Pantai Panjang salah satu objek wisata yang indah di Kota Bengkulu dengan garis pantai mencapai 7 km. Wisata bahari yang menawarkan berbagai kegiatan liburan seru dan fakta menariknya bahwa pantai ini melewati 3 kecamatan, seperti Ratu Agung, Teluk Segara & Ratu Samban.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Penurunan, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu; Map: Cek Lokasi

Bengkulu memiliki beberapa macam tempat wisata. Wisata di Bengkulu juga memiliki keindahan yang tiada tanding. Salah satu tempat wisata yang menjadi favorit yaitu pantai. Pantai Panjang Bengkulu memiliki daya tarik dan keunikan yang membuat para pengunjung selalu berbondong-bondong untuk datang.

Pantai dengan Panjang garis pantai sekitar 7 km itu selalu ramai oleh pengunjung. Selain itu, dengan lebar tepian pantai sekitar 500 meter ini juga ramai dijadikan tempat bermain, olahraga dan bersantai oleh pengunjung. Jika mencari tempat berlibur dan refrsing di Kota Bengkulu, maka pilihan yang tepat adalah Pantai Panjang. Anda akan menikmati keindahan dan keelokan yang tiada duanya dari pantai tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Panjang

Daya Tarik Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Pardianti)

1. Pantai Indah yang Dikelilingi Banyak Pepohonan

Di pinggir bibir pantai, terdapat deretan pepohonan yang menghiasi. Adanya pohon-pohon tersebut menambah rindang dan sejuk suasana pantai.

Di sekitar pantai yang umumnya memiliki pohon kelapa, berbeda dengan di Pantai Panjang terdapat banyak pohon pinus dan beberapa pohon cemara. Sehingga lokasi pantai ini menjadi pantai tepat dijadikan tempat bersantai, liburan dan piknik bersama keluarga.

2. Pantai yang Menawan

Pesona alam dan keindahan pemandangan pantai membuat setiap orang tertawan dengan kecantikan yang dimiliki. Luasnya hamparan pasir lembut berwarna putih menjadi daya tarik tersendiri untuk pantai ini.

Dilihat dari kejauhan, pantai tersebut seperti tidak memiliki ujung karena terlalu panjang. Sehingga pemandangan ini menjadikan para pengunjung sering berselfie ria dengan menggunakan background bibir pantai tersebut.

Daya TarikPantai Panjang
Image Credit: Antarafoto.com

3. Festival Pantai Panjang

Selain keindahan dan keelokan pantai, daya tarik yang dapat mengundang puluhan orang ke pantai yaitu adanya festival Pantai Panjang. Festival tersebut adalah sebuah acara yang dilakukan setiap tahun di pantai tersebut.

Di festival digelar beberapa even seperti lomba foto, lomba volly pantai, lomba surfing dan beberapa lomba lainnya. jika Anda tidak tertarik ikut lomba, Anda bisa menikmati pameran seni dan budaya, atau bisa juga menikmati nyanyian yang dapat menghibur dari musisi yang hadir.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Panjang

Alamat Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Miss Queen 97)

Pantai cantik ini berada di Ratu Agung. Teluk Segara tepatnya kota Bengkulu di Provinsi Bengkulu. Pantai Panjang Bengkulu berada di pusat kota dengan jarak 1.5 km.

Lokasi pantai sangat mudah dilalui oleh kendaraan. Menggunakan kendaraan bermotor, roda empat, taksi, mobil travel maupun bus dan transportasi umum yang bisa Anda naiki. Dimana transportasi umum melewati lokasi pantai setiap waktu. Ada juga kereta kuda yang bisa mengantar Anda menuju ke lokasi pantai.

Untuk harga tiket masuk menuju pantai yaitu gratis, Anda tidak akan membayar tiket masuk menuju pantai. Anda hanya akan dikenakan biaya parkir saja sekitar Rp 5000.

Bagi Anda yang berada di pusat kota dan ingin menaiki transportasi umum menuju pantai, Anda hanya perlu membayar Rp 5000 saja. Sedangkan untuk grab Anda bisa dikenakan tarif Rp 50.000 untuk bisa sampai menuju ke pantai.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Panjang

Kegiatan Menarikdi Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Clifton Theodore)

1. Taman Bermain untuk Anak-Anak

Di pinggir pantai terdapat taman bermain yang bisa menjadi alternatif bagi orang tua yang membawa anak-anak di bawa umur. Anda bisa membuat anak-anak anteng bermain di area tersebut.

Selain anak-anak, beberapa remaja dan orang dewasa juga terlihat bermain dan jalan-jalan di sekitar area bermain di pinggir pantai hits di Bengkulu ini.

2. Tempat Olahraga

Di sepanjang jalan Pantai Panjang terdapat tempat olahraga yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung yang datang. Tempat olahraga ini selalu ramai dikunjungi, meski beberapa lebih memilih berkunjung ke lokasi pantai.

Saat pagi atau sore hari pusat olahraga di pantai ini ramai dijadikan tempat tujuan ataupun tempat singgah. Sehingga semua umur bisa datang menikmati keindahan dan fasilitas yang tersedia.

3. Bermain Volly Pantai

Bermain volly pantai selalu menjadi kegiatan utama yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan lainnya. Bermain volly pantai di sekitar pantai juga sangat direkomendasikan.

Selain memiliki pasir putih yang lembut. Di pantai tersebut juga memiliki lebar bibir pantai yang luas. Anda bisa seru-seruan di pantai ini dan menciptakan momen seru bersama teman.

4. Berenang

Keadaan pantai yang tidak memiliki terumbu karang membuat Pantai Panjang Bengkulu menjadi tempat berenang yang seru. Bibir pantai yang panjang juga menjadi pendukung bagi para pengunjungg yang datang untuk berenang.

Ditambah dengan tidak adanya terumbu karang dan batu karang di pinggir pantai menjadi salah satu serunya bermain air di pinggir pantai. Jika ombak pantai cukup besar, para pengunjung akan berselancar atau surfing.

5. Mancing

Pantai yang memiliki ombak yang bersahabat ini memiliki banyak jenis ikan. Ikan-ikan yang berenang tidak terlalu dalam ini menjadi daya tarik bagi bapak-bapak yang hobi memancing. Dimana para pemancing berjalan ke tengah pantai dan memancing ikan di area tengah pantai.

Banyak ikan-ikan yang didapatkan. Jenis-jenis ikan-ikan tersebut sangat beragam dan memiliki warna yang cantik.

Kegiatan di Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Khalid Saifuddin)

6. Wisata Kuliner di Pantai Panjang

Di beberapa lokasi area di dekat pantai terdapat beberapa restoran yang bisa dikunjungi. Anda bisa menemukan banyak menu favorit yang bisa diandalkan saat berada di pesisir pantai.

Ada pindang, pempek dan berbagai pilihan makanan tradisional lainnya. Anda juga bisa memesan aneka jus dan minuman yang menyegarkan. Menu-menu tersebut sangat pas dinikmati saat sedang bersantai di pantai bersama pasangan atau teman.

7. Bersantai Menikmati Deburan Ombak

Beberapa orang pengunjung, datang dan duduk di pinggir pantai di bawah pohon. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan. Dimana para pengunjung hanya datang menikmati sepoi-sepoi angin dan deburan ombak dari pinggir pantai.

Kegiatan ini diakukan bukan karena malas, namun beberapa orang yang melakukan kegiatan tersebut bertujuan untuk merefresh otak. Menenangkan pikiran dan hati dari riuhnya masalah hidup.

Selain duduk santai menikmati view pantai, Anda bisa menyeruput air kelapa muda. Dimana kelapa, aneka jus dan berbagai pilihan makanan bisa Anda nikmati di sekitar pantai.

8. Jalan-Jalan Keliling Pantai

Bagi beberapa pasangan muda mudi yang datang ke Pantai Panjang Bengkulu, jalan-jalan dan menikmati keindahan sekitar pantai adalah kegiatan favorit. Para remaja dan anak-anak milenial juga banyak yang turun dan berjalan-jalan seru di pinggir pantai.

Berkeliling dan membiarkan kaki tanpa alas kaki menyentuh pasir putih yang lembut. Selain itu sesekali kaki-kaki pejalan kaki tersebut tersapu air ombak yang berdebur.

Selain itu, warga di sekitar pantai juga banyak yang datang saat pagi dan sore untuk jogging dan sekedar menikmati angin pantai dan suasana di pagi dan sore hari. Di sekitar pantai disediakan jalur jogging yang aman digunakan oleh lansia maupun anak-anak.

9. Naik Delma di Pinggir Pantai

Tidak ingin lelah jalan-jalan dengan kaki? Anda bisa menyewa delman di sekitar pantai. Anda akan diajak berkeliling seru di pinggir pantai. Anda hanya perlu membayar Rp 30.000 saja untuk sekali sewa.

Keindahan pantai bisa Anda nikmati dengan hanya duduk di atas delman. Anda bisa naik atau mengisi delman bersama 4 orang.

10. Menyaksikan Sunset Terindah di Bengkulu

Warna langit yang disinari cahaya matahari terbenam sangat indah di pantai tersebut. Suasana ini akan terlihat sangat menakjubkan bagi pengunjung yang baru pertama kali datang ke Pantai Panjang.

Menikmati sunset terindah di pantai ini adalah salah satu kegiatan terfavorit yang dilakukan. Panorama alam yang luar biasa tersebut tidak boleh terlewatkan. Keelokan dari matahari ini membuat pengunjun selalu betah menunggu lama hanya untuk menunggu matahari terbenam di tengah laut.

11. Berkemah

Meski disediakan beberapa hotel terdekat, bagi para traveler dan pecinta alam lebih memilih untuk bermalam dan berbaur dengan alam saat gelap menjemput. Banyak dari para pengunjung yang datang membawa tenda dan berkemah di pinggir pantai.

Kegiatan seru ini bisa Anda lakukan bersama teman-teman. Menikmati malam bersama deburan ombak. Bermalam bersama api unggun dengan segelas kopi hangat. Kemudian bersenandung lagu riang yang dinyanyikan bersama. Berkemah di pinggir pantai akan memberikan kesan yang berbeda dari pada berkemah di tengah hutan maupun di atas bukit.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pantai Panjang

Penginapan Pantai Panjang
Image Credit: Pegipegi.com

1. Tanjung Karang Hotel

Salah satu pantai yang keberadaannya paling dekat dengan Pantai Panjang Bengkulu adalah Tanjung Karang Hotel. Hotel ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin bermalam di penginapan, namun tetap mendapatkan view dan suasana pantai.

Untuk satu malam hanya bertarif Rp 250.000 saja per orang. Anda akan mendapatkan fasilitas dan pelayanan yang sesuai degan keinginan Anda.

2. Hotel Xtra Bengkulu

Hotel berikutnya yaitu Hotel Xtra Bengkulu. Dimana lokasi penginapan tersebut juga cukup dengan lokasi pantai. Anda bisa jogging di pagi atau sore hari sambil menikmati keindahan pantai.

Anda hanya akan membayar Rp 210.000 per malam untuk satu orang. Anda akan menikmati keindahan pantai dari ketinggian hotel ini. dijamin Anda tidak akan menyesal bermalam di hotel tersebut.

3. Jodipati Hotel

Penginapan yang memberikan tarif Rp 230.000 setiap ini berada tidak jauh dari lokasi pantai. Di Jodipati Hotel, terdapat fasilitas dan pelayanan yang umumnya sama diberikan oleh hotel-hotel lain pada umumnya.

Bedanya dari hotel tersebut, Anda bisa merasakan semilir angin pantai yang bertiup. Dari jendela kamar, Anda dapat menikmati keindahan Pantai Panjang.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Panjang Bengkulu

Fasilitas di Pantai Panjang
Image Credit: Google Maps (Choirul Anwar)

Di sekitar pantai terdapat beberapa fasilitas yang lengkap yang aman dan nyaman. Ada area parkir luas dan aman. Ada wahana bermain untuk anak-anak, jalur untuk jogging dan pusat olahraga. Selain itu banyak spot foto yang selalu ramai.

Di pantai favorit tersebut Ada restoran, café, cottege dan warung makan. Ada toko, tempat istirahat dan tempat duduk-duduk. Fasilitas umum lainnya yaitu ada toilet, mushola dan tempat sampah. Uniknya ada area camping yang sering digunakan untuk mendirikan tenda di sekitar pantai.

Itulah beberapa informasi tentang Pantai Panjang di Kota Bengkulu. Anda bisa membayangkan keindahan pantai dari beberapa uraian tersebut. Ika tidak ingin penasaran, masukan nama pantai ini sebagai list liburan untuk minggu selanjutnya bersama keluarga.