Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 08.00–19.00 WITA, Alamat: Kakaskasen Tiga, Kec. Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulawesi Utara; Map: Cek Lokasi

Taman Wisata Mahoni berada di kaki Gunung Lakon Tomohon. Seperti kota ini yang dikenal dengan sebutan Kota Bunga, destinasi wisata ini juga menyajikan konsep taman bunga. Kawasan taman wisata ini juga sangat luas dengan alam yang masih sangat alami. Tidak hanya berupa bunga-bunga berwarna-warni, namun ada banyak pepohonan di sekitar yang membuat udara menjadi segar.

Destinasi wisata ini sangat cocok sebagai pilihan untuk liburan bersama keluarga. Menikmati taman bunga sambil yang dibalut pemandangan yang indah merupakan salah satu alternatif yang menyenangkan untuk menikmati liburan. Kawasan ini juga cocok untuk para anak muda yang senang mencari spot foto yang menarik karena akan sangat mudah menemukannya di sini.

Kawasan Taman Mahoni ini memang sangat sejuk dan segar, terkadang udara juga bisa sangat dingin khas suasana kaki gunung. Karenanya akan lebih baik jika membawa jaket untuk menghangatkan diri. Bagi yang tinggal di kawasan perkotaan dengan suara bising kendaraan dan polusi udara, maka kawasan ini bisa dijadikan tempat untuk menenangkan diri dan menyegarkan pikiran.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Mahoni

Daya Tarik Taman Wisata Mahoni
Image Credit: Google Maps Pingkan Pangemanan

Taman wisata ini merupakan destinasi liburan yang sangat cocok untuk dikunjungi dengan keluarga. Juga cocok bagi para anak muda yang mencari tempat hunting foto. Kawasan destinasi wisata ini memang menawarkan tempat yang cantik untuk diunggah ke sosial media. Selain itu suasana pedesaan bisa sebagai tempat menghilangkan jenuh dengan suasana perkotaan.

1. Alam yang Indah

Karena tidak jauh dari pegunungan, kawasan ini menyajikan pemandangan yang sangat indah bahkan saat di perjalanan. Pepohonan di kanan kiri jalan akan menemani pengunjung di perjalanan. Perjalanan memang menanjak, namun pemandangan alam yang indah akan sangat berbeda dengan suasana yang ada di perkotaan yang lebih banyak gedung-gedung dan bangunan.

Di lokasi taman wisata juga menyajikan pemandangan yang indah. Pepohonan hijau tumbuh mengelilingi kawasan ini, membuat suasana menjadi terasa teduh dan sejuk. Berada di ketinggian, pengunjung juga bisa melihat pemandangan seperti rumah penduduk, sawah, dan ladang yang berada di bawah lokasi taman wisata.

Keindahan dari pemandangan ini juga ditambah dengan suasana pegunungan yang sangat cocok untuk menyegarkan badan dan menenangkan pikiran. Suasana pedesaan yang khas daerah pegunungan menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung. Rutinitas harian yang melelahkan bisa sedikit terobati dengan menghabiskan waktu di kawasan ini.

Daya Tarik Dimiliki Taman Wisata Mahoni
Image Credit: Google Maps Arief Wahyu Megatama

2. Taman Bunga

Berkonsep taman bunga, daya tarik Taman Wisata Mahoni sudah tentu dengan adanya berbagai jenis bunga dengan warna yang beragam pula. Pengelola telah menata bunga-bunga ini membentuk pola-pola yang bagus. Sangat cantik dan memanjakan mata. Pengunjung yang menyukai bunga-bunga warna-warni tentu akan puas menikmati taman bunga ini.

Bunga matahari juga menjadi daya tarik yang cukup besar dari kawasan destinasi wisata ini. Bunga yang terawat dan tumbuh subur membuat pengunjung banyak yang tertarik berada di antaranya. Bunga-bunga matahari ini juga mekar sehingga tampak indah. Jalan setapak yang sudah disediakan pengelola juga memungkinkan pengunjung menikmati bunga matahari ini tanpa harus merusaknya.

3. Spot Foto

Daya tarik satu ini menjadi yang paling diminati oleh para anak muda yang mencari spot foto untuk diunggah di sosial media. Memang pengelola sudah menyediakan berbagai spot foto yang menarik. Bunga-bunga yang tersedia sudah tentu menjadi spot foto utama, namun spot-spot buatan juga buatan juga tidak kalah menarik untuk para pemburu spot foto.

Spot-spot foto ini juga berada di tempat-tempat yang strategis sehingga pemandangan alam di sekitarnya bisa terlihat jelas. Pengelola menyiapkan jembatan kayu yang sangat panjang menuju spot-spot foto ini. Jembatan ini cukup tinggi dengan latar pemandangan di bawahnya. Karena menggunakan kayu, sehingga tampak alami. Banyak pengunjung yang berfoto juga di kawasan ini.

Spot-spot foto di daerah ini sini seperti tulisan-tulisan yang khas. Terdapat juga bangku-bangku taman yang romantis jika digunakan untuk tempat foto bersama orang terkasih. Anak-anak muda tidak akan kehabisan latar foto untuk diunggah di sosial media dengan pemandangan alam dan bunga-bunga taman yang cantik.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Taman Mahoni
Image Credit: Google Maps Pingkan Pangemanan

Taman Wisata Mahoni berada di Tomohon Utara yang merupakan kawasan kaki Gunung Lokon Tomohon. Jika Anda dari Kota Manado, jarak menuju lokasi taman bunga ini kurang lebih 24 kilometer atau dapat ditempuh dalam waktu 42 menit. Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika tidak ada kendaraan pribadi, ojek online juga bisa mengantar Anda sampai ke lokasi.

Akses jalan menuju taman wisata ini sudah beraspal, namun 200 meter sebelum lokasi jalanan semakin menaik. Selain itu, jalanan juga sudah tidak beraspal dan cukup rusak sehingga perlu hati-hati dalam berkendara. Karena berada di kaki gunung, memang akan banyak ditemukan jalanan yang menanjak dan berkelok. Meski demikian, pemandangan alam sekitar yang disuguhkan sangat indah.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Taman Mahoni
Image Credit: Google Maps SK Chanell

Taman Wisata Mahoni buka setiap hari sehingga Anda dapat datang bersama keluarga kapan saja. Harga tiket masuk kawasan ini juga murah meriah, karenanya cocok sebagai alternatif liburan.

Hanya cukup membayar Rp15.000 per orang dan parkir Rp5.000, pengunjung sudah akan disuguhkan dengan taman bunga dan alam yang indah. Harga tiket ini tidak berubah saat weekend dan musim liburan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Taman Mahoni

Aktivitas di Taman Mahoni
Image Credit: Instagram Alva Deviano

Taman cantik ini memiliki kawasan yang luas sehingga dapat digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan menarik. Dengan suasana alam yang dapat menenangkan pikiran, kegiatan yang dapat Anda lakukan di kawasan taman wisata bunga ini akan dapat mengisi liburan tanpa harus bosan. Beberapa kegiatan menarik yang dilakukan seperti berikut.

1. Berfoto

Berada di kawasan Taman Wisata Mahoni ini, kegiatan mengambil gambar sudah tentu menjadi kegiatan yang tidak boleh ketinggalan. Dengan spot-spot kekinian yang sudah tersedia, mengabadikan momen akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Anda bisa juga mengeskplorasi sudut-sudut taman untuk menemukan tempat-tempat cantik yang sayang untuk dilewatkan.

2. Menikmati Pemandangan

Anda dapat datang untuk menikmati pemandangan alam yang memang sangat indah. Di sekitar taman sudah tersedia rerumputan yang dapat pengunjung untuk duduk bersantai. Anda juga dapat berjalan di sekitar taman. Jalan-jalan setapak akan membawa Anda di antara bunga-bunga sehingga Anda dapat leluasa menikmati taman bunga tanpa harus merusaknya.

Café juga dapat menjadi tempat Anda duduk sambil melihat pemandangan. Suguhan menu yang Anda pesan akan menemani Anda. Café sayang untuk tidak dikunjungi barang sejenak. Karena tempatnya strategis untuk melihat hamparan bunga. Apalagi jika Anda sudah lelah berjalan-jalan, maka Anda dapat beristirahat pula sambil mengisi perut.

Aktivitas Dilakukan di Taman Mahoni
Image Credit: Google Maps Bry Kaparang

3. Menenangkan Diri

Berada di kawasan pegunungan, tempat ini sangat khas pedesaan kaki gunung. Sangat tenang, tidak banyak polusi, dan banyak ditumbuhi pepohonan sehingga segar dan sejuk. Jika Anda sedang penat dengan suasana kota dan lelah dengan rutinitas sehari-hari, maka Anda dapat menenangkan diri di kawasan ini. Tidak banyak polusi, jadi Anda juga bisa sebebasnya menghirup udara yang segar.

4. Berolahraga

Saat pagi hari, kawasan ini sangat cocok sebagai tempat untuk berolahraga jogging. Tidak banyak kendaraan yang berlalu lalang, sehingga Anda dapat dengan leluasa mencari keringat sambil merasakan hangatnya matahari pagi. Jalanan yang menanjak dan sepi juga mendukung kegiatan olahraga. Apalagi tidak banyak polusi sehingga akan jauh lebih sehat.

Setelah lelah berolahraga, Anda dapat mampir di Taman Wisata Mahoni. Dengan harga tiket yang murah, rasa lelah Anda setelah berolahraga akan terobati dengan hamparan bunga. Anda juga bisa makan pagi di café. Dengan begitu, kegiatan olahraga Anda akan terasa lebih lengkap.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Taman Mahoni
Image Credit: Google Maps Herman Broncos

Taman Wisata Mahoni memiliki fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan untuk pengunjung. Lahan parkir yang tersedia sangat luas, dapat menampung cukup banyak kendaraan roda dua maupun roda empat. Jika masuk dalam taman, maka pengunjung akan dapat menemukan berbagai spot-spot menarik yang sudah disediakan oleh pengelola di antara hamparan bunga.

Tidak perlu takut akan menginjak dan merusak bunga-bunga karena pengelola juga sudah menyiapkan jalan setapak yang membelah taman. Dengan begitu, pengunjung dapat menikmati bunga-bunga dengan lebih dekat. Pengelola juga sudah berupaya untuk merawat bunga-bunga maupun fasilitas spot foto yang ada di area ini agar dapat digunakan oleh pengunjung dari waktu ke waktu.

Di kawasan taman ini juga tersedia café dengan berbagai menu yang beragam dan harga yang terjangkau. Pengunjung bisa menikmati makanan ringan dan minuman sambil menikmati pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Meski begitu, akan lebih baik lagi jika ke depannya pengelola menambah fasilitas-fasilitas lainnya untuk menunjang kenyamanan pengunjung.

Taman Wisata Mahoni dapat menjadi alternatif liburan untuk para pecinta bunga-bungaan. Lokasinya yang berada di kaki gunung, cocok digunakan untuk menenangkan diri dan menyegarkan badan serta pikiran. Datang ke kawasan objek wisata ini pasti akan dapat menghilangkan rasa jenuh dari ramainya suasana kota. Akan lebih menyenangkan jika datang dengan membawa keluarga.