Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Seperti yang sudah lama dikenal sebelumnya, Malang adalah salah satu daerah yang menyajikan berbagai macam tempat wisata yang memukau. Ada begitu banyak pantai indah yang ada di daerah ini, dan semuanya pun memiliki ciri-ciri dan kelebihan masing-masing yang mampu membuat mereka semakin menarik peminat, salah satunya yaitu Pantai Sendang Biru.

Pantai ini sebenarnya berada di daerah Malang Selatan, dan terkenal akan air lautnya yang berwarna biru cerah. Berada di sekitar tepi samudera membuat pantai ini mampu menyajikan pemandangan laut yang begitu indah dan pengunjung akan dibuat terpana dengan gambaran laut yang seolah tidak berujung.

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa ditemukan oleh pengunjung saat berada di pantai ini. Tidak hanya indah, namun pantai ini juga seringkali dianggap sebagai lokasi yang tidak boleh dilupakan begitu saja jika berada di Malang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Sendang Biru

Daya tarik pantai sendang biru
Image Credit: Instagram Hisbul Maulana

1. Lokasi Pantai Sejuk

Daya tarik pertama yang dimiliki oleh Pantai Sendang Biru adalah lokasi pantainya yang begitu sejuk. Ketika berada di tempat ini, pengunjung tidak perlu merasa khawatir kulitnya akan terbakar sengatan sinar matahari saat sudah siang sebab pantai ini memang sangat sejuk dan dijamin mampu melindungi pengunjung dari matahari.

Hal itu bisa terjadi sebab pantai ini dikelilingi oleh pepohonan yang begitu rindang dan dedaunannya pun cukup lebar. Sebut saja pohon kelapa dan berbagai macam pepohonan lain yang turut serta berperan penting dalam menjaga keharmonisan dan kesejukan suasana yang ada di pantai ini. Keberadaan pohon itu juga mampu membuat udara pantai menjadi sangat segar dan alami.

2. Suasana yang Tenang dan Damai

Selanjutnya, Pantai Sendang Biru ini memiliki suasana yang cukup tenang dan damai. Anda tidak akan mendengarkan suara-suara berisik yang terkadang mengganggu pengunjung seperti suara knalpot kendaraan, suara manusia yang menjengkelkan, dan lain sebagainya. Justru sebaliknya, Anda akan dimanjakan oleh suasana teduh yang tidak bisa didapatkan di tempat manapun.

Karena itulah, pantai ini disebut sebagai pantai sempurna untuk melakukan relaksasi diri baik itu bersama keluarga atau bahkan sendiri. Merasakan sensasi kedamaian yang tidak bisa dirasakan di perkotaan mampu membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan melupakan semua permasalahan atau pekerjaan berat yang terkadang membuat otak kita kelelahan.

3. Ombak yang Bergemuruh

Sama seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai ini memang terkenal akan ombaknya yang begitu populer di kalangan peselancar. Bagaimana tidak, ombak yang ada di sini terbilang cukup besar dan mampu membantu para peselancar merasakan sensasi digulung ombak laut yang sangat seru.

Meskipun begitu, pengunjung tidak perlu merasa terlalu khawatir ketika ingin berenang di pantai ini. Sebab, ombak yang ada di sekitar bibir pantai tidak terlalu besar dan bahkan terasa cukup tenang, sehingga ketika berenang di tepian Anda beserta pengunjung lain tidak perlu takut terseret oleh ombak. Namun, Anda harus tetap berhati-hati ketika berada di tempat ini.

Daya Tarik Dimiliki pantai sendang biru
Image Credit: Instagram Hisbul Maulana

4. Tempat Favorit Ikan-Ikan Indah

Salah satu hal utama yang membuat Pantai Sendang Biru sangat dielu-elukan oleh para wisatawan adalah tempatnya yang sangat alami dan mampu membuat siapapun merasa takjub karenanya. Ada begitu banyak hal yang membuat pantai ini begitu dicintai tidak hanya oleh manusia saja, namun juga para ikan yang terkadang berlalu lalang di bawah airnya yang jernih.

Ikan-ikan tersebut terdiri atas berbagai jenis yang sama-sama indah, dan Anda dapat menyaksikan tingkah laku mereka dengan mudah ketika berada di atas kapal. Terlebih apabila hari sedang cerah dan matahari bersinar terik, Anda bisa melihat betapa menggemaskannya ikan-ikan tersebut berenang di bawah air yang tenang.

5. Pemandangan Matahari yang Menakjubkan

Semua pantai memang terkenal akan pemandangan matahari yang begitu menawan, dan hal itu pun juga bisa ditemukan pada Pantai Sendang Biru ini. Pantai yang berhadapan dengan samudera selatan ini tentunya mampu membuat pengunjung melihat pemandangan matahari baik itu yang tenggelam atau sedang terbit dengan leluasa.

Tidak ada penghalang apapun yang ditemukan pada tempat ini, berbeda dengan daerah perkotaan atau desa yang terhalang oleh bangunan tertentu sehingga membuat kita kesulitan dalam melihat matahari. Karena kelebihannya itulah, banyak yang menyarankan pengunjung untuk mengunjungi tempat ini ketika sore hari sebelum matahari terbenam.

6. Asal Usul yang Menarik

Daya tarik terakhir yang dimiliki oleh pantai ini adalah asal usulnya yang cukup menarik. Ada beberapa kisah mistis yang mengelilingi pantai ini, dan hal itu berasal dari kisah turun temurun yang disebarkan oleh masyarakat yang berada di sekitar tempat tersebut.

Akan tetapi, kabarnya sejarah penamaan pantai ini tidak lepas dari keberadaan sumber mata air yang berada di bawah bukit. Sumber mata air atau sendang tersebut memiliki air yang berwarna biru dan sangat jernih, sehingga kabarnya hal itulah yang menjadi penyebab mengapa nama pantai ini dinamakan sebagai Sendang Biru.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat pantai sendang biru
Image Credit: Twitter Paling Indonesia

Pantai Sendang Biru berada di Kecamatan Sumbermanjing, salah satu kecamatan yang masih berada dalam satu lingkup dengan Kabupaten Malang. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dan sulit untuk ditempuh akan membantu pengunjung untuk mencapai lokasi dengan mudah. Akan tetapi, pengunjung hanya bisa memakai kendaraan pribadi sebab tidak ada angkutan umum di sini.

Anda dapat memulai perjalanan dari pusat Kota Malang, sebab jarak tempuhnya hanya sekitar 65 kilometer saja. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju ke daerah Galang, lalu tetap ikuti petunjuk jalan untuk menuju Pabrik Gula Krebet. Dari pabrik tersebut, akan ada begitu banyak petunjuk yang bisa Anda perhatikan untuk menuju pantai sehingga Anda tidak perlu takut untuk tersesat.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket pantai sendang biru
Image Credit: Instagram Malang Raya Tour

Tidak jauh berbeda dengan tempat wisata lainnya, apabila ingin mengunjungi Pantai Sendang Biru maka Anda juga akan dikenai biaya masuk. Biaya masuk yang harus dikeluarkan untuk menikmati segala keindahan di pantai ini juga tidak terlalu banyak, yakni hanya sekitar 12 ribu rupiah saja untuk satu orang.

Harganya yang begitu murah tentu mampu menarik banyak peminat untuk mengunjungi pantai ini. Selain tiket masuk, pengunjung juga harus membayar tiket parkir yang sesuai dengan kendaraan apa yang mereka bawa. Namun, harga tiket tersebut dapat mengalami perubahan tertentu tergantung dengan kondisi dan situasi yang berubah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Sendang Biru

Aktivitas pantai sendang biru
Image Credit: Facebook Kabar Surabaya

1. Menaiki Perahu

Kegiatan menarik pertama yang dapat Anda lakukan di Pantai Sendang Biru adalah menaiki perahu. Perahu tersebut bisa disewa dengan harga yang cukup bersahabat dan tidak perlu membuat Anda merogoh kocek yang terlalu dalam.

Dengan perahu tersebut, Anda akan diajak oleh nelayan untuk mengitari daerah laut yang begitu memukau. Anda dapat melihat dengan mata kepala sendiri betapa indahnya pemandangan yang ada di tempat ini, begitu pun dengan pemandangan bawah laut yang sekilas bisa dilihat dengan jelas meskipun tidak menyelaminya.

2. Mengunjungi Pulau Sempu

Di pantai ini, ada satu pulau kecil yang terbilang sangat terlindungi oleh pemerintah sebab pulau itu memang menjadi salah satu tempat cagar alam yang dikelola dengan penuh perhatian. Pulau tersebut dinamakan Pulau Sempu, dan letaknya tidak terlalu jauh dengan Sendang Biru bahkan bisa dibilang cukup berdekatan.

Pengunjung yang menyinggahi pantai ini pasti akan selalu melihat keadaan Pulau Sempu seperti apa. Luasnya yang tidak terlalu lebar membuat pulau ini memiliki begitu banyak keindahan alami yang masih belum terjamah oleh tangan manusia biasa, sehingga tidak heran apabila pulau ini sangat dilindungi. Untuk mengunjungi pulau ini, Anda harus merogoh kocek sebesar 100 ribu rupiah.

3. Memancing

Hal yang membuat pulau ini begitu terkenal adalah ikan-ikannya yang sangat beragam dan berukuran besar. Ikan tersebut bisa dipancing dengan mudah ketika hari sudah beranjak sore dan saat suasana airnya sudah cukup tenang.

Anda dapat mengikuti nelayan yang sedang mencari ikan dan melihat sendiri bagaimana serunya proses tersebut dilakukan. Jika beruntung, Anda dapat memperoleh ikan berukuran jumbo yang tentunya sangat lezat untuk diolah bersama bumbu racikan dapur yang menggiurkan.

4. Melihat Pesta Adat

Ketika Anda mengunjungi Pantai Sendang Biru pada bulan September, maka apabila Anda datang pada saat yang tepat Anda bisa melihat pesat adat yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Pesta tersebut dilakukan dengan khusyuk dan Anda bisa melihat keindahan yang ditawarkan oleh masyarakat tersebut.

Penginapan Murah Terdekat

Penginapan Dekat pantai sendang biru
Image Credit: Google Maps Kukuh Hari Prayogo

1. Pondok Bamboe

Penginapan pertama yang bisa dipilih ketika ingin mengunjungi Pantai Sendang Biru yaitu Pondok Bamboe. Untuk menginap di tempat ini, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari 340 ribu rupiah permalamnya. Jaraknya sendiri cukup dekat dengan pantai yakni sekitar 2 kilometer saja.

2. Homestay Ariesta

Selanjutnya, ada Homestay Ariesta yang jaraknya sangat dekat dengan kawasan pantai. Penginapan ini sudah lama terkenal sebagai pilihan sempurna para wisatawan luar kota saat mengunjungi pantai yang satu ini. Harga yang harus dikeluarkan untuk menginap di sini pun masih ramah dengan isi dompet.

3. Lina Homestay

Terakhir adalah Lina Homestay. Dengan jarak yang cukup dekat yakni 5 kilometer dari daerah pantai, Anda bisa menginap di sini dengan harga yang terjangkau yakni mulai dari 260 ribu permalam. Fasilitas yang disediakan oleh pihak penginapan pun sangat memuaskan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas pantai sendang biru
Image Credit: Google Maps Warung Bu Wit Ikan Bakar Sendang Biru

Layaknya tempat wisata lain, Pantai Sendang Biru juga menyediakan fasilitas yang mampu membantu pengunjung merasa senang. Ada kamar mandi, warung makan, persewaan perahu, lahan parkir, rumah jaga, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Semua fasilitas itu dapat digunakan oleh pengunjung dengan bebas tanpa mengeluarkan biaya apapun. Meskipun memang tidak selengkap dengan pantai lainnya, fasilitas itu tetap mampu membuat pengunjung merasa nyaman dan tidak kesulitan lagi.

Terlebih, fasilitas keamanan yang ada di pantai ini juga tidak bisa diremehkan lagi. Karena hal tersebutlah, pengunjung yang sedang melakukan liburan di tempat ini bisa merasakan sensasi berlibur tanpa terganggu oleh masalah yang tidak diinginkan.

Begitulah informasi mengenai Pantai Sendang Biru yang bisa Anda dapatkan. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Malang dapat menjadi salah satu alasan sempurna mengapa pantai ini wajib untuk Anda singgahi saat mengunjungi kota apel itu.