25 Tempat Wisata di Singkawang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi yang menyimpan banyak tempat wisata yang indah. Salah satu lokasi yang banyak menyumbang tempat-tempat menarik adalah Kabupaten Singkawang.

Kabupaten ini punya beragam destinasi wisata yang bisa Kamu kunjungi terutama wisata alam. Dengan keindahan panorama alam yang dimilikinya serta keseruan yang ditawarkan oleh masing-masing lokasi wisata akan membuatmu betah berada di Kota Singkawang.

Maka dari itu, di bawah ini sudah terangkum 25 Tempat Wisata di Singkawang yang bisa Kamu kunjungi bersama teman ataupun keluarga tercinta.

1. Danau Biru

Danau Biru

Image Credit: Inimulti.com

Tempat Wisata Pertama datang dari Singkawang Tengah yaitu Danau Biru. Sesuai sebutannya danau ini punya warna biru kristal yang amat mencolok sehingga membuatnya tampak terlihat ketika dipandang dari dekat. Namun siapa sangka jika danau ini ternyata merupakan lokasi bekas penambangan emas.

Terlepas dari masa lalunya ternyata kelestarian alam di sekitar Danau Biru ini masih terjaga dengan baik. Bahkan pemandangan alam disini tampak sangat hijau berkat pepohonan yang tumbuh subur di sekeliling danau.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wonosari, Roban, Kec. Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

2. Tanjung Bajau Beach

Tanjung Bajau Beach

Image Credit: Pariwisata.singkawangkota.go.id

Destinasi wisata ini merupakan yang paling populer di kalangan wisatawan. Sebab Tanjung Bajau Beach menyajikan keindahan panorama laut yang berlatarkan pegunungan dan bukit.

Arus ombak Bajau Beach cukup tenang, sehingga Anda bisa bermain air dan berenang di sepanjang pantai. Anda juga bisa menyewa pelampung untuk keselamatan maupun kenyamanan saat bermain.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

3. Waduk Pajintan

Waduk Pajintan

Image Credit: Ngoopini.blogspot.com

Waduk Pajintan yang terletak di Kelurahan Pajintan ini dibagi menjadi dua buah kolam raksasa dengan masing-masing debit yang berbeda. Yang membuat tempat ini menarik adalah pemandangan gunung yang terlihat jelas di belakang waduk.

Kondisi waduk yang terjaga kebersihannya serta pemandangan alam yang asri dapat membuat siapapun betah berlama-lama disini. Kamu bisa memilih bersantai sambil menikmati kesegaran udara di sekitar waduk ataupun mengambil foto bersama panorama yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

4. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung

Image Credit: Google Maps (Sahar Udin)

Di Pantai Batu Burung Anda bisa menemukan banyak hal seperti melihat batu-batu granit dan perbukitan hijau yang cukup banyak. Selain itu Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan menyewa perahu nelayan untuk berkeliling.

Momen yang paling tidak boleh dilewatkan adalah menikmati pemandangan senja. Perubahan warna langit biru menjadi orange, bisa Anda nikmati dari atas jembatan atau bahkan hanya duduk di pesisir pantai.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

5. Pantai Kura-Kura

Pantai Kura-Kura

Image Credit: Wisatakalimantan.com

Bagi yang mencari pantai dengan suasana berbeda maka Pantai Kura-Kura bisa Kamu jadikan sebagai tujuanmu. Pantai yang terletak di Desa Karimunting ini sering dijadikan sebagai tempat persinggahan kura-kura untuk berkembang biak, maka tak heran bila tempat ini diberi nama Pantai Kura-Kura.

Karena tempat ini dikategorikan sebagai tempat konservasi maka ekosistem di Pantai Kura-Kura masih terjaga dan sangat jarang ada campur tangan manusia. Sehingga area pantai pun bebas dari bangunan dan Kamu bisa menikmati hamparan pasir putih yang indah sepuasnya.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karimunting, Kec. Sungai Raya Kepulauan, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

6. Taman Batu Belimbing

Taman Batu Belimbing

Image Credit: Facebook.com @gold.star.production.skw

Destinasi wisata ini sangat unik yaitu batu yang berbentuk seperti belimbing sehingga disebut Batu Belimbing. Tempat ini masih asri dan suasananya tenang, sangat cocok buat Anda yang bosan dengan keramaian kota.

Namun, sampai sekarang tempat itu dibiarkan begitu saja. Banyak rumput liar yang menjulang tinggi seperti tempat yang tak dirawat. Padahal jelas terpasang papan Pemkot Singkawang di sana.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nyarumkop, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

7. Hutan Mangrove Setapuk

Hutan Mangrove Setapuk

Image Credit: Blog.reservasi.com

Jenuh dengan suasana perkotaan? Sesekali hiruplah udara segar dengan berkunjung ke wisata alam seperti Hutan Mangrove Setapuk. Tempat wisata ini sangat bagus digunakan untuk mengedukasi para generasi muda tentang pentingnya menjaga kelestarian alam.

Begitu masuk kesini Kamu akan disuruh melewati jembatan warna-warni untuk menyaksikan pemandangan dari ribuan pohon bakau di ketinggian. Jika ingin merasakan sensasi yang berbeda Kamu juga bisa menyewa menyewa speedboat  untuk berkeliling hutan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Setapuk Besar, Kec. Singkawang Utara, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

8. Danau Tadow Indah

Danau Tadow Indah

Image Credit: Facebook.com @adhie.doyok

Danau ini merupakan tempat yang menyediakan tempat pemancingan yang cocok untuk berlibur akhir pekan bersama keluarga. Anda juga bisa langsung memasak hasil memancing dengan harga yang murah.

Tempat ini cocok buat Anda yang memiliki hobi memancing, karena disini Anda dapat memancing sepuasnya. Selain memancing Anda juga bisa berkeliling danau menggunakan perahu untuk menikmati keindahannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

9. Gunung Jempol Waterboom

Gunung Jempol Waterboom

Image Credit: Travelmate.web.id

Tempat wisata selanjutnya sangat direkomendasikan bagi Kamu yang hobi berenang yaitu Gunung Jempol Waterboom. Di tempat ini Kamu bisa bermain air dengan bebas ataupun memuaskan hobi berenangmu.

Waterpark yang berlokasi di Singkawang timur ini punya ciri khas warna-warni yang menarik pada setiap wahananya sehingga sangat disukai oleh anak-anak. Selain permainan air terdapat juga wahana lain yang bisa Kamu coba, misalnya seperti flying fox. Kamu juga bisa menghasilkan berbagai foto menarik dengan spot yang sudah disediakan oleh pengelola.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taman Cinta Waterboom, Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang , Kalimantan Barat.

10. Waterboom Gunung Poteng

Waterboom Gunung Poteng

Image Credit: Facebook.com @theresia.avila

Waterboom Gunung Poteng merupakan tempat wisata yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Tempat ini menyediakan aneka wisata berupa kolam renang, bersepeda di kolam, air mancur, berseluncur di kolam dan masih banyak lagi wisata menarik lainnya.

Selain wahana air juga terdapat latar belakang Gunung Poteng yang menarik dan indah berhasil menarik minat pengunjung. Untuk para pengunjung yang menyukai dunia fotografi, tempat wisata ini sangat cocok untuk berfoto dengan latar gunung yang indah.

Harga Tiket: Rp 40.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Pajintan, Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

11. Cagar Alam Raya Pasi

Cagar Alam Raya Pasi

Image Credit: Wisatasia.com

Kamu tipe orang yang suka berpetualang dan menikmati alam? Cobalah berkunjung ke Cagar Alam Raya Pasi. Tempat ini punya berbagai objek yang layak untuk Kamu jelajahi seperti mendaki gunung ataupun melihat keindahan danau yang dimilikinya.

Sebagai ekosistem dari berbagai jenis flora dan fauna dilindungi tentunya Cagar Alam Raya Pasi masih sangat terjaga kealamiannya. Maka dari itu perlu diingat saat Kamu berkunjung kesini pastikan tidak membuang sampah sembarangan agar cagar alam tetap lestari.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pangmilang, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

12. Taman Gunung Sari

Taman Gunung Sari

Image Credit: Google Maps (Sepok Family)

Destinasi wisata ini sangat cocok buat Anda yang suka berfoto di tempat yang keren. Taman Gunung Sari menyediakan banyak wahana yang patut Anda coba, seperti jembatan selfie, jogging track, sepeda gantung dan rumah pohon.

Anda dapat menikmati rindangnya alam dan sejuknya pepohonan sambil berolahraga disini. Jangan khawatir untuk masuk ke tempat ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun, karena gratis.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Karya, Pasiran, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan barat.

13. Taman Bunga Bukit Bougenvile

Taman Bunga Bukit Bougenvile

Image Credit: Ksmtour.com

Seperti namanya tempat ini memang banyak ditumbuhi oleh bunga berjenis bougenvill, selain itu terdapat juga jenis-jenis bunga lain yang menghiasi taman ini.  Taman bunga yang berlokasi di Desa Sijangkung ini cocok sekali Kamu gunakan untuk bersantai.

BACA:  Pulau Simping, Pesona Pulau Terkecil di Dunia Berada di Singkawang

Dengan harga tiket yang murah Kamu dapat berkeliling hutan sepuasmu tanpa khawatir akan tersesat. Kemudian Terdapat juga fasilitas lain yang dapat Kamu nikmati di tempat ini seperti kolam renang, kebun buah, danau dan lain sebagainya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pertanian, Sijangkung, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

14. Taman Burung Singkawang

Taman Burung Singkawang

Image Credit: Google Maps (Oki Januardi)

Tempat wisata ini merupakan salah satu ikon taman dan wisata di Singkawang. Letaknya yang berada di titik Nol Kilometer kota, sehingga Taman Burung Singkawang ini banyak diminati oleh para wisatawan.

Taman ini merupakan ruang hijau terbuka yang cocok untuk para pengunjung untuk menikmati sore bersama keluarga. Di malam hari Anda juga bisa menikmati lampu kota yang indah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Merdeka, Tengah, Kec. Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

15. Pasar Hongkong

Pasar Hongkong

Image Credit: Triptrus.com

Setelah puas berjalan-jalan di Kota Singkawang jangan lupa untuk mengisi tenagamu dengan hidangan lezat. Di Pasar Hongkong Kamu tidak hanya bisa memuaskan lidahmu tapi terdapat juga penataan pasar kuliner yang unik. Saat malam tiba kawasan Jl. Setia Budi akan dihiasi dengan warna-warni lampu yang menarik serta berbagai macam lampion cantik.

Hampir semua jenis chinese food tersedia disini, dijamin kalau datang kesini pasti Kamu gak akan tahan untuk mencicipi berbagai sajian kuliner yang dijajakan di tempat ini. Namun, ada juga beberapa wisatawan yang sengaja berkunjung kesini untuk melihat secara langsung keunikan Pasar Hongkong serta mengabadikannya dengan kamera mereka.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat:  Jl. Setia Budi, Condong, Kec. Singkawang Tengah, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

16. Pulau Simping

Pulau Simping

Image Credit: Facebook.com @jefri.fri

Destinasi wisata ini dijuluki sebagai pulau terkecil di dunia oleh Perserikatan Bangsa Bangsa karena luasnya yang kurang dari setengah hektar. Selain itu pulau ini juga dijuluki Pulau Kelapa Dua, karena dulu terdapat dua kelapa yang menjulang tepat di tengah pulau.

Tempat wisata ini sangat cocok Anda kunjungi di waktu pagi ataupun sore hari, sembari menunggu matahari terbit atau tenggelam. Pantai ini juga termasuk dangkal, sehingga Anda dapat bermain atau sekedar berenang tanpa khawatir tenggelam.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

17. Sinka Island

Sinka Island Singkawang

Image Credit: Ksmtour.com

Pulau yang terletak di Kecamatan Singkawang Selatan ini menawarkan dua konsep rekreasi sekaligus dalam satu tempat. Di tempat ini Kamu bisa melihat dan memberi makan berbagai jenis satwa dengan bersafari menggunakan mobil.

Selain bisa melihat keunikan berbagai satwa Kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan di pantai Bajau. Namun, karena kondisi pantai yang berbatu maka para pengunjung tidak diperkenankan untuk berenang di tepi pantai. Tapi sebagai gantinya Kamu bisa mencoba banana boat yang sudah terjamin keamanannya.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Malindo Teluk Karang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

18. Pantai Sedau

Pantai Sedau

Image Credit: Facebook.com @bongwihendraphotography

Pantai Sedau merupakan tempat yang sering dijadikan sebagai destinasi populer keluarga untuk menghabiskan waktu akhir pekan. Pantai ini memiliki hamparan pasir dan air yang sangat jernih. Selain biaya masuknya yang murah, lokasinya juga tak jauh dari pusat kota hanya butuh waktu sekitar 35 menit.

Jika beruntung, Anda bisa melihat kura-kura yang sedang singgah ke pantai ini. Pantai Sedau akan membuat Anda betah karena pemandangannya yang indah dan suara deburan ombak yang tenang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

19. Air Terjun Eria

Air Terjun Eria

Image Credit: Commons.wikimedia.org

Wisata alam yang berada di Desa Nyarumkop ini kental sekali dengan suasana khas pegunungan. Meskipun dinamakan air tejun namun tempat ini jauh berbeda dengan air terjun lain yang tergolong tinggi. Sehingga tak heran bila warga setempat lebih sering menyebutnya sebagai sungai Eria.

BACA:  Air Terjun Riam Dait, Menikmati Keindahan Air Terjun 7 Tingkat di Kalimantan Barat

Disini Kamu bisa merasakan bagaimana segarnya air yang bersumber dari Gunung Poteng sembari menikmati keindahan alam di sekitar Sungai Eria. Ditambah lagi dengan kesejukan Desa Nyarumkop pasti akan membuatmu sulit beranjak dari tempat ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Nyarumkop, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

20. Danau Serantangan

Danau Serantangan

Image Credit: Facebook.com @jinni-hakka-nyin

Danau ini merupakan satu-satunya danau yang dekat dengan alam bebas. Namun untuk kesana Anda memerlukan waktu berhari-hari melewati medan di danau ini. Karena alamnya yang masih tergolong bebas, maka banyak sekali  hewan liar berkeliaran.

Jadi jika Anda ke tempat ini harus berhati-hati, karena keselamatan yang paling utama. Namun keindahan Danau ini sangat menakjubkan, karena udaranya yang begitu segar dan hamparan hijau yang begitu luas berada di depan mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sagatani, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

21. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang

Image Credit: Wisatapontianak.com

Destinasi wisata kali ini merupakan tempat yang anti mainstream sehingga tempat ini pun masih sangat jarang dikunjungi.  Pantai Pasir Panjang berlokasi di Kecamatan Singkiwang Selatan, pantai ini pun jadi satu-satunya pantai yang terletak di Selat Nasik.

Karena masih tergolong sepi maka kondisi alam di pantai ini masih sangat bersih dan terjaga dari campur tangan manusia. Karena letaknya berada di balik hutan maka dibutuhkan sedikit kesabaran agar bisa sampai ke lokasi pantai. Namun begitu sampai disana Kamu akan dimanjakan oleh suasana pantai yang tenang dengan hamparan pasir putih yang menakjubkan.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Pasir Panjang No. 89, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

22. Bukit Rindu Alam

Bukit Rindu Alam

Image Credit: Panduanwisata.id

Tempat wisata ini merupakan salah satu yang paling populer dikalangan wisatawan. Bukit Rindu Alam memiliki daya tarik pemandangan alamnya yang terbentang luas sehingga membuat siapapun yang melihat akan terpukau.

Pesona bukit ini memang tidak perlu diragukan lagi. Bukit Rindu Alam memiliki ketinggian 400 mdpl dan terletak tidak jauh dari Pantai Bajau, sehingga bisa terlihat jelas dari atas.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

23. Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe

Image Credit: Wisatapontianak.com

Tempat wisata berikutnya adalah Air Terjun Sibohe. Tempat wisata yang terletak di Kelurahan panjitan ini cukup menarik untuk dikunjungi. Karena di tempat ini Kamu bisa menikmati keindahan air terjun sambil langsung menyebur ke dalam sungai di bawahnya.

Meskipun air terjun yang mengalir cukup deras namun aliran sungainya memiliki arus yang tenang sehingga sangat aman digunakan untuk basah-basahan. Ditambah lagi air di sini juga terkenal akan kejernihannya.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pajintan, Kec. Singkawang Timur, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

24 Pulau Randayan

Pulau Randayan

Image Credit: Indonesiakaya.com

Ingin merasakan pengalaman berlibur di pulau pribadi? Sekarang Kamu bisa mewujudkannya dengan berkunjung ke Pulau Randayan. Untuk mencapai pulau ini Kamu perlu menyebrangi laut dengan bantuan perahu yang disewakan warga setempat.

Meskipun lokasinya sedikit terpencil namun tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan. Jadi sangat pas bila Kamu ingin menikmati keindahan pantai  berpasir putih ini lebih lama lagi sambil bermalam di sini. Karena perairan disini sangat jernih maka Kamu juga bisa melakukan aktivitas senorkling untuk menikmati keindahan bawah laut Pulau Randayan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sungai raya, Kab. Bengkayang, Kalimantan Barat.

25. Pantai Palm Beach

Pantai Palm Beach

Image Credit: Phinemo.com

Pantai yang terletak di Singkawang Selatan ini punya fasilitas yang sangat komplit. Selain disuguhkan indahnya panorama pantai berpasir putih yang asri, di sini Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas lain dengan fasilitas yang sudah disediakannya.

Fasilitas yang tersedia disini seperti kolam renang, tempat bermain anak, area volly, camping ground hingga tersedia juga penginapan yang bisa Kamu gunakan untuk beristirahat. Melihat kelengkapannya maka tak heran bila tempat ini sering difavoritkan warga Singkawang untuk berakhir pekan.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pasir Panjang, Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Demikian Daftar Tempat Wisata di Singkawang, masing-masing tempat punya keunikannya sendiri. Jadi untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan pastikan saja untuk memilih tempat wisata yang sesuai dengan seleramu.