Pulo Cinta Gorontalo, Resort Terapung Mirip Maldives yang Menakjubkan

Pulo Cinta Gorontalo

Pulo Cinta memiliki pemandangan bahari yang menakjubkan dan terkesan romantis menjadi wisata unggulan di Gorontalo. Pulau Cinta tergolong destinasi favorit dengan daya tarik tidak kalah dengan pesona resort terapung di Maldives.

Lokasi: Patoameme, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo.
Map: Cek Lokasi

Pernahkah terlintas di benak Anda, bagaimana rasanya tidur di tengah hamparan laut biru? Jika, iya, Anda dapat merealisasikan mimpi itu dengan mengunjungi Pulo Cinta di Gorontalo. Objek wisata ini adalah sebuah pulau yang telah dilengkapi dengan resort. Resort ini bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk mengeksplor keindahan laut yang begitu menakjubkan sekaligus tempat untuk bermalam yang romantis.

Konsep resort yang diusung adalah resort terapung karena dibangun di tengah lautan. Oleh sebab itu, Pulo Cinta memiliki pemandangan laut yang tak tertandingi. Ternyata, pulau ini tersohor bukan hanya di Indonesia saja, tetapi juga hingga ke mancanegara. Keindahan alam yang ditawarkan bahkan digadang-gadang mirip dengan keindahan resort terapung yang populer di Maldives.

Sejauh ini, Pulau Cinta juga menjadi jujugan bagi para wisatawan, terutama pasangan yang baru saja menikah. Akan tetapi, tentu saja Anda juga dapat memboyong kerabat atau keluarga Anda untuk merasakan sesasi berlibur di tengah laut. Berikut ini adalah serangkaian informasi yang akan sangat bermanfaat bagi Anda yang merencanakan berlibur ke Pulo Cinta Gorontalo dalam waktu dekat.

Mengeksplor Keelokan Pulo Cinta Gorontalo

Mengeksplor Keelokan Pulo Cinta Gorontalo

Image Credit: Youtube.com @herry tjiang

Pulau Sulawesi memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Namun, masih banyak destinasi yang belum diketahui oleh banyak orang. Pada kenyataannya banyak sekali keindahan alam yang masih tersembunyi dan jarang orang ketahui, salah satunya Pulo Cinta Gorontalo. Pulau yang memesona ini berlokasi di Provinsi Gorontalo.

Pulo Cinta terkenal dengan panoramanya yang luar biasa. Pulau ini tergolong pulau kecil yang terletak di tengah lautan dan memiliki bentuk seperti lambang cinta. Kemudian, di sekitar pulau tersebut terdapat resort yang dibangun dengan bentuk yang sama.

Menilik sejarah Pulo Cinta pada masa kolonial, Kawasan wisata ini ternyata merupakan tempat pelarian seorang Pangeran Gorontalo dan Sang Kekasih, yaitu putri dari pedagang keturunan Belanda. Keduanya melakukan pelarian karena terjadi penolakan dari masyarakat terhadap hubungan sepasang kekasih tersebut.

Akhirnya, Pangeran Gorontalo dan kekasihnya memutuskan untuk melanjutkan hidup berdua. Keputusan itu diambil dengan melakukan pelarian hingga berlabuh di Pulo Cinta. Oleh sebab itu, pulau ini menjadi saksi bisu atas kisah cinta seorang pribumi dengan seorang bangsa kolonial.

Pesona Pulau Cinta juga tidak terlepas dari keindahan alam di sekelilingnya. Saujana mata memandang adalah keindahan tak berujung. Keindahan tersebut adalah kesatuan unsur-unsur alam yang luar biasa, yaitu laut nan biru, bukit-bukit nan hijau, pasir putih nan bersih, dan biota laut nan beragam. Semua itu dapat Anda saksikan saat berada di Resort Terapung ini.

BACA:  15 Hotel Murah di Gorontalo Dengan Promo Terbaik

Para wisatawan dapat menikmati seluruh sajian keindahan ini di resort terapung ini. Keindahan tiada tara akan menemani setiap detik yang Anda lalui saat berada di pulau eksotis ini. Adapun berkunjung ke pulau cocok jika dilakukan bersama pasangan Anda untuk mendapatkan kesan romantisnya sekitar pulau.

Resort Terapung yang Ramah Lingkungan

Resort Ramah Lingkungan

Image Credit: Pulocinta.com

Pulo Cinta adalah salah satu resort di Indonesia yang mengedepankan kemaslahatan untuk lingkungan. Oleh karena itu, Resort dibalut dengan tema eco-resort. Hal ini tentu saja merupakan kabar baik bagi kita karena di tengah maraknya perusakan alam oleh industri, pulau ini justru dikelola dengan cara yang lebih bersahabat dengan lingkungan.

Perlu Anda ketahui, Kawasan pulau hanya mengandalkan panel surya untuk mendapatkan daya listrik. Jadi, semua peralatan elektronik yang ada dihidupkan dengan energi ramah lingkungan. Sebaiknya, jika Anda berkunjung ke resort cantik ini juga mengedepankan sikap hemat dalam penggunaan listrik, sehingga turut mendukung konsep eco-resort ini.

Selain itu, Anda tidak akan mendapatkan fasilitas air conditioner (AC) di tempat ini. Resort di Pulo Cinta hanya mengandalkan angin alami yang tersalurkan melalui ventilasi udara. Tenang saja, setiap vila telah didesain dengan baik, sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan lancar ke setiap sudut ruangan.

Fasilitas Resort yang Lengkap di Pulo Cinta

Fasilitas Resort

Image Credit: Booking.com

Kenyamanan liburan terletak pada terjaminnya fasilitas yang dibutuhkan. Hal ini tentu harus dipertimbangkan matang-matang sejak jauh hari agar tidak timbul penyesalan setelah tiba di tempat tujuan. Oleh sebab itu, agar para wisatawan merasakan kenyamanan yang maksimal, maka pengelola Pulo Cinta telah menyediakan fasilitas yang lengkap untuk Anda.

Fasilitas utama yang diunggulkan adalah resort. Selain menjual keindahan panorama alamnya, Pulo Cinta juga menawarkan fasilitas resort yang sangat lengkap. Resort dengan model terapung ini disediakan terbatas oleh pihak pengelola demi terjaminnya privasi bagi setiap wisatawan yang menyewanya.

Resort terapung ini dibangun di atas laut dengan menggunakan material bangunan kayu. Desain ini tentu saja menambah nilai eksotis Pulo Cinta. Tersedia lima belas vila yang bisa Anda sewa dengan jumlah kamar yang berbeda-beda.

Namun demikian, jumlah kamar tersebut umumnya hanya memiliki satu kamar. Kamar ini cocok untuk pasangan yang tengah bulan madu. Pasangan lama juga tentu tetap bisa menikmati kebersamaan di resort ini.

BACA:  18 Tempat Wisata di Gorontalo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Dari lima belas vila yang tersedia, masing-masing vila dibangun dengan jarak yang cukup jauh, sehingga privasinya benar-benar terjamin. Anda juga dapat lebih leluasa melakukan berbagai beraktivitas tanpa takut diganggu ataupun merasa terganggu oleh orang lain.

Tentu saja, Anda bisa bersantai atau berfoto ria dengan asyik sebagai kenang-kenangan. Anda juga dapat berkeliling ke sekitar pulau. Anda bisa menyusuri setiap sisi Pulo Cinta melalui jembatan kayu yang saling menghubungkan antara satu tempat dengan tempat yang lain.

Meskipun Pulo Cinta terletak di tengah laut, Anda tidak perlu khawatir tidak dapat mengakses internet. Sebab, pihak pengelola telah menyediakan fasilitas wifi. Setiap vila telah dilengkapi fasilitas tersebut yang memudahkan Anda dalam berkomunikasi.

Ada pula balkon di masing-masing vila yang bisa Anda gunakan untuk menikmati nuansa sunrise maupun sunset. Selain itu, resort ini juga telah dilengkapi dengan bluetooth audio system di setiap kamar.

Selain itu, Anda juga mendapatkan jatah makan pagi, siang, dan malam yang disediakan oleh pengelola. Menu yang disajikan juga sangat enak dan tentu saja komplet. Di setiap kamar, Anda memperoleh kopi dan teh yang bisa diseduh sendiri dan dinikmati secara gratis. Berbagai kudapan ringan juga tersedia di resort ini, Anda bisa memilih sesuai yang diinginkan.

Fasilitas Olahraga Air yang Seru

Fasilitas Olahraga Air

Image Credit: Google Maps (Diyah P)

Apabila Anda ingin mengeksplor Pulo Cinta lebih jauh lagi, maka cobalah fasilitas olahraga air yang sangat menyenangkan. Pulo Cinta memiliki air laut yang begitu jernih, sehingga sangat sayang jika tidak memanfaatkan momen ini untuk melakukan kegiatan menarik di laut.

Adapun beberapa jenis olahraga air yang bisa Anda lakukan di Pulo Cinta, di antaranya snorkeling, scuba diving, discovery scuba, maupun fun dive. Seluruh perlengkapan untuk melakukan olahraga air tersebut telah disediakan oleh pengelola. Anda juga dapat melakukan olahraga tersebut dengan pendampingan instruktur yang berpengalaman di bidangnya.

Jika Anda tertarik untuk melakukan olahraga air di atas, setiap orang diharuskan membayar sebesar 1,5 juta. Dengan biaya tersebut, Anda bisa melakukan olahraga air sebanyak satu sampai tiga kali untuk satu hari. Sementara itu, khusus untuk dioscovery scuba, Anda diharuskan membayar sebesar Rp 2 juta.

Sementara itu, jika Anda ingin menambah kapasitas orang dalam satu kamar yang seharusnya hanya dihuni oleh dua orang, maka harus membayar biaya tambahan. Biaya tersebut sebesar Rp 750 ribu bagi satu orang untuk satu hari.

Biaya Menginap Per Malam di Pulo Cinta

Biaya Menginap di Pulo Cinta

Image Credit: Instagram.com @her_journeys

Pulo Cinta memang tidak menyediakan banyak vila yang bisa disewa. Hal ini tentu saja akan membuat setiap wisatawan yang bermalam di resort ini merasa sangat istimewa. Total keseluruhan vila adalah lima belas. Lima belas vila tersebut terdiri dari vila yang memiliki satu kamar tidur, dua kamar tidur, dan tiga kamar tidur.

BACA:  10 Tempat Wisata di Bone Bolango Terbaru & Terhits Dikunjungi

Untuk vila dengan satu kamar tidur, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3,5 juta pada hari biasa. Jika Anda menginap saat akhir pekan, maka Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4,5 juta dan Rp 5 juta ketika hari libur nasional. Semua harga tersebut berlaku dalam hitungan per malam.

Selanjutnya, untuk vila dengan dua kamar tidur, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 7 juta pda hari biasa, Rp 9 juta pada akhir pekan, dan Rp 10 juta pada hari libur. Cocok untuk Anda yang memboyong keluarga kecil Anda ke Pulo Cinta.

Kemudian, untuk vila dengan tiga kamar tidur, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak, yakni Rp 10,5 juta pada hari biasa, Rp 13,5 juta pada akhir pekan, dan Rp 15 juta pada hari libur nasional.

Transportasi Menuju Kawasan Pulo Cinta

Transportasi Menuju Pulo Cinta

Image Credit: Tripadvisor.com

Apabila Anda merupakan wisatawan yang berasal dari luar daerah Gorontalo maupun luar Pulau Sulawesi, Anda bisa menggunakan pesawat terbang dengan tujuan penerbangan ke Bandara Jalaluddin.

Sebaiknya, Anda memesan tiket untuk keberangkatan pagi hari agar dapat melalui perjalanan darat dan laut di Gorontalo pada siang harinya. Adapun bagi Anda yang hendak berwisata di Pulo Cinta dengan durasi yang lebih panjang, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak pula.

Bagi wisatawan yang bermalam minimal tiga hari dua malam, akan mendapatkan pelayanan antar-jemput dari bandara hingga ke depan pintu resort yang sudah Anda booking. Tentu saja ini merupakan keuntungan yang sangat menarik.

Di Bandara, Anda akan dijemput oleh pihak pengelola, lalu melakukan perjalanan menuju Boalemo. Perjalanan tersebut memakan waktu kurang lebih 2 jam. Setibanya di Boalemo, Anda harus menyeberangi lautan menuju ke Kawasan resort. Penyeberangan ini dilakukan dengan menggunakan kapal yang tersedia. Waktu yang diperlukan adalah 15 hingga 20 menit.

Sepanjang perjalanan menuju Pulo Cinta memang terasa panjang dan melelahkan. Terutama perjalanan darat dengan jalan yang meliuk-liuk karena harus melewati bukit-bukit. Semua rasa lelah akibat perjalanan tersebut akan terobati dengan keindahan pulau yang mampu memikat hati.

Itulah serangkaian informasi tentang wisata unggulan di Gorontalo yang akan sangat bermanfaat bagi Anda. Pulo Cinta yang terkenal sebagai Maldives-nya Indonesia ini memang layak mendapatkan julukan tersebut. Resort terapung ini memiliki daya pikat yang tidak diragukan lagi. Sebab, keelokan Pulo Cinta dapat menyihir setiap orang yang berkunjung ke destinasi wisata ini.