Kalau anda sedang berada di provinsi Bengkulu, pastikan untuk mampir di kabupaten Rejang Lebong, tepatnya di kota Curup. Bukan apa-apa, hanya saja banyak spot wisata menarik yang patut dikunjungi. Tentu menjadi keuntungan tersendiri bagi anda yang suka melancong untuk mengisi hari libur. Apalagi tempat menarik di Curup Rejang Lebong banyak berupa pemandangan alam nan indah dan mengesankan.

Bagi sebagian wisatawan, nama Curup Rejang Lebong memang masih asing di telinga. Hal ini dikarenakan tidak banyak yang mengetahui banyaknya destinasi wisata yang ada di sana. Padahal jika di total, ada puluhan tempat menarik yang sayang untuk ditinggalkan. Mulai dari gua, danau, air terjun, hingga objek yang mengandung nilai sejarah, semua tersedia di kabupaten yang memiliki luas hampir 4km persegi ini.

Potensi alam yang ada dimanfaatkan dengan baik oleh pihak pemerintah dan warga setempat. Itulah kenapa tempat wisata di Curup, Rejang Lebong tidak hanya menawarkan pesona alam, namun juga tersedia berbagai fasilitas cukup lengkap. Daripada penasaran, lebih baik anda simak ulasan dari masing-masing objek wisata yang berhasil kami rangkum berikut!

1. Danau Bermanei

Danau Bermanei
Image Credit: Google Maps Muamalah Chick

Jika anda mengharapkan suasana tenang dan damai, Danau Bermanei salah satu tempat yang bisa memberikannya. Danau yang ada di tengah kota ini juga dikenal dengan nama Danau Talang Kering. Tidak cukup besar dan luas, namun keindahannya mampu melupakan segala permasalahan yang anda hadapi. Apalagi ketika malam hari, anda bisa menyaksikan keindahan deretan lampu yang dipasang di danau tersebut. Selain itu, ada juga makanan khas Bengkulu yang bisa dinikmati sambil memandang ketenangan air danau.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Pahlawan, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

2. Danau Telapak

Danau Telapak
Image Credit: Google Maps RLTV

Danau yang diduga hasil dari letusan gunung berapi ini sangat sayang untuk dilewatkan. Pemandangan asri dan hijau dari pepohonan yang mengelilinginya menjadi daya tarik utama. Nama Danau Telapak diambil dari bentuknya, karena memang terlihat seperti telapak kaki dari kejauhan. Untuk bisa sampai ke salah satu tempat wisata di kota ini, diperlukan stamina fit karena jalan yang harus dilalui tidak mudah. Anda harus menaklukkan perbukitan karena lokasi persis nya berada di Bukit Daun Bengkulu.

Harga Tiket: Rp -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Talang Rendah, Nasal, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

3. Telaga Puteri Tujuh Warna

Telaga Puteri Tujuh Warna
Image Credit: Google Maps Koen Vanhollebeke

Ada kisah tersendiri dari terbentuknya Telaga Puteri Tujuh Warna. Namun bukan itu fokus kita kali ini, melainkan dari keindahan warnanya. Anda bisa membayangkan keindahan sebuah danau yang memiliki 7 warna sekaligus di dalam airnya. Semua warna memiliki keindahan masing-masing yang menyatu dengan ketenangan air telaga.

Adapun variasi warna yang terbentuk dihasilkan dari berbagai faktor, antara lain karena biota air, perubahan gas gunung berapi, dan juga dari pembiasan sinar matahari. Namun jangan berharap anda bisa langsung melihat tujuh warna sekaligus, karena warna tersebut bergantian seiring faktor yang menentukan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Rimbo Pengadang, Kab. Lebong, Bengkulu.

4. Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun Bastari
Image Credit: Google Maps Muhammad Ichsan Adinata

Jika anda pernah melihat sebuah pulau, seperti itulah bentuk dari Danau Mas Harun Bastari. Ada sebuah daratan kecil yang dikelilingi oleh air, dari kejauhan terlihat seperti pulau. Selain menikmati keindahannya, ada juga fasilitas yang bisa anda gunakan di destinasi wisata ini. Danaunya cukup luas, sekitar 3.600 hektare dengan banyaknya pepohonan hijau yang mengelilingi. Jika anda tertarik, pastikan datang ke Desa Karang Jaya, Kecamatan Selupu Rejang pada jam 06.00 – 18.00.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Jaya, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

5. Gua Bukit Makmur

Gua Bukit Makmur
Image Credit: Profil.digitaldesa.id

Untuk bisa sampai ke lokasi Gua Bukit Makmur, tidak dibutuhkan stamina khusus. Jalan yang dilalui tidak begitu sulit dengan medan cukup ringan. Anda hanya perlu melewati persawahan sepanjang perjalanan hingga sampai di lokasi. Gua ini cukup unik karena bukan seperti gua pada umumnya. Pintu masuk tidak langsung berada dibawah tebing, melainkan agak sedikit masuk kedalam. Tempat ini dikelola dengan baik oleh warga sekitar dengan memberinya tangga pada pintu masuk.

Harga Tiket: Rp -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Suban Ayam, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong.

6. Air Terjun Tangga Seribu

Air Terjun Tangga Seribu
Image Credit: Google Maps antoex koyax

Objek wisata alam di Curup berikutnya berupa air terjun atau alam bahasa Jawa dikenal dengan nama Curug. Air Terjun Tangga Seribu namanya, dengan jarak sekitar 30km dari pusat kota. Disarankan untuk menggunakan roda dua jika anda tertarik mendatangi lokasi karena lebih cepat, sekitar 50 menit perjalanan.

Namun jangan khawatir, anda tidak sendirian selama perjalanan. Hal ini dikarenakan banyaknya pemandangan berupa pepohonan dan satwa liar yang menemani. Saat sampai di tujuan, anda akan terpesona dengan keindahan air terjun yang sangat tinggi. Tidak perlu mencari tangga ketika di lokasi, pasti tidak ditemukan. Nama Air Terjun Tangga Seribu diambil karena ketinggiannya mencapai 150 meter dengan debit air cukup deras.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Curup – Lubuk Linggau No.113, Cahaya Negeri, Kec. Sindang Kelingi, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

7. Air Terjun Sindang Kelingi

Air Terjun Sindang Kelingi
Image Credit: Google Maps Hallo Iqballl

Pesona alam yang disajikan di Rejang Lebong seakan tidak pernah habis. Selain yang telah disebutkan diatas, ada juga Air Terjun Sindang Kelingi yang tidak kalah eksotis. Air terjun ini berada di pusat kota, jadi tidak sulit menemukannya. Namun untuk bisa menikmati keindahan yang disajikan, anda perlu melewati tebing yang mengelilinginya. Daya tarik utama tentu dari ketinggian, sekitar 85 meter dengan udara dan cuaca sangat sejuk.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Sindang Kelingi, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

8. Air Terjun Batu Betiang

Air Terjun Batu Betiang
Image Credit: Google Maps Darwin A Putra

Jangan heran jika tempat wisata di daerah ini banyak yang berupa air terjun. Hal ini dikarenakan faktor geografis nya berupa pegunungan. Dinamakan Air Terjun Batu Betiang karena tebing yang mengelilingi air terjun mirip dengan balok berdiri yang tersusun rapi. Itulah daya tarik utamanya, anda bisa datang ke Desa Babakan Baru, Kecamatan Bermani Ulu Raya jika ingin berkunjung.

Harga Tiket: Rp -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Babakan Baru, Kec. Bermani Ulu Raya, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

9. Air Terjun Panas Pacoa Seribeu

Air Terjun Panas Pacoa Seribeu
Image Credit: Twitter Rahmat h

Jika anda tidak familiar dengan nama Air Terjun Panas Pacoa Seribeu, mungkin bisa diganti dengan Air Terjun Panas Gerojogan Sewu. Kedua nama tersebut sama dan menjadi julukan dari objek wisata yang ada Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, air yang mengalir cukup hangat sehingga anda tidak akan merasa kedinginan.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sumber Urip, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejanglebong, Bengkulu.

10. Bukit Kaba

Bukit Kaba
Image Credit: Google Maps Irawan Karnadi

Ingin melihat keindahan alam dari bawah? Sepertinya anda wajib mengunjungi Bukit Kaba. Menjadi salah satu tempat wisata yang bukan hanya keindahan dari bawah yang ditawarkan, melainkan panorama perbukitan yang mengelilingi. Bukit Kaba sebenarnya berupa gunung api kembar dengan lintasan atau tracking cukup mudah, meskipun bagi pemula.

Keindahan lain yang ditawarkan yakni adanya kawah ketika anda sampai ke puncak. Air yang jernih dengan warna hijau tosca menjadi daya tarik utama dari wisatawan yang ingin mengabadikan momen liburan. Jika saat ini anda berada di pusat Kota Curup, setidaknya butuh 20 menit perjalanan hingga tiba di lokasi Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupuh Rejang.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sambirejo, Kec. Selupu Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

11. Kebun Binatang Diobagitte

Kebun Binatang Diobagitte
Image Credit: Dio-bagite.business.site

Bukan karena bisa dengan keindahan alam tentunya, namun sesekali juga perlu melihat berbagai macam binatang yang ada di kebun binatang ini. Silahkan berkunjung ke Kebun Binatang Diobagitte jika anda ingin variasi liburan. Menariknya, berbagai macam aktivitas bisa dilakukan di lokasi tersebut yang juga menjadi daya tarik tambahan. Diantaranya anda bisa memancing, bersantai sambil mandi air panas, berenang, dan beberapa fasilitas lainnya.

Harga Tiket: Rp -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Talang Ulu, Kec. Curup Timur, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

12. Suban Air Panas

Suban Air Panas
Image Credit: Google Maps fenrizal

Kalau yang ini tidak ada binatangnya, khusus untuk pemandian air panas. Setelah lelah menikmati pesona alam yang disajikan Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, anda bisa mendatangi Suban Air Panas untuk melepas penat. Seperti pemandian air panas pada umumnya, silahkan menikmati hangatnya suasana sambil bercengkerama dengan keluarga. Selain itu, mandi air panas dari sumber air pegunungan dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit kulit dan melancarkan peredaran darah.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Cawang Baru, Kec. Curup Timur, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

13. Lubuk Beso

Lubuk Beso
Image Credit: Facebook Darmini

Lubuk Beso juga mejadi salah satu tempat wisata yang wajib masuk dalam daftar kunjungan. Lubuk berarti bagian sungai paling dalam jika diartikan kedalam bahasa Indonesia. Jadi dipastikan sungai ini memiliki kedalaman yang sangat sehingga tidak disarankan untuk aktivitas berenang. Daya tariknya dari pemandangan alam sekitar, anda disuguhi berbagai macam pepohonan liar di sekitar sungai. Untuk aktivitas lain, silahkan memancing jika memang anda hobi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Apur, Kec. Ulak Tanding, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

14. Kebun Teh Bukit Daun

Kebun Teh Bukit Daun
Image Credit: Google Maps Aang Salman

Hamparan hijau kebun teh siap menanti kedatangan anda di Bukit Daun. Spot wisata ini cocok dijadikan background foto menarik di media sosial. Kebun Teh Bukit Daun tidak jauh berbeda dengan kebun teh pada umumnya, hanya pemandangan hijau yang anda nikmati. Meski demikian, tidak banyak menemukan kebun dengan lereng sebagai hiasannya.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sentral Baru, Kec. Bermani Ulu, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

15. Batu Dewa

Batu Dewa
Image Credit: Kopicurup.id

Nama Batu Dewa diambil dari adanya nilai sejarah dan kepercayaan warga setempat. Konon batu tersebut digunakan sebagai aktivitas para dewa pada masa kerajaan Hindu Budha. Ada tiga jenis batu yang mempunyai fungsi masing-masing, Batu Berjemur, Batu Hias, dan Batu Mandi. Jika anda tertarik dengan keunikan masing-masing, silahkan datang ke lokasi Batu Dewa, Kecamatan Curup Utara, Kabupaten Rejang Lebong.

Harga Tiket: Rp 100.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Batu Dewa, Kec. Curup Utara, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu.

Dikarenakan banyaknya tempat wisata di Curup Rejang Lebong, pastikan anda memilki banyak waktu agar bisa mengunjungi semuanya. Jika memang ada keterbatasan waktu, silahkan memilih spot yang sesuai dengan kriteria dan keinginan. Apakah untuk relaksasi seperti pemandian air panas, refreshing pikiran dengan panorama alam, atau menilik nilai sejarah yang ada.