Pantai Sadranan, Pantai Cantik Nan Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Pantai Sadranan Gunung Kidul

Pantai Sadranan salah satu wisata pantai favorit di Gunung Kidul, Jogja. Pantai yang menyuguhkan panorama alam nan eksotis dan beragam aktivitas liburan seru, mulai dari snorkling, kano hingga berkemah.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Sidoarjo, Kec. Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat keren pemandangannya. Tak jarang wisatawan asing berbondong-bondong pergi ke Indonesia untuk menyaksikan keindahan alamnya. Salah satu tempat wisata alam yang sering dituju oleh banyak wisatawan adalah Pantai Sadranan.

Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata Andalan Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di daerah Gunung Kidul. Gunung Kidul memang sudah terkenal memiliki banyak tempat wisata Andalan sehingga Anda tidak perlu lagi meragukan keindahan dari Pantai Sadranan. Dijamin Anda tidak akan kecewa apabila berlibur di tempat tersebut.

Banyak orang lokal dan asing yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini. Oleh karena itu, Anda perlu mengumpulkan beberapa informasi terlebih dahulu agar yakin bahwa pantai ini layak untuk dikunjungi. Berikut beberapa informasi seputar tempat wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sadranan

Daya Tarik Pantai Sadranan

Image Credit: Google Maps (Wisata Jogja)

Tentu saja pantai ini memiliki beberapa daya tarik karena sukses memikat banyak orang untuk datang mengunjunginya. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki pantai tersebut.

1. Keindahan Alam

Pantai ini memiliki sangat indah walaupun masih belum bisa disandingkan dengan keindahan dari pantai-pantai terkenal seperti Pantai Kuta. Air lautnya juga masih sangat biru dan cukup jernih. Hamparan pasir putihnya juga sangat luas dan indah sehingga akan sangat menyenangkan bila bermain disana.

2. Tiket Murah

Harga tiket masuk di Pantai Sadranan cukup murah. Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000,00 maka Anda sudah bisa menikmati keindahan dari pantai tersebut. Walaupun terdapat beberapa biaya tambahan untuk penggunaan fasilitas, Anda juga tidak perlu merasa khawatir karena biaya tambahannya juga cukup murah.

3. Memiliki Surga Bawah Laut

Keindahan dari bawah lautnya sangat keren. Banyak orang-orang yang melakukan snorkeling agar bisa melihat surge bawah laut tempat wisata ini. Biasanya para wisatawan akan membawa kamera anti air untuk mengabadikan keindahan bawah laut ini dalam sebuah foto.

4. Tidak Terlalu Ramai

Tempat ini tidak terlalu ramai pengunjung apabila Anda bandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Lokasinya yang cukup sulit untuk dijangkau menjadi salah satu alasan pantai ini sepi. Akan tetapi hal tersebut justru menjadi daya tarik dari pantai tersebut. Banyak orang yang ingin berlibur di pantai yang sepi agar dapat menikmatinya lebih leluasa.

BACA:  Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Sadranan

Alamat & Rute Pantai Sadranan

Image Credit: Instagram.com @anik_jaelamz

Lokasi tempat wisata ini berada di Kabupaten Gunungkidul. Tepatnya di Desa Sidoharjo, Yogyakarta. Jika Anda melihatnya dari aplikasi google maps maka pantai ini terlihat seperti diapit oleh Pantai Krakal dan Pantai Indrayanti.

Akses menuju ke tempat ini agak sulit mengingat lokasinya yang agak terpencil. Jalur menuju tempat ini agak rusak sehingga Anda perlu berhati-hati ketika berkendara menuju tempat tersebut.

Ambilah rute ke Yogyakarta untuk menuju pantai. Pada umumnya akan memakan waktu sekitar dua jam apabila lalu lintas normal. Dari Yogyakarta pilih rute menuju Wonosari. Setelah itu, Anda dapat menuju ke arah selatan yaitu Pantai Baron.

Setelah sampai di area selatan maka Anda akan tiba di pos retribusi. Anda akan menemukan pertigaan dan ambil jalan lurus saja menuju arah Pantai Krakal karena letaknya yang berdekatan dengan Pantai Sadranan.

Anda juga bisa memilih rute dari Klaten. Dari Klaten Anda harus mengambil rute menuju Tanjungsari. Setelah tiba di Tanjungsari maka akan terlihat gerbang tiket penagihan kawasan Pantai Gunung Kidul. Dari gerbang tersebut Anda bisa langsung mengambil rute menuju lokasi wisata ini.

Sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena jalurnya yang cukup sulit. Apabila tidak membawa kendaraan pribadi maka Anda bisa menggunakan ojek online untuk menuju lokasi tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Sadranan Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai Sadranan

Image Credit: Google Maps (Maman Suparman)

Sama seperti pantai-pantai di Gunung Kidul, pantai ini memasang tarif tiket masuk yang cukup murah. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000,00 per orang agar dapat bermain dan menikmati pemandangan di tempat wisata ini.

Anda juga akan dikenakan beberapa biaya tambahan jika menggunakan fasilitas yang disediakan pihak pengelola seperti area parkir. Tarif parkir untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000,00 dan Rp 5.000,00 untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Sadranan

Kegiatan Menarik di Pantai Sadranan

Image Credit: Google Maps (Puja Risma)

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan ketika berlibur ke tempat ini. Berikut beberapa rekomendasi kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat tersebut.

1. Snorkeling

Pemandangan bawah laut di pantai ini tidak bisa dihiraukan begitu saja. Ada banyak biota laut dan terumbu karang yang menarik untuk dilihat. Tentu saja tidak akan menarik apabila Anda tidak mencoba untuk melakukan kegiatan ini ketika berlibur di tempat tersebut. Anda juga bisa melihat beberapa jenis ikan yang dilindungi.

Biaya untuk melakukan kegiatan ini sekitar Rp 50.000,00. Biaya tersebut adalah sewa alat. Anda direkomendasikan untuk melakukan snorkeling sekitar jam 06.00-08.00 pagi atau 16.00-18.00. Banyak orang yang memilih di sore hari karena ingin melihat pemandangan sunset juga.

BACA:  Museum Ullen Sentalu Sleman, Destinasi Terbaik Bagi Pecinta Sejarah & Budaya Jawa

Akan tetapi, Anda juga harus mematuhi beberapa peraturan yang berlaku ketika melakukan snorkeling. Anda dilarang keras untuk mengambil biota laut ataupun terumbu karang yang hidup di Perairan Sadranan. Hal ini perlu untuk dilakukan untuk menjaga kelestarian tempat wisata alam.

2. Naik Perahu Kano

Jika Anda ingin melakukan kegiatan yang jarang dapat dilakukan di pantai-pantai lainnya maka Anda bisa menyewa perahu kano di tempat ini. Sangat menyenangkan ketika mendayung perahu ini dan menyusuri keindahan Pantai Sadranan. Anda cukup membayar Rp 50.000,00 untuk bisa menikmati wahana ini.

Pada umumnya perahu kano bisa memuat dua orang sehingga Anda dapat menaikinya dengan rekan atau keluarga yang Anda ajak. Anda bisa merasakan hempasan ombak, melihat jernihnya air laut, menikmati hembusan angin yang sepoi-sepoi, dan melihat keindahan bukit-bukit karang.

3. Berkemah

Terdapat area perkemahan yang cukup luas sehingga memungkinkan wisatawan yang datang untuk bermalam di pantai. Jika Anda membawa keluarga atau rekan maka kegiatan ini akan sangat menyenangkan.

Disarankan untuk membawa tenda dan alat perkemahan lainnya dari rumah. Namun jika Anda tidak membawa alat-alat tersebut maka dapat menyewanya di pihak pengelola. Anda akan diberikan tenda dome yang bisa memuat 4 orang dengan harga sekitar Rp 50.000,00.

Apabila malam hari telah tiba maka Anda bisa menyalakan api unggun sambil bercengkrama dengan keluarga atau rekan. Biasanya para wisatawan juga saling mengenal satu sama lain di area perkemahan ini. Tentu saja hal tersebut cukup bagus untuk menambah pertemanan Anda.

4. Melihat Sunrise dan Sunset

Rasanya seperti ada yang kurang jika berlibur di pantai tidak melihat sunset maupun sunrise. Pantai Sadranan juga memiliki pemandangan sunset dan sunrise yang indah sehingga Anda tidak boleh melewatkannya begitu saja.

Saat sore dan subuh telah tiba maka banyak wisatawan yang memenuhi tepi pantai untuk melihat pemandangan sunset dan sunrise. Pemandangannya juga sangat romantis sehingga akan cocok apabila Anda membawa pasangan Anda ke tempat ini.

Kegiatan yang Menarik di Pantai

Image Credit: Google Maps (Wawan Herdiman)

5. Hunting Foto

Banyak spot-spot menarik yang dapat Anda potret. Anda akan menemukan banyak orang yang membawa kamera profesional hanya untuk memotret kecantikan pantai ini. Oleh karena itu, Anda juga harus membawa kamera terbaik Anda untuk mengabadikan momen liburan Anda yang sangat berharga.

6. Bermain Pasir

Pasir di Pantai Sadranan sangat halus dan lembut. Banyak anak-anak yang bermain pasir. Hal ini mungkin dikarenakan banyaknya batu karang sehingga para orang tua tidak memperbolehkan mereka bermain karena takut terluka oleh karang. Walaupun terdengar membosankan, kegiatan ini masih bisa dilakukan bagi orang dewasa.

BACA:  Pantai Timang, Pantai Unik yang Menantang Adrenalin di Gunung Kidul Jogja

7. Berenang

Berenang di tempat ini harus hati-hati jika tidak ingin terluka oleh batu karang. Anda bisa berenang agak jauh dari tepi pantai apabila tidak ingin terluka oleh karang. Namun Anda tidak boleh berenang terlalu jauh atau melebih dari batas yang telah ditentukan oleh pihak pengelola karena cukup berbahaya.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Sadranan

Penginapan Murah Pantai Sadranan

Image Credit: Gunungkidultour.blogspot.com

Ada beberapa penginapan yang dapat ditemukan di sekitar area wisata ini. Berikut beberapa rekomendasi penginapan yang dapat Anda pilih.

1. Rumah Bambu Sadranan

Penginapan ini berada di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 500.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kamar mandi, area parkir, kipas angin, dan lain-lain. Penginapan ini cukup dekat dengan lokasi Pantai Sadranan sehingga bisa dipilih jika Anda mencari penginapan yang terdekat.

2. D’Omah Slili

Penginapan ini berada di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 250.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti kamar mandi, area parkir, AC, TV, dan lain-lain. Desainnya cukup sederhana tapi cukup nyaman. Harganya juga terjangkau sehingga cocok bagi wisatawan yang mencari penginapan murah.

3. Omah Sundak Homestay

Homestay ini berada di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 269.000,00.

Beberapa fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah area parkir, layanan kamar, kamar mandi, kipas angin atau AC, dan lain-lain. Pemandangan laut yang langsung menghadap penginapan ini membuat banyak wisatawan memilihnya untuk menjadi tempat bermalam.

4. Sundak Indaprastha

Penginapan ini terletak di di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam di penginapan ini mulai dari Rp 250.000,00.

Beberapa fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah area parkir, TV kabel, kamar mandi, kipas angin, dan lain-lain. Desain rumahnya cukup nyaman dan sederhana sehingga siapapun bisa betah bermalam di tempat tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Sadranan Gunung Kidul

Fasilitas Pantai Sadranan

Image Credit: Google Maps (Dwi Ratnasari Lewi)

Fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola sudah cukup memadai. Kebersihannya juga cukup terjaga karena selalu dibersihkan setiap hari. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah area parkir, gazebo, warung makan, persewaan alat snorkeling, persewaan perahu kano, persewaan tenda, tempat ganti pakaian, gazebo, kamar mandi, jasa foto, dan lain-lain.

Beberapa informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai referensi ketika ingin berlibur di Pantai Sadranan. Banyak ulasan bagus dari wisatawan yang telah berkunjung ke pantai ini sehingga Anda perlu ragu-ragu lagi untuk pergi ke tempat tersebut. Biaya yang dibutuhkan juga tidak banyak dan sangat cocok dengan selera orang Indonesia.