyediakannya.

7. Pesta Pernihakan bertema Outdoor

Bagi yang ingin menggelar acara pernikahan yang unik dan menarik, Anda bisa menyewa tempat di objek wisata ini. Anda bisa menggunakan tema outdoor sehingga menambah kesan yang menarik dari acara pernikahan Anda. Untuk menggelar acara pernikahan, akan dibantu oleh petugas-petugas dari objek wisata ini. Sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari jasa untuk acara pernikahan tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di T Garden

Fasilitas di T Garden
Image Credit: Google Maps (Winda Irmayanti)

Objek wisata Little Bali telah memiliki beragam fasilitas yang tergolong lengkap. Banyak cafe dan restoran yang disediakan untuk Anda yang ingin mencoba berbagai makanan dan minuman. Selain itu, Anda juga disediakan tempat parkir yang cukup luas sebelum memasuki objek wisata ini. Disediakan pula toilet yang bersih untuk para pengunjung.

Pengunjung juga dapat menggunakan beberapa gazebo atau saung yang telah disediakan. Anda dapat bersantai dan beristirahat di fasilitas yang telah disediakan pihak pengelola.

Itulah beberapa daya tarik, fasilitas dan lokasi menuju objek wisata T Garden atau Little Bali di Deli Serdang. Untuk Anda yang ingin menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan, objek wisata ini cocok untuk Anda kunjungi. Banyak hal yang dapat Anda eksplore. Semoga Informasi tersebut dapat membantu Anda dalam memilih destinasi untuk liburan bersama keluarga atau teman dekat di Sumatera Utara.