Harga Tiket: Rp 20.000, Jam Operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Bojong Koneng, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Ketika hari libur tiba, sebagian orang membuat daftar kunjungan wisata untuk mengisi hari kosong tersebut. Salah satu yang paling sering dikunjungi bagi yang sudah berkeluarga biasanya yang menyediakan wahana permainan. Oleh sebab itu, Sentul Paradise Park mungkin bisa dimasukkan dalam daftar kunjungan saat ini. Bukan tanpa alasan, berbagai daya tarik bisa anda temukan sekaligus dalam satu lokasi.

Objek wisata Sentul Paradise Park berdiri diatas lahan seluas 200.000 meter persegi yang dikelilingi oleh hutan lindung. Kawasan ini dulunya memang berupa hutan lindung, namun PT. Sentul City TBK menyulap nya menjadi taman wisata asyik dan layak dikunjungi. Bangunannya cukup unik, perpaduan antara keindahan alam dengan unsur modern.

Anda dan keluarga bisa berenang atau sekadar bermain air di kolam buatan. Ada dua kedalaman, yakni untuk anak-anak dengan 30cm, kemudian untuk orang dewasa dengan kedalaman 1.5 meter. Namun bukan itu yang menjadi utama, adanya air terjun yang diberi nama Curug Bidadari membuat lokasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi ketika weekend tiba.

Daya Tarik yang Dimiliki Sentul Paradise Park

Daya Tarik di Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps Yoshifumi Iwata

Setiap destinasi wisata layak dikunjungi karena mempunyai daya tarik, begitu juga dengan Sentul Paradise Park. Seperti yang dikatakan tadi, anda akan mendapatkan banyak daya tarik dalam satu lokasi. Apa saja yang dimaksud? Berikut ulasan detail nya!

1. Curug Bidadari

Sekilas telah disebutkan bahwa objek wisata yang di kelola PT. Sentul ini terdapat air terjun cantik sebagai daya tarik utamanya. Curug Bidadari bukan hanya sekedar air terjun biasa, melainkan ada sejarah kenapa nama tersebut diambil. Mengenai benar atau tidaknya, sebaiknya tetap harus dijaga dan dihormati kepercayaan yang melekat pada warga lokal tersebut.

Seringkali muncul pelangi pada curug dengan ketinggian sekitar 50 meter ini. Menurut mitos, pelangi yang muncul merupakan jembatan bagi bidadari untuk turun ke bumi dan membersihkan diri di kolam. Dari sinilah nama Curug Bidadari diambil dan dikenal banyak wisatawan. Selain itu, disebelah curug terdapat tujuh pancuran alami dari bambu. Konon pancuran tersebut digunakan ketujuh bidadari yang turun dari kayangan, hingga akhirnya dikenal dengan pancuran 7 bidadari.

2. Keindahan Alam Berpadu Konsep Modern

Pada umumnya, air terjun merupakan objek wisata murni dari hasil alam. Berbeda dengan curug Bidadari yang ada di kawasan elite Sentul Paradise Park ini. Air terjun tersebut sudah dimodifikasi dengan tujuan sebagai objek wisata menarik bagi wisatawan. Sebagai contoh adalah kolam yang ada dibawah curug. Kolam tersebut telah mengalami proses penggalian dan dibentuk kolam renang dengan desain modern.

Selain itu juga terdapat bangunan sekitar lokasi yang juga mengusung konsep modern, seperti saung, rumah makan, hingga fasilitas yang tersedia. Meskipun demikian, keindahan alam masih sangat dirasakan di lokasi yang berada pada ketinggian 215 – 500 mdpl ini. Hal tersebut dikarenakan area sekitarnya masih alami, tidak ada unsur perubahan sama sekali.

3. Batu Belah

Ketika proses penggalian kolam yang ada dibawah air terjun, ditemukan sebuah batu besar dan cukup tinggi. Batu tersebut menghalangi akses wisatawan untuk masuk ke lokasi curug. Pihak pengelola membuat jalan berupa jembatan di tengah batu tersebut dengan cara dibelah. Itulah kenapa batu yang berada di dekat curug Bidadari dinamakan batu belah.

Pada akhirnya, batu belah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan kegagahannya berdiri di tengah kolam. Semburan air dari curug memang tidak sampai pada batu tersebut, namun cukup indah jika dilihat dari jarak jauh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps eko timbul

Ada baiknya jika anda mencatat alamat objek wisata yang satu ini, yakni di Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat. Agar bisa sampai ke lokasi, anda perlu mencari rute yang tepat agar tidak salah jalan. Penggunaan map di internet tidak cukup membantu, bisa jadi anda justru kesasar seperti kebanyakan kasus baru-baru ini.

Sebenarnya cukup mudah untuk pergi kesana, karena wilayah Sentul cukup besar dan mudah ditemukan. Namun sayangnya, jalan yang harus dilalui tidak selalu bagus, terkadang ada lubang di tengah jalan. Meskipun begitu, kebanyakan jalan sudah di aspal, sehingga bisa menghilangkan satu kekhawatiran.

Jika anda datang dari arah Jakarta, masuk Tol Jagorawi dan menuju ke pintu keluar Tol Sentul Selatan. Lanjutkan perjalanan dengan belok kiri, lurus terus dan belok kiri lagi. Dari sana, anda bisa mengikuti papan petunjuk hingga tiba di lokasi wisata.

Khusus untuk yang menggunakan kendaraan umum, silahkan anda turun di Stasiun Bogor. Naik angkot jurusan Tajur Ciawi, kemudian turun dan naik lagi angkot jurusan Cisarua. Silahkan anda katakan pada sopir untuk turun di lokasi wisata Sentul Paradise Park.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Santul Paradise
Image Credit: Google Maps Annie Kitta Fashion

Sebagaimana lokasi wisata pada umumnya, ada harga tiket masuk yang harus dibayar. Kali ini tergolong lumayan jika dibandingkan dengan pesona air terjun ditempat lain. Untuk hari biasa, siapkan uang untuk membeli loket sebesar 20.000 rupiah. Sedangkan untuk hari minggu sedikit lebih mahal, yakni 25.000 rupiah. Berbeda lagi dengan hari libur nasional sebesar 30.000 rupiah per orang. Anak dibawah usia 5 tahun bebas masuk, alias gratis dengan fasilitas yang sama.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sentul Paradise Park

Aktivitas Menarik Sentul Paradise Park
Image Credit: Twitter Lintang Buana Tours

Pastinya ada yang bertanya, aktivitas apa yang menarik dilakukan di lokasi tersebut! Sebenarnya tidak kurang hal menarik yang menarik dilakukan ketika mengunjungi spot wisata yang ada di Bogor tersebut. Bahkan bukan hanya seputar air terjun Bidadari saja, melainkan masih banyak lagi.

1. Berenang di Kolam Curug Bidadari

Adanya kolam renang memang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin berenang. Meskipun kolam buatan, airnya masih asli dari pegunungan. Jadi jangan heran ketika sensasi dingin langsung terasa ketika pertama kali menceburkan diri. Bagi anak-anak juga ada kolam khusus dengan kedalaman yang cukup dangkal.

Lebih seru jika anda menyewa pelampung besar yang bisa dinaiki, hampir mirip seperti perahu. Jangan khawatir berdesakan dengan pengunjung lain, kolam buatan tersebut cukup luas, sekitar 6.400 meter persegi.

2. Bermain Air dan Pasir di Pantai Buatan

Aktivitas berenang yang bisa jadi membosankan bisa diselingi dengan permainan air yang sederhana. Menariknya, anda dan keluarga bisa bermain pasir di pantai buatan tersebut. Lokasinya tepat berada di bawah air terjun dengan pasir putih yang diambil dari Bangka. Seperti halnya pantai, anda bisa membuat bangunan dari pasir dengan cipratan air dari curug.

Selain itu, ada 7 pancuran yang bisa digunakan sebagai permainan air sederhana. Kebanyakan pengunjung menggunakan pancuran tersebut untuk membersihkan diri usai berenang. Anda juga bisa membersihkan diri di kolam mata air, yakni sebuah kolam dengan mata air mengalir. Uniknya, ada batu besar di tengah kolam tersebut dengan bentuk lingkaran.

Aktivitas Menarik di Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps Herman Syah

3. Flying Fox

Disebelah curug, ada permainan untuk menguji adrenalin, yakni flying fox. Ajak anak untuk mengadu keberanian dengan permainan tersebut. Tidak berbahaya karena sudah sesuai dengan standar keselamatan yang ditentukan. Justru sensasi keindahan air terjun semakin mengagumkan karena posisinya cukup tinggi.

4. Spot Foto Menarik

Aktivitas seru yang layak dilakukan di wisata Sentul Paradise Park adalah berfoto. Hal yang satu ini wajib untuk mengabadikan momen liburan bagi setiap orang. Banyak spot menarik, misalnya persis dibawah air terjun dengan semburan air yang cukup deras menuju ke bawah.

Ada juga spot foto khusus yang dibangun pihak pengelola yang berdiri di samping air terjun. Latar belakang yang diambil tergolong pas untuk menjadikan hasil foto lebih indah, yakni air terjun yang diselimuti hutan lindung.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sentul Paradise Park
Image Credit: Google Maps Sentul Paradise Park

Pihak PT. Sentul City tentunya tidak mau mengecewakan pengunjung yang datang ke lokasi. Untuk itulah mereka memberikan fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas utama yakni tempat ibadah, toilet, dan juga tempat parkir.

Sedangkan untuk fasilitas pendukung, pengunjung dapat bersantai di Gazebo sambil menikmati makanan yang dibawa. Jika tidak membawa makanan, ada banyak warung yang disebut dengan saung kuliner. Anda bisa mendapatkan banyak jenis makanan di sana, terutama makanan khas Bogor, Jawa Barat.

Mengisi liburan dengan mengunjungi objek wisata memang selalu menyenangkan. Apalagi jika tempat yang dikunjungi menawarkan keindahan alam berupa pegunungan dan air terjun, seperti yang ada di Sentul Paradise Park ini. Namun ada baiknya jika semua sudah dipersiapkan dengan matang, mulai dari kendaraan, dana, dan juga kondisi tubuh.