Mungkin masih banyak masyarakat yang belum pernah mengunjungi Gorontalo. Karena letaknya yang cukup jauh dan tidak terlalu terkenal sehingga kota Gorontalo tidak banyak di jamah wisatawan. Padahal Gorontalo menawarkan keindahan alam yang akan memberikan Anda sensasi berlibur yang berbeda.

Bahkan beberapa tempat wisata disana dianggap sebagai tempat wisata yang jauh lebih bagus jika dibandingkan di luar negeri. Gorontalo memiliki tempat wisata berupa pantai, pulau dan bukit yang tentunya akan sayang jika Anda lewatkan.

Karena masih belum banyak terjamah orang, Tempat Wisata di Gorontalo masih sangat asli dan bersih. Bagi Anda yang ingin mencari ketenangan ketika liburan maka Anda akan cocok jika berlibur kesana. Karena sedikitnya pengetahuan wisatawan tentang tempat wisata di Gorontalo maka akan diulas beberapa tempat wisata yang tidak bisa Anda lewatkan.

1. Pulau Cinta

Pulau Cinta
Image Credit: Datawisata.com

Pulau Cinta ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Gorontalo. Bahkan ketenarannya sudah diketahui oleh banyak orang di seluruh dunia. Tempat ini bisa menjadi liburan romantis Anda yang menyenangkan.

Disana terdapat pulau yang berada di tengah-tengah laut. Pulau tersebut terhubung dengan beberapa villa yang bisa Anda gunakan sebagai tempat tinggal. Disana Anda bisa langsung merasakan keindahan laut dan bisa bermain air laut dari tempat penginapan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Patoameme, Kec. Botumoito, Kab. Boalemo, Gorontalo.

2. Pantai Botubarani

Pantai Botubarani
Image Credit: Twitter.com @7braders

Pantai Botubarani merupakan tempat wisata yang memiliki pemandangan yang menawan. Pantai ini juga merupakan pantai dengan air berwarna biru yang sangat jernih dengan pasir putih yang lembut dan pepohonan berjejer menambah indahnya pantai ini. Pantai Botubarani ini menjadi pantai terpopuler saat ini.

Menariknya selain bisa menikmati keindahan di pantai ini, Anda juga bisa melihat hiu paus. Dengan menyewa kapal para nelayan yang berjejer di pinggir pantai, Anda bisa menyaksikan hiu paus di tengah laut. Anda juga bisa berenang di sekitar hiu paus jika Anda berani.

Tempat wisata Pantai Botubarani terletak di dekat pusat kota. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di pantai ini. Lokasi pantai ini sangat mudah ditemukan sehingga ramai dikunjungi wisatawan. Selain menarik perhatian para wisatawan lokal, pantai ini juga memikat para wisatawan mancanegara.

Harga Tiket: Rp 25.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Botubarani, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

3. Pantai Tenilo

Pantai Tenilo
Image Credit: Devyyahya.blogspot.com

Pantai Tenilo ini merupakan pantai yang memiliki karakteristik hampir sama dengan pantai yang berada di Bali. Karena pantai ini memiliki air yang dangkal dan luas. Jadi pantai ini bisa Anda kunjungi bersama keluarga sambil bermain air.

Pantai ini juga terdiri dari pasir putih yang halus sehingga Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berkualitas. Anda bisa bermain pasir bersama keluarga atau berfoto bersama untuk mengabadikan kenangan bersama.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Tilamuta, Kab. Boalemo, Gorontalo.

4. Bukit Cinta

Bukit Cinta
Image Credit: Instagram.com @jalanjalangorontalo

Bukit Cinta merupakan tempat favorit yang menyediakan beberapa spot foto yang bagus. Spot foto yang unik dengan background laut biru yang indah ini bisa Anda gunakan untuk mengabadikan gambar bersama teman maupun pasangan Anda. Salah satu spot foto tervaforit yaitu adanya sebuah panggung kayu berbentuk cinta dan bertuliskan I love U.

Bukit ini berada di ketinggian 150 mdpl. Di ketinggian ini kamu dapat menikmati keindahan alam berupa Teluk Tomini beserta lautnya yang menawan. Selain itu Anda juga bisa menikmati indahnya Pantai Botubarani dari ketinggian bukit ini. Bukit Cinta ini merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan waktu menikmati keindahan pesona alam Gorontalo.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Botubarani, Kec. Kabila Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

5. Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian Air Panas Lombongo
Image Credit: Keepo.me

Jika Anda pergi berlibur bersama keluarga tentunya Anda harus mengunjungi tempat yang nyaman untuk berlama-lama. Pemandian Air Panas Lombongo ini akan cocok bagi Anda yang ingin bersantai bersama keluarga.

Air di tempat pemandian ini berasal langsung dari pergunungan vulkanis yang berada di daerah pemandian tersebut. Sehingga air yang berada di pemandian ini memiliki panas yang asli dan diketahui sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh Anda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Lombongo, Kec. Suwawa, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

6. Torosiaje

Torosiaje
Image Credit: Twitter.com @rifqisadewa

DesaTorosiaje ini merupakan desa Suku Bajo. Jarak dari desa ini dengan daratan sekitar 600 meter. Anda dapat menggunakan jasa ojek perahu yang berderet di Darmaga. Desa ini menjadi salah satu tempat wisata yang menyimpan keunikan. Rumah-rumah di desa ini terbuat dari kayu di atas air laut.

Anda dapat berkeliling desa dengan meggunakan jalan utama berupa papan kayu yang dijejerkan sekitar 2 meter dari koridar rumah warga. Anda juga dapat menyaksikan aktifitas dari suku bajo di desa ini. Desa Torosiaje memiliki pemandangan yang mengagumkan. Anda juga dapat menikmati hamparan mangrove di kanan dan kiri jalan.

Anda dapat menemukan penginapan murah dan pemandangan indah di atas laut. Anda juga dapat menyaksikan suasana sunset dan sunrise di tengah laut yang selalu dinantikan. Untuk menu makanan di penginapan, Anda akan diberikan hidangan ikan bakar segar dengan bumbu dan sambal khas Gorontalo.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Torosiaje, Kec. Popayato, Kab. Pohuwato, Gorontalo.

7. Desa Wisata Religius Bongo

Desa Wisata Religius Bongo
Image Credit: Indonesiakaya.com

Desa Bongo ini merupakan desa yang akan memberikan Anda informasi tentang wisata religius di Gorontalo. Disana Anda merasakan kekentalan budaya masyarakat setempat yang penuh dengan religius.

Disana juga terdapat beberapa tempat wisata menarik seperti pesantren alam, kolam asmaul husna dan lain sebagainya. Anda bisa menjaga keluarga Anda untuk berkunjung kesana. Dengan begitu Anda bisa sambil berlibur dan belajar disana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bongo, Kec. Batudaa Pantai, Kab. Gorontalo, Gorontalo.

8. Pantai Biluhu

Pantai Biluhu
Image Credit: Twitter.com @usmanaffandihm

Bosan dengan keramaian dan kegaduhan kota? Tempat wisata yang satu ini cocok untuk Anda. Pemandangan laut yang indah, sepi dan jauh dari keramaian dapat menenangkan Anda. Pantai Biluhu merupakan pantai dengan panorama yang indah. Di sini Anda bisa snorkeling, diving dan menikmati pemandangan bawah laut yang sangat mengagumkan.

Letak Pantai Biluhu ini lumayan jauh dari Kota Gorontalo. Anda bisa menempuh waktu sekitar kurang lebih satu jam dari arah pusat kota. Namun perjalanan yang melelahkan akan terbayar dengan pemandangan indah sepanjang jalan. Pantai Biluhu ini sudah ditetapkan menjadi salah satu pantai terindah yang ada di Provinsi Gorontalo.

Harga Tiket: Rp 15.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Biluhu Timur, Kec. Batudaa Pantai, Kota Gorontalo, Gorontalo.

9. Benteng Otanaha

Benteng Otanaha
Image Credit: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Benteng Otanaha ini merupakan tempat peninggalan sejarah yang mana pada zaman dahulu digunakan untuk menahan serangan dari musuh. Ketika Anda berkunjung ke benteng ini maka bisa mengetahui cerita sejarah dari kota Gorontalo.

Anda bisa melihat kemegahan bangunan yang sangat unik. Benteng ini terdiri dari komposisi batu kapur dan pasir. Yang unik dari bangunan ini adalah menggunakan telur burung maleo yang diolah sedemikian rupa untuk dijadikan sebagai perekat batu kapur.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Usman Isa, Dembe I, Kec. Kota Barat, Kota Gorontalo, Gorontalo.

10. Danau Limboto

Danau Limboto
Image Credit: Wikimapia.org

Danau Limboto sudah banyak dikenal oleh para wisatawan sehingga banyak sekali wisatawan yang datang apalagi saat waktu libur. Danau ini memiliki luas 3000 hektar dengan kedalaman yang diketahui mencapai 8 meter.

Danau ini memiliki permukaan yang berlumpur dan dikelilingi banyak tanaman yang tumbuh di lumpur. Disana juga menyediakan jembatan kayu yang bisa Anda lalui untuk berfoto di ujungnya. Anda bisa menikmati keindahan laut yang berbeda dan menyegarkan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Limboto, Kab. Gorontalo, Gorontalo.

11. Air Terjun Taludaa

Air Terjun Taludaa
Image Credit: Instagram.com @mailbiga

Tempat ini memiliki pesona alam yang sangat mengagumkan, namun tempat ini belum benar-benar di kelola dengan baik. Belum banyak wisatawan yang mendatangi sehinggga masih sangat asri. Di bawah air terjun ada bendungan kecil berupa kolam tempat mandi yang dibuat oleh warga sekitar.

Air Terjun Taludaa adalah salah satu air terjun yang berasal dari pegunungan langsung. Air terjun ini berada di dekat pemukiman penduduk Bone Bolango, Gorontalo. Air terjun Taludaa ini memiliki ketinggian 40 meter dengan lebar tebing sekitar 15 meter. Airnya yang deras berasal dari nama air terjun ini yaitu Taludaa.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Taludaa, Kec. Bone, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

12. Pulau Saronde

Pulau Saronde
Image Credit: Ksmtour.com

Pulau Saronde merupakan pulau yang terdiri dari wilayah yang cukup kecil sehingga sering disebut pulau mini. Disana Anda bisa tinggal di rumah tradisional dari bambu sambil menikmati keindahan laut Gorontalo.

Disana merupakan tempat yang tepat jika Anda ingin melakukan kegiatan air seperti menyelam atau naik perahu. Disana Anda juga bisa melihat jembatan panjang yang sangat tradisional untuk Anda lalui. Anda bisa duduk di ujungnya sambil merasakan merendam air langsung di laut.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Ponelo Kepulauan, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

13. Air Terjun Didingga

Air Terjun Didingga
Image Credit: Twitter.com @ardk_frry

Tempat wisata satu ini merupakan salah satu dari beberapa air terjun di Gorontalo. Untuk menikmati indahnya pemandangan di Air Terjun Didingga ini Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih dua jam. Anda akan melewati sungai dan hutan lindung. Selama perjalanan Anda akan menikmati indahnya alam di sekitar tempat ini.

Air Terjun Didingga ini dikelilingi oleh bebatuan hitam yang menambah tempat ini menjadi semakin menarik. Air yang jatuh dari atas mengalir mengikuti bebatuan yang ada. Pemandangan ini menjadi salah satu keunikan air terjun ini. Airnya mengalir melalui bebatuan dan berhamburan berwarna putih dan terlihat menawan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Potanga, Kec. Tolinggula, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

14. Bukit Layang

Bukit Layang
Image Credit: Cermati.com

Bukit Layang merupakan salah satu tempat yang sangat cocok bagi Anda yang menyukai berkemah sambil menikmati pemandangan kota yang indah. Tempat ini ramai dikunjungi pada saat malam hari karena pada saat malam pemandangan akan lebih indah untuk dilihat.

Bukit ini cukup tinggi dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat menyaksikan fenomena bintang di lantai. Sangat menyenangkan bagi Anda berbaring sambil menyaksikan berbagai bintang. Jika Anda sangat beruntung maka bisa saja tentunya bisa melihat bintang jatuh yang konon bisa mengabulkan keinginan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Siendeng, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Gorontalo.

15. Pusat Karawo

Pusat Karawo
Image Credit: Wikipedia.org

Tempat wisata dengan penuh kerajinan khas kota Gorontalo adalah di Karawo. Disana Anda akan melihat hasil sulaman tradisional khas Gotontalo yang disempatkan ke kain. Setiap daerah memiliki corak kain yang menunjukkan identitasnya masing-masing.

Untuk dapat menghasilkan sulaman yang bagus tidaklah mudah. Anda harus memiliki keterampilan khusus untuk membuatnya. Budaya ini sudah ada sejah abad ke-17 dan masih dilestarikan hingga sekarang.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Palma No. 71, Libuo, Kec. Dungingi, Kota Gorontalo, Gorontalo.

16. Air Terjun Ayuhulalo

Air Terjun Ayuhulalo
Image Credit: Instagram.com @gustinatahunawa

Pesona alam di Air Terjun Ayuhulalo ini tidak kalah indah dari air terjun lainnya. Air yang mengalir dari tempat ini tidak terlalu tinggi namun memiliki pemandangan yang sangat menarik. Air terjun ini istimewa karena air dari atas tebing tidak langsung ke tanah namun jatuh berundak pada tebing yang lain di bawahnya.

Jarak sejauh 110 Km atau kurang lebih 4 jam perjalanan dengan berjalan kaki harus Anda taklukan untuk menikmati keindahan Air Terjun Ayuhulalo ini. Air terjun ini berada di pedalaman hutan. Selama perjalanan Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hutan yang indah dan asri. Nyanyian burung dan serangga menambah asrinya tempat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Ayuhulalo, Kec. Tilamuta, Kab. Boalemo, Gorontalo.

17. Air Terjun Hiyaliyo Da’a

Air Terjun Hiyaliyo Da'a
Image Credit: Mytrip123.com

Jika Anda sudah sampai Gorontalo maka Anda wajib ke Air Terjun yang satu ini. Disana akan menghadirkan kesejukan dari mata air jernih yang tentunya akan menenangkan Anda. Panorama alam disana masih sangat terjaga dan bersih.

Untuk sampai disana Anda harus mengendarai mobil selama 3 jam. Kemudian Anda harus melewati hutan lindung dan berjalan kaki dengan waktu tempuh 20-30 menit. Jalur yang harus Anda lalui tidaklah sulit. Ketika sampai disana Anda bisa menikmati keindahan air terjun yang menyegarkan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

18. Desa Suku Bajo

Desa Suku Bajo
Image Credit: Iqbalkautsar.com

Desa Suku Bajo ini memang belum banyak diketahui oleh para wisatawan karena memang letaknya yang sangat jauh. Anda harus menempuh perjalanan selama 7 jam dari pusat kota Gorontalo menaiki kendaraan lewat jalur darat.

Yang paling unik disana adalah Anda bisa merasakan pengalaman berinteraksi dan melakukan berbagai kegiatan tradisional dari Suku Bajo. Dengan begitu Anda bisa berlibur sekaligus dapat mengenal berbagai suku yang ada di Indonesia.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Popayato, Kab. Pohuwato, Gorontalo.

19. Monumen Nani Wartabone

Monumen Nani Wartabone
Image Credit: Bobogrid.id

Salah satu wisata kota yang bisa Anda kunjungi adalah Monumen Nani Wartabone. Objek Wisata di Gorontalo ini cukup ramai dikunjungi karena menjadi salah satu wisata gratis yang bisa Anda kunjungi kapan saja. Monumen ini sudah didirikan sejak tahun 1987. Monumen ini dibangun untuk menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur.

Anda harus mengerti makna monumen ini dengan baik karena monumen ini merupakan simbol dari patriotisme yang dilakukan oleh para masyarakat untuk memperjuangkan kemerdekaan. Monumen ini memiliki unsur sejarah yang harus Anda ketahui.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Heledulaa, Kec. Kota Timur, Kota Gorontalo, Gorontalo.

20. Pantai Dunu

Pantai Dunu
Image Credit: Blog.reddoorz.com

Daerah Gorontalo merupakan daerah yang kaya akan alam yang eksotis. Satu lagi tempat wisata yang tidak bisa Anda lewatkan adalah Pantai Dunu. Disana Anda bisa bermain pasir putih dan juga berenang bersama teman-teman Anda dan menikmati laut yang jernih.

Anda bisa melakukan beberapa aktivitas menarik disana seperti bermain volly pantai atau sekedar hanya ingin menikmati sunset di pulau tersebut. Untuk dapat sampai ke pantai ini Anda hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 2 jam dengan menggunakan kendaraan. Disana Anda bisa duduk santai menikmati panorama nan eksotis.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

21. Kolam Renang Potanga

Kolam Renang Potanga
Image Credit: Rismaully.blogspot.com

Jika dalam liburan Anda mengajak anak-anak maka Anda harus menyesuaikan dengan kesukaannya juga. Untuk itu sangat tepat jika ada berkunjung ke kolam renang yang satu ini. Letaknya yang tidak terlalu jauh membuat banyak wisatawan yang datang kesana.

Untuk sampai ke tempat ini Anda hanya perlu menempuh jarak 4 km dari pusat kota. Disana Anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang lengkap seperti wahana ataupun wisata kulinernya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kel. Pilolodaa, Kec. Kota Barat, Kota Gorontalo, Gorontalo.

22. Masjid Walima Emas

Masjid Walima Emas
Image Credit: Bintalahe.blogspot.com

Bangunan Masjid Walima Emas ini merupakan unsur sejarah yang cukup terkenal di Gorontalo. Jika biasanya waktu peresmian sebuah masjid tidak ditentukan namun berbeda dengan masjid yang satu ini. Masjid ini diresmikan dengan tema angka 12 sehingga masjid ini baru diresmikan pada tanggal 12 bulan 12 dan tahun 2012 bahkan pada jam 12:12.

Karena unsur keunikannya tersebut sehingga menjadikan daya tarik yang membuat para wisatawan ingin berkunjung. Di masjid ini sering sekali diadakannya acara agama, sholat berjamaah dan juga beberapa dakhwah.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bongo, Batudaa Pantai, Kota Gorontalo, Gorontalo.

23. Pantai Tangga 2000

Pantai Tangga 2000
Image Credit: Ellasuweleh.blogspot.com

Sesuai dengan namanya Pantai Tangga 2000 ini memiliki banyak tangga yang mengelilingi pantai sehingga Anda bisa berjalan di pinggir pantai sambil menikmati keindahan alam yang asri. Disana akan sangat menyenangkan jika Anda duduk di pinggir pantai sambil menikmati jagung bakar.

Untuk sampai ke pantai ini tidaklah sulit. Anda hanya perlu berkendara kurang lebih 20 menit. Disana merupakan tempat yang cukup ramai akan pengunjung.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pohe, Kec. Hulonthalangi, Kota Gorontalo, Gorontalo.

24. Taman Wisata Laut Olele

Taman Wisata Laut Olele
Image Credit: Akurat.co

Taman Wisata Laut Olele ini merupakan salah satu tempat wisata unggulan di Gorontalo. Disana Anda bisa melakukan berbagai aktivitas laut yang menyenangkan. Anda bisa pergi menyelam dan menikmati pemandangan biota laut yang indah.

Disana Anda bisa melihat keindahan laut yang berbeda dari biasanya. Wisata laut ini akan cocok bagi Anda yang menyukai snorkeling dan berfoto dibawah laut. Jika Anda menyelam agak kebawah maka Anda bisa melihat batu karang yang indah dan berwarna warni.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Poduoma, Suwawa Timur, Kab. Bone Bolango, Gorontalo.

25. Pulau Diyonumo

Pulau Diyonumo
Image Credit: Bintalahe.blogspot.com

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui tentang Pulau Diyonumo. Pulau ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar atau kecil. Pulau ini juga dikelilingi oleh beberapa bukit yang membuat pulau ini memiliki keindahannya tersendiri. Karena masih belum banyak dikunjungi maka pulau ini masih asri dan segar.

Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dimana akan terdapat pasir putih dan juga hamparan laut yang jernih. Anda tentu akan nyaman meskipun berlama-lama disana. Anda juga bisa mengambil berbagai foto menarik disana.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Deme II, Sumalata, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo.

Itulah beberapa rekomendasi Destinasi Wisata di Gorontalo yang patut Anda kunjungi. Jika berkunjung ke Gorontalo maka Anda bisa menikmati sensasi berbeda dari sebuah pulau dan juga pantai. Karena masih sangat asli dan baru jadi tempat wisata, disana sangat menyegarkan dan tentunya bisa menambah koleksi foto panorama alam yang indah.