25 Tempat Wisata di Wonogiri Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Indonesia telah dikenal di seluruh dunia akan pesona keindahan alamnya. Oleh karena itu, para wisatawan yang datang ke Indonesia pun selalu bertambah setiap tahunnya. Tentu jumlah wisata ini tidak berasal dari luar negeri saja namun juga dari dalam negeri. Nah, jika Kamu hendak berwisata dalam waktu dekat, maka Kamu dapat mengunjungi Kab. Wonogiri sebagai destinasi wisata Kamu berikutnya.

Kabupaten Wonogiri atau biasa disebut kota gaplek ini berada di Provinsi Jawa Tengah. Karena letak tempatnya yang cukup strategis maka akses menuju Wonogiri tidaklah sulit. Akan tetapi untuk mencapai daerah ini hanya bisa dengan menggunakan kendaraan darat. Daerah ini cukup dikenal akan keindahan alamnya yang masih asri karena dirawat dengan baik oleh warga pemerintah setempat. Oleh karena itu, Kamu jangan heran jika pengunjung ke Wonogiri selalu membludak terutama pada akhir pekan bahkan beberapa pengunjung telah datang beberapa kali.

Berikut 25 daftar tempat wisata di Wonogiri yang harus Kamu kunjungi baik itu sendiri ataupun bersama teman dan keluarga. Tentunya Kamu harus menaati aturan dan norma yang berlaku serta menjaga kebersihan selama di Wonogiri agar Kamu dapat dengan puas menikmati kegiatan wisata ini nantinya.

1. Air Terjun Kalimas

Air Terjun Kalimas

Image Credit: Google Maps (Anggara W. Prasetya)

Berbicara tentang wisata wonogiri, Air Terjun Kalimas merupakan salah satu destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Air terjun ini dinamakan Air Terjun Kalimas karena airnya tidak pernah kering. Kawasan ini terletak di Desa Wonokerta.

Panorama yang disuguhkan hampir mirip dengan Niagara di Amerika. Untuk menuju air terjun ini, dapat berjalan kaki atau menggunakan motor melewati jalan setapak. Dalam perjalanan, kita akan disuguhi kicauan burung dan aliran sungai yang airnya berasal dari Air terjun Kalimas.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dungsono, Wonokerto, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

2. Area Gantole Wonogiri

Area Gantole Wonogiri

Image Credit: Travelblog.id

Jika Kamu penyuka olahraga yang menguji adrenalin maka Kamu dapat mencoba olahraga paralayang ini ketika berwisata ke Wonogiri. Namun, banyak wisatawan yang datang hanya sekedar menikmati keindahan alam pada senja hari. Karena bukit untuk area gantole merupakan salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam.

Kamu dapat memilih ketinggian ketika bermain gantole yang ada di desa sendang ini. Terdapat dua lokasi untuk main paralayang yaitu pada ketinggian 400 m dan 200 m. Karena itu, tempat ini sangat cocok bagi para pemula ataupun yang sudah mahir untuk bermain gantole.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Selopukang, Sendang, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

3. Museum Wayang Indonesia

Museum Wayang Indonesia

Image Credit: Instagram.com @wideyal

Jika Anda tertarik dengan budaya Wayang, maka museum ini dapat Anda kunjungi. Museum Wayang Indonesia terletak di Kecamatan Wuryantoro. Ada sekitar 200 buah wayang yang dikoleksi di sini. Ada berbagai macam wayang disana, diantaranya wayang golek, wayang bali, wayang klitik, wayang suket, dan wayang kulit purwa.

Selain wayang, di dalam museum juga terdapat karya seni lainnya, berupa Lukisan Semar. Lukisan ini merupakan lukisan terkecil yang dilukis oleh Ki Djoko Sutedjo dan termasuk dalam rekor Muri pada tahun 1998. Museum ini dapat menjadi alternatif tempat wisata yang memberikan pengetahuan mengenai Perwayangan.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Wonogiri-Pracimantoro KM.13, Kec. Wuryantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

4. Gua Putri Kencono

Gua Putri Kencono

Image Credit: Bukupintarkabupatenwonogiri.blogspot.com

Ketika berada di Wonogiri tidak lengkap rasanya jika belum ke Gua Putri Kencono. Karena Kamu dapat akan takjub menyaksikan bagaimana alam berperan dalam membentuk gua tersebut. Letak Gua Putri ini berada di Dusun Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro atau sekitar 57 km dari Wonogiri.

Pada gua dengan luas kurang lebih 1000 m ini Kamu dapat melihat berbagai stalagtit dan stalagmit yang terbentuk dengan alami pada sepanjang lorongnya. Pada gua ini telah diberikan alat bantu penerangan yang baik sehingga Kamu dapat berfoto di dalamnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

5. Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Image Credit: Instagram.com @seputar_wonogiri

Pantai ini terletak di Desa Gudangharjo. Pantai Banyutowo memiliki keunikan yang sangat menarik. Ini dikarenakan pantai ini menjadi tempat bertemunya air tawar yang bersumber dari air bawah tanah dan air asin dari laut.

Sesuai dengan namanya yaitu ‘Banyutowo’ yang berarti air tawar, pertemuan kedua air ini menyebabkan air di pantai menjadi tidak asin (tawar). Selain airnya yang unik, panorama sekitar pantai juga memanjakan mata. Waktu yang di tempuh untuk mengunjungi destinasi ini sekitar 4 jam dari pusat Kota Wonogiri.

BACA:  25 Tempat Wisata di Kendal Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi
Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Bendungan, Gudangharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

6. Gua Maria

Gua Maria

Image Credit: Myridemyadventure.blogspot.com

Jika Kamu sedikit melaju ke desa Ngampohan yang berada di kec. Giriwoyo dari Wonogiri, maka Kamu akan menemukan gua lainnya yang tidak kalah indah dan uniknya dibandingkan dengan gua lainnya.

Gua ini terdapat patung Bunda Maria sehingga tempat ini juga termasuk kepada wisata rohani terutama bagi umat kristiani. Hal unik lainnya pada tempat ini adalah terdapat sendang atau kolam mata air yang menurut ceritanya memiliki berbagai macam khasiat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngampohan, Kec. Giriwoyo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

7. Museum Karst

Museum Karst

Image Credit: Google Maps (Dwi Wahyudi Zain)

Museum ini terletak di Desa Gerbangharjo. Bangunan museum memiliki 3 lantai utama. Lantai pertama memiliki tema ‘Kars untuk Kehidupan’. Lantai ini berisi panel peraga tentang keragaman, konservasi dan pengelolaan kawasan kars. Ada juga market yang menggambarkan pembentukan tipe-tipe kars dan diorama replika gua kars. Souvenir dapat dibeli di lantai ini.

Selanjutnya lantai kedua, memiliki tema ‘Kars untuk Ilmu Pengetahuan’. Lantai ini berisi panel dan peraga tentang sebaran dan bentuk kars di dunia, proses terbentuknya topografi kars, pembentukan batu gamping, dan tipe dan sebaran Kars di Indonesia. Terakhir lantai ketiga, terdiri dari ruangan serbaguna yang digunakan sebagai tempat rapat atau pemutaran film.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Mudal, Gebangharjo, Kec. Pracimantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

8. Bukit Jonambang

Bukit Jonambang

Image Credit: Google Maps (Achilles Pramono)

Bukit ini merupakan destinasi wisata yang baru-baru ini populer. Spot foto yang indah dan dipenuhi pepohonan menyebabkan para wisatawan betah berlama-lama di sini. Anda dapat memilih latar foto sesuai keinginan.

Kawasan ini menyediakan tempat foto berupa gazebo dengan latar hamparan pepohonan dari atas bukit. Selain itu, latar berupa batu kras, karena di sana terdapat aktivitas penambangan batu. Pesona lainnya adalah pemandangan Waduk Gajah Mungkur dari atas bukit.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Dawe, Watuagung, Kec. Baturetno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

9. Jurug Kemukus

Jurug Kemukus

Image Credit: Joglosemarnews.com

Tempat wisata ini merupakan air terjun alami yang berada di Kecamatan Karangtengah dengan jarak sekitar 18 km dari Kab. Wonogiri. Ketika hendak ke jurug kemukus Kamu harus mempersiapkan fisik dan perbekalan karena jalan yang dilalui cukup terjal.

Ketika sampai pada dusun terdekat, Kamu harus melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Area yang dilalui cukup terjal karena Kamu harus mendaki setinggi 40 m dengan bantuan pegangan seutas tali tambang. Tapi, perjuangan Kamu akan terbayarkan karena air terjun ini sangatlah indah.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Posong, Kec. Karangtengah, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

10. Menara Pandang Soko Gunung

Menara Pandang Soko Gunung

Image Credit: Google Maps (Dani Bekanzo)

Menara ini berjarak sekitar 9.6 km atau menghabiskan waktu sekitar 22 menit dari pusat Kota Wonogiri, di Kelurahan Sendang. Pengunjung perlu berjalan kaki dari lokasi parkir menuju menara ini. Perjalanan ditempuh sekitar 5-10 menit dengan rute menanjak.

Ada 2 lokasi menara pandang di Soko Gunung, yaitu menara barat dan menara timur. Menara barat menyuguhkan pemandangan Waduk Gajah Mungkur, Kabupaten Sukoharjo, dan deretan perbukitan. Sedangkan menara timur, spot menara berbentuk perahu yang menyajikan panorama ke arah kota dengan pemandangan deretan perbukitan yang berkabut.

Harga Tiket: Rp 2.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sokogunung, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

11. Air Terjun Girimanik

Air Terjun Girimanik

Image Credit: Yogyakarta.panduanwisata.id

Tempat wisata banyak dikenal sehingga sebagian besar wisatawan ke Wonogiri akan berkunjung kesini. Air terjun Girimanik memiliki keunikan karena terdapat tiga air terjun yang berdekatan satu sama lain. Jika mau Kamu dapat menikmati ketiganya sekaligus.

Namun, setiap air terjun memiliki ketinggian berbeda. Sehingga Kamu memilih sendiri air terjun mana yang dijadikan tempat mandi, untuk berfoto atau bahkan keduanya sekaligus. Area wisata ini masih alami dan bersih sehingga Kamu akan menggigil ketika terkena terpaan air terjun ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ngerapah, Setren, Slogohimo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

12. Pantai Sembukan

Pantai Sembukan

Image Credit: Google Maps (Jhony Setiawan)

Pantai ini berada di Desa Pranggupito yang dihiasi dengan pasir putih. Berbeda dengan Pantai Nampu, Pantai Sembukan memiliki garis pantai yang tidak luas. Akan tetapi daya tarik pantai ini terletak pada saat air surut, bibir pantai dihiasi hamparan batu karang, yang menarik untuk lokasi berfoto.

BACA:  Taman Kyai Langgeng, Tempat Rekreasi Keluarga Favorit di Magelang

Ombak besar, khas pantai selatan, menyebabkan pengunjung dilarang berenang di pantai ini. Namun jangan khawatir, pesona pantai ini dapat Anda nikmati dengan menaiki bukit sekitar 10-15 menit. Di bukit ini, pemandangan pesisir selatan yang mempesona akan disuguhkan. Lama waktu yang di tempuh menuju lokasi ini sekitar 1.5 jam, dengan jarak tempuh ± 60 km.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

13. Telaga Rowo Batuwarno

Telaga Rowo Batuwarno

Image Credit: Sumberejo-batuwarno.sideka.id

Tempat wisata yang berada di Kecamatan Batuwarno, Desa Sumberejo ini berjarak sekitar 33,4 km dari Wonogiri. Aksesnya cukup mudah sehingga Kamu dapat sampai kesana dengan menggunakan motor ataupun mobil.

Destinasi wisata ini menyediakan berbagai fasilitas seperti sepeda air, kapal dayung, area pancing, tempat terapi, serta berbagai warung yang menyediakan berbagai kuliner yang menggoyang lidah.\

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Sumberejo, Kec. Batuwarno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

14. Pantai Klotok

Pantai Klotok

Image Credit: Google Maps (Alfath DK)

Pantai ini terletak di sebelah barat Pantai Sembukan, Desa Paranggupito. Pantai ini menawarkan pemandangan dari atas bukit yang mengapit sisi kiri dan kanan. Tebing-terbing karang membentuk formasi yang unik. Hempasan ombak yang besar menghantam karang juga menjadi daya tarik tersendiri saat diamati dari atas bukit.

Anda dapat menikmati waktu menjelang terbenamnya matahari di atas bukit. Pemandangan sore hari bersama pasangan, teman, maupun keluarga akan menjadi pengalaman berkesan. Pantai Klotok dapat dijangkau dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4. Jarak yang di tempuh sekitar 65 km dari Kota Wonogiri.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kranding, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

15. Pantai Nampu

Pantai Nampu

Image Credit: Klickberita.com

Pantai nampu di Wonogiri memiliki keunikan tersendiri, yaitu pada satu lokasi terdapat tiga pantai yang dipisahkan oleh daratan yang cukup tinggi. Ketika berada di pantai ini Kamu akan menikmati indahnya pemandangan sekitar lengkap dengan pasir putih serta karang-karangnya.

Kamu dapat menggunakan mobil untuk mencapai pantai ini. Jarak pantai dari Wonogiri sekitar 70 km atau kurang lebih dua jam perjalanan dengan memakai mobil.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Ringo, Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

16. Air Terjun Binangun Watu Jadah

Air Terjun Binangun Watu Jadah

Image Credit: Google Maps (Ikshan Dwnr)

Air terjun ini terletak di lereng pegunungan Lawu Selatan berdekatan dengan Air Terjun Binangun, Desa Girimulyo. Keberadaan air terjun ini jarang diketahui banyak orang termasuk warga setempat. Nama air terjun ini berasal dari susunan bebatuan yang menumpuk seperti Jedah (makanan dari ketan). Air terjun ini memiliki ketinggian 40 meter dengan 3 aliran air.

Lokasi menuju kawasan ini masih belum di bangun. Namun Anda dapat mengaksesnya dengan motor atau berjalan kaki. Air terjun tersebut memiliki air yang dingin dan jernih. Suasana alam di sekitar air terjun juga masih dikelilingi pepohonan, kicauan burung dan suara aliran sungai. Suasana ini memberikan rasa aman dan nyaman.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Grenjeng, Hutan, Girimulyo, Kec. Jatipurno, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

17. Bukit Cumbri

Bukit Cumbri

Image Credit: Superadventure.co.id

Tempat wisata berikutnya adalah bukit cumbri yang sudah dikenal banyak orang. Hal ini karena ketika sampai pada puncak Kamu dapat menikmati keindahan alam sekaligus menemukan spot foto yang Instagram-able banget.

Namun, untuk mencapainya Kamu akan mulai mendaki dari Desa Kapyar di Kecamatan Purwanto. Selama mendaki Kamu akan melewati jalur yang licin dan terjal. Oleh karena itu, Kamu harus berhati-hati selama mendaki.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Kepyar, Kec. Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

18. Pantai Puyangan

Pantai Puyangan

Image Credit: Google Maps (Sigit Santoso)

Pantai ini masih satu kawasan dengan Pantai Nampu, di Desa Gunturharjo. Namun jarang diketahui oleh wisatawan. Pantai Puyangan memiliki struktur pantai yang landai dengan pasir berwarna putih. Akses menuju lokasi hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki selama 15 menit dari area parkir Pantai Nampu.

Suasana Pantai Puyangan masih terbilang sepi, asri, dan bersih. Pantai diapit oleh 2 buah tebing yang dihiasi banyak karang. Pantai Puyangan memiliki garis pantai yang memanjang sekitar 100-200 meter. Pasir pantai berwarna putih dengan tekstur yang halus. Selain itu, ombak pantai ini cukup besar karena menghadap samudera.

BACA:  15 Wisata Kuliner di Pekalongan yang Enak & Wajib Anda Coba
Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

19. Pantai Dadapan

Pantai Dadapan

Imagae Credit: Bookprimera.com

Wonogiri juga memiliki wisata pantai yang indah dan asri yaitu Pantai Dadapan. Pantai ini berada di Kecamatan Paranggupito atau sekitar 65 km dari Wonogiri untuk mencapainya. Namun, jalan raya yang tersedia cukup bagus sehingga Kamu dapat mengendarai mobil untuk kesana.

Pantai ini masih jarang dijumpai oleh wisatawan, sehingga tempat ini agak sepi dibandingkan dengan pantai lainnya. Namun, hal ini justru sempurna karena Kamu dapat mandi dan foto-foto bersama teman dan keluarga sepuasnya.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

20. Pantai Karang Bang

Pantai Karang Bang

Image Credit: Instagram.com @damas.srilintang_aliyan

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang terletak di Desa Gunturharjo, Wonogiri. Pantai karang Bang memang tidak sepopuler lainnya karena belum banyak yang mengetahui adanya pantai ini. Pantai ini dipenuhi oleh batu karang yang kokoh dan tebing yang tinggi. Pemandangan pantai yang indah dapat di lihat dari atas bukit.

Ombak yang kuat menghantam tebing-tebing di pinggir pantai. Anda dapat berdiri di atas karang, namun tetap berhati-hati dan utamakan keselamatan. Selain itu, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hamparan laut yang berwarna biru. Pantai ini menampilkan panorama indah tersendiri, sehingga memanjakan mata.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Gunturharjo, Kec. Paranggupito, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

21. Telaga Caklet

Telaga Caklet

Credit: Travel.kompas.com

Pemerintahan Wonogiri berhasil membuat telaga ini menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup populer. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk foto pra wedding. Alasannya adalah karena pemandangan sekitar telaga ini sangat indah serta terdapat dermaga kecil yang membuat tempat ini semakin sempurna untuk spot foto.

Area sekitar telaga ini sering dijadikan sebagai tempat kegiatan outbond untuk para pelajar dan mahasiswa serta area pemancingan bagi beberapa komunitas pancing yang berasal dari luar daerah.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Desa Batu Nunggul Banjar Sampalan, Batununggul, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali.

22. Alas Kethu

Alas Kethu

Image Credit: Aguspurnomoarea.blogspot.com

Para penikmat keindahan alam harus mengunjungi alas kethu karena tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sama bagusnya dengan hutan yang ada di sekitar Benua Eropa dan Amerika.

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat outbond ataupun tempat syuting film yang membutuhkan pemandangan hutan. Tempat ini juga sangat cocok bagi Kamu yang mencari ketenangan dan sejenak melupakan hirup pikuknya kehidupan di kota.

Harga Tiket: Gratis Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wonogiri-Jatipuro No. 42, Giriwono, Kec. Wonogiri, Salak, Giripurwo, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

23. Puncak Secokro

Puncak Secokro

Image Credit: Ksmtour.com

Lokasi wisata ini berada di Desa Bakalan Kecamatan Purwantoro dengan jarak sekitar 42,5 km dari Wonogiri. Tempat wisata ini merupakan hasil andil para pemuda karang taruna setempat sehingga tempat ini sering dikunjungi para wisatawan.

Tempat ini menawarkan panorama indah berupa deretan bukit serta hijaunya pepohonan yang dapat dilihat dari gardu pandang. Sekitar puncak ini terdapat tempat santai yang dapat digunakan untuk Kamu beristirahat sambil menikmati keindahan alam serta udaranya yang segar.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sumberrejo, Bendo, Bakalan, Kec. Purwantoro, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

24. Sendang Asri

Sendang Asri

Image Credi: Jadiberita.com

Wisata ini merupakan wahana air yang dapat Kamu nikmati bersama keluarga beserta teman-teman. Lokasi tempat ini berada di kecamatan Wonogiri dan berdekatan dengan waduk gajah mungkur.

Karena dinamakan wahana air maka Kamu akan menemukan berbagai fasilitas serta wahana di dalamnya seperti kolam renang yang tentu disesuaikan dengan usia. Sehingga ada kolam renang khusus untuk anak-anak dan dewasa. Setelah itu terdapat water boom yang dapat Kamu coba.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wonogiri – Wuryantoro KM. 7, Godean, Sendang, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah. .

25. Waduk Gajah Mungkur

Waduk Gajah Mungkur

Image Credi: Humaswonogirinews.org

Tempat wisata dapat dikatakan sebagai ikon wisatanya Wonogiri. Salah satu alasannya adalah karena Kamu dapat menemukan patung bedol desa untuk mengenang peristiwa bedol desa atau dipindahkannya desa demi pembangunan waduk ini.

Ketika berada di tempat ini Kamu dapat menyewa boat dayung untuk mengelilingi sekitar waduk. Selain itu terdapat area khusus bagi Kamu yang gemar memancing. Setelah itu Kamu dapat menikmati berbagai kuliner terutama dari hasil tangkapan Kamu sendiri di sekitar waduk ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Wonogiri – Pracimantoro, Pokoh Kidul, Kec. Wonogiri, Kab. Wonogiri, Jawa Tengah.

Nah, itulah daftar objek wisata di Wonogiri yang dapat Kamu kunjungi. Tempat wisata ini selalu ramai dipadati oleh pengunjung terutama pada hari Sabtu dan Minggu. Oleh karena itu, Kamu harus mempersiapkan diri dan memilih waktu yang tepat jika ingin berwisata ke Wonogiri nantinya.