10 Wisata Kuliner di Kebumen yang Enak & Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner Kebumen

Kebumen memiliki wisata kuliner khas yang terkenal dengan cita rasa yang unik dan sangat pas bagi wisatawan yang ingin mencoba hal baru.

Kebumen adalah salah satu kota kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Walaupun masih kalah pamor dengan Jogja, Solo, atau Semarang, kabupaten ini sebetulnya tidaklah kalah menarik jika dikunjungi. Baik dari sisi keindahan alam maupun pesona kulinernya. Kuliner di kota ini cukup bervariasi. Bisa dicoba sebagai tujuan wisata kuliner di sana.

Bahkan beberapa kuliner bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah. Semua jenis yang ditawarkan merupakan kuliner asli warga sekitar yang sudah disesuaikan dengan lidah wisatawan. Berikut daftar wisata kuliner di Kebumen yang wajib untuk dicoba.

1. Sate Ambal Pak Kasman

Sate Ambal Pak Kasman

Image Credit: Garnesia.com

Belum ke Kebumen jika tidak mencicipi makanan yang satu ini. Makanan yang berbahan dasar daging ayam ini sudah tidak perlu ditanya lagi rasanya. Makanan itu adalah sate ambal. Bagi banyak orang sate terenak adalah sate Madura. Itu salah karena sate ambal tak kalah nikmatnya.

Cukup dengan membayar sebesar 10 sampai 15 ribu, sate ambal sudah dapat disantap. Sate Ambal adalah sate legenda Kebumen, yang dibuat dari ayam yang dimasak dahulu sebelum sebelum dibakar. Sehingga tercipta rasa yang gurih dan lembut, walaupun belum dibakar sekalipun.

Dalam penyajian, sate ambal disajikan secara terpisah dengan bumbunya. Bumbu sate berupa sambal tempe yang dicampur dengan rempah-rempah pilihan seperti jahe. Biasanya dimakan dengan potongan ketupat atau lontong yang disesuaikan dengan selera pembeli.

Menu sate ini bisa dijumpai di yang melegenda dari desa Ambalresmi. Sesuai dengan namanya. Daerah asal sate yang berlokasi di sekitar pesisir pantai selatan.

Lokasi: Jl. Daendels, Dukuh, Ambalresmi, Kec. Ambal, Kab. Kebumen.

2. Nasi Penggel Pak Suratman

Nasi Penggel Pak Suratman

Image Credit: Tribunnews.com

Selain sate ambal, di Kebumen juga ada kuliner lain yaitu nasi penggel. Kuliner yang disajikan dari nasi yang dipadukan lauk pauk seperti; kikil, nangka muda, dan jeroan sapi. Nasinya telah dibentuk mirip bola pingpong.

Proses pembuatannya adalah dengan mengepal nasi dan dibentuk hingga menjadi bulatan kecil. Kemudian nasi disajikan dengan daun pisang. Teknik mengepal inilah yang disebut dengan penggel.

Nasi Penggel biasanya paling sering disajikan dengan kikil sapi. Kikil tersebut yang dimasak dengan bumbu kuning mirip dengan masakan Padang. Kikil dimasak dengan waktu yang cukup lama. Jadi pasti empuk.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purwodadi Paling Populer

Sayur nangka muda yang diolah dengan santan dan dicampur daun singkong. Resto Pak Suratman ini ada di tengah kota tepatnya di Pejagoan. Jadi tidak sulit untuk menemukannya.

Lokasi: Pejagoan, Kec. Pejagoan, Kab. Kebumen.

3. Soto Ayam Petanahan Pak Kored

Soto Ayam Petanahan Pak Kored

Image Credit: Bosmeal.com

Soto Kebumen yang patut untuk dicoba adalah soto Petanahan Pak Sutarman atau masyarakat lebih mengenal sebagai Pak Kored. Disebut sate Petanahan karena warung berlokasi di daerah Petanahan.

Soto ini tentu berbeda dengan soto ayam yang dijual umumnya. Kuah soto adalah kuah kental. Rasa gurih dan lezat karena diracik dengan bumbu rempah.

Satu porsi soto ayam disajikan dengan suwiran ayam dan toge. Sebagai karbohidrat, soto disantap dengan potongan ketupat. Oleh sebabnya satu porsi soto cukup untuk makan siang.

Lokasi: Jl. Raya Petanahan No.27 RT.001/RW.001, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen.

4. Jipang

Jipang Kacang

Image Credit: Tempatplesir.blogspot.com

Jipang merupakan kuliner yang dibuat dari gula jawa, kacang dan minyak. Jipang dibuat dengan proses pembuatan yang sama dari dulu hingga sekarang. Oleh karenanya, jipang selalu mempunyai cita rasa yang sama persis.

Dengan mempunyai cita rasa yang gurih dan manis, jipang sangat pas jika dijadikan kudapan untuk teman nonton atau teman saat perjalanan. Jipang juga bisa dijadikan buah tangan. Selain rasanya yang enak, harga jipang juga sangat murah. Berat jipang yang ringan membuat jipang sangat mudah untuk dibawa ke luar Kota Kebumen.

Produsen jipang yang paling terkenal berada di Kalijirek. Jipang di sana masih sangat asli dalam proses pembuatannya. Bedanya hanya terletak pada bungkusnya saja. Kalau dulu memakai daun maka saat ini dibungkus dengan daun pisang.

Lokasi: Desa Kalijirek RT.08 RW.02, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen.

5. Ayam Es Bening Mbah Sendur

Ayam Es Bening

Image Credit: Facebook.com @ayamkampungesbening

Asal mula nama es bening adalah karena perintis usaha ayam ini berasal dari Es Bening Kebumen. Untuk memesan wisatawan bisa langsung datang ke resto yang berlokasi Es Bening, Panjer, Kebumen.

Pengunjung bisa memesan untuk dibawa pulang karena sudah ada kemasan yang bagus. Pengunjung tinggal goreng dan menyantapnya selagi hangat. Setelah digoreng, ayam akan berubah warna menjadi keemasan dan bentuknya sekilas mirip ayam bumbu.

Harga ayam es bening ini juga bisa dikatakan terjangkau. Tinggal bagian ayam dan berapa jumlah yang dipesan. Harga ayam ini biasanya dijual paling murah seharga 20 ribu per potong.

BACA:  20 Tempat Wisata di Ambarawa Semarang yang Paling Hits

Lokasi: Jl. Es Bening No.33 Panjer, Kec. Kebumen, Kab. Kebumen.

6. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng

Image Credit: Lucymutia.blogspot.com

Kuliner asli Kebumen selanjutnya adalah yutuk goreng . Yutuk menjadi makanan khas karena hanya bisa ditemui di Kebumen. Penyebabnya adalah lokasi Kebumen yang berada di wilayah pesisir pantai. Yutuk merupakan hewan laut yang kalau dilihat akan seperti binatang undur-undur.

Oleh warga Kebumen, yutuk dimasak menjadi rempeyek atau bakwan. Yutuk akan berubah menjadi warna kemerahan saat sudah digoreng. Jika dibuat bakwan makan mirip dengan bakwan udang yang nikmat. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan kuliner ini di pantai Patanahan.

Yutuk bisa juga dijadikan lauk untuk makan sebagai teman makan nasi. Jadi kalau ke pantai Kebumen jangan lupa mencicipi yutuk. Di samping rasanya yang lezat harganya juga nikmat untuk dompet.

Lokasi: Karanggadung, Kec. Petanahan, Kab. Kebumen.

7. Nasi Oyek Rohmah

Nasi Oyek Rohmah

Image Credit: Krjogja.com

Satu lagi kuliner khas Kebumen yang patut dijajal adalah nasi oyek. Nasi yang dibuat dari daun singkong ini mempunyai cita rasa yang gurih dan legit. Biasanya disantap dengan bermacam-macam lauk seperti makan. Biasanya disantap dengan oseng tempe, sambal teri, dan ayam goreng.

Zaman dulu pada masa penjajahan masyarakat Jawa menjadikan nasi oyek salah satu makanan utama pengganti nasi. Hingga saat ini, masih ada kita temukan nasi oyek. Bahkan dijadikan makanan khas dengan nilai jual yang cukup tinggi.

Rasa nasi oyek ini sama dengan rasa beras. Jadi wisatawan tidak perlu takut lidah akan sulit untuk menerima rasa nasi ini. Seperti layaknya makan nasi biasa saja.

Salah satu resto di Kebumen yang menjajakan nasi oyek adalah rumah makan Rohmah. Di sana menjual nasi oyek seharga Rp 2000/porsi nasi oyek. Kalau dicampur lauk pauk yang disediakan, pengunjung cukup membayar 10 ribu.

Lokasi: Pasar Tumenggungan, Kab. Kebumen.

8. Tempe Mendoan Bu Parmin

Tempe Mendoan

Image Credit: Rizkimalfiana.blogspot.com

Tempe mendoan adalah salah satu makanan khas Kebumen yang paling populer dan akan banyak ditemukan di wilayah Gombong dan Sempor. Tempe yang dipakai adalah tempe tipis dan lebar yang dilapisi tepung dibumbui ketumbar, garam, bawang, dan taburan daun bawang digoreng.

Tak perlu waktu lama, cukup dengan waktu 10 detik, tempe kemudian dibalik, dan hitung kembali sampai 10, lalu tiriskan. Maka akan didapat tempe mendoan yang masih basah tetapi enak rasanya.

BACA:  Pokland, Tempat Wisata Hutan Pinus Kekinian di Cianjur

Ukuran tempe mendoan ini memang berbeda. Inilah yang membedakan mendoan Kebumen dengan mendoan dari daerah lainnya. Lebar tempe bisa sampai sebesar piring.

Warga setempat biasa menyebutnya mendoan ukuran kuarto atau A4. Mendoan biasanya disajikan dengan cabe lalap atau paling nikmat dengan sambal kecapnya. Sensasi pedas manis inilah yang dijamin membuat ketagihan.

Jika ingin menyantap mendoan gurih nan hangat ini cukup membayar tidak sampai 10 ribu. Silakan datang ke area waduk Sempor. Begitu pesan, mendoan baru akan digoreng.

Lokasi: Gombong, Waduk Sempor, Kec. Sempor, Kab. Kebumen.

9. Es Kopyor Pak Basuki

Es Kopyor Pak Basuki

Image Credit: Islampos.com

Bukan hanya kudapan atau makanan saja, Kebumen juga mempunyai salah satu minuman asli yang berasal dari Kebumen. Minuman itu adalah es kopyor. Yang paling terkenal adalah es kopyor Pak Basuki. Resto ini berlokasi di Jembatan II.

Es ini memiliki cita rasa yang sangat menyegarkan dan akan membuat ketagihan. Saat sedang musim kemarau minuman es memang menjadi sesuatu yang wajib. Keadaan gerah saat melakukan pekerjaan berat membuat es kopyor menjadi pilihan sebagai minuman penyegar.

Es kopyor di Kebumen sebetulnya sudah banyak yang bisa membuatnya. Apalagi bagi warga Kebumen, tidaklah sulit untuk menemukan kelapa kopyor sebagai bahan utamanya.

Sebagian besar es ini dibuat memakai bahan agar-agar sebagai bahan utama. Yang kemudian dicampur dengan sirup, santan, dan susu kental manis. Tetapi di warung ini, kelapa kopyorlah bahan utama yang dipakai.

Lokasi: Karanganyar, Kec. Karanganyar, Kab. Kebumen.

10. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit: Yoelgati.wordpress.com

Makanan asli Kebumen yang satu ini bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga. Makanan tersebut adalah sale pisang. Sale pisang bisa bertahan lama dalam suhu ruang. Jadi aman jika harus dibawa di perjalanan jauh sekalipun. Sale ini bisa dibeli di Desa Mangli. Rasa manis dan renyah adalah cita rasa yang ditawarkan oleh makanan ini.

Sale pisang diolah dari pisang yang kemudian diiris tipis-tipis sekali, kemudian pisang tersebut dikeringkan. Cara mengeringkannya juga unik yaitu dengan cara dijemur dengan memanfaatkan sinar matahari. Proses ini akan membuat pisang lebih awet walaupun sale diolah tanpa bahan pengawet.

Lokasi: Karangsari, Kec. Kutowinangun, Kab. Kebumen.

Itulah 10 rekomendasi kuliner yang wajib dicoba saat berkunjung ke Kebumen. Kuliner yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau tetapi memiliki rasanya yang sangat nikmat. Untuk menemukannya juga tidaklah sulit.