Curug Luhur, Tempat Rekreasi Air Terjun Eksotis di Bogor

Curug Luhur Bogor

Curug Luhur Bogor menawarkan wisata air terjun terindah yang mempu menarik perhatian pelancong. Wisata alam yang terletak di Gunung Salak dan dilengkapi dengan wahana waterpark.

Lokasi: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Curug Luhur Bogor merupakan salah satu keindahan alam yang ada di kaki Gunung Salak. Pesona keindahannya menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang. Setiap harinya banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan air terjun ini. Pengunjungnya tidak hanya warga Bogor tetapi juga dari luar daerah.

Tempat wisata curug ini menawarkan liburan yang menyenangkan dengan fasilitas wisata yang lengkap. Menjadi salah satu wisata air terjun yang juga menyediakan arena bermain air atau waterpark. Cocok untuk liburan semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Curug yang berada di daerah pegunungan ini terkenal dengan hawa sejuk dan udaranya yang bersih. Bagi mereka yang setiap hari tinggal di perkotaan, tempat asri seperti di Curug Luhur ini tentu bisa menjadi obat untuk menghilangkan stres dan lelah. Apalagi lokasinya tidak terlalu sulit dijangkau, banyak yang memilih berlibur ke curug ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Luhur

Daya Tarik Curug Luhur

Image Credit: Instagram.com @indoflashlight

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Dalam bahasa Sunda, luhur berarti tinggi yang sesuai dengan gambaran Curuh Luhur. Pemandangan air terjun setinggi 50 meter menjadi suguhan utama bagi para pengunjung. Aliran air yang berasal dari mata air di Gunung Salak ini sangat jernih dan sejuk. Mengalir jatuh ke kolam alami yang bisa dimanfaatkan untuk berenang.

Selain air terjun utama, pengunjung juga disuguhkan pemandangan air terjun kembar yang berada di sebelahnya. Air terjun kembar ini merupakan aliran sungai yang sengaja dialihkan. Pada saat hujan, air terjun di tempat ini akan lebih deras namun airnya tetap jernih.

Aliran air terjunnya melewati tebing batu yang banyak ditumbuhi tanaman-tanaman hijau. Pemandangan air terjun yang menyegarkan mata ini menjadi sajian bagi semua wisatawan yang datang.

2. Hawa Sejuk

Lokasi wisata yang berada di kaki Gunung Salak ini memiliki hawa pegunungan yang sejuk. Udara yang bersih dan segar dapat dinikmati para pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Walaupun mudah dijangkau dari jalan, lokasi air terjun ini tidak terlalu dekat dengan jalan raya sehingga udaranya lebih bersih dari polusi.

Curug Luhur berada di ketinggian 624mdpl dengan hawa sejuk khas pegunungan. Udara yang bebas polusi ini membuat wisatawan lebih nyaman menikmati liburannya. Lokasinya yang berada di lembah, membuat air di tempat wisata ini juga sangat sejuk. Sayang jika Anda tidak mencoba berendam untuk menikmati kesegaran airnya.

BACA:  20 Air Terjun (Curug) di Bogor Paling Hits Dikujungi

Jika Anda datang pagi hari, Anda akan lebih puas untuk menjelajah kawasan wisata ini. Bersantai tanpa harus terburu-buru pulang karena hari mulai gelap. Menikmati kesegaran udara dan juga kesejukan air pegunungan yang ada di Curug Luhur, Bogor.

Daya Tarik dari Curug Luhur

Image Credit: Google Maps (Adhi Utomo)

3. Waterpark

Sedikit berbeda dari tempat wisata air terjun pada umumnya, Curug Luhur memiliki kompleks waterpark di sebelahnya. Taman bermain air ini dibangun dekat dengan air terjun. Air untuk waterapark berasal dari sungai yang ada di daerah ini dengan suhu air yang sangat sejuk.

Adanya waterpark di sebelah air terjun, membuat lokasi wisata ini cocok dijadikan tempat liburan bersama anak-anak. Pengunjung anak dapat lebih aman dengan bermain di area waterpark sambil melihat keindahan air terjun di dekatnya.

Wahana seluncur airnya pun dibuat menarik dengan berbagai warna. Memberikan kesan ceria yang berbeda dari pemandangan alam di sekelilingnya yang didominasi hijau. Beberapa seluncur airnya juga memiliki bentuk yang unik seperti naga. Selain untuk perosotan, seluncur air dengan bentuk kepala naga juga dimanfaatkan untuk spot foto.

4. Fasilitas Lengkap

Tempat wisata ini menawarkan wisata alam dengan fasilitas yang lengkap. Hal tersebut menjadi daya tarik sendiri yang membuat tempat ini selalu ramai wisatawan. Pengunjung akan semakin meningkat saat libur sekolah atau hari besar.

Jika dibandingkan dengan tempat wisata air terjun lain, Curug Luhur ini lebih mahal. Namun tempat ini memiliki fasilitas yang lebih lengkap termasuk salah satunya adalah waterpark.

5. Mudah Dijangkau

Daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Wisatawan tidak perlu berjalan kaki jauh dari tempat parkir menuju lokasi air terjun. Jalannya pun cukup mudah tidak perlu masuk hutan seperti kebanyakan wisata curug.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Curug Luhur

Rute Curug Luhur

Image Credit: Google Maps (Abdul Azis)

Curug ini bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan untuk Anda dan keluarga. lokasinya berada di kaki Gunung Salak, Bogor. Akses menuju lokasi curug lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Anda bisa mengendarai sepeda motor maupun mobil karena jalanan menuju lokasi ini sudah beraspal dan kondisinya bagus.

Pilih rute yang menuju Ciampus melewati kebun raya dan Cikaret. Jalur ini mudah untuk diakses dan Anda bisa menggunakan papan penunjuk arah yang tersedia. Namun, biasanya jalur ini lebih ramai atau macet pada jam-jam sibuk.

Alternatif jalan lain yang lebih cepat bisa melalui perkampungan di Jalan Soleh Iskandar. Ambil rute menuju Simpang Pagelaran dan lurus terus hingga Anda sampai di lokasi Curug Luhur.

BACA:  33 Tempat Wisata di Kuningan Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Mengendarai kendaraan pribadi akan membuat perjalanan menuju curug ini lebih mudah dan nyaman. Namun pengendara harus tetap berhati-hati karena beberapa jalannya berupa tanjakan, turunan, dan banyak tikungan. Sepanjang perjalanan Anda akan ditemani pemandangan hijau dari perbukitan dan hamparan sawah.

Berbeda dengan tempat wisata curug yang biasanya murah. Tiket masuk curug ini lebih mahal dari pada umumnya yaitu Rp 40.000,- per orang. Namun tiket tersebut sesuai dengan fasilitas yang nanti dapat Anda gunakan. Tempat wisata yang dikelola swasta ini memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap dibanding kebanyakan wisata air terjun.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore. Pengunjung hanya perlu membayar tiket di loket masuk untuk menikmati semua fasilitas yang ada di tempat wisata ini.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Luhur

Kegiatan di Curug Luhur

Image Credit: Google Maps (Rashaad Rossyana)

1. Menikmati Panorama Air Terjun

Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dengan menyaksikannya dari dekat. Beberapa batuan dan area yang kering bisa menjadi tempat duduk untuk bersantai sambil menikmati panorama alam yang ada di tempat wisata ini.

Sembari menikmati segelas kopi hangat atau teh manis, Anda bisa bersantai dan melepas penat. Menyeruput kopi atau teh hangat dengan pemandangan alam yang indah tentu akan terasa berbeda.

2. Berenang di Kolam Air Terjun

Kesegaran air yang ada di kawasan wisata ini tentu sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi air terjun ini memiliki kolam alami di bawahnya. Pengunjung atau wisatawan bisa berenang di kolam tersebut untuk merasakan kesegaran airnya yang terlihat begitu jernih.

Kesejukan air di kolam alami ini dapat membantu melepas lelah dan meregangkan otot-otot. Tubuh pun akan terasa jauh lebih segar. Namun tetap harus berhati-hati dan tidak berenang terlalu dekat dengan air terjun. Derasnya air terjun bisa menghasilkan pusaran yang berbahaya untuk keselamatan wisatawan. Jadi berenangnya cukup di tepian saja.

3. Bermain di Waterpark

Jika Anda termasuk orang yang tidak berani untuk bermain dekat aliran air terjun, maka waterpark di sebelah Curug luhur ini bisa menjadi pilihannya. Ada beberapa pilihan kolam dengan wahana seluncur yang bisa Anda coba.

Pengunjung yang membawa anak-anak juga bisa mengajak si kecil bermain air di waterpark. Seluncuran kecil yang tidak terlalu tinggi bisa menjadi permainan yang seru untuk buah hati Anda. Pastinya mereka akan betah untuk berlama-lama bermain di area waterpark ini.

BACA:  6 Wisata Kuliner di Pangandaran yang Enak & Wajib Anda Coba

4. Berfoto-Foto

Liburan memang selalu identik dengan kegiatan berfoto-foto. Apalagi jika tempat tujuan liburan Anda memiliki pemandangan yang bagus. Keindahan alam yang ada di tempat wisata ini juga tidak kalah menarik untuk dijadikan tempat berburu foto. Beberapa spot terbaik dapat dimanfaatkan sebagai latar belakang pengambilan gambar.

Spot terbaik yang ditawarkan antara lain dekat air terjun utama, air terjun kembar, water park atau dekat seluncuran. Anda bisa berpose cantik di spot-spot foto tersebut untuk mendapatkan hasil yang bagus.

5. Makan-Makan

Liburan bersama teman atau keluarga pastinya tidak lepas dari acara makan-makan. Jika Anda membawa bekal makanan, segera keluarkan untuk dinikmati bersama dengan rombongan. Anda bisa memilih tempat yang nyaman untuk menggelar tikar atau untuk makan-makan bersama teman dan keluarga.

Jika Anda tidak membawa makanan sendiri, tidak perlu khawatir karena bisa membelinya di warung di sekitar tempat wisata ini. Setelah puas bermain air dan foto-foto, Anda bisa lanjut dengan makan-makan.

6. Bersantai di Gazebo

Beberapa gazebo disediakan pengelola untuk tempat bersantai para wisatawan atau pengunjung. Sekedar duduk menikmati panorama alam yang indah dan udara yang sejuk dapat membantu Anda melepas stress dan penat. Mengembalikan kesegaran pikiran yang setiap hari mendapat tekanan dari rutinitas pekerjaan.

Selain untuk melepas lelah dan penat, bersantai di dekat air terjun ini juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati kebosanan. Bagi Anda yang sudah terlalu lama di rumah dan jarang piknik, tempat wisata di Bogor ini bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Luhur Bogor

Fasilitas di Curug Luhur Bogor

Image Credit: Facebook.com @tughaccr.tugha

Tersedia area parkir yang cukup luas untuk para pengunjung. Namun saat akhir pekan atau musim liburan, area parkir di tempat wisata ini akan penuh. Bagi yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil, biaya parkir di tempat wisata ini adalah Rp 20.000,-. Sedangkan untuk kendaraan roda dua, biaya parkir sebesar Rp 8.000,-.

Pengelola juga menyediakan fasilitas loker untuk wisatawan yang ingin menyimpan barang-barang berharga. Fasilitas lainnya adalah gazebo yang dibangun di beberapa titik dekat waterpark.

Tidak ketinggalan juga fasilitas toilet dan kamar mandi. Wisatawan yang basah-basah setelah berenang bisa berganti pakaian dengan aman dan nyaman tanpa harus membayar lagi.

Fasilitas lain yang disediakan pengelola curug ini adalah warung makan, tempat ibadah, dan penginapan. Walaupun tiketnya lebih mahal, fasilitas di tempat wisata ini sangat lengkap. Liburan Anda pun akan lebih nyaman dan memuaskan dengan fasilitas yang memadai ini.

Itulah beberapa informasi menarik mengenai objek wisata Curug Luhur, Bogor. Tempat wisata alam yang dilengkapi berbagai fasilitas ini bisa menjadi pilihan liburan Anda bersama orang tersayang.