Pulau Simping, Pesona Pulau Terkecil di Dunia Berada di Singkawang

Pulau Simping Singkawang

Berkunjung ke Singkawang jangan sampai melewatkan keindahan alam Pulau Simping. Pulau terkecil di dunia yang diakui PBB ini cocok dijadikan destinasi liburan Anda selanjutnya.

Lokasi: Sedau, Kec. Singkawang Selatan, Kota Singkawang.
Map: Cek Lokasi

Tahukah Anda dimana letak pulau terkecil di dunia? Ya, pulau tersebut terletak di Indonesia. Pulau Simping merupakan pulau paling kecil di dunia yang terletak di Singkawang. Dengan luas tidak lebih dari 0,5 hektar, pulau mungil ini bahkan telah diakui oleh PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) sebagai pulau terkecil di dunia.

Konon pulau cantik ini merupakan pulau berpenghuni, hal tersebut dibuktikan dengan adanya klenteng kecil tempat warga Tionghoa beribadat. Namun, seiring berjalannya waktu pulau tersebut semakin menyempit akibat abrasi dan para penduduk memilih untuk meninggalkan kawasan Pulai Simping.

Pulau Simping memiliki panorama alam yang cantik dan menawan. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan atau udara alam yang segar, pulau cantik di Singkawang ini cocok dijadikan destinasi liburan berikutnya. Untuk informasi lengkapnya simak ulasan berikut ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Simping

Daya Tarik Pulau Simping

Image Credit: Twitter.com @kumparan

Pulau Simping merupakan pulau kecil cantik nan eksotis. Bagaimana tidak, pulau ini terdiri dari pasir putih dan bebatuan. Pulau tersebut sangat cocok dijadikan destinasi wisata yang patut dikunjungi khususnya bagi Anda yang mencari kesunyian untuk menghilangkan kepenatan. Letaknya yang terpencil dan suasana yang masih asri pas sebagai tempat relaksasi.

Dahulunya Pulau Simping bernama Pulau Kelapa Dua. Alasan dibalik nama tersebut, yaitu hanya terdapat dua pohon kelapa yang terdapat di tengah pulau. Namun kini, nama tersebut sudah tergantikan dan pulau tersebut sudah terdapat banyak pohon baik kelapa atau tumbuhan rindang lainnya. Uniknya di pulau ini juga terdapat klenteng kecil di tepi pulau yang biasa digunakan warga Tionghoa sembahyang.

Pulau ini luasnya tak lebih dari 0,5 hektar. Berada di tempat ini Anda akan merasakan pulau tersebut bak milik pribadi. Selain tempatnya yang kecil, suasana sunyi dan alami sangat mendukung untuk menjadikan tempat ini sebagai objek liburan Anda bersama keluarga.

Sebagai pulau terkecil yang telah diakui PBB, pulau ini menyajikan sejuta pesona alamnya yang patut untuk ditengok. Pantainya yang dangkal dan biru seringkali menghipnotis para pengunjung yang datang ke kawasan tersebut. Anda bisa menikmati hamparan laut Kalimantan dan angin sepoi-sepoi baik bersama keluarga atau kerabat terdekat.

BACA:  Air Terjun Riam Dait, Menikmati Keindahan Air Terjun 7 Tingkat di Kalimantan Barat

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pulau Simping

Alamat Pulau Simping

Image Credit: Google Maps (Mojo Jojo)

Bagi Anda yang belum familiar, pulau cantik ini berada di kawasan Pantai Teluk Mak Jantu, Singkawang. Tak sulit untuk menemukan tempat tersebut karena berada di area strategis dan cukup dekat dengan pusat kota. Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor atau rombongan dengan bis.

Bagi Anda yang berada di Pontianak bisa menempuh perjalanan sekitar dua hingga tiga jam dengan menggunakan kendaraan bermotor. Sedangkan dari kota Singkawang, waktu tempuh yang diperlukan sekitar 15 menit saja. Setelah di kawasan pantai Anda bisa menyebrangi jembatan ke Pulau Simping.

Harga Tiket Masuk Pulau Terkecil Simping

Harga Tiket Pulau Simping

Image Credit: Facebook.com @jefri.fri

Apabila Anda ingin berkunjung ke tempat ini, tak perlu khawatir harga tiket yang mahal. Meskipun telah diakui dunia, nyatanya harga tiket masuk ke Kawasan pulau sangat terjangkau. Cukup dengan Rp 25.000 Anda bisa menikmati panorama cantik yang dimiliki Pulau Simping sampai puas. Harga tersebut berlaku untuk weekday dan weekend.

Wisata ke Simping dapat Anda kunjungi kapan saja karena tempat ini buka selama 24 jam. Bagi Anda yang berniat mengunjungi tempat ini, ada baiknya mencari informasi tentang tiket dan jam buka karena dua hal tersebut bisa berubah tergantung kondisi.

Kegiatan Menarik yang Dilakukan di Pulau Simping

Kegiatan di Pulau Simping

Image Credit: Instagram.com @puji_widodo96

1. Berfoto-Foto

Berlibur tak lepas dengan kegiatan berfoto-foto. Mengabadikan setiap momen seru dari pemandangan yang indah Pulau Simping ini wajib hukumnya. Anda bisa berfoto dengan latar belakang pulau yang eksotis dan menawan tersebut dengan kerabat atau keluarga.

Selain mengambil foto, spot lain yang menarik adalah jembatan yang menghubungkan antara pesisir pantai dan pulau tersebut. Bangunan jembatan yang indah tersebut dapat Anda jadikan tempat berfoto yang estetik.

2. Menikmati Sunset

Pulau ini merupakan titik yang tepat untuk menyaksikan sunset secara langsung. Lautan yang luas tanpa penghalang apapun memungkinkan Anda untuk melihat proses matahari terbenam secara jelas. Warna langit yang berubah menjadi jingga dan pantulan ke perairan laut lepas menciptakan suasana sore yang romantis dan menenangkan.

BACA:  25 Tempat Wisata di Singkawang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Bersantai di Pulau Terkecil

Seperti tujuan awal liburan pada umumnya, bersantai dan menenangkan pikiran adalah tujuan berlibur. Apabila Anda tidak menyukai kegiatan yang melelahkan, bersantai dan menikmati pemandangan di Pulau Simping mungkin cocok untuk dipilih. Anda juga bisa menghabiskan waktu bersantai dengan teman atau keluarga melalui obrolan-obrolan ringan yang mengasyikkan.

4. Bermain Air di Kawasan Pantai

Berada di area pantai tentu kurang lengkap jika tidak bermain air, baik itu hanya sekadar mencelupkan kaki atau berenang. Berada di Pulau Simping Anda bisa bermain di tepi laut yang cukup dangkal dan deburan ombak yang tidak terlalu kuat. Anda dapat bermain dan bercengkrama bersama kerabat.

Perairan di pulau ini cukup aman untuk berenang, karena perairannya cukup dangkal bagi Anda yang tidak mahir atau tidak bisa berenang tetap bisa menikmatinya. Meskipun begitu Anda tetap harus waspada dan berhati-hati ketika berenang karena banyak bebatuan menonjol di dekat pulau.

Penginapan Murah di Sekitar Pulau Simping

Penginapan di Pulau Simping

Image Credit: Dayangresort.com

1. Hotel Natuna

Bagi Anda yang ingin menikmati view pantai dan suasana yang menenangkan, Hotel Natuna agaknya menjadi tujuan menginap yang tepat. Penginapan yang menghadap langsung ke pesisir pantai dan lautan lepas ini juga memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat parkir, ruangan ber-AC hingga restoran. Maka tak perlu ragu untuk menginap dan memboyong keluarga ke sini.

2. Tanjung Bajau Hotel

Menginap di tempat nyaman dengan banyak fasilitas tentu menjadi sebuah idaman. Hotel Tanjung Bajau ini menawarkan pemandangan laut lepas yang menyegarkan mata dan pikiran. Di tempat ini Anda bisa menikmati hamparan laut biru dan angin laut yang sepoi-sepoi dari sela-sela jendela atau pintu.

Menginap di hotel ini tidak akan membuat Anda kecewa. Di hotel ini terdapat banyak fasilitas memadai yang akan memanjakan para pengunjungnya termasuk Anda. Beberapa fasilitas seperti tempat parkir, kolam renang yang luas serta restoran yang menyajikan aneka hidangan lezat. Tempat ini juga menyediakan beberapa wahana permainan yang ramah untuk anak-anak.

3. Dayang Resort Singkawang

Penginapan satu ini banyak dijadikan tujuan para keluarga untuk singgah. Berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjungnya baik orang dewasa ataupun anak-anak. Adapun fasilitas tersebut yaitu kolam arus, kolam renang dan fasilitas outbond yang bisa Anda gunakan ketika malas untuk beraktivitas di luar.

BACA:  25 Tempat Wisata di Pontianak Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Menginap di tempat ini akan membuat Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Beberapa fasilitas pendukung lainnya layaknya ruangan ber-AC, Wi-Fi gratis, bak air panas hingga spa yang mampu memberikan relaksasi dan ketenangan kepada tubuh. Bermalam di tempat ini tidak akan membuat Anda rugi dan menyesalinya.

4. Kahyangan Resort Bengkayang

Menginap di tempat ini tidak akan membuat Anda menyesal. Desain interior yang mewah serba putih dan bangunan minimalisnya membuat liburan semakin menyenangkan. Selain itu, penginapan ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti Wi-Fi, kolam renang, tempat parkir hingga restoran yang siap menjamu Anda.

Pemandangan hotel yang ditawarkan tidak hanya berupa bangunan kamar yang monoton, melainkan view langsung pesisir pantai yang menawan. Jarak antara Pulau Simping dan penginapan hanya sekitar 8km.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Simping

Fasilitas di Pulau Simping

Image Credit: Instagram.com @pandusn24

Pulau Simping merupakan pulau terkecil di dunia yang tak berpenghuni. Oleh karena itu, tidak memungkinkan untuk membangun gedung atau fasilitas yang memadai lainnya. Namun jangan khawatir, karena letaknya yang masih satu area dengan Pantai Teluk Mak Juntu membuat Pulau ini memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk menunjang kebutuhan para pengunjungnya.

Adapun beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati saat berlibur di Pulau Simping yaitu kolam renang dan aneka peralatan wahana air yang disewakan. Selain itu, terdapat pula warung-warung yang tersebar di area pulau ini. Anda bisa mengisi perut dengan menu-menu yang telah ditawarkan atau hanya meneguk segelas minuman sambil menikmati hamparan indah pantai dan eksotisnya pulau mungil ini.

Bagi Anda yang datang menggunakan kendaraan bermotor ataupun rombongan, tak perlu risau jika tidak mendapatkan lahan parkir. Di kawasan wisata ini telah disediakan tempat parkir yang bisa menampung kendaraan Anda. Maka Anda tak perlu khawatir lagi dan bisa menikmati liburan di setiap titik Pulau Simping ini sampai puas.

Demikian informasi mengenai objek wisata Pulau Simping yang perlu diketahui. Apabila Anda memutuskan untuk ke Singkawang, jangan lupa singgah dan menghampiri pulau kecil yang mempesona tersebut. Berkunjung ke pulau terkecil di dunia bersama-sama akan lebih menyenangkan dan menjadi momen berkumpul yang indah.