Curug Cikuluwung Bogor, Telaga Air Terjun Berwarna Biru yang Memukau

Curug Cikuluwung Bogor

Curug Cikuluwung merupakan salah satu wisata alam yang tersembunyi di Bogor. Keunikannya memiliki telaga air terjun berwarna biru yang menakjubkan dan mampu menarik perhatian para penikmat petualangan.

Lokasi: Cibitung Wetan, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor.
Map: Cek Lokasi

Tidak jauh dari ramainya Ibukota, ternyata terdapat sebuah destinasi wisata yang begitu indah yaitu Curug Cikuluwung yang berada di Kabupaten Bogor. Tempat ini bukan sekadar curug biasa, namun memiliki beberapa keunikan tersendiri yang membuatnya cukup dikenal masyarakat sekitar Jabodetabek.

Tempat wisata tersebut terlihat begitu eksotis karena dikelilingi oleh bebatuan alam yang tersusun indah. Bebatuan tersebut yang membuat tempat ini begitu berbeda dengan tempat-tempat wisata yang serupa. Susunan batuan yang elok untuk dipandang membuat tempat ini sangat cocok untuk menjadi salah satu tujuan wisata Anda.

Destinasi yang satu ini juga memiliki keunikan lainnya yaitu airnya yang begitu jernih. Saking jernihnya, air di curug tersebut berwarna biru merona. Jika melihat air di tempat tersebut, wisatawan akan merasakan berada di destinasi indah sekelas internasional. Keindahan airnya berpadu dengan bebatuan sekitar membuatnya begitu elok.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Cikuluwung

Daya Tarik dari Curug Cikuluwung

Image Credit: Instagram.com @indotravellers.co

1. Susunan Tebing Batu yang Rapi Nan Indah

Sudah menjadi ciri khas tersendiri bahwa curug yang terdapat di daerah Bogor ini memiliki tebing-tebing batu yang mengelilinginya. Bebatuan tersebut menjadikan tempat wisata ini menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Banyak orang ramai-ramai berkunjung ke tempat ini hanya untuk melihat secara langsung curug dengan bebatuan di sekelilingnya.

Bahkan, Curug Cikuluwung ini sering dijuluki sebagai “Little Green Canyon” karena keelokan tebing yang mengapit sekitar curug tersebut. Namun, bebatuan yang berada di tempat tersebut terbilang cukup berbahaya jika wisatawan tidak berhati-hati. Untuk itu, pihak pengelola menerapkan suatu aturan khusus untuk berada di tempat ini.

Aturan tersebut membatasi jumlah pengunjung sebanyak 30 orang saja untuk berada di curug ini pada setiap sesinya. Pengunjung yang menuju dan yang berada di curug tersebut harus benar-benar dalam kontrol pihak pengelola. Hal tersebut dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung.

Meskipun terdapat aturan yang membuat pengunjung harus antre, namun tidak membuat semangat mendatangi tempat ini menjadi turun. Aturan sistem buka tutup track tersebut tidak membuat jumlah pengunjung turun. Mereka begitu tertarik untuk melihat secara langsung keunikan tempat tersebut.

Susunan bebatuan yang menjadi tebing tempat ini membuat suatu daya tarik tersendiri. Wisatawan akan terpukau dengan keindahannya.

2. Kejernihan Air yang Mempesona

Tempat wisata ini memiliki air yang menjadi salah satu daya tariknya. Air yang ada di curug tersebut berasal dari Sungai Cikuluwung. Sungai tersebut merupakan salah satu sungai yang berhulu pada Gunung Salak.

BACA:  Green Canyon, Lembah Hijau Nan Eksotis di Pangandaran

Kejernihan airnya membuat tempat wisata ini banyak diburu oleh pengunjung. Masyarakat berbondong-bondong datang ke tempat ini untuk menikmati kesegaran dari air yang ada di curug itu.

Wisatawan dapat menikmati airnya dengan berendam ataupun bermain-main di air tersebut. Selain itu, mengambil foto dengan latar belakang air yang murni tersebut dapat membuat tangkapan gambar menjadi lebih eksotis. Kejernihan air ini dapat membuat wisatawan merasa di tempat indah yang ada di luar negeri.

Daya Tarik Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Rangga Tobing)

3. Keindahan Alam yang Memanjakan Mata

Dengan beberapa bentang alam yang terdapat di tempat ini, membuatnya menjadi semakin layak untuk dikunjungi. Curug Cikuluwung merupakan salah satu tempat wisata alam yang begitu indah dan sangat disayangkan jika tidak dikunjungi.

Panorama alam sekitar tempat ini terlihat begitu asri dan natural. Curug ini menampilkan sebuah perpaduan yang sempurna antara tebing-tebing batu, airnya yang biru nan jernih, serta pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.

Mengunjungi surga tersembunyi yang ada di bogor ini, tentu akan memberikan sebuah pengalaman yang berkesan bagi para wisatawan. Terdapat pula curug yang kedua dari tempat ini. Keberadaannya tidak jauh dari lokasi curug yang pertama. Kedua curug inilah yang membuat area tersebut menjadi wajib untuk dikunjungi.

Lokasi curug kedua dari destinasi ini cukup dekat dengan curug yang pertama. Pemandangan alam yang disajikan cukup berbeda namun memiliki keindahan yang sama halnya dengan curug yang pertama. Panorama yang disajikan akan membuat wisatawan berdecak kagum akan keindahannya.

Sama halnya dengan curug yang pertama, curug kedua dari destinasi ini memiliki bebatuan di sekitarnya. Bedanya, ketinggian curug yang kedua ini relatif lebih rendah daripada curug yang pertama. Meski begitu, curug tersebut lebih banyak ditumbuhi pepohonan tepat di sekitar aliran airnya yang terjun dari atas.

Wisatawan juga dapat menemukan kejernihan air yang terdapat pada curug yang kedua tersebut. Luas kolam yang ada di curug kedua lebih besar daripada curug yang pertama sehingga membuat wisatawan yang menikmatinya terasa lebih nyaman.

Keunikan lain dari curug yang kedua ini adalah terdapat sebuah goa di atasnya. Jadi, air yang mengalir di tempat tersebut berasal dari sebuah goa. Goa tersebut mengandung sungai yang merupakan cabang yang sama dengan curug yang pertama. Keindahan inilah yang membuat kunjungan ke tempat ini menjadi liburan yang tak terlupakan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Curug Cikuluwung

Rute Curug Cikuluwung

Image Credit: Mardiaheyyy.com

Destinasi wisata ini beralamat di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan. Desa tersebut berada di Kecamatan Pamijahan yang merupakan bagian dari Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Kuningan Favorit Wisatawan

Curug tersebut berada di tengah perkampungan warga sekitar. Meskipun begitu, akses untuk sampai ke tempat wisata tersebut tidaklah terlalu mudah. Pengunjung diharuskan untuk melewati tangga yang cukup curam agar sampai ke tempat tujuan. Karena tempat ini berada di sekitar area air, maka pengunjung harus lebih berhati-hati saat melewatinya.

Untuk sampai di Curug Cikuluwung, pengunjung dapat membawa kendaraan sendiri. Jarak antara tempat ini dengan Stasiun Bogor berkisar kurang lebih 30 kilometer. Waktu tempuh yang dibutuhkan dengan menggunakan kendaraan pribadi yaitu sekitar 1.5 jam.

Jika ingin mendatangi tempat ini dari pusat bogor, maka harus melewati Jalan Raya Dramaga. Lalu, pengunjung harus melewati daerah Cikampak setelah itu menyusuri daerah Cibatok. Setelah daerah tersebut terlewati, maka akan dijumpai sebuah pertigaan di daerah Cemplang. Pengunjung harus berbelok kiri pada pertigaan tersebut.

Perjalanan harus tetap dilanjutkan hingga menemui Gang Gardu yang akan ditemui. Ketika memasukinya harus berhati-hati karena cukup ramai menjadi lalu lalang masyarakat. Setelah masuk ke gang tersebut, maka pengunjung akan menemukan papan penunjuk arah menuju curug tersebut sekitar 10 menit.

Sesampainya di tempat tersebut, pengunjung dapat memarkirkan kendaraannya di depan rumah-rumah warga sekitar. Pengunjung perlu berjalan kaki dari area parkir tersebut hingga sampai di tempat wisata. Namun jangan khawatir karena jarak antara lokasi parkir dengan tempat wisata tidak terlalu jauh meskipun tetap harus berhati-hati ketika melewati.

Pengunjung juga harus memperkirakan waktu untuk datang ke tempat ini. Karena tempat ini hanya dibuka pada pukul 9 pagi hingga pukul 3 sore saja. Pada pukul 11 hingga pukul 1 siang ditutup sejenak untuk istirahat pengelola.

Harga Tiket Masuk Curug Cikuluwung Bogor

Harga Tiket Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Riko Tampati)

Wisatawan tidak perlu khawatir ketika berkunjung ke curug ini karena biaya yang diperlukan untuk mendapatkan akses ke tempat tersebut sangat bersahabat bagi kantong. Hanya dibutuhkan biaya sekitar Rp 20.000 untuk mendapatkan tiket masuk curug yang pertama setiap orangnya.

Sementara itu, bagi pengunjung yang tertarik untuk mendatangi curug yang kedua dapat membayar tiket sebesar kurang lebih Rp 10.000 saja per orang. Nominal tersebut terbilang murah untuk mendapatkan akses ke tempat yang sangat mempesona ini. Anda tidak akan rugi ketika melihat keindahan curug ini secara langsung.

Selain itu, jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi maka diperlukan juga biaya parkir. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil. Pengunjung juga dapat menyewa ban pelampung untuk menikmati lebih dalam lagi curug tersebut dengan mengeluarkan biaya sebesar Rp 35.000.

BACA:  15 Air Terjun (Curug) di Sukabumi Paling Hits Dikunjungi

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Curug Cikuluwung

Kegiatan di Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Dha Firda)

1. Berfoto-Foto

Mengunjungi curug ini tentu tidak akan lengkap rasanya jika tidak melakukan aktivitas yang satu ini. Mengabadikan momen memang menjadi salah satu yang dicari oleh kebanyakan wisatawan. Mereka tidak ingin menyia-nyiakan lawatan mereka ke tempat ini tanpa mengambil beberapa gambar.

Pengunjung dapat menggunakan pemandangan tebing-tebing batu ataupun air kolam yang jernih sebagai latar belakang foto yang diambil. Tempat ini begitu eksotis untuk diabadikan bersama keluarga atau kerabat lainnya.

Beberapa titik di tempat ini memang cocok untuk dijadikan sebagai tempat foto. Pengunjung dipastikan akan mudah untuk menemukannya karena keseluruhan tempatnya terlihat begitu cocok untuk diabadikan dan menjadi unggahan di sosial media.

2. Berendam di Kolam yang Cukup Dangkal

Ini merupakan aktivitas yang wajib dilakukan ketika mendatangi destinasi tersebut. Air yang mengalir di tempat ini begitu murni, membuatnya sayang jika tidak dinikmati dengan berendam. Kolam di sekitar Curug Cikuluwung ini tidak terlalu dalam membuatnya aman untuk ditempati.

Pengunjung dapat merasakan kesejukan air yang mengalir dari Gunung Salak tersebut. Berenang di kolam tersebut juga dapat membuat badan menjadi segar dan pikiran menjadi lebih rileks. Wisatawan juga dapat mengambil foto ketika mereka berendam di kolam tersebut.

Pengelola juga menyediakan ban pelampung bagi pengunjung yang ingin menggunakannya. Menikmati tempat ini dengan berendam tentu akan memberikan sebuah pengalaman liburan yang tak terlupakan di daerah Bogor.

3. Menikmati Keindahan Alam

Seperti yang diketahui bahwa panorama sekitar tempat wisata ini indah dan mempesona. Tempat ini relatif berhawa sejuk sehingga membuat pengunjung akan merasa nyaman. Menikmati keindahan alamnya menjadi salah satu hal menarik untuk dilakukan. Pengunjung dapat berjalan-jalan menelusuri area sekitar curug tersebut.

Fasilitas yang Tersedia di Curug Cikuluwung Bogor

Fasilitas di Curug Cikuluwung

Image Credit: Google Maps (Betawi Condet)

Pengelola tempat wisata ini memberikan pengunjung beberapa fasilitas yang dapat dinikmati. Beberapa diantaranya yaitu tempat parkir, penyewaan ban pelampung, ruang ganti, hingga mushola untuk beribadah pengunjung muslim.

Pengelola juga memberikan fasilitas pemandu bagi anak-anak yang mengunjungi tempat ini. Kondisi alamnya yang cukup berbahaya bagi anak kecil, membuat hal ini dirasa perlu. Pengunjung juga ditawarkan beberapa warung yang menyediakan makanan ataupun hanya sekadar camilan jika merasa lapar.

Kabupaten Bogor merupakan daerah yang cukup luas di sekitar Jabodetabek. Mengunjunginya akan terasa tidak lengkap jika tidak melawat ke Curug Cikuluwung ini. Keindahan tempat tersebut seolah menjadikan tempat ini sebuah surga tersembunyi yang ada di Bogor.