Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 07.00-18.00 WIB, Alamat: Ngasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Bukit Karang Gunung Kidul merupakan sebuah gundukan batu yang cukup besar, letaknya di pinggir pantai. Meski ukuran batunya besar, namun jika dikatakan sebagai bukit tentu dianggap kecil. Lokasi tepatnya berada di sebelah Pantai Indrayanti dan sekaligus memisahkan pantai di sebelah timurnya.

Ketinggiannya yang tidak terlalu membuat wisatawan tidak terlalu susah untuk mendakinya. Terlebih, ada jalan yang khusus dibuat untuk keperluan ini. Sebelumnya, bukit ini hanya dianggap sebagai batu biasa yang menjadi salah satu pesona dan daya tarik Pantai Indrayanti, dulunya dikenal sebagai Pantai Sawal.

Atas usaha warga setempat yang dikenal dengan Pekerja Segoro Kidul, bukit ini pun saat ini menjadi salah satu objek wisata di Gunung Kidul. Selain membuat bukit tampak lebih bersih dan terkesan indah, berbagai fasilitas pun disediakan. Berada diatas bukit menjadi impian sebagian besar pengunjung Pantai Indrayanti, karena banyak sekali pesona yang didapatkan.

Daya Tarik Bukit Karang Gunung Kidul

Daya Tarik Bukit Karang Gunung Kidul
Image Credit: Google Maps Zainal Fanani

Daya tarik Bukit Karang memang bukan dari ketinggiannya, karena hanya mencapai ratusan meter. Tetapi dalam hal apa yang dapat dilihat dari atasnya, tentu ada banyak sekali daya tarik yang dimiliki.

1. Panorama Indah Pantai Indrayanti

Jelas sudah bahwa ketika anda berada diatas ketinggian bukit, hal pertama yang menampakkan pesonanya adalah Pantai Indrayanti. Letaknya persis di sebelah kanan bukit tanpa penghalang apapun. Pasir pantai putih yang cukup luas membentang menjadi salah satu pemandangan pertama yang didapatkan.

Ramainya pengunjung di pantai sesekali menutupi keindahan hamparan pasir putih, namun tidak dapat seluruhnya. Sementara ketika mengalihkan pandangan ke depan, Samudera Indonesia yang dikenal dengan Pantai Selatan memamerkan diri jika dilihat dari atas Bukit Karang Gunung Kidul. Masih belum ada cerita ombak tenang di deretan Pantai Gunung Kidul.

Kalaupun ada ombak yang tenang, itu hanya ada di beberapa pantai saja, juga pada saat tertentu saja. Ombak cantik yang berkejaran hingga menuju bibir pantai seolah menghiasi setiap pandangan ketika mengarahkan ke lautan. Karakter Pantai Indrayanti yang landai tidak cukup terlihat dari atas bukit, meskipun sebenarnya tidak terlalu tinggi.

Sebagian kecil dekat bibir pantai terlihat batu yang jika air pasang hampir terendam seluruhnya. Batu ini termasuk jenis karang, namun ukurannya tidaklah besar seperti halnya Bukit Karang Gunung Kidul. Meski demikian, adanya batu ini menambah eksotisme Pantai Indrayanti yang tidak dapat dipisahkan dengan bukit di sampingnya.

2. Bentang Pantai Selatan Lebih Jelas

Daya tarik lain yang didapatkan ketika berada diatas bukit adalah bentangan Pantai Selatan yang lebih jelas. Jika wisatawan berada di lokasi Pantai Indrayanti atau pantai lain di sebelahnya, pemandangan ini tidak dapat menghasilkan keindahan yang menakjubkan. Lain halnya jika berada di bukit, warna biru membentang luas nan mempesona.

Tidak ada halangan apapun, sejauh mata memandang merupakan lautan yang dikenal dengan keganasan ombaknya. Ombak inilah yang menjadi satu-satunya penghalang yang justru menambah panorama nya. Di sisi lain, perbukitan yang layaknya membatasi pantai satu dengan lainnya juga terlihat, namun tidak terlalu jelas karena terlampau jauh jaraknya.

3. Pesona Sunset

Meskipun tidak terlalu tinggi, namun Bukit Karang Gunung Kidul termasuk salah satu spot favorit untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam. Daya tarik ini selalu ditunggu wisatawan yang berkunjung. Bagaimana tidak, indahnya warna kuning terang yang perlahan menjadi jingga selalu memanjakan mata.

Di saat cuaca cerah, awan tipis yang berkumpul di beberapa titik turut menghiasi keindahannya. Gradasi warna pun tercipta, sungguh indah ciptaan Tuhan yang Maha Kuasa. Pengunjung yang berkesempatan menyaksikan panorama ini tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan. Dengan segera mereka keluarkan kamera dan kemudian mengabadikan nya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Karang
Image Credit: Google Maps Zen Walker

Sesuai namanya, Bukit Karang ini berada di Desa Ngasem, Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika anda datang dari Tugu Jogja, jarak yang ditempuh sangat jauh, sekitar 70 kilometer dan butuh waktu 2 jam lebih untuk mencapainya. Tetapi tidak masalah, karena lelah dan letih langsung hilang ketika tiba di lokasi.

Lain halnya jika saat ini berada di Alun-alun Wonosari, perjalanan hanya memakan waktu kurang lebih 50 menit untuk menempuh jarak 30 kilometer. Objek wisata alam di Gunung Kidul ini dapat diakses dari arah mana saja, bahkan untuk wisatawan yang datang dari luar kota sekalipun. Gunakan patokan utama Alun-alun Womosari supaya lebih mudah.

Dari titik ini, perjalanan menuju Bukit Karang Gunung Kidul dimulai dengan mengarahkan kendaraan ke Jalan Baron. Terus ikuti arah jalan hingga menemukan Kolam Renang Ratu Bilqis. Kurang lebih 200 meter ada pertigaan, silahkan belok kiri dan ikuti jalur utama. Akses jalan ini cukup sepi, jadi sebaiknya berhati-hati selama berkendara.

Setibanya di Dusun Mojosari, lanjutkan perjalanan menuju ke Polsek Tepus. Objek wisata di Jogja ini searah dengan Desa Wisata Tepus, jadi silahkan digunakan sebagai check point berikutnya. Dari titik terakhir ini, perjalanan sekitar 7 kilometer dengan akses lumayan berkelok. Tujuan anda adalah Pantai Indrayanti, silahkan ikuti rambu petunjuk yang disediakan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Karang
Image Credit: Google Maps Bowo Putupaijo

Bukit Karang Gunung Kidul yang penuh pesona ternyata tidak membebankan tiket masuk yang mahal bagi pengunjungnya. Anda pasti setuju bahwa 2.000 rupiah sebagai syarat utama masuk adalah harga yang sangat murah bukan? Belum lagi ada banyak keindahan dan pengalaman seru yang didapatkan selama mengunjunginya.

Untuk tiket parkir kendaran mengikuti Pantai Indrayanti karena masih satu lokasi. Retribusi yang berlaku saat ini yaitu 5.000 rupiah untuk sepeda motor, dan 10.000 bagi yang membawa mobil. Mengenai jam operasionalnya, anda dapat berkunjung setiap hari, mulai dari pagi hingga sore menjelang petang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Karang

Aktivitas Menarik Bukit Karang
Image Credit: Google Maps angga hafmy

Mengunjungi Bukit Karang Gunung Kidul tidak hanya mendapatkan pesonanya yang indah. Masih ada hal lain yang dapat anda lakukan selama di sini. Semua aktivitas dikatakan menarik, terlebih apabila anda berkunjung bersama banyak rombongan.

1. Mengunjungi Pantai Indrayanti

Karena letaknya yang sangat dekat, tidak ada salahnya mengunjungi Pantai Indrayanti. Anda cukup menuruni bukit untuk mendapatkan sentuhan langsung dari air laun yang terbawa ombak di pinggir pantai. Tidak disarankan untuk berenang, namun wisatawan diperbolehkan bermain air dan bermain pasir putih yang lembut.

2. Berburu Spot Foto

Pada umumnya, wisatawan yang mengunjungi Bukit Karang terbagi dua kategori. Pertama adalah kalangan keluarga yang ingin piknik santai, kedua yakni pemuda milenial. Dalam hal aktivitas tentu berbeda, kecuali ketika berburu spot foto. Salah satu spot yang dinanti yakni panorama matahari tenggelam dengan eksotisme cahaya jingga nya.

3. Wisata Kuliner

Diatas bukit cantik nan eksotis ini terdapat banyak warung yang menjual makanan. Warung ini juga ditemui di sekitar kawasan Pantai Indrayanti. Menunya bervariasi dan umum ditemukan di objek wisata lainnya. Hanya ada satu menu yang jarang ditemui ditempat lain karena termasuk makanan khas Jogja, apalagi kalau bukan Nasi Gudeg.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Karang
Image Credit: Google Maps Irfan dPriyanto

Fasilitas di Bukit Karang termasuk memadai dan cukup lengkap, meskipun masih baru. Di atas bukit terdapat toilet yang nyaman, jadi tidak harus naik turun jika ada keperluan buang air. Bangku berbagai ukuran disediakan bagi wisatawan yang ingin bersantai. Jika ingin istirahat, ada gazebo yang dibangun sederhana namun tetap nyaman.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, sepertinya peribahasa ini cocok digunakan ketika anda mengunjungi Bukit Karang Gunung Kidul. Bagaimana tidak, satu lokasi wisata mendapatkan dua pesona yang tiada duanya, yakni bukit dan juga pantai yang elok. Pemandangan di lain sekitar lokasi termasuk bonus yang didapatkan gratis.