Pantai Pok Tunggal salah satu pantai menawan yang menarik dieskplor di Gunung Kidul. Pantai pasir putih yang menawarkan keindahan yang memesona dan tempat terbaik menyaksikan sunset.

Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Tepus, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Hari libur merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Saat hari libur tiba maka tempat wisata akan dipenuhi oleh para wisatawan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang akan berlibur, wisatawan asing juga akan menghabiskan waktu di tempat wisata. Salah satu tempat yang akan dipenuhi oleh para wisatawan adalah Pantai Pok Tunggal.

Pantai ini sudah dikenal oleh banyak masyarakat terutama yang tinggal di area Gunung Kidul. Pantai tersebut memiliki daya tarik yang kuat sehingga dapat membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Oleh karena itu, pantai ini selalu menjadi Andalan dari Gunung Kidul.

Objek wisata ini dapat menjadi opsi untuk Anda yang ingin berlibur. Banyak orang yang merekomendasikan untuk mengunjungi Pantai Pok Tunggal apabila sedang berkunjung ke Yogyakarta. Berikut beberapa informasi mengenai tempat tersebut yang dapat Anda ketahui.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pok Tunggal

Daya Tarik Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @idbcpr

1. Keindahan Alam

Tidak bisa dipungkiri bahwa pantai ini memiliki keindahan yang bisa membuat orang tersipu melihatnya. Pasir putih yang membentang luas, angin pantai yang segar, dan jernihnya air pantai membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini. Oleh karena itu, banyak wisatawan asing yang juga menghabiskan waktu liburannya di tempat tersebut.

2. Pohon Duras

Nama dari tempat ini dari sebuah pohon yang berada di tepi pantai ini. Pohon ini hanya satu saja sehingga warga setempat sangat menjaga pohon tersebut. Wisatawan yang datang berlibur dilarang keras untuk merusak pohon ini karena merupakan ciri khas yang utama dari Pantai Pok Tunggal.

3. Bersih dari Sampah

Pantai ini tergolong cukup bersih apabila dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Pihak pengelola dan penduduk setempat telah menetapkan peraturan dilarang membuang sampah di area wisata. Mereka tidak akan segan-segan memberikan sanksi yang berat bagi para wisatawan yang tidak membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

4. Tiket Murah

Jika Anda mencari tempat wisata yang murah maka di sinilah tempatnya. Harga tiket masuknya tidak lebih dari Rp 10.000,00. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa bermain sepuasnya di pantai ini. Fasilitas-fasilitas yang tersedia juga tidak memasang harga yang terlalu mahal sehingga tidak perlu khawatir masalah biaya.

5. Tempat yang Cocok untuk Melihat Sunset

Ketika sore hari telah tiba maka banyak wisatawan yang memenuhi pantai Andalan Gunung Kidul ini. Suasana dan pemandangan sunsetnya yang sangat indah membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Selain itu, tempatnya bisa dikatakan cukup romantis apabil dijadikan sebagai destinasi liburan bersama pasangan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Pok Tunggal

Alamat Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @pok_tunggal

Lokasi dari tempat wisata ini berada di Desa Tepus, salah satu desa di Kabupaten Gunung Kidul. Letaknya diapit oleh Pantai Indrayanti atau Pulang Syawal dan Pantai Siung. Anda bisa menggunakan mobil, sepeda motor, atau kendaraan umum.

Akses ke lokasi wisata tersebut cukup mudah. Jika Anda berasal dari Wonosari, Yogyakarta, Wonogiri, Klaten, Sukoharjo, dan Solo maka akan lebih mudah untuk menuju tempat wisata tersebut. Bagi Anda yang bukan dari kota-kota tersebut maka dapat menggunakan rute Yogyakarta agar lebih mudah.

Jika Anda berangkat dari Yogyakarta akan menempuh 2 jam perjalanan atau 80 kilometer. Pergilah menuju arah Wonosari dari Yogyakarta. Kemudian belok ke arah selatan menuju tepus. Setelah itu Anda akan menemukan gerbang retribusi dan pertigaan. Setelah itu, beloklah ke kiri dan tujuan Anda sudah ada di depan mata.

Anda juga bisa menggunakan beberapa kendaraan umum seperti bis umum atau angkutan umum lainnya. Carilah kendaraan umum yang berhenti di terminal bus kota Gunung Kidul. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau kendaraan sewa lainnya untuk mencapai Pantai Pok Tunggal.

Harga Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Harga Tiket Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Facebook.com @pantai-pok-tunggal

Rata-rata tempat wisata alam di Indonesia memasang harga yang cukup murah untuk wisatawan lokal. Hal ini juga berlaku di Pantai Pok Tunggal. Harga tiket masuk sekitar Rp 3.000,00 untuk sepeda motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil, dan Rp 10.000,00 untuk minibus.

Bagi Anda yang ingin berkemah maka harus membayar biaya tambahan. Harga sewa area kemah mulai dari Rp 5.000,00 sampai Rp 10.000,00 untuk setiap tenda per malam. Untuk tenda dan alat-alat kemah lainnya harus dibawa dari rumah karena tidak ada persewaan alat-alat tersebut di area wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pok Tunggal

Kegiatan di Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Facebook.com @fairpricetourtravel

1. Berenang

Tentu saja kegiatan yang pasti bisa dilakukan di pantai ini adalah berenang. Air lautnya sangat bersih dan tidak membuat gatal di kulit. Objek wisata alam ini juga cukup aman apabila digunakan untuk berenang karena memiliki gelombang air yang tidak terlalu besar.

2. Main Pasir

Kegiatan ini sangat disukai oleh sebagian besar anak-anak. Anda juga bisa mencobanya karena aktivitas ini cukup menyenangkan ketika dilakukan oleh orang dewasa. Banyak juga wisatawan yang menulis nama atau gambar besar di pasir pantai ini karena cukup menarik apabila nanti difoto.

3. Memanjat Tebing

Apabila Anda termasuk penyuka tantangan maka pilihan Anda tepat bila berlibur ke tempat wisata ini. Terdapat tebing-tebing kars yang letaknya mengelilingi Pantai Pok Tunggal. Oleh karena itu, banyak orang-orang yang mencoba memanjat tebing ini. Jika Anda tertarik untuk mencobanya maka bawalah perlengkapannya dari rumah.

Bagi Anda yang ingin memanjat tebing ini sangat disarankan untuk didampingi oleh orang-orang yang telah berpengalaman dalam bidang ini. Walaupun terlihat mudah dilakukan, memanjat tebing seperti ini perlu kemampuan di bidang tersebut agar berhasil memanjat tebing. Anda juga bisa meminta bantuan pada penduduk setempat.

4. Diving dan Snokerling

Apabila Anda penasaran dengan aneka biota laut yang hidup di pantai ini maka harus mencoba diving atau snorkeling. Airnya yang cukup tenang akan semakin memudahkan Anda untuk melakukan kegiatan tersebut. Anda perlu membawa perlengkapan untuk kegiatan ini dari rumah karena tidak ada persewaan alat-alat tersebut di tempat ini.

Bagi Anda yang ingin mengabadikan momen saat berada di bawah laut sangat disarankan untuk membawa kamera tahan air. Dengan membawa kamera tahan air maka Anda bisa leluasa menyelam sambil memotret keindahan bawah laut pantai ini.

Kegiatan di Pantai Pok Tunggal Jogja
Image Credit: Twitter.com @catperku

5. Mengunjungi Sungai Bawah Tanah

Salah satu hal yang unik dari objek wisata alam ini adalah sungai bawah tanah. Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut karena airnya dapat menjadi berkah menurut kepercayaan penduduk setempat. Air di tempat tersebut juga menjadi sumber air minum bagi para wisatawan maupun warga yang berada di sekitar area tersebut.

6. Berkemah

Objek wisata alam ini memiliki area perkemahan yang sangat luas. Banyak pengunjung yang bermalam di tempat ini karena ingin mencoba dan merasakan pengalaman bermalam di Pantai Pok Tunggal. Anda perlu membawa tenda dan perlengkapan kemah lainnya dari rumah karena tidak ada tempat penyewaan alat-alat kemah di sekitar wisata ini.

7. Berfoto

Secara keseluruhan, tempat wisata ini memiliki keindahan yang dapat disejajarkan dengan pantai-pantai di Pulau Bali. Waktu yang paling tepat bagi Anda yang ingin memotret pantai ini yaitu ketika sore atau pagi hari. Terdapat sunset dan sunrise di waktu-waktu tersebut yang semakin menambah nilai keindahan dari tempat ini.

Penginapan Murah Dekat Dari Pantai Pok Tunggal

Penginapan Dekat Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Traveloka.com

1. Penginapan Putra Darma

Tempat ini dapat ditemukan di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam menginap di penginapan ini mulai dari Rp 200.000,00.

Fasilitas yang akan Anda dapatkan adalah meja, TV, pancuran, are parkir yang luas, dan restoran. Selain itu, tempat ini juga dekat dengan toko oleh-oleh dan minimarket. Tempat ini merupakan salah satu penginapan murah terbaik di area tersebut.

2. Bamboo Lengkung Indrayanti

Tempat ini dapat ditemukan di daerah daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam menginap di penginapan ini mulai dari Rp 350.000,00.

Fasilitas yang Anda akan Anda dapatkan adalah pancuran, TV, area parkir. layanan kamar 24 jam, restoran, dan lain-lain. Desain penginapan ini cukup unik karena menggunakan bambu.

3. Rock Garden Homestay

Penginapan ini berada di Jalan Raya Sundak, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam menginap di tempat ini mulai dari Rp 200.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti TV, kipas angin, kamar mandi dalam, dan lain-lain. Walaupun tampilannya terlihat seperti rumah biasa, penginapan ini masih tergolong nyaman ketika digunakan untuk bermalam.

4. Jogo Segoro Homestay

Anda bisa menemukan penginapan ini di daerah Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Harga per malam menginap di tempat ini mulai dari Rp 275.000,00.

Anda akan mendapatkan beberapa fasilias umum seperi wi-fi, area parkir, layanan kamar, dan lain-lain. Tempatnya cukup nyaman dan mendapatkan ulasan bagus dari sebagian besar pelanggan yang telah merasakan pengalaman bermalam di tempat tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pok Tunggal

Fasilitas di Pantai Pok Tunggal
Image Credit: Twitter.com @labirutour

Secara umum, fasilitas di pantai ini sudah cukup memuaskan. Walaupun tidak begitu lengkap, fasilitas yang tersedia memiliki kualitas dan kebersihan yang cukup baik. Beberapa fasilitas yang tersedia adalah

1. Area Parkir

Area parkir di tempat wisata ini cukup luas. Anda akan dikenakan biaya parkir apabila membawa kendaraan pribadi. Keamanannya juga cukup terjamin sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir dengan kendaraan yang dibawa.

2. Kamar Mandi

Kamar mandi yang tersedia terlihat seperti kamar mandi umum di tempat wisata lainnya. Anda akan dikenakan sejumlah biaya apabila menggunakan fasilitas ini.

3. Warung Makan

Tidak perlu merasa khawatir apabila tidak membawa perbekalan makanan yang cukup ketika liburan di tempat ini. Banyak warung makan setempat yang menyajikan hidangan murah, enak, dan pastinya sangat sesuai dengan selera makan orang Indonesia.

4. Payung Pantai

Payung ini digunakan sebagai tempat berteduh dari panasnya terik matahari. Anda juga bisa menyewanya apabila kehabisan tempat.

Beberapa informasi di atas dapat Anda jadikan sebagai acuan apabila ingin berlibur di Pantai Pok Tunggal. Berlibur di tempat wisata memang membutuhkan informasi yang tepat dan lengkap agar dapat merencanakannya dengan baik dan berjalan sesuai dengan ekspektasi.