15 Tempat Wisata di Tomohon Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Tomohon

Sudah diakui, jika Indonesia adalah Negara yang mempunyai jutaan potensi. Salah satunya adalah wisata alamnya. Tempat paling unik selalu berada di daerah terpencil Indonesia. Karena memang, wilayah semacam itu masih terjaga dengan baik kondisi alamnya. Contohnya adalah Tomohon Sumatera Utara.

Ada banyak sekali tempat wisata di Tomohon yang bisa Anda temukan. Entah itu wisata danau, wisata air terjun, ataukah wisata keluarga semua ada di Tomohon. Apabila yang Anda cari adalah tempat wisata yang masih asri, sangat ada di Tomohon ataukah tempat wisata kekinian sesuai konsep generasi milenial saat ini? Lebih dari cukup jika itu yang Anda cari.

Semakin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung membuat penduduk Tomohon tidak tinggal diam. Mereka semakin giat dalam menjaga tempat wisatanya. Bahkan, ada beberapa wisata yang selalu diperbarui demi memberikan kepuasan kepada wisatawan. Apa saja itu? Silahkan simak destinasi wisata berikut ini.

1. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu

Image Credit: Pegipegi.com

Tidak perlu susah payah untuk mencapai puncak Gunung Mahawu. Cukup 10 menit Anda sudah berada di puncak Gunung tersebut. Meski terbilang mudah, Gunung Mahawu menyimpan keindahan yang menawan. Seperti kawasan kawah, hingga menyusuri lokasi sekitar puncak Mahawu.

Terdapat 2 pos pemandangan yang bisa Anda pilih. Pos pemandangan pertama berada di ujung anak tangga, dan kedua akan mengarah langsung ke jalan setapak alang-alang Gunung mahawu. Di pos kedua itulah spot favorit wisatawan, disana Anda akan melihat pemandangan Kota Manado dari Atas.

Lokasi: Kakaskasen Satu, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon.

2. Puncak Temboan

Puncak Temboan

Image Credit: Pesona.travel

Masih seputar pendakian, terdapat wisata serupa yaitu Puncak Temboan. Menariknya dari destinasi ini adalah lokasinya yang sangat strategis untuk menikmati keindahan alam. Dari Puncak Temboan ini Anda bisa menyaksikan beberapa destinasi wisata lain.

Seperti Danau Tondano. Danau Terbesar itu bisa Anda lihat dari atas Puncak Temboan. Akan semakin nikmat jika datang bersama pasangan dan menikmati secangkir kopi untuk menenangkan perasaan.

BACA:  13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan

Lokasi: Masarang, Kec. Tondano Barat, Kab. Minahasa.

3. Danau Linow

Danau Linow

Image Credit: Indonesiakaya.com

Sekarang saatnya berkunjung langsung ke Danau Lonow. Apa yang bisa Anda temukan disana? yang pasti tidak hanya air, Danau Lonow menyimpan keunikan sendiri dan berbeda dari danau pada umumnya.

Danau Lonow mempunyai keunikan dari warna air. Setiap waktu warna air ini bisa berubah dengan sendirinya. Hijau, cokelat, dan biru toska adalah perpaduan warna yang selalu berubah setiap saatnya. Anda harus datang ketika menjelang matahari terbenam untuk melihat secara sempurna bagaimana Danau Lonow bisa berubah.

Lokasi: Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

4. Jendela Dunia

Jendela Dunia

Image Credit: Gotravelly.com

Mirip sekali dengan slogan sebuah buku yaitu membaca mampu mengerti segala isi dunia. Jendela Dunia merupakan destinasi baru di Tomohon. Disana Anda akan menemukan berbagai replika cantik dari wisata seluruh dunia.

Mininatur menara effiel, kincir angin dari Belanda, hingga gerbang fushimi jepang menjadi spot faforit wisatawan. Hunting foto dijamin bakal puas ketika berada di wisata ini.

Lokasi: Taratara, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon.

5. Amphitheater Woloan

Amphitheater Woloan

Image Credit: Idntimes.com

Tempat ini menjadi data tarik baru bagi wisatawan karena adanya bangunan megah yang dibelakangi oleh pemandangan dari Gunung Lakon.

Amphitheater Woloan dijadikan sebagai lokasi peragaan teater oleh penduduk Minahasa. Sangat tepat untuk pelajar dalam mengenal budaya khas Sumatera Utara. Jadi liburan Anda tidak bersenang-senang saja, dari sana Anda bisa memperluas wawasan ketika berlibur.

Lokasi: Woloan Satu Utara, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon.

6. Puncak Kaisanti

Puncak Kaisanti

Image Credit: Okezone.com

Secara umum wisata di Tohoan identik dengan wisata puncaknya. Memang benar, karena lokasinya sendiripun berada di dataran tinggi. Nah, Puncak Kai’Santi bisa menjadi daftar kunjungan Anda selanjutnya.

Dari puncak Anda mampu melihat kegiatan penduduk Minahasa dalam bercocok tanam. Adapun spot foto berupa gardu panjang, ayunan, jika ingin berfoto. Ditambah lagi biaya masuknya yang murah, namun mempunyai pemandangan yang indah.

BACA:  26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer

Lokasi: Woloan Dua, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon.

7. Air Terjun Tumimperas

Air Terjun Tumimperas

Image Credit: Triptrus.com

Saatnya untuk berbasah-basahan. Dimana itu? Air Terjun Tumimperas bisa menjadi spot wisata untuk bermain air. Cukup memakan banyak tenaga ketika berkunjung kesana, karena terdapat 800 anak tangga sebagai akses menuju lokasi.

Jangan khawatir, semua akan terbayar lunas setelah sampai di lokasi. Air terjun yang sangat segar, lingkungan yang bersih, membuat wisatawan betah berlama-lama disana.

Lokasi: Pinaras, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

8. Waruga

Waruga

Image Credit: Zonautara.com

Belajar sejarah bisa Anda temukan di Waruga. Anda akan menemukan makam bebatuan dari masa Megalitikum. Adapun keterangan lebih dalam mengenai sejarah kehidupan masa kuno di era Waruga.

Lokasinya unik, lingkungannya juga nyaman meskipun hanya berupa makam. Lebih baik mampir kesana dulu sebelum bergegas pulang. Anda bisa melihat makam unik yang terbuat dari Batu.

Lokasi: Kakaskasen Tiga, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon.

9. Taman Kota Tomohon

Taman Kota Tomohon

Image Credit: Flickr.com @Rovers Q

Tempat ini tidak hanya sebagai destinasi wisata. Pemerintah setempat menggunakan lokasi ini sebagai gedung olahraga, kesenian, dan juga museum. Lokasi ini semakin indah karena dibekali bangunan besar dengan lahan yang sangat luas.

Sebagai saran, usahakan datang ketika ada perayaan kesenian disana. Pasti akan ramai dikerubungi wisatawan. Mulai dari wisatawan domestik, hingga wisatawan mancanegara.

Lokasi: Talete Dua, Kec. Tomohon Tengah, Kota Tomohon.

10. Gardenia Country

Gardenia Country

Image Credit: Booking.com

Suka dengan koleksi tanaman atau bunga, Gardenia Country bisa menjadi referensi baru Anda. destinasi ini hanya berupa hamparan taman dengan tumbuhan sebagai daya tariknya.

Liburan keluarga pasti bakal seru, apalagi jika membawa anak-anak ketika disana. setidaknya terdapat ratusan tanaman yang bisa Anda jumpai. Anda bisa bertanya-tanya juga mengenai cara perawatan yang baik kepada pengeola Gardenia.

Lokasi: Jl. Kawiley, Kakaskasen Dua, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon.

11. Bukit Doa Mahawu

Bukit Doa Mahawu

Image Credit: Saveseva.com

Berikutnya adalah Bukit Doa Mahawu. Destinasi ini terbilang unik, karena mampu memadukan konsep pegunungan dan perkebunan.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Manado Paling Populer

Selain itu, Bukit Doa Mahawu kerap kali dijadikan spot prewedding oleh fotografer. Karena memang, lokasinya yang strategis dan masih sepi dikunjungi wisatawan

Lokasi: Kakaskasen Tiga, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon.

12. Pagoda Ekayana

Pagoda Ekayana

Image Credit: Wiki-wisata.blogspot.com

Destinasi ini difungsikan sebagai pusat peribadatan umat Budha dan dijadikan pula sebagai tempat wisata. Terdapat puluhan ornamen budha dengan ukuran yang sangat besar.

Kondisi lingkungan juga segar karena berada di bukit. Selain itu, Anda bisa menyaksikan pemandangan dari Gunung Lakon di belakangnya.

Lokasi: Jl. Sungen, Kakaskasen Dua, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon.

13. Valentine Hills

Valentine Hills

Image Credit: Zonautara.com

Inilah lokasi instagenic yang baru di Tomohon. Valentina Hills terkenal akan spot sangkar burung layaknya seekor burung mengerami telur.

Coba saja Anda berfoto disana, pasti bakal tertarik untuk mengulangi lagi. Namun, jangan lama-lama berada disana. Karena yang datang tidak hanya Anda masih banyak wisatawan lain yang ingin berfoto juga.

Lokasi: Jl. Woloan Kayawu, Woloan Dua, Kec. Tomohon Barat, Kota Tomohon.

14. Gunung Empung

Gunung Empung

Image Credit: Flickr.com @Niallcorbet

Istilah lain menyebutnya sebagai Gunung Lokon. Anda bisa belajar bagaimana menjadi seorang pendaki, karena untuk mendaki Gunung Empong tidak terlalu tinggi. Sangat pas untuk Anda yang masih belajar cara mendaki.

Uniknya dari Gunung Empung adalah adanya manusia kerdil yang hidup di sekitaran gunung. Meski ada yang menganggapnya mitos, ada juga sebagian orang yang menganggapnya benar.

Lokasi: Agotey, Kec. Mandolang, Kab. Minahasa.

15. Taman Pinus dan Pemandian Air Panas

Taman Pinus dan Pemandian Air Panas

Image Credit: Jelajahsuwanto.com

Destinasi terakhir dari Tomohon adalah Taman Pinus dan Pemandian Air Panas. Biaya masuk untuk menuju ke Hutan Pinus adalah Rp10.000 sedangkan pemadian Air Panas sebesar Rp 10.000.

Ini merupakan objek wisata yang sangat populer di Tomohon karena adanya kawasan hutan sekaligus tempat pemandian air panas. Jadi, saat berkunjung Anda bisa menikmati dua objek wisata sekaligus.

Lokasi: Lahendong, Kec. Tomohon Selatan, Kota Tomohon.

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi menarik di Tomohon, namun 15 rekomendasi tempat wisata diatas adalah tujuan yang paling sering dikunjungi wisatawan dan memang memberikan pemandangan alam yang memukau. Semoga bermanfaat, dan selamat berlibur.