Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Rahong adalah salah satu lokasi wisata alam berupa air terjun yang berada di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Wisata air terjun ini menawarkan pemandangan air terjun dari atas bebatuan dengan tinggi mencapai 15 meter. Air terjun ini sedikit berbeda dengan kebanyakan air terjun lainya, dimana bentuknya tidak lurus dari atas ke bawah namun berbentuk cembung.

Bentuk cembung tersebut diakibatkan oleh bebatuan yang ada di bagian dalam air terjun, sehingga ketika air jatuh dari atas akan dipantulkan kembali oleh bebatuan yang ada di tengahnya yang menyebabkan bentuk cembung tersebut. Air terjun Curug Rahong berasal dari aliran Sungai Cibodas yang berada di tengah hutan sehingga air dari air terjun tersebut sangat jernih dan segar.

Untuk mencapai lokasi wisata alam ini dibutuhkan tenaga ekstra dan tidak disarankan untuk orang tua atau anak-anak. Hal ini dikarenakan untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di tengah hutan pawa wisatawan harus berjalan kaki dari Desa Curug Rahong melewati jalan setapak dan tidak bisa dilewati oleh kendaraan bermotor. Ditambah beberapa kali harus menyeberangi Sungai Cibodas.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Rahong

Daya Tarik Curug Rahong
Image Credit: Instagram.com @kaka_alrasyid57

Daya tarik dari air terjun ini lebih ke alamnya, karena memang tempat wisata alam yang satu ini menawarkan keindahan alam yang masih sangat alami. Bahkan untuk perjalanan menuju tempat wisata air terjun ini saja para wisatawan sudah disuguhkan keindahan hutan dan aliran air sungai nan indah. Berikut beberapa daya tarik alami dari wisata air terjun ini.

1. Air Terjun

Daya tarik yang pertama Curug Rahong adalah keindahan air terjun di atas tebing bebatuan. Bentuk cembung dari air terjun yang memiliki tinggi 15 meter ini sudah cukup untuk memanjakan mata para wisatawan. Ditambah dengan beberapa aliran air kecil yang jatuh di samping aliran utama air terjun membuatnya semakin indah untuk dilihat dan nikmati.

Ketika memasuki area air terjun sebaiknya berhati-hati dengan bebatuan yang berada di sekitar. Terdapat satu spot untuk melakukan lompatan dari ketinggian 3 meter di sekitar air terjun. Namun, jika tidak bisa berenang sebaiknya jangan melakukan lompatan.

2. Alam

Karena lokasinya yang berada di tengah hutan membuat tempat wisata alam ini menjadi sangat alami dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Kicauan burung dan hewan-hewan lainnya menandakan kalau tempat ini masih jauh dari tangan-tangan nakal perusak hutan. Para wisatawan bisa bersantai sambil menikmati suara air terjun dan kicauan burung di sekitarnya.

3. Sungai

Aliran Sungai Cibodas yang berada di tengah hutan juga menjadi daya tarik tersendiri. Airnya yang jernih dan segar membuat para wisatawan yang datang langsung membasuh muka dengan air sungai ini begitu tiba di lokasi air terjun setelah capek melakukan perjalanan dari Desa Curug Rahong. Banyak orang juga tidak melewatkan kesempatan untuk mandi di sungai tersebut.

Aliran air Sungai Cibodas bisa dinikmati dari jalan menuju area air terjun. Dimana para wisatawan akan melewati beberapa aliran sungai sebelum sampai di lokasi air terjun cantik ini.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Alamat dan Harga Tiket
Image Credit: Google Maps (Muhamad Najib)

Untuk lokasi dari Curug Rahong berada di Kabupaten Bogor, Kecamatan Cigudeg, yang berada di tengah hutan daerah Desa Rengasjajar yang berjarak sekitar 47 kilometer dari Kota Bogor. Untuk lama perjalanan menuju Desa Rengasjajar memakan waktu sekitar 2 jam 2 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai tempat wisata alam ini para wisatawan akan melewati tempat galian yang terdapat banyak kendaraan berat. Setelah melewati daerah tersebut suasana desa nan asri akan terasa. Jadi jangan kaget dengan kendaraan berat yang melintas di sekitaran daerah galian.

Untuk rutenya bisa dimulai dari Botani Square Bogor di Jl. Pajajaran menuju ke Jl. Tol Jagorawi. Terus di Jl. Tol Jagorawi hingga masuk ke Jl. Tol Lkr. Bogor ke arah Jakarta. Dari Jl. Tol Lkr. Bogor tetap lurus hingga menemukan pintu keluar ke Jl. Parung. terus di Jl. Parung hingga memasuki Jl. Raya Cibeuteung.

Ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan Jl. H. Miing lalu belok kanan, terus di jalur tersebut hingga menemukan Lembah Cisadane lalu belok kiri ke Jl. Putat Nutug hingga memasuki Jl. Prada Samlawi. Terus di Jl. Prada Samlawi hingga menemukan perempatan Jl. Prada Abdullah lalu belok kiri. Kemudian belok kiri ke Jl. Gn. Eundeur.

Terus di jalan tersebut sampai ke Desa Cipinang lalu belok kanan, kemudian ikuti jalan tersebut sampai ke Jl. Suda Malik lalu belok kiri. Dan ikuti jalan tersebut sampai ke Desa Rengasjajar. Karena memasuki daerah pedesaan maka sebaiknya bertanya ke warga sekitar jika bingung dengan rute tersebut.

Setelah sampai di Desa tersebut para wisatawan bisa memarkirkan kendaraan mereka di area parkiran wisata Curug Rahong. Berikutnya para wisatawan akan melakukan perjalanan menuju tempat air terjun berada dengan berjalan kaki melewati jalan setapak hingga menyeberangi sungai. Perhatikan alas kaki yang dipakai agar menghindari cedera selama perjalanan.

Untuk memasuki tempat wisata alam ini para wisatawan harus membayar harga tiket seharga Rp 10.000 per orang. Dimana harga tiket tersebut sudah termasuk dengan biaya parkir kendaraan. Lokasi wisata ini buka 24 jam jadi puas-puaskanlah untuk menikmati alam dan bermain air sungainya. Himbauan sebelum melakukan perjalanan pastikan tubuh benar-benar fit.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Rahong

Kegiatan di Curug Rahong
Image Credit: Instagram.com @kangpotret.id

Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Curug Rahong. Mulai dari kegiatan yang berhubungan dengan air hingga yang berhubungan dengan alam atau hutannya. Berikut adalah beberapa kegiatan-kegiatan menarik yang bisa dilakukan di daerah wisata alam ini.

1. Bermain Air

Kegiatan pertama adalah bermain air. Entah itu air terjun atau air sungainya. Para wisatawan bisa berenang atau hanya membasuhkan muka dengan air dari Sungai Cibodas yang jernih. Terdapat beberapa wisatawan yang melakukan aksi lompat dari ketinggian 3 meter di tengah air terjun mengarah ke sungai yang berada dibawahnya.

Jika ingin berenang di sepanjang aliran air sungai sebaiknya berhati-hati. Bagi mereka yang tidak tau berenang sebaiknya cukup bermain air di pinggir sungai jangan mencoba untuk melakukan atraksi yang berbahaya seperti melompat dari ketinggian.

2. Trekking

Kegiatan ini adalah wajib bila mendatangi wisata alam Curug Rahong ini. Dimana para wisatawan di haruskan untuk melakukan trekking dari parkiran menuju ke lokasi air terjun ini berada. Dengan bermodalkan penunjuk arah sederhana yang dibuat di sepanjang jalan para wisatawan harus melewati jalan setapak dan beberapa kali harus menyeberangi sungai.

Pastikan barang bawaan tidak terlalu banyak dan kondisi tubuh harus 100% sehat agar bisa menaklukan jalur trekking ini. Perhatikan pula alas kaki yang dipakai, sebaiknya menggunakan sepatu olahraga atau sandal gunung agar memudahkan perjalanan. Ketika menyebrangi sungai diharapkan untuk memperhatikan pijakan agar tidak tergelincir.

Kegiatan Menarik di Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Ben7amen Lubis)

3. Camping

Kegiatan berikutnya yang bisa di lakukan di Curug Rahong adalah camping atau bermalam di alam bebas. Kegiatan ini perlu izin dari pihak penjaga atau warga setempat. Karena tempatnya yang lumayan jauh dari area pemukiman membuat para wisatawan yang ingin melakukan camping harus sudah benar-benar berpengalaman.

Sangat dianjurkan untuk membawa lotion anti nyamuk agar menghindari gigitan nyamuk di hutan ketika bermalam. Bawa bekal secukupnya dan jangan lupa jaket atau selimut untuk menghangatkan badan, karena daerah tersebut sedikit dingin di malam hari. Karena tempat ini sangat alami diharapkan berhati-hati dengan hewan liar seperti ular dan serangga.

4. Memancing

Kegiatan berikutnya adalah memancing ikan air tawar. Tidak banyak ikan yang ada di tempat wisata alam ini namun bagi para pecinta memancing bisa bersantai sambil mencoba melemparkan kail ke dalam aliran air Sungai Cibodas. Duduk menunggu umpan dimakan sambil menikmati air terjun di tengah hutan akan membuat pengalaman memancing yang berbeda.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Rahong Bogor

Fasilitas di Curug Rahong
Image Credit: Google Maps (Senang Gowes)

Tidak banyak fasilitas yang terdapat di Curug Rahong. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini hanya dikelola seadanya oleh warga setempat. Sehingga fasilitas yang tersedia hanyalah fasilitas sederhana, berikut beberapa fasilitas yang ada di tempat wisata alam tersebut.

1. Lahan Parkir Kendaraan

Yang pertama ada lahan parkir untuk kendaraan para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata alam ini. Para wisatawan akan memarkirkan kendaraan mereka lalu berjalan untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di tengah hutan.

2. Jalan Setapak Menuju Lokasi Air Terjun

Jalan setapak kecil yang juga digunakan sebagai jalan ke arah lokasi dimana air terjun berada. Jalan tersebut juga melewati aliran air sungai yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan trekking sebelum memasuki daerah air terjun.

3. Warung Makan

Di sekitaran air terjun Curug Rahong terdapat beberapa warung makan sederhana yang dikelola oleh warga setempat. Di warung tersebut terdapat makanan berat, makanan ringan, minuman panas, minuman dingin, rokok, dan beberapa barang lainnya. Setelah makan usahakan tetap menjaga kebersihan agar tempat wisata alam ini tidak tercemar oleh sampah plastik.

4. Saung atau Gazebo

Berikutnya ada saung atau gazebo bagi para wisatawan untuk bersantai menikmati keindahan alam di daerah air terjun ini. Saung tersebut dapat menampung 4 sampai 5 orang. Biasanya saung tersebut digunakan untuk para wisatawan bersantai menikmati alam sekitar bersama keluarga atau teman.

Untuk para wisatawan yang ingin bermain air, mereka akan meletakan barang bawaan mereka disini, pastikan barang bawaan tersebut selalu dijaga. Karena kehilangan dalam bentuk apapun di lokasi wisata bukan tanggung jawab pengelola tempat wisata.

5. Toilet Umum dan Kamar Mandi

Fasilitas berikutnya ada toilet umum untuk para wisatawan membuang air kecil atau besar ketika berlibur ke tempat ini. Terdapat kamar mandi juga bagi para wisatawan mengganti pakaian atau membilas badan setelah puas bermain di aliran air sungai.

Objek wisata Curug Rahong ini sangat tidak disarankan untuk wisatawan yang kurang sehat. Karena perjalanan dari tempat parkir lumayan jauh dan harus menyeberangi sungai dengan menginjak bebatuan. Namun ketika memasuki daerah air terjun rasa Lelah akan terbayar lunas dengan keindahan yang ditawarkan oleh tempat nan indah di Bogor ini.