Lembah Harau salah satu lembah terindah di Indonesia yang menjadi destinasi wisata alam populer di Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Lembah yang diapit dua bukit cadas menyuguhkan pemandangan yang menakjubkan dan kesegaran air terjun yang menarik dijelajahi.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Harau, Kec. Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Sumatera, salah satu wilayah di Indonesia yang menyajikan berbagai pesona alam yang layak diperhitungkan. Di sinilah terdapat berbagai destinasi wisata yang begitu mempesona. Lembah Harau menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Bumi Minangkabau. Lembah inilah yang digadang-gadang sebagai surganya Sumatera.

Menjadi salah satu tempat yang banyak diperhitungkan, Lembah ini menyajikan pesona alam bebas. Selain itu, di sini pula terdapat berbagai gardu pandang yang mempesona. Bahkan pesona ya tidak hanya terkenal di dalam negeri namun juga liar negeri. Bagaimana tidak, panorama alam yang disuguhkan sungguh akan memikat pandangan Anda.

Lebih dari itu, Lembah Harau juga memiliki daya tarik serta keunikan tersendiri. Sehingga membuat wisatawan tidak perlu pikir panjang untuk berwisata kemari. Untuk Anda yang penasaran bisa menyimak ulasan berikut, tentang wisata Indonesia yang layak diperhitungkan di mata negara lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Lembah Harau

Daya Tarik Lembah Harau
Image Credit: Twitter.com @jeannytsy

1. Memiliki Dataran Luas Menghijau

Daya tarik dari Lembah Harau sendiri begitu beragam, namun yang paling menarik dalam sekali pandang adalah dataran luas yang memukau. Lembah yang satu ini dihuni oleh rerumputan hijau yang membentang luas. Sehingga ketika mata memandang yang terasa adalah kesejukan.

Selain itu, lembah ini juga dibentengi oleh tebing-tebing tinggi. Tebing tersebut bahkan memiliki tinggi kurang lebih 200 – 400 meter. Oleh sebab itu, lembah ini juga menjadi tempat menarik untuk menghabiskan liburan.

Jika Anda berkunjung pada pagi hari maka pemandangan tersebut sudah nampak seperti pesona surga dunia. Belum lagi semilir angin yang merasuk ke dalam tubuh. Lokasinya juga cukup jauh dari jalan raya, sehingga tidak banyak polusi yang akan mengontaminasi area penghasil oksigen tersebut.

2. Keindahan Alam yang Menakjubkan

Lembah Harau memang surganya alam yang menakjubkan. Bahkan dari berbagai komponen serta desain wisatanya, lembah unik ini seringkali disebut sebagai Yosemite-nya Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa Yosemite adalah sebuah tempat wisata Taman Nasional yang ada di California, Amerika Serikat. Hal ini tidak mengherankan mengingat wisata alam ini memang memiliki potensi untuk menjadi taman nasional Indonesia.

Hamparan sawah yang menghijau ditambah dengan tebing tinggi yang dipenuhi tumbuhan paku membuat suasana tampak begitu alami. Menjadi lokasi yang diperhitungkan oleh para backpacker, lembah ini memiliki udara yang begitu sejuk.

Kesejukan itulah yang akan membawa pergi segala lelah dan segala bentuk beban pikiran yang ada. Keindahan dari lembah ini juga membuatnya ditetapkan sebagai cagar alam di tahun 1993. Hal ini dikarenakan lembah ini tidak hanya indah dengan kenampakan alamnya saja. Tapi juga karena berbagai hewan yang ikut menjadi penghuni lembah.

Hewan-hewan seperti simpai, siamang, juga monyet ekor panjang seringkali terlihat berkeliaran di kawasan lembah. Bahkan terdapat pula berbagai tanaman tropis yang ikut menjadi bagian dari keindahan Lembah Harau.

Daya Tarik dari Lembah Harau
Image Credit: Google Maps (Oktorialdi Ilyas)

3. Tiga Kawasan Menarik Dalam Satu Lokasi

Keunikan dari Lembah Harau memang tiada habisnya, pasalnya disinilah Anda bisa mengunjungi 3 kawasan berbeda sekaligus. Kawasan pertama dinamakan Resort Aka Barayu, selanjutnya ada Resort Rimbo Piobang, dan yang terakhir terdapat Resort Sarasah Bunta.

Dari ketiga kawasan lembah tersebut yang banyak menarik hati wisatawan adalah Resort Sarasah Bunta dan Resort Araka Barayu. Hal ini karena kedua kawasan tersebut memang menyajikan pesona alam sekaligus aktivitas ekstrim.

Untuk Anda yang ingin menguji adrenalin dengan menaklukkan tingginya tebing bisa menuju ke Resort Araka Barayu. Pasalnya disinilah tempat panjat tebing dengan ukuran kecuraman 90 derajat.

Sedangkan untuk bagian Resort Sarasah Bunta dihuni oleh curug Sarasah Aie Luluih, di mana air terjun ini mengalir deras dari bagian tebing lembah. Hanya ada rasa terpesona saat Anda sampai di sana.

Meski debit airnya tidak begitu deras, namun memiliki daya tarik tersendiri sebab airnya yang begitu jernih. Apalagi untuk Anda yang ingin panjat tebing, sudah tersedia lokasi yang tepat untuk kegiatan tersebut.

4. Kampung Eropa di Lembah Harau

Tidak hanya rerumputan, tebing serta pepohonan hijau saja yang tersaji di lembah ini. Tapi juga kenampakan alam layaknya Benua Eropa, di mana ada miniatur-miniatur bangunan yang menjadi ikon negara di dunia. Bahkan ada berbagai wahana yang layak dicoba di kawasan ini.

Dengan banyaknya wahana yang tersedia di sana, tentunya pengunjung harus membayar sesuai harga yang ditentukan pengelola. Anda bisa berkeliling sepuasnya di lanskap Benua Eropa kw tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Lembah Harau

Alamat Lembah Harau
Image Credit: Facebook.com @bbcnewsindonesia

Untuk Anda yang ingin pergi ke Lembah Harau bisa langsung menuju lokasi yaitu di Nagari Harau, Harau, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Rutenya sendiri ada beberapa opsi yang bisa dipilih.

Misalnya jika Anda berkendara dari wilayah Bukittinggi, agar sampai di lokasi lembah harus melewati jarak sejauh 47 km. Rute ini akan Anda tempuh agar bisa sampai di Payakumbuh.

Dari Payakumbuh Anda akan sampai di gerbang masuk kawasan Lima Puluh Kota. Dari gerbang masuk tersebut lajukan kendaraan Anda mengikuti jalan. Maka sampailah di lokasi parkir yang jaraknya sekitar 3,5 km.

Sedangkan apabila Anda melalui rute perjalanan dari pusat Kota Padang, jarak yang harus ditempuh lebih jauh lagi yaitu 145 km. Meski harus menempuh jarak yang cukup jauh, pemandangan sekitar akan membuat Anda tetap rileks. Pemandangan hijaunya rumput, persawahan dan pepohonan akan membuat Anda terpukau.

Harga Tiket Masuk Wisata Lembah Harau

Harga Tiket Lembah Harau
Image Credit: Harau.org

Seperti paket wisata lainnya, Lembah Harau juga mematok harga bersahabat untuk yang ingin eksplore segala keindahannya. Dengan tiket mulai dari Rp 5000 saja, pengunjung bisa menikmati berbagai keindahan alamnya.

Lembah terindah di Indonesia ini memang memanjakan mata, apalagi ditambah dengan miniatur negara yang instagramable. Di sana Anda akan menjumpai menara pisa, Eiffel, juga kincir angin ikon Negara Belanda. Apalagi dengan kawasan lembah yang dikelilingi tebing cadas yang menjulang tinggi. Sungguh konsep yang dibuat alam memang tiada dua.

Rasakan sendiri sensasi berwisata di alam bebas ditemani rerumputan yang seolah merimbun. Bagai kasur yang terhampar luas dengan atap langit yang membiru. Suasanya begitu syahdu, rasa lelah akibat perjalanan pun seolah sirna begitu saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Lembah Harau

Aktivitas di Lembah Harau
Image Credit: Instagram.com @wahyudiekaputra

1. Berkeliling Menikmati Pemandangan

Seperti yang diketahui, Lembah Harau adalah tempat yang memiliki pemandangan begitu indah. Tentu saja aktivitas yang tidak boleh ketinggalan adalah berjalan santai sambil menikmati kenampakan alam yang ada.

Di sini Anda bisa merasakan sejuknya udara khas pedesaan. Selain itu tebing tinggi yang menjulang hingga 400 meter seakan menjadi benteng kokoh yang ada di depan mata.

Menikmati rerumputan yang menghijau, ditambah semilir angin yang menggerakkan dedaunan seolah memberi magis tersendiri. Apalagi jika Anda berwisata bersama teman atau rombongan. Pastinya akan lebih menyenangkan lagi.

2. Memanjat Tebing

Lembah Harau memiliki tebing dengan ketinggian yang berbeda-beda. Bagi pengunjung yang ingin uji adrenalin menaklukan curamnya tebing yang mengelilingi lembah. Bisa langsung menuju kawasan Resort Aka Barayu.

Resort ini dibuat bagi para pemanjat tebing yang ingin meningkatkan skill. Sudah tersedia tempat climbing yang akan menjadi pengalaman liburan tidak terlupakan.

Memanjat tebing sambil menikmati pemandangan alam yang begitu indah akan memberikan sensasi tersendiri. Lokasi tebing curam dengan kemiringan 90 derajat siap menjadi teman adu skill Anda.

3. Mengunjungi Kota Bernuansa Eropa

Berkunjung ke Lembah Harau yang disebut-sebut sebagai Taman Nasional Yosemite memang menyenangkan. Apalagi jika Anda bisa sampai ke spot Kota Eropa yang dibuat begitu artistik dan instagramable.

Disinilah Anda akan mendapati beberapa miniatur keren ala-ala Eropa. Selain itu terdapat pula ikon negara yang sudah terkenal hingga belahan dunia.

Miniatur tersebut diantaranya adalah menara Eiffel. Meski begitu di lembah ini hanya dibangun sebuah menara Eiffel yang cukup tinggi. Bentuknya juga dibuat mirip agar nampak seperti aslinya.

Untuk bisa eksplore segala keunikan dan kemegahan yang ada di kota Eropa ini pengunjung juga dikenakan tarif per orang. Meski begitu tarif tersebut setimpal dengan kemegahan yang ditawarkan.

Miniatur yang ada di sana antara lain kincir angin, menara pisa, serta bangunan warna-warni seperti piramid mini. Yang pasti berbagai bangunan tersebut sungguh unik.

Aktivitas Seru di Lembah Harau
Image Credit: Google Maps (Rahmania Yunita)

4. Mandi di Air Terjun

Tidak hanya pemandangan alam hijau yang memukau tapi juga segarnya air terjun di Lembah Harau. Air terjun ini bisa digunakan pengunjung untuk melepas penat.

Bahkan di lembah ini Anda akan mendapati enam air terjun sekaligus. Di mana air terjun tersebut diantaranya Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Murai, Air Terjun Sarasah Aie Angek, dan lain sebagainya.

5. Hunting Foto di Berbagai Spot Menarik

Liburan di lembah cantik ini tanpa mengabadikan momen dengan berfoto memang kurang afdhol. Untuk itu sebaiknya siapkan kamera yang mendukung untuk hunting tempat menarik di sini. Pastinya ada puluhan spot foto instagramable yang menanti Anda.

Pengunjung bisa berfoto dekat tebing, berselfi ria di ikon negara terkenal, dan masih banyak lagi.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Lembah Harau

Fasilitas di Lembah Harau
Image Credit: Google Maps (Kampung Eropa Harau)

Untuk sebuah tempat wisata idaman, Lembah Harau didukung pula dengan berbagai fasilitas publik yang menguntungkan pengunjung. Diantaranya adalah tempat parkir kendaraan. Di sini pengunjung dapat menitipkan kendaraannya agar lebih aman. Selanjutnya ada mushola sebagai tempat ibadah umat muslim.

Tersedia pula kamar mandi dan toilet publik. Bahkan untuk yang merasa lapar di tengah wisata bisa langsung melipir ke warung-warung yang ada di sekitar lembah. Untuk yang ingin menginap dan menikmati waktu lebih lama di bagian Lembah Harau.

Bisa bermalam di penginapan atau homestay yang lokasinya dekat dengan wisata tersebut. Hal yang pasti bahwa memutuskan liburan ke lembah ini tidak akan mengecewakan. Bahkan area camping pun ikut menjadi pelengkap pesona yang dimiliki lembah Sumatera Barat.

Berbagai hal mengenai Lembah Harau yang tersebut di atas seolah membuat diri semakin cinta dengan Indonesia. Tidak hanya keragaman suku dan budaya tapi juga kenampakan alam yang luar biasa. Mari cintai dan rawat alam Indonesia agar senantiasa asri dan tidak dipenuhi polusi. Jangan lupa untuk memasukkan destinasi wisata alam ini ke target liburan selanjutnya.